Yummy! Santap 8 Rekomendasi Snack Rumput Laut yang Enak, Gurih, dan Rendah Kalori Ini

Yummy! Santap 8 Rekomendasi Snack Rumput Laut yang Enak, Gurih, dan Rendah Kalori Ini

Biasanya kita mengetahui rumput laut digunakan sebagai campuran es buah. Sekarang rumput laut bisa digunakan sebagai campuran makanan bahkan dijadikan snack. Ternyata kehadirannya sudah dikenal sejak lama. Kalau kamu baru mau mencicipinya, silakan pilih salah satu atau beberapa rekomendasi snack rumput laut dari BP-Guide ini.

Rumput Laut Sudah Terkenal Dijadikan Makanan Olahan Sejak Dulu

Sumber gambar Shutterstock

Rumput laut merupakan bahan makanan dari laut yang tentunya sudah tidak asing lagi. Bahan ini bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan sejak dulu. Untuk penggemar makanan Jepang pastinya sering banget mendapati bahan rumput laut di berbagai makanan Jepang. Umumnya rumput laut hadir sebagai pelengkap sushi, ramen, dan sup.

Tidak semua rumput laut bisa dikonsumsi meski sebagian besar rumput laut bergizi dan enak dimakan. Rumput laut bahkan bukan hanya diolah menjadi makanan saja. Kini rumput laut juga diolah menjadi vitamin, pupuk, dan untuk perawatan medis.

Dari sekian banyak olahan rumput laut, yang paling banyak adalah olahan untuk makanan dan juga untuk camilan. Dalam snack biasanya rumput laut bisa jadi sekedar bumbu perasa atau bisa juga menjadi camilan yang unik berupa lembaran rumput laut kering.

Manfaat dan Kandungan Rumput Laut

Sumber gambar Shutterstock

Sebagai salah satu jenis alga, rumput laut adalah ganggang multiseluler golongan divisi thallophyta. Rumput laut memiliki jenis yang beragam dari yang bulat, pipih, tabung, dan berbentuk ranting dahan bercabang-cabang. Memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain, beberapa jenis rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang biru, ganggang hijau, ganggang merah, dan ganggang cokelat.

Rumput laut memiliki kalori yang rendah dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rumput laut memiliki pigmen fucoxanthin, yang mana bisa membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi.

Selain itu ada juga kandungan zat besi dan yodium dalam rumput laut yang bisa menyehatkan tubuh kita. Hadir dengan antioksian, rumput laut bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan pada tingkat sel.

Snack Rumput Laut Bikin Nagih

Sumber gambar Shutterstock

Rumput laut bisa dijadikan camilan berupa snack kering yang renyah. Lebih sehat dari keripik karena berupa lembaran yang dikeringkan dan dipanggang. Camilan ini selain memiliki rasa enak juga membuat kamu bisa mendapatkan manfaat dari makanan laut.

Kendati nikmat dikonsumsi, namun sebaiknya batasi secukupnya saja ya. Kadar sodium dalam rumput laut cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan memberi akibat buruk pada kesehatan.

8 Pilihan Snack Rumput Laut yang Harus Kamu Coba

Laverland Crunch Wasabi

Sumber gambar Tokopedia

Laverland Crunch Wasabi merupakan snack rumput laut yang wajib kamu coba. Rasanya unik dan pastinya lain dari yang lain. Hadir dengan kandungan kadar serat 16 kali lebih tinggi dibanding sayuran, khasiatnya banyak untuk kesehatan. Kaya vitamin, produk ini juga kaya akan kalsium bahkan lebih tinggi dibanding 1 gelas susu.

Snack satu ini bisa kamu nikmati tanpa harus mencium bau amis. Dengan kandungan mineral, snack ini baik untuk metabolisme tubuh dan juga fungsi otak. Snack-nya diolah dengan cara dipanggang dan bukan digoreng sehingga lebih sehat. Dengan mutu terjamin, kamu bisa menikmati snack ini dengan tenang. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 52.962.

Tempura Seaweed "TAO KAE NOI"

Sumber gambar Tokopedia

Tao Kae Noi Tempura Seaweed merupakan snack rumput laut berikutnya yang bisa kamu coba. Snack ini hadir dalam dua rasa yaitu original dan spicy. Snack ini dibuat di Thailand dengan teknologi canggih dan higienis.

