Mau Rumah Semakin Cantik? Ini Dia 10 Rekomendasi Tirai Pintu yang akan Mempercantik Dekorasi (2020)

Mau Rumah Semakin Cantik? Ini Dia 10 Rekomendasi Tirai Pintu yang akan Mempercantik Dekorasi (2020)

Selama ini tirai sering digunakan sebagai penutup jendela saja. Namun, seiring perkembangan yang ada di dunia desain, tirai kini juga bisa digunakan sebagai penghias pintu. Tidak hanya itu, tirai pintu juga bisa membantu menghalau nyamuk lho! Simak rekomendasinya dari BP-Guide berikut ini, ya!

Tirai Tidak Hanya Sebagai Penutup Jendela, namun juga Bisa Menjadi Penutup Pintu

Tirai umumnya digunakan sebagai pemanis tampilan jendela di rumah dan banyak bangunan lainnya. Fungsi utama tirai sendiri bukan sebagai hiasan, namun sebagai media untuk memblokir masuknya cahaya ke dalam rumah. Selain itu tirai juga memberikan privasi bagi ruangan supaya tidak mudah terlihat dari luar. Dengan memilih warna dan model yang pas, kamu bisa menciptakan suasana ruangan yang lebih elegan.

Namun dengan sedikit modifikasi, tirai juga bisa membuat tampilan pintu semakin manis, lho. Tirai yang digunakan untuk jendela tentu berbeda dengan tirai untuk pintu. Model tirai yang dipasang di pintu biasanya adalah tirai magnet. Jika kamu belum pernah mendengar tirai magnet, ini adalah sejenis kelambu yang dipasang di pintu dan dapat dikancingkan dengan magnet.

Memasang tirai di pintu memberikan berbagai macam manfaat, di antaranya adalah mencegah masuknya nyamuk dan serangga ke dalam ruangan.

Fungsi Tirai yang Kamu Perlu Tahu

Sebagai Penutup Pintu

Sumber gambar unsplash.com

Pintu dan jendela merupakan akses untuk sirkulasi udara yang lebih lancar di dalam rumah. Untuk memberikan tampilan yang lebih elegan, banyak orang memilih pintu dan jendela yang terbuat dari kaca supaya terlihat lebih modern dan minimalis.

Agar aktivitas di dalam rumah tidak terlihat dari luar dan penghuni mendapatkan banyak privasi, tirai dipasang untuk menghalangi pandangan dari luar. Warna tirai yang populer saat ini antara lain adalah putih, krem, dan abu-abu yang cenderung netral.

Banyaknya model tirai menjadikan benda tersebut lebih dari sekedar kain penutup. Kini tirai juga menjadi elemen dekoratif yang sangat cantik. Seiring dengan perkembangan dunia desain interior, kini tirai bisa dipasang di pintu juga.

Sebagai Privasi

Sumber gambar unsplash.com

Kain pembuat tirai memiliki ketebalan yang bermacam-macam. Tirai yang tipis dan transparan biasanya dilapisi dengan tirai yang kainnya lebih tebal. Alasannya apa lagi selain memberikan privasi bagi para penghuni rumah.

Penggunaan tirai sendiri tidak terbatas hanya pada jendela dan pintu saja. Tirai juga dapat dipasang di sekeliling tempat tidur untuk memberikan privasi saat kamu sedang tidur. Pilih tirai yang warna dan desainnya unik supaya tampilan tempat tidur atau jendela yang dipasangi tirai juga bisa terlihat lebih menarik.

Untuk Ruang Penyimpanan

Sumber gambar themoodpalette.com

Jika kamu memiliki rak terbuka di dalam rumah, kamu harus berhati-hati dalam menata barang-barangnya. Jangan sampai rak terlihat berantakan dan mengganggu pemandangan. Namun membersihkan rak setiap hari juga bukan perkara mudah lho.

Untuk menghemat tenaga dan menyembunyikan kondisi rak yang tidak beraturan, kamu bisa membuat penutup rak dari tirai. Kreasi tirai untuk penutup ini sangat serbaguna dan hemat karena kamu tidak perlu membeli rak baru. Tinggal ambil tirai yang tidak terpakai dari dalam lemari lalu memasangnya di depan rak yang terbuka.

Sebagai Pemisah Ruangan

Kegunaan lain dari tirai yang sering tidak terduga adalah sebagai pembatas atau pemisah ruangan. Menggunakan tirai sebagai pemisah ruangan tidak memakan tempat dan sangat praktis. Jika kamu sudah tidak terlalu membutuhkannya atau ingin membuat ruangan tampak lebih luas, kamu tinggal membuka atau melepas tirainya saja.

Ide ini bisa diterapkan saat kamu harus berbagi ruangan dengan orang lain atau membutuhkan sekat antara dua ruangan seperti ruang tamu dan ruang makan. Pilih tirai yang warna dan modelnya sesuai dengan desain ruanganmu.

