10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Paling Ampuh dan Nyaman di Kulit (2021)

10 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk Paling Ampuh dan Nyaman di Kulit (2021)

Lotion anti nyamuk adalah salah satu produk yang patut Anda andalkan selama musim penghujan. Pasalnya di musim hujan ini populasi nyamuk terus meningkat dan mengancam kesehatan. Bagi Anda yang tengah mencari lotion anti nyamuk yang ampuh untuk menghindari gigitan nyamuk dan nyaman di kulit, berikut adalah daftar rekomendasinya.

Waspada Ancaman Nyamuk di Musim Hujan

Musim penghujan memang menjadi waktu yang ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak. Hal ini disebabkan oleh banyaknya genangan air yang tersedia. Tentu hal ini patut diwaspadai oleh semua orang, sebab banyak penyakit akibat gigitan nyamuk menjadi ancaman saat musim hujan. Salah satu jenis nyamuk yang perkembang biakannya semakin bertambah di musim penghujan adalah nyamuk Aedes aegypti.

Gigitan nyamuk Aedes aegypti mampu menularkan virus dengue yang menyebabkan terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD. Untuk mencegah penularan penyakit yang berbahaya tersebut, Anda tentu perlu melakukan berbagai langkah pencegahan, seperti menjaga kebersihan lingkungan, mengganti air pada penampungan secara berkala, menutup genangan air, dan berbagai langkah lainnya.

Cara Menghindari Gigitan Nyamuk

Nyalakan Kipas Angin

Selain melakukan pencegahan dari segi lingkungan yang lebih luas, Anda juga bisa melakukan pencegahan lain yang sederhana untuk mencegah gigitan nyamuk. Misalnya saja dengan menyalakan kipas angin di dalam kamar. Tak hanya membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar dan sejuk, menyalakan kipas angin rupanya juga berguna untuk mencegah gigitan nyamuk.

Nyamuk berpindah tempat dengan cara terbang. Namun, serangga ini ternyata merupakan binatang yang tidak terlalu bisa terbang. Nyamuk biasanya terbang rendah untuk mengindari angin. Anda bisa mengarahkan kipas angin ke bawah untuk mengacaukan terbang nyamuk, sehingga nyamuk tidak bisa mendekat ke tubuh, bahkan menggigit. Gunakan kipas angin dengan bijaksana, agar Anda tidak mengalami masuk angin akibat suhu ruangan yang terlalu dingin dan paparan angin secara terus menerus.

Gunakan Obat Nyamuk

Salah satu cara yang lazim digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk adalah menggunakan produk pengusir nyamuk atau biasa disebut dengan obat nyamuk. Saat ini telah tersedia beberapa variasi obat nyamuk di pasaran, antara lain obat nyamuk bakar, elektrik, dan juga semprot. Produk-produk tersebut dianggap ampuh dalam mengusir nyamuk.

Meski ampuh dalam mengusir nyamuk secara instan, sayangnya penggunaan produk-produk tersebut juga berisiko bagi kesehatan. Asap dan juga aerosol dari obat nyamuk mengandung bahan kimia yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan pada pernapasan, misalnya saja iritasi dan memicu kambuhnya asma. Sebaiknya gunakan obat nyamuk sebelum tidur dan saat tidak ada orang di dalam ruangan atau kamar.

Gunakan Aromaterapi Pengusir Nyamuk

Bagi Anda yang memiliki riwayat asma dan hendak menghindari penggunaan obat nyamuk, aromaterapi mungkin bisa menjadi salah satu alternatif yang aman. Berbagai minyak esensial bisa Anda pilih sebagai aromaterapi untuk mengusir nyamuk.

Menariknya, tak hanya terhindar dari gigitan nyamuk, aromaterapi juga bisa mengharumkan ruangan. Sehingga, Anda menjadi lebih nyaman dan rileks saat beristirahat. Beberapa varian minyak esensial yang bisa dipilih sebagai aromaterapi pengganti obat nyamuk sekaligus menyegarkan ruangan, antara lain lavender, jeruk, lemon, eukaliptus, serai, tea tree, dan peppermint.

Oleskan Lotion Anti Nyamuk

Cara praktis berikutnya yang bisa dipilih untuk menghindari gigitan nyamuk yaitu menggunakan lotion anti nyamuk. Saat ini sudah banyak produk lotion anti nyamuk ampuh yang beredar di pasaran. Cukup dengan mengoleskannya ke tangan dan kaki yang terekspos, maka Anda akan terhindar dari gigitan nyamuk.

Tak hanya memilih lotion anti nyamuk dengan aroma favorit, sebaiknya pilih juga produk yang berbahan lembut. Hal ini untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Pastikan untuk mencuci tangan setelah menggunakan lotion anti nyamuk, sebab produk tersebut umumnya mengandung bahan kimia yang berbahaya apabila tertelan. Hindari pula penggunaannya pada area wajah.

