10 Rekomendasi Obat Masuk Angin Terbaik yang Wajib Disediakan di Rumah (2021)

10 Rekomendasi Obat Masuk Angin Terbaik yang Wajib Disediakan di Rumah (2021)

Masuk angin merupakan sakit yang umumnya memiliki gejala meriang, flu, tenggorokan tidak nyaman, pusing, hingga mual. Jika tidak segera diatasi, masuk angin bisa sangat mengganggu. Simak tips kami hadapi masuk angin supaya cepat minggat. Nah, cek juga rekomendasi obat masuk angin dari BP-Guide!

Masuk Angin? Kenali Dulu Penyebabnya!

Musim hujan sudah tiba dan belakangan ini hujan mulai rutin mengguyur setiap harinya. Hawa dingin terasa hampir setiap harinya, utamanya saat hujan turun. Nah, bagi kamu yang memiliki aktivitas padat, tentunya daya tahan tubuh harus terjaga. Sebab, jika daya tahan tubuh menurun, tubuh jadi mudah terserang penyakit.

Pada musim hujan seperti sekarang ini, cuaca sulit diprediksi. Pagi hari bisa saja cerah lalu tiba-tiba berubah hujan deras saat siang. Perubahan yang tiba-tiba tersebut bisa saja membuat tubuh jadi terserang masuk angin. Ini merupakan istilah yang akrab kita dengar di telinga. Masuk angin bisa jadi tanda awal bahwa tubuh akan terserang flu hingga gangguan pencernaan.

Masuk angin hadir dengan beberapa gejala. Contohnya adalah mual, demam, pusing, nyeri otot, perut kembung, kerap bersendawa, lemas, dan tubuh terasa kurang nyaman. Berbagai gejala tersebut nantinya bisa diikuti dengan flu, gangguan pencernaan, hingga infeksi saluran pernapasan.

Penyebab masuk angin bisa beragam. Yang paling utama, masuk angin bisa terjadi karena sistem imun tubuh kita sedang melemah. Ketika ini terjadi, maka bakteri dan virus jadi mudah menyerang tubuh.

Penyebab lainnya adalah kurangnya vitamin D. Saat tubuh kurang terpapar sinar matahari maka bisa jadi tubuh kekurangan vitamin D yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Ketika musim hujan, kita kekurangan sinar matahari karena lebih sering mendung dan hujan. Tidak heran jika kita kurang terpapar vitamin D dan jadi mudah sakit.

Kamu yang punya seabrek kegiatan jadi jarang istirahat. Kondisi ini juga bikin kamu jadi rentan terserang masuk angin. Ketika tubuh kelelahan, maka sistem imun tubuh jadi menurun dan membuat kita jadi lebih mudah sakit.

Terlalu lama berada di ruang berAC juga bikin kamu jadi rentan masuk angin. Biasanya saat lama berada di ruang berAC maka kondisi tubuh jadi lebih mudah sakit kepala, kulit terasa kering, dan lebih mudah terserang infeksi pernapasan. Hal lain yang kamu alami adalah masuk angin karena tubuh terasa dingin dalam waktu yang terlalu lama.

Pola makan yang kurang tepat juga bisa jadi penyebab kamu mengalami masuk angin. Telat makan bikin perut jadi kembung. Jika dipaksa makan malah jadi mual dan ingin muntah. Agar tidak mudah masuk angin, usahakan untuk merubah pola makan secara tepat baik dari waktu, ya.

Tips Menghilangkan Masuk Angin

Istirahat yang Cukup

Supaya tidak mudah masuk angin, kamu bisa usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Tubuhmu bisa kehilangan tenaga dan kehabisan tenaga jika kamu terus memaksakan diri untuk bekerja dan beraktivitas tanpa henti. Saat kelelahan, tubuh jadi lesu, lemas, hingga merasa pusing. Jika sudah begini, masuk angin bisa menyerang tubuh. Istirahatlah yang cukup supaya kamu bisa beraktivitas kembali dengan maksimal. Dengan istirahat cukup, maka masuk angin jadi cepat mereda.

Konsumsi Makanan Bergizi

Setiap hari kita butuh makan. Sayangnya, hanya sedikit dari kita yang memperhatikan betul tentang apa yang kita makan. Kebanyakan dari kita asal saja makan tanpa peduli makanan tersebut bergizi atau tidak, sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh atau belum, dan lain sebagainya. Padahal, mengonsumsi makanan bergizi bisa membantu sel darah putih untuk melawan bakteri atau virus dalam tubuh. Selain itu, pastikan juga asupan vitamin dan mineral tercukupi sehingga daya tahan tubuh bisa terjaga dengan baik. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, maka nutrisi tubuh tercukupi dan masuk angin jadi cepat minggat.

