10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik agar Cepat Beraktivitas dengan Lancar (2021)

10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik agar Cepat Beraktivitas dengan Lancar (2021)

Terlalu lama berada di rumah bikin kita jadi malas gerak. Apalagi penyebabnya kalau bukan terlalu lama main gadget. Mulai dari komputer, laptop, tablet, TV, hingga smartphone memang begitu menarik dan menyita perhatian kita. Bahkan kita bisa menghabiskan berjam-jam hanya untuk bekerja atau menonton hiburan dengan gadget. Ini bikin mata jadi lebih rentan sakit. Atasi segera dengan obat tetes mata yang tepat seperti rekomendasi dari kami!

Sakit Mata Jangan Dibiarkan Berlarut-larut

Mata merupakan bagian tubuh yang krusial bagi kita. Dengan mata, kita bisa beraktivitas dengan baik dan bisa menikmati beragam ciptaan Tuhan. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan mata dengan baik.

Sayangnya, selalu saja ada hal yang bisa membuat mata kita jadi sakit. Mulai dari polusi, cahaya lampu, lensa kontak, terlalu lama menatap gadget dan lain sebagainya. Berbagai hal tersebut membuat mata jadi bermasalah, mulai dari berair, kering, gatal, hingga nyeri. Ini tentu bikin kita jadi kurang nyaman dalam beraktivitas.

Sakit mata memang akan segera mereda dengan sendirinya. Namun tentu ini akan butuh waktu lama. Agar aktivitas kamu tidak terganggu, segera obati mata kamu, ya!

Gunakan Obat Tetes Mata Sesuai Gejala

Mata Merah

Sebelum memakai obat tetes mata, kamu harus memastikan produknya sesuai dengan gejala yang kamu alami. Misalnya saja untuk mata merah. Sakit mata yang satu ini biasanya dikarenakan infeksi, alergi, atau karena kelelahan. Untuk mengatasinya, kamu butuh obat tetes mata dekongestan. Cara kerjanya adalah dengan segera mengecilkan pembuluh darah sehingga sklera mata jadi lebih putih dan bersih.

Alergi dan Gatal

Alergi juga bisa bikin kamu jadi sakit mata, loh. Contohnya saja jika kamu terkena serbuk sari, jamur, bulu hewan peliharaan, dan lainnya. Alergi akan bisa membuat mata jadi merah, berair, gatal, dan bengkak. Jika sudah begini, segera teteskan obat mata yang sesuai.

Kamu bisa gunakan obat tetes mata yang mampu mengurangi histamin pada jaringan mata. Hal ini akan segera menghilangkan rasa gatal akibat alergi. Kamu bisa juga memakai obat tetes mata dekongestan yang mengandung antihistamin agar mata alergi dan gatal segera reda.

Mata Kering

Cuaca yang terlalu dingin atau mungkin saat kita berada di ruang ber-AC terlalu lama bisa menyebabkan mata jadi kering. Terlalu lama menatap layar komputer dan smartphone juga bisa bikin mata jadi kering. Gejala mata kering adalah mata terasa gatal dan perih.

Untuk gejala semacam ini, kamu bisa memilih obat tetes mata yang terbuat dari air mata buatan. Ini akan bisa melegakan mata kering dan melumasinya dengan baik. Hindari tetes mata dengan dekongestan karena meski ampuh mengurangi mata merah namun juga bisa memperburuk gejala mata kering.

Konjungtivis

Salah satu penyebab infeksi mata yang umum terjadi adalah konjungtivis. Penyebab iritasi mata yang satu ini adalah karena virus dan alergi. Gejala konjungtivis akan bisa segera diredakan. Kamu cukup memakai obat tetes mata jenis air mata buatan. Kamu bisa juga memakai obat tetes mata antihistamin. Namun, jika sakit mata konjungtivis disebabkan bakteri, maka kamu akan butuh obat tetes mata antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Tips Menggunakan Obat Tetes Mata yang Benar

Memakai obat tetes mata ada aturannya sendiri. Kita tidak bisa asal teteskan saja dan terburu-buru karena sudah tidak tahan dengan sakit mata. Agar tetap aman, kamu perlu tahu tips yang benar dalam menggunakan obat tetes mata.

Pertama, cek botol kemasannya pastikan dalam kondisi steril. Selanjutnya, cek tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan agar obat jadi lebih aman digunakan dan kamu juga jadi tidak terlalu was-was.

Cuci tangan sampai bersih lalu keringkan. Kocok botol obat tetes mata lalu buka tutupnya. Dongakkan wajah lalu tarik kelopak mata ke bagian bawah secara perlahan. Jangan lupa kedipkan mata supaya obat tetes mata menyebar ke seluruh bagian mata.

Saat meneteskan obat, jangan sampai ujung botol tetes mata menyentuh permukaan mata. Ini supaya bakteri tidak masuk ke dalam botol mata.

Jika kamu ternyata membutuhkan beberapa jenis obat tetes mata bersamaan, maka kamu harus memberi jeda waktu 5 menit sebelum memakai obat tetes mata lainnya.

Ini Dia Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik

Allegran Refresh

Allegran Refresh merupakan produk yang bisa kamu andalkan saat sakit mata. Produk yang satu ini bisa mengatasi mata kering dengan baik. Selain itu, obat tetes mata ini juga mengatasi iritasi dan gatal. Mata jadi kembali segar dan kamu siap beraktivitas kembali dengan nyaman.

Harga Rp. 160.000-206.000

Insto Reguler Tetes Mata

Selanjutnya, kamu bisa lirik obat Tetes Mata Insto Regular. Produk yang satu ini sangat terkemuka di Indonesia. Insto menghadirkan formula khusus yang bisa cepat meredakan sakit mata seperti mata merah dan iritasi karena polusi, mata gatal, dan mata kering. Pemakaiannya juga simpel, cukup teteskan 2 sampai 3 tetes pada mata yang sakit dan tunggu beberapa saat agar obat bekerja dengan baik.

