Ini Dia 9+ Sampo Indonesia, Sampo Lokal yang Bisa Bantu Atasi Masalah Rambut dan Menjaganya agar Tetap Terawat

Ini Dia 9+ Sampo Indonesia, Sampo Lokal yang Bisa Bantu Atasi Masalah Rambut dan Menjaganya agar Tetap Terawat

Sumber gambar cewekbanget.grid.id

Membersihkan rambut adalah salah satu cara merawat diri dan mendapatkan kesegaran agar tubuh tetap bugar. Rambut yang bersih jadi salah satu penunjang untuk kenyamanan menjalani aktivitas sehari-hari. Penggunaan sampo adalah pilihan yang bisa dijadikan rutinitas dan dengan hadirnya sampo-sampo lokal Indonesia, kamu bisa mendapat rambut yang terawat dan bebas masalah.

Banyak Produk Lokal yang Kualitasnya Baik dan Tidak Kalah dengan Produk Impor

Sumber gambar pandomortgage.com

Kita tak bisa mengelak bahwa kebanyakan masyarakat kita lebih mencintai produk luar ketimbang produk sendiri. Padahal dari segi harga dan kualitas, produk dalam negeri justru lebih tak kalah dengan produk luar, loh. Bahkan produk dalam negeri kita banyak yang berhasil mendunia.

Sebagai warga negara yang baik, tak ada salahnya jika kita mulai melirik produk dalam negeri. Selain membantu memajukan perekonomian dalam negeri, membeli produk sendiri membuat para pengusaha lokal semakin maju dan tergerak untuk lebih berinovasi. Sekarang ini sudah makin banyak kok produk lokal yang berkualitas baik dan tak kalah dengan produk impor.

Salah satu produk lokal yang baik adalah dari sampo. Berbagai produsen sampo lokal banyak mengeluarkan inovasi terbaru dengan bahan alami dan teknologi canggih. Intip dulu tips memilih sampo sesuai jenis rambut, sebelum mengintip deretan sampo lokal rekomendasi BP-Guide, ya.

Tips Memilih Sampo Sesuai dengan Jenis Rambut

Jenis Rambut Berminyak

Sumber gambar ruan.co.jp

Rambut berminyak kadang bikin kita sebel karena rambut jadi cepat lepek. Memiliki rambut berminyak, kamu wajib rajin keramas supaya sebum bisa berkurang. Gunakan sampo yang tepat agar rambut tak mudah lepek.

Kamu bisa pilih sampo yang mampu menambah volume rambut. Hindari sampo yang bisa melembapkan dan menghidrasi. Karena sampo yang melembapkan justru bisa bikin rambut kamu makin berminyak. Gunakan sampo dengan label clarifying dan memiliki kandungan mint supaya bisa membersihkan minyak pada rambut sekaligus membuat kulit kepala sejuk.

Jenis Rambut Kering

Sumber gambar quora.com

Untuk yang memiliki rambut kering, pasti kamu juga sering jengkel. Rambut kering susah diatur dan terasa kaku serta kasar. Sebaiknya kamu memilih sampo yang bisa melembapkan atau menghidrasi rambut.

Dengan sampo yang menghidrasi, maka rambut akan mendapat minyak cukup dan kulit kepala tak akan mudah mengelupas karena kering. Jangan memakai memakai sampo yang dapat menambah volume rambut. Hidrasi rambut kamu dengan sampo yang bisa melembapkan dan melembutkan rambut ya.

Jenis Rambut Normal

Sumber gambar studio2hair.com

Untuk yang memiliki jenis rambut normal, maka kamu bisa tenang. Ini artinya rambutmu tidak kekurangan atau kelebihan minyak. Kamu bisa memakai sampo jenis daily therapy. Hal ini dilakukan supaya rambut tidak terlalu keriting maupun halus.

Umumnya juga, rambut normal bisa mengikuti perubahan musim. Kamu bisa mengganti sampo yang kamu gunakan kala musim berganti. Sebab, kondisi kulit kepala biasanya akan berubah mengikuti musim. Kamu tinggal memakai sampoo secara bergantian menyesuaikan musim atau perubahan cuaca.

