Inilah 10 Rekomendasi Obat Panas Dalam Untuk Segala Usia (2021)

Inilah 10 Rekomendasi Obat Panas Dalam Untuk Segala Usia (2021)

Panas dalam adalah kondisi tubuh yang ringan, namun bisa mengganggu aktivitas lho. Jangan sepelekan panas dalam, segera minum obat panas dalam yang bisa membuat Anda adem kembali. Simak rekomendasinya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Panas Dalam Bisa Menyerang Siapa Saja

Berbicara tentang panas dalam, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan panas dalam itu? Di dalam dunia medis, tidak ada istilah “panas dalam”. Panas dalam hanyalah penamaan yang diberikan oleh masyarakat terhadap rasa tidak enak dengan gejala tertentu. Gejala panas dalam biasanya akan dikaitkan dengan rasa gatal di tenggorokan, bibir pecah-pecah, atau naiknya asam lambung. Panas dalam ini bisa menyerang siapa saja sewaktu-waktu.

Penyebab Panas Dalam yang Harus Diwaspadai

Sariawan

Sariawan merupakan kondisi adanya luka atau peradangan di bagian dalam rongga mulut, biasanya di bagian dalam pipi, bibir, lidah, dan bisa juga di gusi. Sariawan pun disebabkan oleh berbagai faktor, seperti luka karena tergigit, infeksi jamur, hormon, stres, serta karena faktor genetik. Sariawan ini dapat memicu gejala panas dalam.

Asam Lambung Naik

Asam lambung yang naik dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian atas dan rasa terbakar di dekat dada. Pada kondisi yang lebih parah, asam lambung dapat naik lebih tinggi ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan rasa panas dan mengganjal di tenggorokan. Inilah salah satu gejala yang disebut panas dalam.

Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan (faring) yang biasa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Sistem imun yang lemah dapat menyebabkan virus maupun bakteri dapat lebih mudah menginfeksi tubuh.

Radang tenggorokan bahkan sering disertai gejala flu seperti batuk dan demam. Di Indonesia, radang tenggorokan sering kali disebut juga dengan istilah panas dalam.

Gangguan Pencernaan

Masalah di saluran pencernaan terutama di bagian perut seperti lambung dan usus dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman di dalam tubuh. Gejala ini serupa dengan keluhan saat mengalami panas dalam. Ada banyak yang bisa menjadi faktor gangguan pencernaan, namun yang berkaitan dengan panas dalam ini biasanya karena iritasi akibat makan makanan panas dan tinggi lemak.

Iritasi di Saluran Napas dan Mulut

Rasa panas dan nyeri yang tidak nyaman pada tenggorokan disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan polusi oleh asap rokok, asap kendaraan, maupun asap pembakaran lainnya. Sakit tenggorokan juga dapat dipicu oleh naiknya asam lambung karena terlambat makan, makan makanan yang panas, dan lain sebagainya. Hal ini dapat disertai dengan rasa tidak nyaman pada mulut dengan kondisi mulut terasa panas dan kering.

Cara Mengatasi Panas Dalam

Banyak Minum Air Putih

Air merupakan komponen penting tubuh manusia. Oleh karena itu, air mempunyai banyak peran besar dalam kelangsungan hidup manusia, seperti sebagai alat transportasi oksigen dan nutrisi tubuh, sebagai media untuk membuang sisa metabolisme tubuh, serta menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Sementara itu, air putih merupakan jenis air yang bisa dikonsumsi dengan aman dibandingkan dengan air berkalori atau yang mengandung gula tinggi. Secara umum, air putih aman untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan, baik yang sehat maupun yang mempunyai penyakit tertentu.

Kumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dipercaya dapat membatasi pertumbuhan bakteri di dalam mulut serta dikenal dapat mengatasi sakit tenggorokan. Anda dapat menggunakan setengah sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Pastikan porsi garam pas, tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit.

Istirahat yang Cukup

Beristirahat cukup sangat perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan. Sebab, istirahat terutama tidur adalah cara paling sederhana untuk meningkatkan imun tubuh. Orang yang kurang beristirahat akan lebih rentan terkena penyakit.

Rekomendasi Obat Panas Dalam yang Bisa Dicoba

Larutan Penyegar Cap Badak

Larutan Penyegar Cap Badak dari Sinde merupakan minuman obat panas dalam yang sering wara-wiri di reklame televisi dengan suara khas talent menyebutkan kalimat “yang ada Badaknya” supaya penonton ingat. Gambar badak bercula dua pada memang terpampang nyata dengan besar pada kemasannya, mengambil porsi nyaris setengah dari keseluruhan kemasan. Produk Larutan Penyegar cap Badak ini sendiri dikemas dalam kemasan kaleng, kaleng anak, botol, maupun sachet. Larutan ini dapat dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan.

Larutan Penyegar Cap Badak adalah minuman herbal tradisional yang mengandung berbagai zat alami berkhasiat, seperti gypsum fibrosum dan galcareus spar yang berkhasiat untuk meredakan gejala panas dalam.

Produk ini memiliki berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih. Rasa yang tersedia adalah original, lemon, jeruk, jeruk nipis, stroberi, anggur, jambu, leci, melon, serta apel.

Harga Rp. 3.000-10.000

Kuldon

Kuldon merupakan ramuan herbal yang tersedia dalam bentuk tablet untuk meredakan panas dalam dan sariawan. Tabletnya dapat diminum langsung atau dikunyah terlebih dahulu sebelum ditelan.

Selain dalam bentuk tablet, produk pereda panas dalam ini juga tersedia dalam bentuk stik bar granula, menarik bukan? Bagi Anda yang tak ingin repot meminum obat panas dalam, Anda dapat melahap stik bar granula secara langsung seperti memakan cemilan. Ini menjadikan Kuldon merupakan salah satu pilihan yang praktis sekaligus unik untuk mengobati panas dalam.

