10 Rekomendasi Kotak Obat untuk Menampung Aneka Kebutuhan P3K (2021)

10 Rekomendasi Kotak Obat untuk Menampung Aneka Kebutuhan P3K (2021)

Setiap hari kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Bisa saja kita terjatuh yang menimbulkan luka, lecet, atau lebam. Bisa juga kita tak sengaja sakit karena kecapekan dan lain sebagainya. Agar selalu siap saat luka dan sakit, sediakan sebuah kotak obat yang lengkap isinya di rumah. Nah, simak tips memilih kotak obat yang bagus untuk menampung aneka obat kebutuhanmu dan juga rekomendasi terbaiknya dari BP-Guide!

Pentingnya Memiliki Kotak Obat P3K di Rumah

Saat ada di rumah, bisa saja terjadi aneka hal yang tidak kita perkirakan. Mulai dari kursi terantuk furnitur, tangan teriris pisau, terpercik minyak saat memasak, jatuh, dan lain sebagainya. Ada kalanya kita juga sakit entah karena bakteri atau virus yang kita dapat di dalam maupun di luar rumah. Saat seperti ini, kita butuh obat-obatan untuk menyembukan luka maupun sakit kita.

Selalu sedia obat dan perlengkapan pertolongan pertama di rumah. Fungsinya adalah, jika kita mengalami hal yang tidak kita inginkan seperti sakit atau luka maka kita tidak perlu bingung membeli obat ke luar rumah dulu karena kita sudah sedia di rumah. Sayangnya, kadang meski sudah sedia banyak obat di rumah, kita malah cenderung lupa meletakkannya di mana. Solusi dari masalah ini adalah membeli kotak obat.

Dengan adanya kotak obat di rumah, maka kamu bisa menyimpan aneka obat-obatan dan juga peralatan dan obat pertolongan pertama. Persediaan aneka obat dalam kotak obat ini bisa meringankan gejala sakit atau luka sebelum mendapatkan perawatan khusus medis jika memang sakit atau lukanya parah.

Kamu juga tidak perlu bingung mencari dimana obat-obatan kamu karena adanya kotak obat bikin kamu lebih mudah mengorganisir aneka obat-obatanmu. Kamu jadi lebih cepat menemukan obat yang kamu butuhkan dan bisa menangani luka atau sakit dengan lebih cepat.

Di dalam kotak obat, kamu wajib menyediakan beberapa obat yang biasa kamu konsumsi, entah itu obat alergi (jika semisal kamu memiliki alergi), obat-obatan umum seperti paracetamol, ibuprofen, obat merah, dan obat luka bakar. Sediakan juga obat untuk flu, diare, dan masuk angin. Berbagai obat tersebut wajib ada karena umumnya kita mengalami aneka penyakit tersebut.

Tak hanya obat-obatan tersebut, kamu juga bisa mengisi kotak obatmu dengan kasa, kapas, plester, gunting, cairan antiseptik, dan termometer. Aneka peralatan medis simpel ini penting untuk mengatasi luka ringan yang biasa terjadi di rumah.

Tips Memilih Kotak Obat P3K

Pilih Bahan Terbaik

Sebelum membeli kotak P3K, perlu kamu tahu bahwa ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk kotak obat. Ada bahan dari plastik, kayu, metal, kain dan lainnya. Bahan tersebut bisa mempengaruhi keawetan kotak obat dan juga mempengaruhi bobotnya.

Bahan plastik misalnya, bahan ini memiliki keunggulan yakni ringan sehingga kamu mudah memindahkan atau membawanya ke mana pun. Sayangnya, jika terlalu lama digunakan dan isiannya terlalu berat, bahan ini juga mudah pecah dan rusak.

Selanjutnya, bahan kayu membuat kotak obat terkesan berat meski bisa dibilang kokoh. Desainnya juga menarik dan terkesan sangat menawan. Kotak obat kayu bisa jadi pajangan juga karena bisa menambah kesan estetik di dalam ruangan.

Ada juga kotak obat dari bahan kain. Umumnya, kotak obat jenis ini untuk dibawa bepergian. Bentuknya mirip tas namun bentuknya kubus dengan handle di bagian atas untuk memudahkan membawanya.

Nah, ada juga loh kotak obat bahan metal. Bahan ini membuat kotaknya sedikit berat. Meski demikian, kotak obat semacam ini bisa lebih kokoh dan tahan lama digunakan.

Pilih yang Isinya Bisa Terlihat dari Luar

Dalam memilih kotak obat, utamakan memilih yang desainya dilengkapi kaca transparan. Ini supaya isiannya bisa terlihat dari luar. Kamu bisa memilih yang modelnya bukaan kaca sliding kanan kiri. Boleh juga memilih yang bukaan pintu biasa dengan kaca bening di bagian depan. Dengan begini, kita bisa lebih mudah dan lebih cepat mencari dan mendapatkan obat yang kita butuhkan, utamanya saat darurat.

