Hilangkan Minder Karena Panu dengan 10 Rekomendasi Sabun untuk Panu (2021)

Hilangkan Minder Karena Panu dengan 10 Rekomendasi Sabun untuk Panu (2021)

Jika muncul bercak warna putih di kulit, kamu wajib waspada apakah itu adalah panu. Meski tidak menular, namun tentu kamu jadi minder bertemu banyak orang. Apalagi jika panu munculnya di wajah. Nah, obati segera panu agar lekas enyah dengan rekomendasi sabun untuk panu dari BP-Guide!

Panu Bikin Kurang Percaya Diri

Infeksi pada kulit kerap terjadi pada siapa saja. Salah satu jenis infeksi kulit adalah panu. Penyakit semacam ini umum dijumpai utamanya pada negara beriklim tropis seperti Indonesia. Panu merupakan penyakit yang tidak menimbulkan rasa sakit. Kendati demikian, panu membuat kulit terasa gatal yang tentunya bikin tidak nyaman. Selain itu, ada bercak putih yang muncul dan mengganggu penampilan sehingga membuat kurang percaya diri.

Panu adalah infeksi jamur pada kulit yang bisa dialami oleh baik anak-anak hingga dewasa. Jamur akan mengganggu pigmentasi pada kulit dan membuat area kulit tertentu jadi memiliki warna berbeda dibanding kulit di sekitarnya. Umumnya, panu berlokasi di pundak, punggung, leher, dada, hingga wajah.

Panu bukan penyakit menular. Penyakit ini juga tidak menimbulkan rasa nyeri. Gejala panu yang muncul biasanya adalah gatal ringan, kulit terasa kering, menebal, dan bersisik. Bisa juga ada perubahan pada warna kulit menjadi lebih terang atau gelap dibandingkan kulit di sekitarnya.

Ini Loh, Aneka Penyebab Panu pada Kulit

Panu bisa disebabkan oleh aneka hal. Namun penyebab utama munculnya panu adalah adanya bakteri dan jamur pada kulit. Jamur yang berkembang biak dengan cepat dan tak terkendali. Inilah yang kemudian menimbulkan infeksi yang akan memunculkan berbagai gangguan pada kulit. Jamur penyebab panu dikenal dengan nama jamur Malassezia. Ini merupakan jamur yang bergantung pada lipid untuk bertahan hidup.

Cuaca panas memudahkan kita berkeringat sehingga perkembangbiakan jamur jadi lebih cepat terjadi dan memunculkan panu. Sistem imun yang rendah juga bisa menjadi penyebab munculnya panu pada kulit. Hal lain yang membuat munculnya panu adalah adanya riwayat keluarga. Bukan tidak mungkin jika ada orang tua yang pernah terkena panu membuat anak juga lebih rentan mengalami hal yang sama.

Agar Panu Cepat Enyah, Intip Tips Berikut

Jaga Kebersihan Tubuh

Cara pertama untuk membuat panu cepat enyah dan tidak balik pada tubuh adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Saat muncul keringat berlebih, usahakan mengeringkan keringat lalu segera membersihkan diri dengan cara mencuci muka atau mandi sekalian. Jangan biarkan keringat menjadi celah untuk panu tumbuh dan menyebar pada tubuh. Mandilah dua kali dalam sehari. Gunakan sabun antiseptik jika memungkinkan untuk mencegah panu semakin menyebar.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Aturan selanjutnya agar terhindar dari panu adalah menghindari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari memang bagus untuk tubuh namun hanya pada jam-jam tertentu saja. Selebihnya, ada baiknya jika kita menghindari berada di bawah paparan sinar matahari langsung apalagi dalam waktu yang terlalu lama. Hal ini akan membuat tubuh lebih mudah memproduksi keringat dan menjadikan kulit lembap dan berpotensi menjadi tempat jamur untuk berkembangbiak.