9 Rekomendasi Merek Sampo Indonesia Berkualitas yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

The Bath Box

Sumber gambar tokopedia.com

The Bath Box merupakan merek yang banyak memproduksi berbagai produk berbahan dasar natural. Mereka memproduksi produk perawatan rambut, perawatan wajah, perawatan tubuh, hingga perawatan bibir. Kamu bisa coba sampo dari mereka yang banyak diminati.

Ada Ros&Mary Shampoo dari The Bath Box. Sampo ini memiliki 5 jenis essential oil yang terdiri dari rosemary, sweet orange, lavendel, geranium dan ylang-ylang. Semua kandungan alami tersebut bikin rambut lebih kuat hingga ke akarnya. Ada juga kandungan madu, babassu oil, dan linseed mucilage yang bisa bikin rambut lebih lembap dan berkilau sepanjang hari. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 150.000.

Utama Spice

Sumber gambar www.bukalapak.com

Merek asal Indonesia lainnya yang wajib dilirik adalah Utama Spice. Merek dari Ubud, Bali ini memakai bahan natural tanpa kimia berbahaya. Tentu ini akan menjadi jaminan bahwa produknya aman digunakan. Memakai ilmu herbal tradisional asal Bali, sehingga kualitas produknya terjamin.

Kamu bisa coba Shampoo #6 yang dipersembahkan Utama Spice. Hadir dengan kandungan cocoa butter yang dapat menjaga kelembapan rambut. Selain itu ada juga minyak jarak yang dapat membantu menumbuhkan rambut.

Sampo ini mampu menyembuhkan gatal pada kulit kepala sekaligus mampu mencegah kerontokan pada rambut. Dikemas dalam ukuran 230ml, sampo ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 99.000.

Bali Balance

Sumber gambar www.blibli.com

Bali Balance merupakan merek asal Bali yang mengeluarkan produk berbahan alami. Produknya juga beragam mulai dari produk perawatan wajah, tubuh sampai rambut. Yang membanggakan, produk Bali Balance juga sudah tembus pasar Eropa, loh.

Silakan coba Coconut Rosemary Shampoo dari Bali Balance. Dengan bahan extra virgin coconut oil, sampo ini mampu merawat rambut kusam dan kering serta menutrisinya secara baik. Rambut jadi kuat dan berkilau sehat berkat sampo ini. Produk juga bisa membantu menumbuhkan rambut sehingga terlihat lebih tebal. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 180.000.

Heaven Spring

Sumber gambar www.tokopedia.com

Heaven Spring ini juga merupakan merek lokal, loh. Berasal dari Jakarta, merek ini banyak di-review oleh selebgram. Produknya bebas SLS dan juga paraben sehingga aman digunakan. Kamu bisa coba salah satu produk mereka ya.

Ada Anti-Dandruff Shampoo yang dibuat dengan bahan alami terbaik. Hadir dengan ekstrak daun mint, produk ini bisa membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe pada kulit kepala. Selain itu kamu bisa menikmati sensasi dingin usai memakai sampo ini. Dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 72.500 untuk kemasan ukuran 220ml.

Natur

Sumber gambar reviews.femaledaily.com

Natur merupakan merek Indonesia yang mempersembahkan rangkaian produk perawatan rambut. Merek menggabungkan konsep alami dengan inovasi modern, sehingga bisa menjadi sebuah produk yang begitu diminati masyarakat. Hadir dengan berbagai varian, kamu bisa memakai salah satu sampo dari Natur.

Natur Ginseng Extract Shampoo ini cocok untuk jadi sampo andalan kamu. Bisa digunakan untuk mengurangi rambut rontok karena memiliki ekstrak gingseng di dalamnya. Sampo juga mengandung kandungan bioaktif seperti saponins, phytosterol, vitamin dan mineral.