Jenis Tirai yang Sering Digunakan

Kerai / Horizontal

Sumber gambar aliexpress.com

Tirai horizontal atau yang sering disebut dengan kerai banyak digunakan di bangunan atau gedung perkantoran yang tinggi. Bahan pembuatnya pun bermacam-macam. Kerai bisa terbuat dari aluminium, kayu, dan kain. Dilihat dari modelnya, tirai ini memang sangat cocok untuk jendela-jendela tinggi.

Tirai ini juga bisa dibuka tutup dengan mudah. Baik itu digulung seluruhnya atau hanya dibuka di bagian siripnya saja. Jika kamu punya jendela tinggi di rumah, kamu juga bisa memakai tirai ini agar terlihat lebih modis.

Tirai Geser

Sumber gambar anthropologie.com

Sebutan lain dari tirai geser adalah gorden. Di antara banyaknya jenis tirai yang ada, gorden adalah yang paling populer dan paling sering dipakai di jendela rumah. Bahan gorden pun sangat bervariasi. Ada yang terbuat dari linen tebal dan tidak tembus pandang, bahan sutra yang sangat lembut, beludru yang halus dan elegan, serta gorden tenun yang eksotis.

Gorden juga punya banyak warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan tema dan desain rumahmu. Pilihan warna gorden berikut motifnya ini hampir tidak terbatas, lho. Penjual gorden biasanya memberikan pilihan di mana kamu bisa memilih sendiri tampilan dan ukuran gorden sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tirai Lipat

Sumber gambar toldostaiala.com

Tirai lipat terbuat dari bahan yang bervariasi seperti kulit, katun, kanvas, hingga denim. Model lipatannya pun beragam yaitu lipatan yang dinaikkan atau roman blind dan lipatan ke samping atau vertical blind.

Tirai ini harus dinaikkan atau ditarik ke samping untuk membuat lipatannya terlihat menonjol. Tirai lipat juga bisa dihiasi motif untuk meramaikan desain ruangan dan membuatnya terlihat lebih chic.

Tirai Roller Blind

Sumber gambar unikneeds.com

Roller blind adalah tirai yang bisa dibuka dan ditutup dengan cara digulung ke atas. Bahan seperti kain, kanvas, dan kulit banyak digunakan untuk membuat roller blind. Tirai yang satu ini punya model minimalis dan modern.

Tirai model ini juga dilengkapi dengan pengait di bagian atas untuk memudahkan kamu menggulung dan menurunkannya kembali. Tirai ini banyak digunakan di perkantoran dan gedung komersil, namun bisa juga digunakan untuk rumahmu.

Rekomendasi Tirai Pintu Untuk Dekorasi Rumah yang Makin Oke

Eccentio Tirai Pintu

Rekomendasi produk tirai pertama datang dari Eccentio Tirai Pintu. Tirai dengan warna yang lucu dan menggemaskan ini bisa membuat tampilan ruanganmu semakin kece. Warna tirai yang cerah akan membuat suasana lebih ceria.

Tirai yang terbuat dari bahan blended ini punya pilihan warna yang unik, yaitu beige, ungu, dan pink yang bisa kamu sesuaikan dengan cat dinding rumahmu. Tirai ini memiliki ukuran 90 x 200 cm dengan berat hanya 0,24 kg.

Harga Rp. 44.700-77.000

Tirai Pintu Bahan Tebal

Tirai Pintu Magnetik Anti Nyamuk ini memiliki ukuran 90 x 210 cm. Cara pemasangannya pun lebih mudah karena tidak perlu dipaku. Pinggiran tirai ini sudah dilengkapi dengan velcro yang bisa melekat kuat pada kusen pintu. Sehingga saat tirai ini dilepas, tidak meninggalkan lubang bekas paku di kusen yang bisa merusak penampilannya.

Harga Rp. 110.000-129.000

Tirai Pintu / Jendela dengan Bahan Tulle Voile dan Gambar Motif

Kain tile adalah kain tipis dan transparan yang terbuat dari macam-macam serat seperti nilon, sutra, poliester, hingga rayon. Warna-warna kain tile yang cerah ini akan membuat ruanganmu semakin keren.

Tirai Pintu / Jendela dengan Bahan Tulle Voile dan Gambar Motif bisa digunakan untuk menghias jendela dan pintu di rumahmu. Ukuran tirai ini sekitar 200 x 100 cm dengan banyak pilihan warna yang bisa kamu kombinasikan. 13 pilihan warna menarik yang bisa kamu beli antara lain adalah oranye, kuning, dark khaki, kuning muda, navy blue, pink, hijau, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 32.000-71.000

Tirai Love Extra Tebel

Motif hati pada tirai bisa membuat jendelamu tampal chic dan cute. Kamu juga bisa memasang tirai ini di pintu sebagai hiasan juga untuk memberikan privasi. Tirai Love Extra Tebal ini hadir dalam banyak pilihan warna cerah seperti marun, cokelat muda, ungu muda, silver, ungu, dan cokelat tua.

