Bersihkan Mulut dan Gigi Lebih Maksimal dengan 10 Rekomendasi Obat Kumur Berikut! (2021)

Bersihkan Mulut dan Gigi Lebih Maksimal dengan 10 Rekomendasi Obat Kumur Berikut! (2021)

Kesehatan mulut, gigi, dan gusi wajib dijaga dengan baik. Kita tentu tidak ingin merasakan sakit gigi, sariawan, atau bau mulut tidak sedap. Saat kebersihan mulut dan gigi terjaga, maka kita tidak akan mengalami permasalahan seputar mulut dan gigi. Salah satu cara ampuh untuk mencegahnya adalah dengan memakai obat kumur. Cek rekomendasi obat kumur terbaik dari BP-Guide!

Obat Kumur Tak Hanya Atasi Bau Mulut

Kita pasti kurang percaya diri saat bau mulut menyerang. Bau mulut bisa terjadi karena adanya bakteri dalam mulut yang bersarang pada gigi atau gusi. Bau mulut juga bisa terjadi jika ada makanan sisa pada sela-sela gigi dan permukaan lidah. Tak jarang, bau mulut juga terjadi jika seseorang sedang berpuasa.

Untuk mengatasi bau mulut, kita disarankan agar rutin sikat gigi. Selain itu, berkumur dengan obat kumur juga bisa jadi cara yang ampuh agar bau mulut bisa hilang. Di dalam obat kumur terdapat zinc dan chlorine dioxide yang bisa menetralkan bau serta mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

Nah, banyak dari kita yang hanya tahu bahwa obat kumur berfungsi untuk menghilangkan bau mulut saja. Padahal, fungsi obat kumur lebih dari itu, loh. Manfaat yang paling terkenal memang mengatasi bau nafas tidak sedap karena obat kumur bisa mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, obat kumur juga memiliki bahan alami seperti tea tree oil hingga peppermint yang bisa bikin nafas lebih segar dalam waktu lama.

Obat kumur ternyata juga memiliki fungsi untuk mengurangi plak gigi. Permukaan gigi biasanya memiliki plak yang terbentuk dari campuran bakteri dan sisa makanan. Jika kita tidak rutin membersihkannya maka plak bisa menumpuk dan menjadi karang gigi. Masalah akan makin rumit karena karang gigi bisa menyebabkan radang serta perdarahan pada gusi. Berkumur dengan obat kumur bisa mengurangi kemampuan bakteri untuk melekat dan membentuk plak pada permukaan gigi.

Manfaat lain dari obat kumur adalah untuk mencegah karies dan gigi berlubang. Saat ada noda kuning kecokelatan pada gigi dan dibiarkan dalam waktu lama maka bisa berkembang menjadi gigi berlubang. Obat kumur akan mencegah pembentukan karies supaya tidak jadi gigi berlubang. Obat kumur juga bisa mencegah ngilu akibat gigi berlubang. Kandungan bahan aktif di dalam obat kumur bisa memperkuat permukaan gigi dan melindunginya dari kerusakan.

Obat kumur juga akan mengatasi peradangan yang terjadi dalam mulut. Contohnya adalah sariawan dan radang gusi. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa obat kumur, utamanya yang mengandung povidone-iodine bisa efektif menekan pertumbuhan bakteri penyebab peradangan di dalam mulut.

Tips Memilih Obat Kumur

Cek Kandungannya

Sebelum membeli obat kumur, tentu saja kamu harus mengecek kandungannya. Periksa bahan apa saja di kemasannya. Mengecek kandungannya bisa membuat kamu lebih yakin akan khasiat produk tersebut dalam menangani masalah mulut, gigi, dan gusi yang kamu hadapi.

Beberapa bahan yang kerap digunakan dalam obat kumur adalah flouride, chlorhexidine, cetylplyridinium chloride, minyak esensial, dan carbamide peroxide. Setiap bahan tersebut memiliki fungsinya sendiri. Contohnya, flouride untuk melindungi lapisan email gigi, minyak esensial untuk menyegarkan nafas, carbamine peroxide untuk memutihkan gigi, cetylplyridinium chloride untuk mencegah bau mulut, dan lain sebagainya.

Sesuaikan dengan Kondisi

Sesuaikan juga pemilihan obat kumur dengan kondisi yang sedang kamu alami. Misalnya untuk mengatasi bau mulut, maka kamu bisa menggunakan obat kumur yang berfungsi sebagai kosmetik. Obat kumur semacam ini akan bisa menjaga kesegaran mulut lebih lama. Sayangnya, obat kumur semacam ini tidak dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan juga tidak bisa mencegah penyakit atau kerusakan pada gigi.