Perbanyak Minum

Tubuh kita sebagian besarnya terdiri dari cairan. Maka dari itu, jangan sampai tubuh kita kekurangan cairan. Air bisa mengontrol suhu tubuh dengan baik. Ini juga bisameringankan demam karena masuk angin. Perbanyak minum air putih dan juga teh hangat supaya perut bisa terasa lebih nyaman. Minuman seperti air putih dan teh hangat juga ampuh mengurangi mual dan kembung karena masuk angin.

Pilihan minuman lain yang bagus untuk segera meredakan masuk angin adalah wedang jahe, wedang pala, atau kayu manis. Aneka bahan seperti jahe, kayu manis, dan pala bisa membantu melegakan tenggorokan dan melegakan pernapasan. Kamu bisa menambahkan perasan lemon dan sesendok madu. Keduanya memiliki sifat antibakteri. Selain itu, rasa manis madu juga bisa melegakan bagian ujung saraf tenggorokan.

Meski butuh minum, pastikan kamu menghindari beberapa jenis minuman. Contohnya adalah minuman kafein dan bersoda. Kedua jenis minuman tersebut hanya akan membuat perut jadi begah.

Gunakan Humidifier

Ketika masuk angin menyerang, kamu bisa memakai humidifier pada ruanganmu. Alat yang satu ini akan membantu melembapkan udara. Saat udara kering, maka kondisi badan, pernapasan, dan tenggorokan jadi tidak enak. Tidur jadi tidak nyaman karena hawanya kering. Maka dari itu, humidifier bisa jadi solusi tepat untuk kamu. Humidifier ini akan melembapkan udara sehingga hidung tersumbat dan tenggorokan kering jadi lebih lega.

Gunakan Obat Masuk Angin

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan masuk angin adalah menggunakan obat masuk angin. Ada banyak ragam obat masuk angin di pasaran. Kamu bisa memilih obat gosok atau obat oles yang tergolong sebagai obat luar. Bisa juga jika kamu menggunakan obat minum yang berbentuk pil atau sirup. Dengan menggunakan obat masuk angin yang sesuai dengan gejala yang kamu alami, maka tubuh jadi lebih cepat sehat dan terhindar dari masuk angin.

Ini Dia Deretan Obat Masuk Angin yang Ampuh Redakan Masuk Angin Tanpa Lama

Tolak Angin

Tolak Angin bukan merek yang baru di pasaran. Kebanyakan orang tentu sudah hafal dengan tagline mereka, “Orang Pintar, Minum Tolak Angin”. Obat yang satu ini tergolong sebagai obat yang diminum. Berbentuk cair, obatnya dikemas dalam sachet, sehingga praktis diminum. Kamu juga mudah membawanya kemana saja. Cocok diminum saat hawa dingin agar tubuh bisa cepat merasa hangat dan terbebas dari masuk angin.

Sirup herbal ini terbuat dari aneka bahan rempah pilihan. Beberapa rempah yang digunakan adalah jahe, cengkeh, adas, hingga kapulaga. Aneka bahan tersebut bisa meredakan mual, pusing, dan masuk angin. Kamu juga boleh meminumnya jika dirasa kurang tidur. Obat ini akan membantu kamu beristirahat yang cukup hingga kembali segar pada saat bangun. Bisa diminum langsung atau boleh juga melarutkannya dalam air hangat.

Harga Rp. 17.000-48.960

Antangin JRG

Antangin JRG juga tak kalah populernya dari merek sebelumnya. Antangin JRG merupakan sirup herbal yang bisa digunakan untuk meredakan masuk angin. Obat ini juga ampuh untuk mengatasi mual, begah, meriang, pusing, hingga perut kembung. Produk juga cocok untuk membantu melegakan tenggorokan dan mencegah mabuk perjalanan.

Dibuat dari bahan pilihan seperti jahe, ginseng, dan royal jelly, produk ini aman dikonsumsi siapa saja. Bagi penderita diabetes, gagal ginjal, kanker, dan jantung harus mengonsumsinya sesuai izin dokter. Dalam satu dus berisi 12 aschet yang praktis tinggal minum. Tidak ada efek samping usai mengonsumsi obat yang satu ini.

Harga Rp. 18.000-41.000

Herbangin

Herbangin termasuk sebagai obat herbal yang dikemas dalam sachet. Obat ini juga praktis dibawa kemana saja. Kamu tinggal sobek sachet-nya lalu minum isiannya. Produk ampuh mengurangi gejala masuk angin seperti mual, kembung, begah, hingga meriang. Obat bisa diminum 3 kali sehari usai makan untuk orang dewasa.

Harga Rp. 17.000-35.000

Promag Gazero Herbal

Promag Gazero Herbal sayang untuk kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini bisa mengatasi gejala tidak nyaman pada lambung seperti mual, kembung, dan begah. Dikemas dalam bentuk sachet, praktis diminum kapan saja dibutuhkan. Masalah masuk angin bisa teratasi dengan baik.

Obat herbal berbentuk sirup ini memiliki komposisi berupa jahe merah, akar manis, kunyit, adas, nanas, madu, peppermint, dan royal jelly. Paduan bahan tersebut bekerja efektif meredakan masuk angin dengan cepat. Kamu bisa juga meminumnya dengan mencampurkan dengan air hangat.