Semua itu bisa menstimulasi peredaran darah di kulit kepala agar rambut tetap sehat dan kuat. Dapatkan sampo ini di Shopee dengan harga Rp 32.400.

Mustika Ratu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mustika Ratu tak diragukan lagi menjadi merek asal Indonesia yang berkualitas. Dari ramuan tradisional, bahan pembuatannya aman dan sudah teruji kelayakan pemakaiannya. Kamu bisa coba sampo dari Mustika Ratu nih.

Ada sampo dengan ekstrak bayam persembahan Mustika Ratu. Sampo ini bisa atasi rambut rontok dengan baik. Rambut jadi lebih tebal alami karena dalam bayam mengandung zat besi yang tinggi. Dengan kandungan trichogen liposomes, sampo mampu memperkuat akar rambut agar rambut tetap sehat. Dapatkan sampo ini di Tokopedia dengan harga Rp 16.500.

NR

Sumber gambar hargamurah08.web.id

PT. Ikapharmindo Putramas ini merupakan sebuah perusahaan farmasi yang menghasilkan berbagai produk farmasi dan perawatan pribadi. Salah satunya adalah produk NR. Kamu bisa mencoba varian samponya.

Ada NR Shampoo Citrone for Normal and Dull Hair. Sampo penumbuh rambut ini bisa menyuburkan rambut supaya lebih tebal. Rambut juga jadi lebih cepat panjang karena rontok berkurang. Mengandung ekstrak buah lemon dan silk protein, sampo membuat rambut lebih cepat tumbuh serta menjadikan rambut lebih kuat. Sampo ini hadir di Lazada dengan harga Rp 132.500.

Buamera

Sumber gambar www.bukalapak.com

Buamera merupakan sampo yang kaya akan nutrisi. Produk lokal ini mengandung minyak buah merah Papua. Buah ini memiliki sifat antioksidan yang kaya vitamin E dan C. Mampu merawat rambut hingga ujungnya, sampo ini hadir dalam kemasan 250 ml. Rambut jadi lembap dan halus serta lebih sehat.

Basahi rambut memakai air hangat lalu tuang sampo di telapak tangan. Kemudian campur dengan sedikit air hingga berbusa baru usapkan pada kepala. Pijat kulit kepala untuk membersihkan dari minyak dan sel kulit mati. Pakailah air suam kuku untuk membilas rambut hingga bersih dari sisa sampo. Dapatkan sampo ini di Bukalapak dengan harga Rp 59.000.

Wardah

Sumber gambar elevenia.co.id

Wardah adalah merek halal dari Indonesia yang mempersembahkan berbagai produk perawatan untuk kulit, wajah dan rambut. Berada di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation, Wardah diluncurkan pada tahun 1995 lalu.

Kamu bisa coba Wardah Shampoo yang hadir dalam berbagai varian. Ada Wardah Daily Fresh Shampoo yang bisa membuat rambut segar lebih bervolume. Ada juga Wardah Anti Dandruff Shampoo yang bisa menyegarkan dan membantu mengurangi ketombe.

Lalu ada Wardah Nutri Shine Shampoo yang fungsinya untuk membantu mengurangi rambut bercabang. Dan terakhir ada Wardah Hairfall Treatment yang bisa membantu mengurangi rontok karena patah dan menjaga kekuatan batang rambut. Sampo ini bisa dibeli di Shopee pada harga Rp 24.000.

From our editorial team

Gunakan Kondisioner dengan Cara yang Benar

Setelah menggunakan sampo, ada baiknya diiringi dengan penggunaan kondisioner agar hasil perawatan rambut lebih maksimal. Gunakan kondisioner yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan rambut. Pastikan rambut dalam keadaan basah kemudian ratakan kondisioner. Tambahkan kondisionerdi ujung-ujung rambut jika kamu memiliki rambut panjang. Biarkan kondisioner meresap lebih lama, sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air dingin. Jangan menggosok-gosok rambut ketika mengeringkan, sebaliknya, cukup dengan menarik handuk pada rambut dengan gerakan dari atas ke bawah. Biarkan rambut kering secara alami.