Pastikan kamu menghindari aktivitas di luar ruangan, utamanya saat pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore. Jika terpaksa beraktivitas di bawah terik matahari, kamu bisa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya.

Pilih Pakaian yang Tepat

Gunakan pakaian yang tepat agar tubuh tidak mudah terserang panu. Kamu bisa gunakan pakaian yang tidak ketat agar tubuh tidak mudah berkeringat. Pakai pakaian yang terbuat dari bahan katun sehingga lebih mudah menyerap keringat dan sirkulasi udara dalam baju berjalan lancar jadi kulit terhindar dari lembap dan panu.

Gunakan Produk Antijamur

Kamu bisa menggunakan produk antijamur untuk menghilangkan panu di kulit. Ada banyak produk antijamur yang bisa digunakan. Kamu bisa memakai krim, sampo, losion, salep, hingga sabun. Kebanyakan produk antijamur tersebut bisa ditemukan di apotek atau toko swalayan di dekat rumahmu. Dengan menggunakan produk antijamur, maka bisa jadi panu berkurang dan juga sembuh lebih cepat.

Ini Dia Rekomendasi Sabun untuk Panu yang Wajib Dicoba

Sabun Gove

Sabun Gove merupakan sabun dengan bentuk bulat. Sabun batangan ini dijual 5 buah dalam satu paket. Ini merupakan produk perawatan kecantikan, namun juga mampu mengatasi aneka permasalahan kulit. Sabun ini ampuh menghilangkan jerawat, flek hitam, selulit, dan juga membuat tekstur kulit jadi lebih halus. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan gatal di kulit karena kutu air, panu, kadas, eksem, dan lainnya.

Terbuat dari bahan-bahan alami, sabun yang satu ini aman untuk digunakan. Produk ini terbuat dari minyak sereh, zaitun, minyak kelapa, vitamin A, C, E, kolagen, dan propolis. Kamu tidak perlu was-was karena sabunnya sudah memiliki izin BPOM.

Harga Rp. 50.000-55.000

Kolagen Body Soap HPAI

Kolagen Body Soap HPAI merupakan rekomendasi selanjutnya sebagai sabun penghilang panu. Sabun yang satu ini mampu menjaga kelembapan kulit dengan baik. Regenerasi sel kulit lebih terjaga dan sirkulasi darah menjadi lancar sehingga kulit lebih sehat, bersih, dan lebih cerah. Produk ini dibuat dari bahan alami seperti minyak kelapa dan kolagen dari ikan.

Kamu tidak perlu was-was memakai sabun ini karena sudah tersertifikasi halal. Sabun ini bisa mengatasi panu, kadas, kurap, dan masalah kulit gatal lainnya. Produk ini juga bisa merawat luka.

Harga Rp. 21.000-27.000

Asepso Sabun Antiseptik

Asepso Sabun Antiseptik adalah pilihan lainnya untuk kamu. Sabun yang satu ini cocok untuk mengatasi biang keringat yang berpotensi mengganggu kenyamanan. Formula antimikroba di dalamnya bisa melindungi kulit dari aneka kuman dan bakteri penyebab infeksi kulit seperti panu. Cukup usap pada kulit, diamkan 5 menit, lalu segera bilas.

Harga Rp. 5.400-7.000

Holly Sabun Hijau Antiseptik

Holly Sabun Hijau Antiseptik memiliki aroma yang segar dan bikin rileks. Ini membuat kita jadi nyaman memakainya. Sabun yang satu ini kaya akan kalium dari minyak kelapa. Ini membuat sabunnya memiliki sifat antiseptik.

Sabun ini mampu menjaga kesehatan kulit sekaligus melindunginya dari bermacam penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap, dan lainnya. Sabun dengan ukuran 80 gram ini bentuknya sedikit lembek. Warnanya hijau bening dan terlihat menarik. Sabun ini aman digunakan karena sudah memiliki sertifikat BPOM, CPKB, dan halal.

