10 Rekomendasi Tirai Pintu Kamar Paling Favorit untuk Mempercantik Ruangan (2020)

10 Rekomendasi Tirai Pintu Kamar Paling Favorit untuk Mempercantik Ruangan (2020)

Salah satu cara untuk mempercantik ruangan adalah dengan menambahkan tirai untuk pintu, yang fungsinya juga sebagai pemisah ruangan dan penghalau nyamuk. Apa saja rekomendasi tirai pintu dari BP-Guide? Yuk, simak artikel berikut ini!

Hias Rumah dengan Pemilihan Dekorasi yang Tepat

Sumber gambar Aliexpress

Bukan rahasia lagi bahwa saat ini banyak orang yang sadar akan pentingnya dekorasi dalam rumah. Dengan mempercantik rumah, maka suasana hunian menjadi lebih nyaman. Ada beberapa cara yang biasa digunakan untuk mendekorasi rumah, seperti mengubah warna cat, memasang wallpaper, hingga mengganti motif karpet.

Meski ada banyak pilihan barang untuk dekorasi, hal pertama yang perlu kamu ketahui sebelum mempercantik rumah adalah menentukan suasana yang akan diciptakan. Bagi yang menginginkan rumah dengan suasana sederhana, penggunaan furnitur dan dekorasi bermotif floral sangat disarankan. Sedangkan, untuk rumah dengan suasana modern, penggunaan furnitur dan dekorasi berwarna kontras lebih sesuai.

Tambahkan Tirai Pintu untuk Dekorasi Rumah

Sumber gambar Rukita

Dari berbagai macam item dekorasi, tirai adalah salah satu benda yang patut untuk diaplikasikan. Bahkan, tirai atau gorden mampu memberikan perubahan kesan yang besar pada ruangan. Beberapa jenis tirai yang bisa kamu coba sesuaikan dengan tipe rumah, antara lain tirai putih minimalis, tirai portiere, dan tirai motif.

Penggunaan tirai sebagai dekorasi ini tentu tak boleh lepas dari fungsi utamanya, yaitu sebagai penutup pintu dan dan jendela. Tirai juga bisa digunakan sebagai pemisah ruangan satu dan ruangan lain. Tak hanya itu, tirai juga digunakan untuk menciptakan privasi sehingga kamu bisa beraktivitas dengan nyaman.

Tips Memasang dan Merawat Tirai Pintu Kamar agar Awet

Kenali Sifat Material Tirai Pintu

Sumber gambar www.bukalapak.com

Tertarik menggunakan tirai pada pintu kamar? Sebelum mengaplikasikannya, kamu perlu memahami beberapa tips agar tirai kesayanganmu bisa awet digunakan. Tips yang pertama adalah mengenali sifat material tirai. Kini ada banyak variasi material tirai yang beredar di pasaran, mulai dari kayu, plastik, hingga kain. Setiap material tirai tentu memiliki cara pemasangan dan perawatan yang berbeda pula.

Beri Jarak Tirai Pintu dengan Benda Sekitarnya

Sumber gambar Jakarta Notebook

Dalam pemasangannya, kamu perlu untuk memberi jarak antara tirai pintu dengan benda di sekitarnya. Biasanya banyak yang kurang peduli akan hal ini dan membiarkan tirai terhimpit meja, kursi, atau laci. Padahal, hal ini akan membuat tirai rentan sobek dan merusak bilah-bilahnya. Menjauhkan benda lain dari tirai juga bermaksud agar tidak tidak mudah berdebu ketika benda di sekitarnya dibersihkan.

Jangan Lupa Antisipasi Kerusakan-kerusakan Kecil

Sumber gambar Jakarta Notebook

Sering dianggap sepele, kerusakan-kerusakan kecil pada tirai sebenarnya perlu untuk diantisipasi. Pasalnya, kerusakan-kerusakan ini bisa menjadi fatal apabila dibiarkan. Misalnya saja apabila kait pada tirai terlepas, maka segeralah untuk memasangnya kembali. Kemudian saat tali grendel tirai terlepas, sebaiknya segera untuk dipasang kembali. Dengan menjaga kondisi tirai sebagaimana mestinya, maka kerusakan fatal pada tirai dapat dicegah dan membuatnya lebih tahan lama.

Tempatkan Tirai Pintu di Area yang Luas

Sumber gambar Aliexpress

Apakah kamu menggunakan tirai dengan jenis vertical blind di rumah? Ada baiknya kamu menempatkan tirai pintu pada area yang luas agar terhindar dari lalu-lalang orang. Dengan demikian maka komponennya akan lebih terjaga dan membuatnya tidak mudah rusak. Untuk memudahkan pembersihannya, maka tirai bisa dipasang tidak terlalu dekat dengan pintu. Tirai dengan penarik pun akan lebih fleksibel dan praktis digunakan.