Sesuaikan Tujuan Penggunaan

Ketika memilih kotak obat, pertimbangkan produknya akan kamu gunakan dimana. Ada perbedaan antara kotak obat yang untuk dibawa bepergian dan kotak obat yang hanya diletakkan di rumah saja.

Untuk kotak obat yang dibawa bepergian sebaiknya memilih yang bahannya ringan. Ini supaya kamu tidak keberatan membawanya keluar. Selain itu, pastikan memilih yang dilengkapi handle supaya kamu bisa mudah membawanya tanpa kerepotan. Ukuran kotak obat untuk dibawa keluar sangat beragam, ada yang kecil dan ada yang besar. Yang kecil bisa muat sedikit dan cocok untuk menangani luka ringan saja. Sementara, yang berukuran besar bisa muat lebih banyak obat dan peralatan.

Untuk kotak obat yang digunakan di rumah, kamu bisa memilih bahan yang tahan lama. Bobot berat tidak masalah karena toh kamu tidak akan memindahkannya. Kamu bisa memilih kotak obat yang digantung di dinding atau diletakkan di atas meha. Pilih yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah orang di rumahmu.

Jika orangnya sedikit, cukup pilih ukuran kecil untuk menampung obat secukupnya untuk orang yang ada di rumah. Dengan begini bisa lebih menghemat space di rumah. Tidak perlu kotak obat yang terlalu besar dan mengisi terlalu banyak obat jika orangnya sedikit. Sebab, obat juga bisa kedaluwarsa jika terlalu lama tidak digunakan.

Ini Loh Deretan Kotak Obat P3K yang Bisa Kamu Pilih

Kotak Obat P3K Dinding Maspion MK - 11

Kotak Obat P3K Dinding Maspion MK – 11 merupakan rekomendasi pertama kami. Kotak obat yang satu ini terbuat dari bahan kombinasi plastik dan mika. Kamu bisa memakainya sebagai wadah aneka perlengkapan P3K. Selain itu, cocok juga untuk jadi wadah aneka obat lainnya. Gantung saja kotaknya di dinding untuk lebih memudahkan kamu mencari obat. Ukuran produk ini adalah 34 x 10 x 27 cm. Ada pintu transparan yang bisa digeser. Di dalamnya terdapat 3 sekat rak yang bisa kamu isi aneka kebutuhan obatmu.

Harga Rp. 67.000-144.000

GM Bear Kotak P3K 1315 - Tranquil Medicine Box

GM Bear Kotak P3K 1315 - Tranquil Medicine Box adalah pilihan lainnya yang bisa kamu lirik. Produk yang satu ini cocok digunakan menyimpan obat dan perlengkapan pertolongan pertama. Ada banyak sekat jadi kamu bisa menata produk obat dengan lebih rapi. Kotak obat ini cocok dipakai di rumah atau bisa juga dibawa kemana saja.

Ada 2 susun sehingga kamu bisa memasukkan sebanyak mungkin obat ke dalamnya. Meski bahannya dari plastik namun cukup kokoh dan aman. Ada handle yang bikin kamu mudah memindahkan kotak obat. Produk bisa dikunci sehingga tidak mudah tumpah. Ukuran keseluruhannya adalah 21.5 x 14.5 x 13 cm.

Harga Rp. 39.900-174.000

Onemed Kotak P3K MC-11

Onemed Kotak P3K MC-11 tentunya bisa kamu andalkan jadi pilihan. Kotak obat yang satu ini hadir dengan bahan plastik mika yang tebal. Bagian jendelanya transparan dan cukup lebar. Di dalamnya berisi 4 sekat ruang yang cukup luas. Ukuran keseluruhan kotak obat adalah 32 x 12 x 44 cm. Kotak obat yang satu ini memiliki pintu yang mudah dibuka. Produk ini bisa diletakkan di rumah, kantor, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 113.000-151.000

KOTAK P3K MOBIL ISI LENGKAP ONEMED

KOTAK P3K MOBIL ISI LENGKAP ONEMED ini juga bisa jadi pilihan yang tepat. Produk ini cocok dibawa kemana saja. Kamu bisa meletakkannya di mobil atau tempat lainnya. Dalam satu paket juga sudah berisi lengkap dengan aneka obat dan produk pertolongan pertama.

Isiannya ada 10 pcs plester anti air, 1 roll perban 10 cm, 1 roll kapas 25 gr, 2 lembar alkohol swab, dan sebuah kasa steril ukuran 16 x 16 cm. Ada juga sebuah gunting kecil, sarung tangan latex, sebotol ecodine 10 cc dan sebotol rivanol 100 cc.

Harga Rp. 27.000-117.000

Kotak P3K Mini Hospital Bahan Acrylic

Kotak P3K Mini Hospital Bahan Acrylic ini wajib jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini terbuat dari bahan berkualitas yang bening dan terkesan mewah. Kamu bisa memasangnya pada pedestal atau pada dinding. Ukuran raknya 60 x 40 x 11,5 cm. Ada banyak sekat dalam raknya. Bagian pintu kotak obat ini modelnya sleeding jadi mudah dibuka bagian kanan dan kirinya.