Harga Rp. 11.000-25.000

Blink Contacts Eye Drops

Blink Contacts Lubricating Eye Drops begitu nyaman digunakan untuk mata. Ini karena setiap tetesnya bagaikan air mata asli. Produk tetes mata ini memakai bahan purified water, sodium hyaluronate, dan sodium chloride. Berbagai bahan tersebut aman digunakan bersama lensa kontak sehari-hari. Obat tetes mata ini praktis dibawa dan digunakan kapan saja dibutuhkan.

Harga Rp. 50.000-83.000

Braito Tears

Braito Tears bisa meredakan mata kering dengan cepat. Kamu yang memakai lensa kontak dalam waktu lama, terlalu lama menatap layar, hingga terlalu lama terpapar cahaya tentu jadi merasakan gejala mata kering dan gatal. Jangan dikucek, kamu harus segera teteskan produk yang satu ini.

Obat tetes mata ini mengandung hydroxypropyl methylcellulose di dalamnya. Kandungan tersebut mampu membuat mata jadi lebih sejuk. Mata jadi terlumasi dengan baik dan kembali nyaman. Kamu jadi terbebas dari iritasi dan rasa gatal.

Harga Rp. 8.000-12.300

Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief

Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief cocok untuk kamu yang memakai lensa kontak. Produk yang satu ini akan segera mengatasi mata lelah. Dengan formula ringan dan lembut, mata akan segera lebih lembap dan nyaman. Mengandung komponen artificial tears, produk ini terasa seperti air mata asli sehingga tidak bikin mata makin iritasi.

Tetes mata ini cocok untuk mata sensitif. Produk akan meredakan keluhan mata buram dan hilang fokus. Ini tentu akan sangat membantu bagi kamu yang harus menatap layar laptop atau komputer dalam waktu lama.

Harga Rp. 149.000-214.000

Visine Original

Visine Original merupakan rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini bisa meredakan mata merah karena polusi dan penggunaan gadget berlebihan. Ini juga bisa meredakan mata kelelahan karena kurang tidur atau karena berenang. Produk ini juga ampuh melembapkan mata kering karena paparan angin. Obat tetes mata ini akan segera meredakan pembesaran pembuluh darah di mata. Dengan begini, mata merah bisa segera hilang dan bakteri penyebab mata gatal juga bisa hilang.

Harga Rp. 85.000-128.000

Alcon Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops

Alcon Tears Naturale Free Lubricant Eye Drops dikemas praktis sehingga memudahkan untuk dibawa kemana saja. Produk yang satu ini harus digunakan selama 12 jam setelah dibuka. Ini karena tetes matanya bebas pengawet. Obat tetes mata ini bisa meredakan mata kering, mata iritasi, dan mata lelah. Dengan bahan dextran 0,1% dan hydroxy methylcellulosa 0,3% , obat yang satu ini juga aman untuk lensa kontak.

Harga Rp. 165.000-394.000

Cendo Vision

Santen Pharmaceutical Hialid akan membantu mengembalikan kesegaran mata. Produk yang satu ini banyak digunakan di berbagai negara seperti Singapura, korea, Thailand, Vietnam, Malaysia, Cina, dan Indonesia. Ini karena produknya begitu berkualitas. Obat tetes mata ini hadir dengan pelembap yang efektif mengatasi mata kering.

Kamu juga bisa menggunakannya saat mata terasa lelah karena terlalu lama memakai lensa kontak. Ini juga cocok untuk mereka yang baru operasi. Cukup teteskan 6 kali sehari pada mata sehingga formulanya bisa cepat meredakan keluhan pada mata.

Harga Rp. 102.000-167.000

Cendo Cenfresh

Cendo Cenfresh tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk botol tetes dan strip dengan ukuran mini. Obat ini bisa mengurangi iritasi pada mata akibat debu, asap kendaraan, dan serangga. Produk ini akan membantu melembapkan mata kering dengan cepat. Obat tetes mata ini juga bisa kamu gunakan jika kamu mengalami mata kering dan pedas akibat terlalu lama bermain gadget.

Harga Rp. 34.000-40.000

Visine Extra

Visine Extra cocok untuk kamu yang kerap menderita mata merah. Tetes mata yang satu ini hadir dalam ukuran 6 ml sehingga praktis dibawa kemana saja. Di dalamnya ada kandungan Tertrahidrozolin HCI dan Polietilen Glikol 400. Kedua bahan tersebut bisa mengurangi risiko iritasi berat. Selain itu, ini juga bisa menghidrasi mata agar tidak terlalu kering.

Obat tetes mata yang satu ini diproduksi oleh PT Pfizer Indonesia. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Produk ini bisa memberikan efek kesejukkan pada mata usai digunakan. Cukup teteskan 2 tetes pada mata yang sakit 3 sampai 4 kali sehari.

Harga Rp. 120.000-145.000
From our editorial team

Tips Terhindar dari Sakit Mata

Sakit mata memang bisa cepat diatasi. Namun agar mata bisa tetap sehat, ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan. Pertama, kurangi bermain gadget atau terlalu lama menatap layar komputer. Jika memang harus bekerja dengan komputer atau laptop, kamu bisa sesekali keluar melihat tanaman hijau agar mata lebih segar. Cuci tangan secara teratur dan jangan mengucek mata meski mata terasa gatal. Hindari memakai handuk, sapu tangan, dan alat makeup yang sama dengan orang lain. Gantilah seprei tempat tidur seminggu sekali agar kuman tidak mengiritasi mata.

Tag