10 Rekomendasi Minuman Khas Indonesia yang Unik dan Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

10 Rekomendasi Minuman Khas Indonesia yang Unik dan Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Minuman asli Indonesia memiliki keunikan sendiri. Baik dari segi rasa, bahan, maupun penampilan. Meski demikian, manfaatnya juga tidak kalah. Minuman Indonesia adalah minuman yang paling pas untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Tidak Hanya Makanan, Minuman Khas Indonesia juga Digemari Banyak Wisatawan

Tidak hanya karena keindahan alam dan kekayaan budayanya saja, salah satu alasan Indonesia dijadikan destinasi wisata oleh para wisatawan asing adalah karena kulinernya yang unik dan enak.

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki dua musim, kemarau dan hujan.

Saat musim kemarau, kuliner yang paling dicari adalah minuman dingin untuk menyegarkan tubuh. Ketika musimhujan, minuman hangat paling pas dikonsumsi agar dapat menghangatkan tubuh. Karena itulah, wisatawan jarang melewatkan berbagai minuman khas Indonesia, saat berkunjung ke negara seribu pulau ini.

Keunggulan Minuman Tradisional Indonesia

Unik

Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa ini memiliki jenis-jenis minuman yang tidak biasa. Minuman tersebut terbuat dari bahan-bahan yang jarang dijadikan minuman. Maka tak heran jika minuman-minuman ini memliki rasa yang unik dna boleh jadi tidak ditemukan di tempat lain.

Kaya Rempah

Zaman dahulu, berbagai bangsa asing berlomba-lomba datang ke Indonesia untuk mengambil rempah-rempah. Berbagai rempah-rempah yang tumbuh di Indonesia biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Namun, banyak juga rempah-rempah seperti cengkih, temulawak, jahe, kayu manis, dan sebagainya yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai olahan minuman. Sehingga minuman khas Indonesia tidak hanya memiliki rasa yang unik, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tersedia Dalam Pilihan Dingin dan Panas

Minuman khas di Indonesia memiliki dua pilihan yaitu panas dan dingin. Anda bisa memilih salah satu jenis minuman tersebut sesuai dengan cuaca yang sedang terjadi. Beberapa minuman dingin yang bisa Anda pilih adalah es doger, es dawet, es cendol, dan minuman dingin lainnya. Untuk minuman panas, pilihan terbaik adalah wedang jahe atau bajigur.

Kaya Manfaat

Minuman khas Indonesia tidak hanya fokus kepada rasanya saja, tetapi juga kepada khasiatnya untuk kesehatan. Saat mengalami keluhan seperti batuk, pilek, atau masuk angin, minum saja berbagai minuman Indonesia yang banyak terbuat dari rempah-rempah berkhasiat seperti jahe, temulawak, serai, atau kunyit.

Berbagai Minuman Tradisional Khas Indonesia

Es Kuwut

Es Kuwut adalah minuman khas Bali yang menyegarkan ketika cuaca panas. Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 1 buah kelapa yang dagingnya diserut dan air kelapa. Lalu, tambahkan potongan buah melon secukupnya, 2 sdm selasih yang telah mekar, 1 buah jeruk nipis, gula cair, dan es batu.

Untuk cara membuatnya, langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah masukkan kelapa muda, selasih, dan melon ke dalam mangkuk. Kemudian campurkan air kelapa muda dan gula cair, lalu beri perasan jeruk nipis. Setelah itu aduk hingga rata dan es kuwut telah siap untuk dihidangkan.

Sari Lidah Buaya

Minuman yang terbuat dari sari lidah buaya adalah minuman tradisional yang memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kekebalan tubuh serta menyehatkan kulit.

Jika Anda ingin membuat minuman ini di rumah, bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 600 gram daging lidah buaya, 1 sendok makan biji selasih, 1 sendok garam, dan 400 gram gula pasir. Selain itu, siapkan juga 2 lembar daun pandan yang telah dipotong, setengah sendok vanili, es batu, dan 800 ml air.

Cara membuatnya sangatlah sederhana, pertama rebus 800 ml air sampai mendidih, kemudian tambahkan gula pasir dan daun pandan, lalu aduk hingga rata. Setelah itu masukkan vanili, selasih, dan daging lidah buaya kemudian aduk kembali hingga rata. Setelah itu angkat dan dinginkan. Minuman dari sari lidah buaya telah siap untuk dinikmati.

Bir Kotjok

Sumber gambar travel.kompas.com

Bir Kotjok adalah minuman tradisional dari Bogor. Meskipun namanya bir, tetapi tidak memabukkan dan justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Untuk merasakan rasa dan khasiatnya, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bogor, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah air, secang, kapulaga, jahe, kayu manis, dan gula merah.