Lipat atau Gulung jika Ada Sisa Tirai

Sumber gambar Aliexpress

Memiliki bentuk yang menjuntai ke bawah, tirai kerap kali meninggalkan sisa di lantai. Agar tirai tidak terkesan menumpuk dan terinjak, sisa tirai perlu digulung atau dilipat. Namun, bagi yang tidak menyukai tirai yang digulung, kamu bisa memasang tirai lebih tinggi sehingga bagian bawah tirai tidak menyentuh lantai. Saat ini juga sudah ada roller blind yang menutup pintu atau jendela dari atas ke bawah, sehingga pengaturan panjang tirai lebih praktis.

Pilihan Tirai Pintu Cantik untuk Dipilih

Tirai Pintu Kelambu

Rekomendasi tirai yang pertama adalah Tirai Pintu Kelambu. Produk ini terbuat dari bahan high polyester yang menggunakan aplikasi magnet. Bahannya yang tebal membuat tirai ini lebih tahan lama dan mampu menghalau debu hingga serangga dengan baik.

Produk ini memiliki ukuran 90 x 210 cm yang bekerja dengan sistem magnetis. Tak perlu repot membuka dan menutup tirai ketika keluar ruangan, tirai ini akan terbuka dan otomatis tertutup kembali dengan rapi. Setiap kemasan produk ini berisi 1 pc tirai dan 1 bungkus paku payung gold untuk mengaplikasikannya.

Harga Rp. 16.000-24.990

Tirai Gliter

Rekomendasi tirai pintu kamar berikutnya adalah Tirai Gliter. Produk ini cocok untuk kamu yang memiliki kamar bergaya vintage. Tirai ini merupakan tirai benang yang dilengkapi dengan gliter. Memunculkan kilau-kilau menarik, tirai ini memberikan kesan fancy dan mewah pada kamar. Tirai Gliter terbua dari bahan polyester yang lembut dan tidak mudah kusut.
Produk ini memiliki ukuran ideal dengan panjang 2 meter dan lebar 1 meter. Didesain unik, tirai ini tersedia dalam kombinasi warna pelangi yang cantik. Selain digunakan sebagai tirai pintu kamar, kamu juga bisa mengaplikasikannya sebagai tirai jendela, pembatas ruangan, dan dekorasi.

Harga Rp. 17.000-28.500

Tirai Benang Kupu-Kupu

Mau tirai unik sebagai hiasan pintu atau jendela kamar, kamu bisa memilih produk Tirai Benang Kupu-Kupu. Tirai berbahan polyester ini memiliki motif kupu-kupu yang cantik. Berbeda dengan tirai pada umumnya, produk unik ini berbentuk juntaian benang tebal yang tidak mudah putus.
Tirai ini hadir dengan panjang 200 cm dan lebar 100 cm yang ideal. Cocok digunakan sebagai tirai pintu, produk ini juga bisa dipasang sebagai pembatas ruangan, vitras jendela, dan dekorasi ruangan.

Harga Rp. 12.350-39.350

Tirai Pintu Magnet Polos

Saat beraktivitas di kamar, kamu tentu menginginkan situasi yang nyaman tanpa gangguan. Namun, serangga sepeti nyamuk, ngengat, hingga lalat kerap kali masuk ke dalam kamar dan membuat momen bersantai jadi terganggu. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan Tirai Pintu Magnet Polos di pintu kamar.
Tirai ini berbahan polyester fiber yang awet dan mampu menghalau serangga. Produk ini dilengkapi dengan desain magnet yang mudah dibuka dan ditutup secara otomatis. Tak hanya cocok dipasang di kamar, tirai ini juga bisa diaplikasikan pada ruang tamu, ruang makan, hingga dapur.

Harga Rp. 51.000-199.999

Tirai Pintu Benang Motif LOVE

Rekomendasi produk tirai untuk pintu kamar berikutnya adalah Tirai Pintu Benang Motif LOVE. Berbeda dengan tirai lainnya, produk ini berbentuk juntaian benang tebal yang cantik. Terbuat dari bahan polyester yang lembut, tirai unik ini tidak mudah kusut meskipun diikat atau dijepit untuk menyingkapnya.
Memiliki tinggi 2 meter, Tirai Pintu Benang Motif LOVE ini bisa disesuaikan dengan tempat pemasangan dan dipotong apabila terlalu panjang. Tersedia dalam berbagai warna dengan motif love yang menarik, tirai ini bisa dipasang sebagai pembatas ruangan, tirai pintu, hingga hiasan rumah.