Untuk kondisi mulut kering, sebaiknya memakai obat kumur bebas alkohol atau obat kumur dengan dosis alkohol rendah. Obat kumur semacam ini tidak akan memperparah kekeringan pada mulut. Umumnya, mulut kering terjadi karena produksi kelenjar ludah berkurang. Kondisi ini membuat mulut jadi sensitif. Maka dari itu, akan lebih baik jika menghindari obat kumur dengan alkohol.

Jika kamu memiliki masalah dengan plak atau gusi, maka sebaiknya memilih obat kumur yang mengandung fluoride. Selain itu, bisa juga memilih obat kumur yang bisa melawan bakteri. Obat kumur dengan flouride akan bisa mencegah karies dan lubang gigi.

Cek Ada Tidaknya Alkohol

Saat akan membeli obat kumur, cek dulu ada tidaknya alkohol dalam produk tersebut. Umumnya, jika ingin obat kumur dengan sensasi menyegarkan, kamu bisa pilih yang ada kandungan alkoholnya. Bahan alkohol bisa melegakan rongga mulut. Sayangnya, obat kumur dengan kandungan alkohol kadang memberikan sensasi yang terlalu kuat sehingga ada rasa seperti terbakar atau kesemutan pada lidah dan gusi. Beberapa orang mungkin tidak masalah dengan hal ini. Namun, jika kamu tidak ingin obat kumur yang terlalu menyegat, sebaiknya hindari yang ada kandungan alkoholnya, ya.

Jika obat kumur akan digunakan untuk anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta orang yang tidak suka sensasi menyengat di lidah, maka sebaiknya pilih obat kumur yang tidak memiliki kandungan alkohol. Biasanya kandungan alkohol diganti dengan glycerin sehingga efek menyegarkannya tidak terlalu menyengat.

Lengkapi Perawatan Mulut dengan Memakai Obat Kumur Berikut

Betadine Obat Kumur

Betadine Obat Kumur merupakan rekomendasi pertama kami. Dengan produk ini maka permasalahan seputar gigi dan mulut seperti sariawan, ngilu saat gigi berlubang, gusi bengkak, dan bau mulut bisa teratasi dengan baik. Obat kumur ini juga akan membantu membersihkan sisa makanan yang tertinggal. Formulanya ringan dan tidak akan memberikan sensasi terbakar pada mulut. Nafas lebih segar sepanjang hari. Cukup gunakan dua kali sehari usai gosok gigi.

Harga Rp. 32.000-46.900

Listerine Zero

Listerine Zero hadir dengan 4 jenis minyak esensial. Selain itu ada juga kandungan methyl salicylate yang membuat obat kumur ini mampu membersihkan mulut dan gigi dengan maksimal. Bau mulut lebih segar namun tidak ada sensasi terbakar pada mulut sehingga aman dan nyaman digunakan. Produk termasuk sebagai obat kumur antiseptik yang bisa mengatasi bakteri, virus, hingga parasit dalam mulut dan gigi. Cukup tuangkan 20 ml lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Gunakan dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Harga Rp. 9.300-32.000

Enkasari Mouthwash Citrusmint

Enkasari Mouthwash Citrusmint merupakan rekomendasi lainnya untuk kamu. Produk hadir dengan bahan seperti daun teh hijau, methyl salicylate, temulawak, dan minyak esensial. Dengan aneka bahan alami tersebut, tentu saja produknya minim efek samping.

Ada juga kandungan xylitol dan sorbitol. Kedua bahan tersebut bisa mengurangi timbulnya plak gigi. Cukup kumur sebanyak dua kali sehari setelah sikat gigi. Harganya terjangkau dan kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi.

Harga Rp. 11.000-22.000

Colgate Plax

Colgate Plax dipercaya mampu membunuh 99,9% bakteri. Mouthwash ini juga bisa menyegarkan nafas hingga 24 jam. Kamu bisa menjadikannya andalan karena keamanannya sudah terjamin secara klinis. Ada dua jenis yang tersedia di pasaran yaknis colgate plax dan peppermint colgate plax freshmint. Keduanya bisa membuat nafas lebih segar. Selain itu bisa juga menjaga kesehatan mulut, dan gusi. Produk juga akan mencegah gigi berlubang, loh.