Ini Dia Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Autan Care & Protect Tube

Apakah Anda tengah mencari produk lotion anti nyamuk yang ampuh? Autan Care & Protect Tube adalah salah satu produk yang direkomendasikan. Produk keluaran Autan ini hadir dengan aroma Apel dan Jeruk yang wangi dan disukai anak-anak. Lotion anti nyamuk ini juga mengandung Ekstrak Aloe Vera yang lembut di kulit.

Produk berbentuk lotion ini memiliki kandungan bahan aktif yang lebih rendah dan lebih aman dipakai. Autan Care & Protect Tube ini efektif melindungi Anda dari nyamuk selama 6-8 jam. Cara penggunaannya pun sederhana, cukup oleskan ke seluruh tubuh secukupnya. Hadir dengan kemasan tube 50 ml membuat produk ini praktis disimpan dan dibawa bepergian.

Harga Rp. 9.000-13.000

Soffel Lotion Kulit Jeruk

Soffel Lotion Kulit Jeruk adalah lotion anti nyamuk berikutnya yang bisa dipilih untuk melindungi dari gigitan nyamuk. Produk ini memiliki wangi Kulit Jeruk yang menyenangkan, tetapi tidak disukai oleh nyamuk. Tidak lengket dan panas di kulit, produk ini nyaman digunakan dan mampu melindungi dari gigitan nyamuk selama 8 jam.

Produk ini efektif melindungi Anda dari gigitan nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah dan Culex quinquefasciatus. Soffel Lotion Kulit Jeruk memiliki dua perlindungan, yaitu aroma dan rasa yang tidak disukai nyamuk. Lotion ini juga mengandung pelembap khusus, sehingga nyaman di kulit. Oleskan produk secukupnya pada bagian tubuh yang perlu, pastikan jangan sampai terkena mata atau selaput lendir lainnya.

Harga Rp. 10.900-12.500

Caladine Mosquito Repellent

Caladine rupanya juga memiliki produk lotion yang ampuh untuk menghindari gigitan nyamuk, yaitu Caladine Mosquito Repellent. Produk ini diformulasi tanpa DEET yang mengandung zat aktif Picardin. Lotion ini efektif mencegah gigitan nyamuk penyebab penyakit Zika, DBD, Malaria, maupun Kaki Gajah.

Caladine Mosquito Repellent aman digunakan, karena telah teruji klinis tidak menimbulkan iritasi atau efek toksikologi pada penggunanya. Produk ini ampuh mencegah gigitan nyamuk selama 10 jam. Tidak lengket dan tidak berbau menyengat, lotion anti nyamuk ini nyaman digunakan setiap saat.

Harga Rp. 19.590-27.500

Medisoft Mosquito Repellent Rosemary

Salah satu kriteria yang kerap diperhatikan dalam memilih lotion anti nyamuk adalah aroma. Lotion dengan aroma yang menyegarkan rupanya lebih disukai. Bagi Anda yang tengah mencari lotion anti nyamuk dengan aroma segar, Medisoft Mosquito Repellent Rosemary bisa menjadi pilihan.

Medisoft Mosquito Repellent Rosemary hadir dengan aroma segar yang dilengkapi bahan-bahan pelembut kulit, sehingga nyaman dipakai. Produk ini mampu memberikan proteksi dari gigitan nyamuk hingga lebih dari 8 jam. Lotion anti nyamuk ini bahkan telah lulus uji keamanan dari Universitas Indonesia dan uji khasiat dari Institut Pertanian Bogor.

Harga Rp. 8.000-10.000

Dee-dee Mosquito Repellent Lotion Orange

Dikenal dengan produk kebutuhan mandi anak-anak, rupanya Dee-dee juga memiliki produk lotion anti nyamuk. Dee-dee Mosquito Repellent Lotion Orange adalah produk yang cocok untuk melindungi anak dari gigitan nyamuk. Tak hanya hadir dalam varian Orange, produk ini juga hadir dengan aroma lain yang tak kalah menarik, yaitu Guava dan Strawberry. Produk ini mampu memberikan perlindungan selama 6-8 jam.