Harga Rp. 4.700-14.000

JF Sulfur Dermamed

JF Sulfur Dermamed menjadi rekomendasi selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Sabun ini sudah teruji secara dermatologis dan klinis. Sabun yang mengandung asam salisilat ini ampuh mencegah, melawan, dan membersihkan kuman pada tubuh. Masalah kulit seperti panu pun dapat teratasi. Sabun ini memiliki wangi yang menyegarkan. Teksturnya lembut dan nyaman di kulit. Saat dipakai, kulit tidak akan terasa kering.

Harga Rp. 10.200-12.000

Sabun Grece Body Crystal

Sabun Grece Body Crystal ini juga cocok untuk jadi pilihan kamu. Produk herbal ini dibuat oleh PT. Natural Nusantara. Tidak hanya bisa mengatasi bau badan karena mengandung antiperspirant, sabun ini juga bisa mengatasi gatal-gatal di kulit. Bahan lain dari sabun ini adalah sulfur, antiseptik, dan minyak vinieil. Aneka bahan tersebut membuat sabun ini mampu mengatasi kutu air, panu, kadas, kurap, dan lain sebagainya. Kamu bisa memakainya sebagai sabun kaki, sabun ketiak, dan aneka area tubuh lain yang berpotensi mengeluarkan bau tidak sedap.

Harga Rp. 50.000

Betadine SC Antiseptik

Betadine SC Antiseptik hadir dalam bentuk sabun cair. Sabun yang satu ini mudah digunakan. Kamu bisa memakainya setiap hari sebagai sabun mandi. Sabun ini bisa mengatasi gatal-gatal karena debu, keringat, dan kuman. Selain itu, sabun ini juga ampuh mengatasi gatal karena jamur dan infeksi kulit seperti panu, kadas, kutu air, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 36.000-42.000

Sabun Sapokalinus

Sabun Sapokalinus merupakan rekomendasi selanjutnya dari kami. Sabun ini hadir dengan kandungan minyak kelapa dan zat antiseptik. Sabun berwarna hijau ini bisa menghilangkan penyakit kulit akibat jamur seperti, panu, kurap, kutu air, dan lainnya. Kamu juga bisa memakainya untuk mencegah timbulnya jerawat. Aromanya segar dan bikin tenang.

Harga Rp. 5.700-15.000

Sabun Organik Herbal Lengkuas

Sabun Organik Herbal Lengkuas memakai bahan lengkuas sebagai bahan utamanya. Lengkuas bisa mengobati dan mencegah panu dan jamur pada kulit. Bahan lain selain lengkuas adalah minyak kelapa yang bisa membuat kulit jadi lebih lembap dan lembut setiap saat. Sabun ini juga kaya akan madu yang bisa membuat kulit jadi bebas gatal dan juga jadi lebih kuat dari serangan aneka penyakit kulit.

Harga Rp. 14.000-18.000

SABUN REMPAH Wuland

SABUN REMPAH Wuland adalah rekomendasi terakhir kami. Sabun yang satu ini bisa mengatasi permasalahan kulit seperti gatal-gatal, biang keringat, bruntusan, hingga panu. Produk ini cukup digosokkan pada tangan hingga berbusa, lalu oles pada area yang diinginkan. Diamkan 5 menit, lalu bilas. Lakukan perawatan rutin ini hingga penyakit kulit menghilang.

Harga Rp. 18.000
From our editorial team

Komplikasi Panu Bisa Terjadi

Panu memang bukan penyakit berbahaya. Kendati demikian, bukan tidak mungkin panu menimbulkan komplikasi pada kulit. Ciri dari terjadinya komplikasi panu adalah munculnya perubahan warna kulit yang bisa bertahan selama berminggu-minggu setelah panu dirawat. Umumnya, sel penghasil warna kulit yakni melanosit akan butuh waktu untuk pulih. Namun, ini bukan sesuatu yang serius sehingga kamu tidak perlu khawatir berlebihan.

Tag