Tirai ekstra tebal ini bisa menjadi elemen dekorasi menarik sekaligus menutup jendela dan pintu di rumahmu. Sesuaikan pilihan warna tirai dengan cat dinding di rumahmu agar terlihat semakin menarik, ya!

Harga Rp. 14.000-25.000

Tirai Jendela / Pintu dengan Bahan Kristal Kaca

Kamu tidak boleh menganggap sepele kehadiran tirai lho. Jendela yang polos akan jadi lebih menarik hanya dengan dipasangi tirai. Itulah mengapa kamu harus memilih model dan warna tirai sunik mungkin.

Tirai Jendela / Pintu dengan Bahan Kristal Kaca akan memberikan tampilan yang elegan pada ruanganmu. Tebuat dari bahan acrylic crystal bead dengan panjang 1 m yang bisa digunakan untuk mendekorasi rumah, kantor, atau ruangan lainnya.

Harga Rp. 42.000-81.000

Tirai Glitter Pelangi

Jika ruanganmu punya tampilan serba putih, kamu perlu sentuhan warna untuk membuatnya terlihat lebih manis. Tirai Glitter Pelangi ini misalnya. Tampilan glitter-nya memberikan sentuhan mewah dan elegan, namun tidak berlebihan.

Tirai yang terbuat dari bahan benang ini bisa digunakan untuk menghias jendela sekaligus pintu di rumahmu. Ukuran tirai ini cukup besar yaitu 200 x 100 cm.

Harga Rp. 15.000-19.500

Tirai Pintu dan Jendela Renda Jacquard

Untuk rumah bergaya modern, kamu membutuhkan tirai yang modelnya elegan. Seperti tirai semi transparan yang akan membuat rumahmu terlihat lebih keren. Tirai Pintu dan Jendela Renda Jacquard bisa jadi rekomendasi yang pas untukmu.

Tirai ini memiliki ukuran 100 x 280 cm dengan pilihan warna yang unik dan netral. Kamu tidak akan kesulitan memadupadankan tirai ini dengan desain rumahmu. Bahan utama tirai ini adalah semi cotton yang berkualitas, tebal, dan eksklusif.

Harga Rp. 49.000-51.000

Tirai Pintu / Jendela dengan Bahan Kristal Kaca dan Hiasan Rumbai Manik-Manik

Karena model tirai kini sudah sangat beragam, jangan memilih tirai yang itu-itu saja. Tirai Pintu / Jendela dengan Bahan Kristal Kaca dan Hiasan Rumbai Manik-Manik terbuat dari bahan kristal berwarna-warni yang akan membuat ruanganmu terlihat lebih elegan.

Satu rangkaian tirai terdiri dari 15 buah manik-manik berbentuk segi delapan sepanjang 32 cm. Pilihan warnanya pun juga sangat menarik seperti putih, biru muda, biru tua, cokelat muda, hijau, hitam, dan sampanye.

Harga Rp. 11.000-74.000

Eccentio Tirai Magnet

Satu lagi rekomendasi tirai magnet yang bisa kamu pasang di pintu rumahmu. Nama produk ini adalah Eccentio Tirai Magnet. Tirai yang terbuat dari bahan blended bergaya idilis ini hadir dengan ukuran 90 x 200 cm. Pilihan warnanya pun sangat menarik yaitu beige, purple, dan pink.

Karena bahan tirai yang satu ini sangat transparan, maka kamu harus menutup pintu juga agar mendapatkan privasi.

Harga Rp. 46.000-109.000

Tirai Pintu Rose Rakit

Kini tirai dengan motif 3 dimensi juga semakin populer lho. Seperti Tirai Pintu Rose Rakit yang bisa digunakan untuk menghias jendela dan pintu ini. Ukuran tirai adalah 100 x 200 cm, pas untuk menutup pintu di rumahmu.

Warna pink yang sangat manis ini akan membuat ruangan lebih menarik. Belum lagi hiasan kuntum bunga mawar dengan warna senada bisa menjadi elemen dekorasi yang artistik di dalam rumah.

Harga Rp. 49.000-204.000
From our editorial team

Dekorasi Rumah yang Cantik Membuat para Penghuninya Makin Betah

Mendekorasi rumah bukan sekadar hobi, tetapi juga menjadi cara yang jitu untuk membuat para penghuninya makin betah. Melihat rumah yang cantik, tentu kamu akan semakin nyaman berada di rumahmu sendiri. Salah satunya adalah dekorasi tirai pintu nan kece ini. Kamu pilih yang paling kamu suka dari deretan rekomendasi BP-Guide di atas.