Cara membuatnya, pertama rebuslah air, secang, kapulaga, jahe, dan kayumanis sampai harum dengan api kecil. Kemudian masukkan gula merah, masak dengan api kecil sampai gula menjadi larut. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam botol kaca. Kocok-kock hingga menghasilkan busa, kemudian tuangkan ke dalam gelas dan bir kotjok telah siap disajikan.

Loloh Cemcem

Sumber gambar resepnusantara.id

Loloh cemcem adalah minuman tradisional dari Desa Penglipuran, Bangli, Bali. Minuman yang memiliki warna hijau ini memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti tekanan darah tinggi serta melancarkan gangguan pencernaan.

Jika Anda ingin merasakan khasiatnya, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah daun cemcem segar, kayu manis, daun sirih, dan daun jarak pagar. Selain itu, siapkan juga daun dhadhap, air kelapa muda, daging buah kelapa muda, dan gula aren cair.

Untuk cara membuatnya, daun cemcem dicuci bersih kemudian diremas atau dihaluskan dengan sedikit air hangat. Setelah itu, campurkan kayu manis, daun sirih, jarak pagar, daun dhadhap. Lalu masukkan air kelapa muda dan gula aren cair, aduk hingga rata dan sajikan dalam gelas. Tambahkan potongan buah kelapa muda ke dalam gelas. Loloh cemcem siap dihidangkan.

Wedhang Uwuh

Wedhang uwuh adalah minuman yang terbuat dari daun-daun kering yang terlihat seperti sampah. Karena itulah minuman ini dijuluki wedhang uwuh atau minuman sampah. Minuman ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 1 ruas jahe, 1 batang kayu manis, 2 lembar daun salam, 5 buah cengkeh, 1 batang serai, laos, dan gula.

Cara membuatnya cukup sederhana, pertama rebus air dan gula hingga mendidih, kemudian masukkan semua bahan dan biarkan hingga mendidih dan mengeluarkan aroma rempah. Setelah itu matikan api, saring airnya, dan wedhang uwuh siap untuk dihidangkan.

Es Kelapa Kopyor

Es kelapa kopyor adalah minuman yang terbuat dari kelapa yang menyegarkan. Jika ingin membuatnya, maka bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 300 gram daging kelapa kopyor, 550 ml air kelapa muda, dan 60 ml sirop coco pandan, es batu secukupnya.

Cara membuatnya sangatlah mudah, masukkan kelapa kopyor, sirop, dan air kelapa muda ke dalam gelas. Tambahkan es batu. Es kelapa kopyor siap dinikmati.

Jamu Jun

Sumber gambar www.genpi.co

Jamu jun adalah minuman tradisional khas Semarang yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan Anda. Jamu yang memiliki tekstur kental ini terbuat dari berbagai macam rempah seperti jahe, lada, dan kayu manis. Di dalam jamu ini terdapat bola-bola kecil mirip ronde, yang disebut krasikan. Krasikan dibuat dari beras ketan dan kelapa parut yang disangrai kemudian dicampurkan dengan gula, santan, dan vanili.

Es Daluman

Es daluman adalah minuman tradisional dari Bali yang telah sangat terkenal luas. Minuman yang memiliki rasa yang segar ini jangan sampai Anda lewatkan ketika berkunjung ke pulau Bali.

Tetapi jika Anda ingin merasakannya tetapi tidak sempat ke Bali, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 50 gram cincau hijau, 50 gram kolang kaling, 250 cc santan cair, es serut, dan 100 cc gula aren cair.

Untuk cara membuatnya sangatlah sederhana, pertama potong cincau hijau, kemudian rebus kolang kaling hingga matang dan tiriskan. Setelah itu rebus santan dengan api kecil sambil terus diaduk hingga matang. Setelah matang, tuang ke dalam mangkuk dan tambahkan setengah bagian dari gula merah. Lalu campurkan cincau hijau dan kolang kaling, tambahkan es dan sisa gula merah di atasnya. Es daluman dari Bali telah siap untuk dinikmati.

Cabe Puyang

Sumber gambar jatim.idntimes.com

Cabe Puyang adalah jamu dari Jawa yang dipercaya dapat memulihkan Anda dari rasa lelah. Rutin mengonsumsi jamu ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar dan semangat dalam bekerja.

Jamu khas Jawa ini terbuat dari cabe jawa dan puyang, yang dipadukan dengan jahe, temuireng, adas, temulawak, pulosari, merica, kedawung, kunci, dan asam jawa. Tidak hanya lelah dan pegal saja, jamu ini juga dapat meredahkan demam, kesemutan, dan anemia.

From our editorial team

Minuman Tradisional Indonesia, Kaya Rasa dan Manfaat

Mari mencintai produk lokal bangsa sendiri. Nah, salah satu yang bisa Anda manfaatkan adalah minuman lokal. Minuman asli Indonesia selain kaya rasa juga kaya manfaat. Hal ini bisa didapat dari rempah-rempah yang terkandung di dalamnya. Yuk, jaga kesehatan dengan minuman khas Indonesia mulai dari sekarang.