Mengandung ekstrak buah-buahan dan Vitamin E, produk ini mampu melindungi sekaligus menjaga kelembapan alami kulit si kecil. Aroma buah-buahan yang dimiliki juga banyak disukai oleh anak-anak. Seperti penggunaan lotion anti nyamuk pada umumnya, oleskan lotion pada kulit secukupnya. Pastikan lotion tidak mengenai mata, mulut, atau bagian kulit yang sensitif. Selain kemasan botol, produk ini juga hadir dengan kemasan sachet dan tube yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Harga Rp. 7.900-8.690

Cussons Baby Moscare Natural Skin Protection Lotion

Cussons Baby Moscare Natural Skin Protection Lotion adalah produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Lotion anti nyamuk ini mampu melindungi kulit dari gigitan nyamuk hingga 8 jam. Produk ini telah lulus uji dermatologi, sehingga aman bagi kulit. Tak hanya itu, lotion ini juga hadir dengan pH netral dan tanpa tambahan parfum, sehingga cocok untuk anak-anak.

Produk ini mengandung Citronella, Eucalyptus dan Natural Repellenol yang memberikan keharuman alami. Kandungan Minyak Chamomile dan Minyak Zaitun yang dimiliki membantu memelihara kulit bayi agar tetap lembap. Cussons Baby Moscare Natural Skin Protection Lotion memiliki formula yang tidak lengket, sehingga nyaman untuk kulit si kecil.

Harga Rp. 12.500-22.900

Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion

Memilih produk untuk si kecil tentu tak bisa sembarangan. Begitu juga dalam memilih lotion anti nyamuk. Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion adalah salah satu produk yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melindungi kulit anak dari gigitan nyamuk. Produk ini aman digunakan, bahkan bagi kulit bayi yang sensitif.

Zwitsal Natural Baby Skin Protector Lotion terbuat dari bahan alami, salah satunya adalah Minyak Citronella yang ampuh mengusir nyamuk. Produk ini juga mengandung Ekstrak Chamomile yang dapat meredakan rasa gatal pada kulit. Terbuat dari bahan-bahan terbaik, membuat produk ini aman dan nyaman untuk kulit.

Harga Rp. 24.900-28.000

Bambi Baby Anti Mosquito

Bambi Baby Anti Mosquito adalah produk lotion anti nyamuk berikutnya yang aman untuk si kecil. Produk ini hadir dengan formulasi lembut, sehingga aman digunakan untuk bayi. Lotion ini mengandung Minyak Citronella yang merupakan bahan aktif penolak gigitan nyamuk dan serangga lainnya.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan anti iritant complex yang terdiri dari Pro Vit B5, Liqorice, dan Chamomile. Selain melindungi kulit si kecil, kandungan tersebut juga mampu menyejukkan kulit yang kemerahan akibat iritasi ringan. Oleskan secukupnya pada tubuh si kecil untuk perlindungan dari nyamuk selama 6-8 jam.

Harga Rp. 30.600-41.600

Bite Fighters Organic Mosquito Repellent Lotion

Produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Bite Fighters Organic Mosquito Repellent Lotion. Lotion anti nyamuk ini diformulasikan khusus untuk bayi dan anak-anak. Menggunakan formulasi baru, produk ini aman digunakan untuk segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Lotion dengan aroma Lemon yang menenangkan efektif melindungi kulit dari gigitan nyamuk.

Bite Fighters Organic Mosquito Repellent Lotion merupakan Minyak Bergamot yang terbuat dari semak asli Eropa yang disebut Apsintus atau Wermut dan Jeruk Bali. Produk ini telah terbukti bebas dari zat aktif DEET dan paraben. Tanpa pewangi dan pewarna buatan, produk ini juga tidak menimbulkan rasa panas pada kulit. Lotion anti nyamuk ini bahkan mendapat sertifikasi dari UK Soil Association

Harga Rp. 150.000-268.400

Bebe Roosie Bugs Repellent

Lotion anti nyamuk terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Bebe Roosie Bugs Repellent. Produk ini diformulasi lembut untuk kulit bayi. Mampu melindungi si kecil dari gigitan nyamuk, produk ini juga nyaman dan melembapkan kulit.

Bebe Roosie Bugs Repellent mengandung bahan aktif Levender dan Citronella yang ampuh mengusir nyamuk. Kandungan Minyak Zaitun dan Aloe Vera yang melengkapinya membuat kulit lebih lembap. Oleskan lotion secukupnya pada kulit dan si kecil akan terhindar dari gigitan nyamuk.

Harga Rp. 23.800-24.900
From our editorial team

Hindari Penggunaan Lotion Anti Nyamuk di Area Wajah

Lotion anti nyamuk memang bermanfaat untuk melindungi Anda dari gigitan nyamuk. Namun, penggunaan yang salah justru dapat berakibat fatal. Produk anti nyamuk ini umumnya terbuat dari berbagai komposisi, termasuk bahan kimia yang berbahaya apabila tertelan. Oleh sebab itu, hindari penggunaan lotion anti nyamuk pada area wajah. Jangan sampai produk anti nyamuk ini terkena mata atau selaput tubuh lain yang berisiko menyebabkan keracunan.

Tag