Harga Rp. 41.000-99.800

Pepsodent Mouthwash Pro Complete

Pepsodent Mouthwash Pro Complete merupakan cara aman untuk membuat gigi lebih terlindungi dari bakteri dan kuman. Ada formula active zinc yang bisa mencegah gigi berlubang. Formulanya tidak terlalu keras sehingga tidak bikin rasa terbakar di bulut. Obat kumur ini tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk para muslim. Obat tidak akan menyebabkan iritasi.

Harga Rp. 18.500-76.000

Sensodyne Mouthwash Cool Mint

Sensodyne Mouthwash Cool Mint bisa mengatasi bau mulut dengan baik. Obat kumur ini juga tidak meninggalkan rasa terbakar atau ngilu pada gigi dan gusi. Ini cocok untuk kamu yang memiliki gigi sensitif. Bahan di dalamnya bisa membantu memperkuat gigi dan gusi. Produk ini bisa bikin kamu memiliki bau nafas yang segar dan merasa gigi lebih bersih. Formulanya ringan karena tidak ada alkohol di dalamnya.

Harga Rp. 65.000-158.000

Total Care Anti Bacterial Mouthwash Lemon Herb

Total Care Anti Bacterial Mouthwash Lemon Herb memiliki kandungan bahan alami seperti lemon dan tea tree oil. Ada juga bahan habatussauda yang sangat bagus untuk kesehatan gigi dan mulut. Bahan tea tree oilnya bisa bekerja sebagai antibakteri alami yang bikin mulut segar dan jauh dari masalah gigi dan gusi.

Obat kumur juga dilengkapi dengan bahan seperti fluoride, xylitol dan cetylpyridinium chloride. Aneka bahan tersebut sudah halal sehingga aman untuk yang muslim. Cukup tuang 15 ml lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Harga Rp. 16.500-25.000

Mamas Choice Mouthwash

Mamas Choice Mouthwash dihadirkan untuk para ibu hamil dan menyusui. Formulanya sengaja dibuat ringan supaya aman untuk ibu dan janinnya. Mouthwash ini tidak mengandung alkohol, meski demikian tetap ada sensasi menyegarkan yang bisa mencegah bau mulut. Produk ini juga bisa mengurangi rasa mual serta bisa membersihkan sela-sela gigi agar lebih bersih.

Bahannya terdiri dari mint, allantoin, dan klorofil yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi. Bahan tersebut juga efektif untuk mencegah gusi sakit atau bengkak. Klorofil bisa mencegah terbentuknya plak pada gigi. Allantoin bisa membantu agar kamu tidak mudah sariawan.

Harga Rp. 27.000-126.000

Oral-B Mouthwash

Oral-B Mouthwash tentu saja bisa jadi andalan kamu. Produk yang satu ini kualitasnya tidak kalah dari produk sikat gigi atau pasta giginya. Kamu bisa mendapatkan nafas lebih segar dan bersih dengan produk ini. Obat kumur Oral-B juga bisa mengatasi aneka kesehatan gigi dan mulut. Produk sudah BPOM jadi terjamin aman digunakan. Gunakan obat kumur ini dua kali sehari usai gosok gigi.

Harga Rp. 26.000-70.000

Minosep Merah

Minosep Merah hadir dengan bahan aktif bernama chlorhexidine gluconate. Bahan tersebut dikenal sebagai salah satu bahan obat kumur antiseptik yang bisa mengurangi keluhan yang terjadi seputar mulut. Contohnya adalah sariawan, bau mulut, hingga radang gusi.

Gunakan obat yang satu ini sebagai obat kumur agar masalah mulut cepat selesai. Cukup tuang 10 ml cairan lalu gunakan kumur selama 30 detik. Pakailah dua kali sehari. Warna merah produk ini bisa mengubah warna gigi. Selain itu, ada sedikit sensasi terbakar atau pedih usai memakainya.

Harga Rp. 19.000-38.000
From our editorial team

Baca Aturan Pakai Sebelum Berkumur

Memakai produk apa saja, akan lebih baik jika kita membaca tata caranya. Sama juga saat kita hendak memakai obat kumur. Baca aturan pakainya karena di sana ada cara yang benar untuk menggunakan produk tersebut. Ada produk obat kumur yang harus dikocok dulu sebelum digunakan, dan ada juga yang tidak perlu dikocok. Cek juga usia minimal memakai obat kumur. Umumnya, obat kumur tidak direkomendasikan untuk anak usia 7 tahun ke bawah. Hindari juga makan atau minum 30 menit usai memakai obat kumur dengan flouride karena bahan ini memerlukan waktu untuk melapisi dan memperkuat email gigi.

Tag