Kuldon terbuat dari campuran bahan-bahan herbal seperti daun sogomanis, thymi, akar manis, bunga seruni, alang-alang yang dapat meredakan gejala panas dalam.

Harga Rp. 3.000-25.000

Alang Sari Plus

Seperti namanya, Alang Sari Plus mengandung sari cincau hijau dan akar alang-alang yang berkhasiat untuk meredakan gejala panas dalam. Tak hanya mengobati panas dalam, Alang Sari Plus juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen atau vitamin.

Produk dari Sido Muncul ini mengandung vitamin C dan bisa dikonsumsi kapan saja, baik sebelum maupun sesudah makan. Oleh karena itu, produk ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif pengganti teh atau kopi sore hari yang bermanfaat sebagai immune booster. Ada tiga varian yang bisa Anda pilih, yakni rasa jeruk nipis, jeruk manis, dan sirsak.

Harga Rp. 6.000-10.000

Madu TJ Panas Dalam

Dari segi manfaatnya, madu merupakan bahan yang mempunyai banyak khasiat. Dengan campuran berbagai ekstrak herbal seperti thymi, chrysanthemum, dan pelargonium, Madu TJ Panas Dalam berkhasiat membantu mencegah dan meredakan gejala panas dalam yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu kebugaran tubuh.

Madu ini dapat diminum langsung atau dilarutkan dalam segelas air sesuai selera.

Harga Rp. 15.000-20.000

Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga

Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga dari PT. Kino ini juga sudah dikenal sejak lama untuk meredakan panas dalam hingga menyegarkan badan. Larutan Penyegar ini juga mengandung berbagai zat alami berkhasiat, termasuk gypsum fibrosum dan galcareus spar yang dapat meredakan gejala panas dalam.

Obat panas dalam ini tersedia dalam kemasan botol juga kaleng yang praktis, tinggal Anda minum baik sebelum maupun sesudah makan. Terdapat juga kemasan anak-anak sehingga Anda tidak perlu membatasi dosisnya.

Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga ini memiliki berbagai varian rasa seperti rasa jambu biji, jeruk, jeruk nipis, markisa, anggur, stroberi, melon, serta leci.

Harga Rp. 3.000-10.000

Adem Sari

Adem Sari termasuk salah satu obat panas dalam yang enak untuk diminum. Busa-busanya yang muncul ketika diseduh memberikan sensasi sparkling tersendiri saat masuk ke mulut dan kerongkongan.

Tiap sachet mengandung ekstrak citrus aurantifolia, ekstrak Alyxia stellata, ekstrak Cinnamomum burmannii, Vitamin C 90 mg, dan bahan-bahan lainnya yang dapat menyegarkan tubuh dan meredakan panas dalam.

Seduh 1 sachet Adem Sari dengan segelas air untuk menikmati minuman dengan sensasi sparkling yang menyegarkan ini, dan Anda bisa menambahkan es batu biar lebih nikmat. Habiskanlah dengan segera.

Harga Rp. 5.000-15.000

Larutan Penyegar Cap Badak Anak

Sinde selaku produsen Larutan Penyegar Cap Badak ini juga mengeluarkan produk minuman penyegar untuk anak-anak di atas usia 6 tahun. Sama seperti kemasan Larutan Penyegar Cap Badak lainnya yang memiliki gambar badak pada setengah kemasannya, namun gambar badak di kemasan untuk anak-anak ini dibuat lebih menarik.

Ada rasa stroberi dan jambu yang bisa Anda pilih untuk meredakan panas dalam, sariawan, dan tenggorokan kering pada anak.

Harga Rp. 5.000-15.000

Adem Sari Ching Ku

Masih dengan sensasi yang menyegarkan saat diminum, Adem Sari pun hadir dengan produk yang langsung diminum untuk meredakan gejala panas dalam.

Ekstrak lemon yang ditambahkan di dalamnya menambah cita rasa dan kenikmatan saat mengonsumsi minuman ini.

Harga Rp. 5.000-15.000

Alang Sari Plus Jeruk Nipis

Alang Sari Plus Jeruk Nipis merupakan salah satu produk pereda panas dalam produksi Sidomuncul, di samping rasa Jeruk dan Sirsak. Alang Sari Plus Jeruk Nipis ini hadir dalam bentuk sachet.

Kandungan alang-alang, cincau hijau, dan ekstrak jeruk nipis di dalam Alang Sari Plus Jeruk Nipis dapat membantu mengatasi panas dalam dan mencegah sariawan.

Harga Rp. 5.000-15.000

Jesscool Effervescent

Obat panas dalam yang satu ini hadir dalam bentuk tablet effervescent yang mudah larut dalam air. Tiap tablet Jesscool effervescent ini mengandung serbuk ekstrak timi, serbuk ekstrak kulit jeruk, serbuk ekstrak akar chicory yang berkhasiat untuk mengobati nyeri tenggorokan, bibir pecah-pecah, serta konstipasi.

Karena berbentuk tablet effervescent, Anda hanya perlu melarutkan satu tablet Jesscool ke dalam satu gelas air. Tablet ini akan menghasilkan gas dan buih pada larutan saat dimasukkan ke dalam segelas air. Tunggu tablet larut sempurna dan minum hingga habis.

Harga Rp. 10.000-35.000
From our editorial team

Rajin Minum Vitamin Agar Tidak Mudah Kena Panas Dalam

Meskipun bukan penyakit serius, panas dalam bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas lho. Jika panas dalam menyerang, Anda bisa memilih rekomendasi obat dari artikel BP-Guide di atas. Tetapi, ada baiknya mencegah panas dalam dengan rajin mengonsumsi vitamin setiap hari!

Tag