Terbuat dari bahan rumput laut yang dikombinasikan dengan aneka rempah, rasanya begitu nikmat. Snack ini bisa dimakan ramai-ramai dengan teman kala sedang belajar bersama. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 15.600.

Crispy Konomi Seaweed

Sumber gambar Bukalapak

Crispy Konomi Seaweed merupakan snack yang bisa menjadi pilihan selanjutnya. Snack Rumput Laut Ko No Mi ini diimpor dari Taiwan. Dibuat dari bahan yang berkualitas premium sehingga aman dikonsumsi. Dengan memakai teknologi tertinggi pada proses produksinya sehingga snack ini rasanya enak. Kaya akan nutrisi, dijamin kamu ketagihan kala memakannya. Ada 5 pilihan rasa yang bisa kamu coba konsumsi. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 50.000.

Ildong Seaweed Snack

Sumber gambar Bukalapak

IIdong Seaweed Snack ini merupakan persembahan dari HOB Snack. Rasanya enak dengan tekstur yang sangat crunchy dan bikin semangat balik lagi. Snack ini kaya akan kalsium dan DHA. Dibuat tanpa MSG sehingga snack-nya aman dikonsumsi siapa saja. Seaweed organik ini kaya akan vitamin D3. Cocok dikonsumsi dengan nasi atau bisa langsung dimakan. Tidak akan menyebabkan batuk atau sakit tenggorokan. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 90.000.

Masita Crispy Seaweed Spicy Flavour

Sumber gambar Tokopedia

Masita Crispy Seaweed Spicy flavour adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Snack ini diimpor dari Thailand dan terjamin mutunya. Dikemas dalam ukuran 36 gram, snack ini telah mendapatkan sertifikat halal dari pemerintah Thailand. Memiliki rasa pedas yang lezat, camilan ini bisa dikonsumsi kala sedang di perjalanan. Rasanya unik dan tentu bikin kamu nagih ingin memakannya terus. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 35.000.

Taberu Original Barbeque Seewed

Sumber gambar Tokopedia

Taberu Original Barbeque Seaweed merupakan snack yang enak banget. Hadir dengan rasa rumput laut asli bikin kamu tidak bisa berhenti memakannya. Camilan ini diimpor dari Thailand dengan rasa rumput laut yang melekat di tiap lembarnya. Snack ini sudah halal sehingga aman untuk dikonsumsi. Dikemas dalam ukuran 40 gram, snack ini juga hadir dalam varian rasa original dan barbeque. Dapatkan snack yang satu ini di Tokopedia dengan harga Rp 36.900.

Triple M Roasted Seaweed

Sumber gambar Tokopedia

Triple M Roasted Seaweed ini juga bisa kamu pilih sebagai snack untuk disantap kala menonton TV. Hadir dalam tiga rasa yakni original, squid, dan juga spicy, bikin kamu ingin mencoba semua rasanya. Snack persembahan Iluvamart ini begitu kriuk dan cocok dikonsumsi bersama nasi. Dengan rasa yang tidak terlalu berat, snack ini bisa dipilih sebagai makanan sehat bernutrisi. Tidak memakai MSG dalam pembuatannya membuat snack ini aman dikonsumsi. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 37.000.

Atomy Roasted Seaweed

Sumber gambar Bukalapak

Snack Rumput Laut Asli Korea Atomy Roasted Seaweed bisa jadi teman kamu kala sepi. Berbahan rumput laut asli dari Korea, snack ini diolah dengan minyak zaitun dan garam laut Korea. Kaya akan kandungan gizi yang tinggi sebab snack-nya memakai minyak zaitun extra-virgin yang mengandung lebih banyak asam lemak tak jenuh tunggal.

Tanpa MSG, snack ini dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman dikomsumsi. Berisi 4 pack, masing-masingnya berisi 65 gram. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 169.000.

From our editorial team

Santap Rumput Laut dengan Cara Menyenangkan

Ada beberapa orang yang tak menyukai sensasi makan rumput laut karena muncul rasa amis di lidah. Dengan dibuatnya rumput laut dalam versi snack, tentu memudahkan kamu untuk menikmati makanan sehat satu ini. Ada berbagai merek dengan berbagai rasa yang tersedia tanpa mengurangi kandungan gizi. Namun, jangan sampai terlalu banyak mengonsumsinya, ya.