Harga Rp. 305.000-422.000

GM Bear Kotak Penyimpanan Obat 1314

GM Bear Kotak Penyimpanan Obat 1314 bisa kamu pakai untuk menyimpan obat dan produk pertolongan pertama lainnya. Ada banyak sekat sehingga kamu bisa menata deretan obat kamu dengan lebih rapi. Kamu jadi lebih mudah mencari obat yang kamu maksud. Produk ini mudah dibawa kemana saja.

Bagian atas kotak obatnya hadir dengan deretan kotak-kotak kecil yang bisa menampung obat-obatan yang sudah dibuka. Ada tutup transparan sehingga memudahkan kamu melihat isiannya. Kotak ini hadir dengan 2 susun sehingga kamu bisa membawa lebih banyak obat kemana saja.

Terbuat dari bahan plastik, kotak obat ini kokoh dan aman digunakan. Ada handle yang nyaman pada bagian atas kotak obat sehingga mudah membawanya. Produk bisa mudah dilock jadi tidak akan tumpah isianya dan tetap bermutu isinya karena kedap udara. Ada pilihan warna pink, blue, dan beige. Ukuran produknya adalah 28 x 18 x 17,5 cm.

Harga Rp. 69.900-108.000

GM KOTAK OBAT SIZE M

GM KOTAK OBAT SIZE M terkesan imut namun sangat bermanfaat. Ini cocok diletakkan di rumah untuk jumlah keluarga yang tidak terlalu besar. Kotak obat ini bisa jadi tempat dimana kamu menyimpan aneka obat yang sekiranya dibutuhkan keluargamu.

Terbuat dari bahan plywood 15mm, produk sudah dilapisi dengan HPL dan edging yang membuatnya terkesan lebih rapi dan bagus. Ada 4 sekat di dalam kotak ini dan ada juga laci di bagian bawah.

Harga Rp. 240.000

GM Bear Kotak Obat Penyimpanan Serbaguna 1181

GM Bear Kotak Obat Penyimpanan Serbaguna 1181 tentu bisa jadi pilihanmu. Didesain khusus untuk menyimpan obat, vitamin, peralatan pertolongan pertama, dan lainnya, kotak obat ini begitu multifungsi. Terbuat dari bahan plastik dengan warna putih tulang, produk ini memiliki ukuran 24 x 17 x 15 cm.

Ada satu kompartemen tambahan yang dapat dilepas. Produk juga memiliki sekat-sekat kecil untuk menempatkan aneka jenis obat. Kotaknya portable jadi kamu bisa lebih mudah meletakkannya di suatu tempat atau mungkin memindahkannya dan membawanya ke tempat lain. Produk sudah lengkap dengan pengunci dan handle atas jadi lebih aman dibawa.

Harga Rp. 59.900-95.800

KOTAK P3K KARAKTER

KOTAK P3K KARAKTER tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Produk ini hadir dengan aneka motif mulai dari Hello Kitty, Doraemon, Keropi, dan aneka kartun lucu lainnya. Kamu bisa memilih sesuai favoritmu. Produk ini bisa menyimpan aneka obat-obatan di rumah. Cocok juga untuk menyimpan kebutuhan lainnya. Dengan memakai kotak obat ini maka ruangan juga bisa terkesan lebih cantik karena desain dan warnanya begitu lain dari yang lain.

Harga Rp. 26.900-114.000

Kotak obat P3K Shabby + Peti Kayu

Kotak obat P3K Shabby + Peti Kayu merupakan rekomendasi terakhir kami. Kotak obat terkesan keren dan bisa mendukung ruangan bernuansa shabby chic. Pilihan warnanya banyak dan bisa disesuaikan dengan warna favoritmu. Terbuat dari bahan kayu MDF 9 mm, produk ini dijamin berkualitas tinggi. Panjang kotaknya 27 cm dengan lebar 12 cm dan tinggi 45 cm.

Harga Rp. 135.000-198.000
From our editorial team

Letakkan Kotak Obat di Tempat yang Mudah Dijangkau

Saat menata kotak obat dan hendak menyimpannya, pastikan kamu meletakkannya di tempat yang mudah dijangkau. Ini supaya saat kamu luka atau sakit, kamu tidak perlu susah payah untuk mendapatkan obat yang kamu butuhkan. Selain itu, pastikan juga kamu selalu meletakkan kotak obat di tempat yang sama. Dengan begini, kamu bisa lebih cepat mengingatnya tanpa harus pusing mencarinya kemana saja. beritahukan lokasi kotak obat pada prang serumah sehingga setiap orang jadi tahu dimana mencari kotak obat dan obat-obatan yang mereka butuhkan.

Tag