Harga Rp. 8.800-16.900

Tirai Foil Silver

Tirai memang menjadi salah satu item dekorasi terbaik untuk menciptakan kesan rumah sesuai keinginan. Bagi kamu yang menginginkan kesan glamor dalam rumah, produk Tirai Foil Silver bisa menjadi tirai pilihan. Bisa dipasang di pintu kamar hingga jendela, tirai ini juga cocok digunakan sebagai background ketika kamu hendak melaksanakan pesta di rumah.

Dilengkapi dengan gliter yang berkilau, membuat tirai ini kental dengan kesan glamor. Tirai Foil Silver tersedia dalam ukuran 100 x 200 cm yang ideal. Selain warna silver, tirai yang juga bisa digunakan sebagai taplak meja ini juga hadir dengan warna gold, merah, biru, dan pink.

Harga Rp. 15.000-37.000

Tirai Foil Doff

Ingin memberikan kesan mewah pada rumah? Kamu bisa memasang Tirai Foil Doff sebagai dekorasi. Tirai berbahan foil film mate atau doff finishing ini memiliki warna solid. Tidak memantulkalkan cahaya, tirai ini cocok dipasang pada jendela rumah atau pintu kamar untuk memberikan kesan mewah.

Tirai ini memiliki ukuran panjang 1 meter dan tinggi 2 meter, sehingga cocok pula digunakan sebagai pembatas ruangan. Agar lebih menarik, kamu bisa melakukan kombinasi selang-seling tirai foil doff dengan jenis tirai lain. Produk ini memiliki beberapa pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan desain rumah dan ruang pemasangan.

Harga Rp. 20.000-39.000

Tirai Motif Bunga Peony

Motif bunga adalah salah satu motif yang kerap digunakan dalam produk tirai. Salah satu produk motif bunga yang bisa dipilih untuk menghiasi rumah adalah Tirai Motif Bunga Peony. Produk ini terbuat dari bahan polyester berkualitas tinggi, sehingga menghasilkan detail yang indah dan tahan lama.

Tirai dengan motif bunga peony ini hadir dengan ukuran 250 x 100 cm. Untuk pilihan warnanya, ada warna ungu dan kuning krim yang bisa disesuaikan dengan suasana rumah. Produk ini sangat cocok dipasang sebagai pembatas ruang tamu, tirai kamar tidur, hingga dekorasi pada jendela rumah.

Harga Rp. 42.000-138.000

Tirai Pintu Velcro

Mau menciptakan kesan elegan di rumah? Kamu bisa menggunakan Tirai Pintu Velcro sebagai dekorasi. Tirai ini terbuat dari bahan yang ringan dan berkualitas, sehingga lebih tahan lama. Hadir dengan gaya cetak bunga, produk ini cocok digunakan sebagai pembatas ruangan, tirai jendela, dan hiasan dinding.

Tirai cetak cantik ini mudah dipasang dan memiliki kelembutan sedang. Tirai Pintu Velcro adalah produk portabel yang praktis dan mampu menciptakan suasana nyaman pada ruangan. Tersedia dalam ukuran 90 x 150 cm, tirai ini memiliki pilihan warna pink, biru, hijau, navy, dan beige yang menarik.

Harga Rp. 99.000-151.504

Tirai Pintu Panjang Aneka Motif

Rekomendasi tirai pintu kamar yang terakhir adalah Tirai Pintu Panjang Aneka Motif. Produk ini hadir dengan aneka motif yang bisa disesuaikan dengan desain kamar dan keinginanmu. Selain motif yang beragam, ada beberapa ukuran yang tersedia sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran pintu kamar.
Tirai ini dibuat dengan pewarna reaktif yang ramah lingkungan, tidak beracun, dan tidak berbau, sehingga aman digunakan. Selain untuk mempercantik kamar, tirai ini juga cocok sebagai dekorasi partisi kaca. Tirai dengan banyak pilihan warna ini dikerjakan dengan hati-hati, sehingga menghasilkan jahitan yang indah.

Harga Rp. 59.275-67.000
From our editorial team

Gunakan Tirai Pintu yang Menarik

Penggunaan tirai pintu tidak bisa sembarangan karena alih-alih membuat dekorasi menjadi bagus, malah akan membuat rumah terlihat berantakan. Yuk, kita pasang tirai kamar yang cantik agar rumah terlihat semakin menarik!