Harga Rp. 11.750-45.000

Fresh Care

Fresh Care merupakan minyak angin yang bisa jadi andalan. Meski namanya minyak angin, namun kamu tidak perlu khawatir terkesan norak. Minyak angin yang satu ini kesannya modern dan hadir dalam aneka pilihan aroma yang bikin rileks. Kamu bisa memakainya untuk meredakan masuk angin. Oleskan di pelipis, tengkuk, hingga perut atau punggung untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena masuk angin.

Wangi aromaterapinya bisa bikin kamu rileks. Dan pastinya tubuh terasa hangat usai memakainya. Produk bisa juga mengatasi sakit perut saat datang bulan. Cocok juga untuk meredakan rasa pegal usai beraktivitas fisik atau berolahraga. Dikemas dalam botol roll on, produk ini mudah dibawa kemana saja karena kemasannya kecil. Produk juga mudah digunakan karena tinggal dioleskan saja.

Harga Rp. 10.890-13.490

Bejo Jahe Merah

Bejo Jahe Merah merupakan produk lain yang bisa jadi andalan kamu. Obat masuk angin ini hadir dalam bentuk herbal. Produk ini ampuh mengatasi pegal-pegal, masuk angin, perut kembung, begah, mual, sakit kepala, hingga meriang. Terbuat dari aneka bahan alami yang berkualitas, produk ini aman dikonsumsi.

Dengan adanya jahe merah di dalam produk ini, obat ampuh menyehatkan tubuh dan membuatnya kembali bugar. Tubuh jadi terasa hangat dan nyaman. Produknya sudah terjamin halal jadi aman dikonsumsi.

Harga Rp. 14.000-60.000

Bintang Toedjoe

Bintang Toedjoe merupakan obat herbal yang bisa kamu andalkan selanjutnya. Produk yang satu ini bisa menyembuhkan masuk angin. Selain itu, obat juga bisa mengatasi mual, kembung, perut begah, hingga meriang. Terbuat dari bahan seperti adas, mint, madu, cabe jawa, dan jahe merah, obat ini bisa bekerja secara efektif. Tidak ada efek samping karena bahannya alami.

Harga Rp. 2.500-27.000

Minyak angin cap kapak

Minyak angin cap kapak adalah minyak angin yang bisa digunakan meredakan pegal-pegal dan masuk angin. Minyak angin ini hadir dalam aneka kemasan, mulai dari kemasan ukuran 10 ml, 28 ml, hingga 56 ml. Minyak angin tinggal dioles saja pada tubuh untuk meredakan masuk angin. Terbuat dari eucalyptus oil, camphor, essential oil, menthol crystal, dan methyl salicylare, produk ini memberikan sensasi sejuk dan hangat pada kulit. Aromanya bisa membuat tenggorokan dan nafas jadi lebih plong.

Harga Rp. 5.500-61.000

Decolgen tablet

Decolgen tablet merupakan pilihan yang sayang dilewatkan. Obat bentuk tablet ini bisa meredakan gejala flu dan masuk angin. Terbuat dari paracetamol, phenylpropanolamine hydrochloride, dan chlorpheniramine maleate, obat ini akan meredakan meriang dengan cepat. Konsumsilah sesuai dengan anjuran dosisnya. Untuk dewasa 3 kali sehari 1 tablet dan untuk anak-anak ½ dosis orang dewasa. Konsumsilah tablet ini setelah makan.

Harga Rp. 1.900-2.800

Tolak Angin Balsem

Tolak Angin Balsem ini juga bisa jadi andalan saat masuk angin. Balsem yang satu ini tinggal dioles saja pada tengkuk, pelipis, dan bagian tubuh lain supaya masuk angin cepat reda. Balsem juga bisa meredakan nyeri dan sakit kepala.

Terbuat dari bahan seperti padi, buah puteran, cengkeh, dan adas, produk ini bisa menghangatkan tubuh dengan baik. Produk juga cocok dipakai kerokan. Balsem sudah BPOM jadi aman digunakan.

Harga Rp. 8.100-28.000
From our editorial team

Kapan Harus ke Dokter

Ketika sakit, kita tentu ingin cepat sembuh. Begitu pula saat merasa masuk angin. Maka dari itu, kita melakukan berbagai cara agar cepat sembuh karena masuk angin sangat menyiksa. Jika minum obat sudah dilakukan dan aneka cara sudah dilakukan namun belum juga sembuh, maka pilihan terakhirnya adalah pergi ke dokter. Kamu bisa mempertimbangkan pergi ke dokter jika masuk angin belum juga mereda usai 3 hari. Apalagi jika ada gejala seperti demam tinggi, badan lemas, menggigil, kembung dan sebagainya. Segeralah kunjungi dokter sehingga kamu mendapatkan pemeriksaan medis

Tag