7 Tips Atasi Bau Mulut dan 9 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Hilangkan Bau Mulut (2021)

7 Tips Atasi Bau Mulut dan 9 Rekomendasi Produk Terbaik untuk Hilangkan Bau Mulut (2021)

Tidak ada yang ingin mulutnya bau. Namun, jika kamu mengalami kondisi bau mulut, maka kamu harus buru-buru cari tahu penyebabnya. Ini supaya kamu bisa mengatasinya dengan benar dan tepat. Nah, cari tahu tips dari kami untuk mengatasi bau mulut! Kamu juga wajib cek rekomendasi produk dari kami untuk setiap tips yang kami berikan!

Bau Mulut Bikin Kurang Percaya Diri

Kepercayaan diri kita dipengaruhi oleh banyak hal. Selain dari pakaian, rambut, dan gaya riasan, kepercayaan diri juga bisa diperoleh dari aroma tubuh yang segar. Aroma tubuh meliputi semuanya, dari bau badan, bau kaki, hingga bau mulut. Jika aroma tubuh kamu segar, tentunya kamu tidak akan risih bergaul dengan orang lain.

Bau mulut merupakan sebuah kondisi yang secara medis disebut dengan halitosis. Kondisi ini menimbulkan bau tidak sedap saat kita bernapas. Ini tentu bikin kita kurang percaya diri bertemu dan bergaul dengan banyak orang. Atasi segera bau mulut agar tidak menimbulkan efek negatif dalam kehidupan bermasyarakatmu. Nah, kenali dulu yuk aneka penyebab bau mulut.

Pertama, bau mulut bisa terjadi karena makanan yang kita konsumsi. Beberapa jenis makanan seperti makanan pedas, olahan ikan, bawang merah dan bawang putih, serta beberapa makanan yang aromanya menyengat bisa menimbulkan bau mulut. Selain itu, sisa makanan dalam mulut yang mengendap juga bisa menyebabkan bakteri berkembang biak dan pada akhirnya menimbulkan bau mulut.

Kedua, bau mulut bisa disebabkan karena kita lalai dalam menjaga kebersihan mulut. Jarang sikat gigi bikin sisa makanan dalam mulut membentuk plak dan menyebabkan karang gigi. Bakteri dari sisa makanan juga akan membusuk dan akhirnya membuat bau mulut makin parah.

Penyebab lainnya adalah karena kamu kurang minum. Saat kekurangan cairan, kondisi mulut jadi kering. Produksi air liur jadi berkurang. Padahal air liur memiliki fungsi melembapkan dan juga membersihkan mulut. Saat mulut kering maka napas jadi lebih bau.

Kebiasaan merokok juga bisa menimbulkan bau mulut. Merokok bisa membuat mulut kering dan produksi air liur menurun sehingga muncullah bau mulut.

Mengonsumsi beberapa jenis obat juga termasuk salah satu penyebab munculnya bau mulut. Antihistamin yang biasa digunakan untuk mengatasi alergi merupakan obat yang bisa membuat mulut jadi kering. Ini bisa memicu bau mulut.

Selain itu, kondisi medis lain juga bisa menimbulkan bau mulut. Ada beberapa kondisi yang membuat bau mulut kita jadi parah. Misalnya saja, sariawan, gigi berlubang, gusi bengkak, radang tenggorokan, diabetes, sinusitis, gangguan hati, penumonia, dan lain sebagainya.

Tips Atasi Bau Mulut dengan Efektif

Rutin Gosok Gigi dan Lidah

Cara paling ampuh pertama untuk mencegah bau mulut adalah dengan rutin menggosok gigi. Lakukan gosok gigi dua kali sehari. Hal ini untuk membantu menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di mulut. Jangan lupa gunakan pasta gigi dengan flouride karena bisa membantu menghilangkan bakteri dan juga bisa mencegah bau mulut.

Selain menyikat gigi, kamu juga perlu membersihkan lidah. Kamu wajib tahu bahwa lidah bisa jadi tempat tumbuhnya bakteri. Sisa makanan yang menumpuk di lidah bisa menyebabkan bau mulut. Jadi, pastikan untuk menyikat lidah juga, ya. Jangan terlalu keras saat menyikat lidah. Jika kurang nyaman menyikat lidah, gunakan alat khusus untuk membersihkan lidah atau scraper lidah. Dengan begini, kamu bisa membersihkan lidah dari bakteri dan sisa makanan dengan efektif.

Closeup Pasta Gigi Everfresh Icy White

Closeup Pasta Gigi Everfresh Icy White merupakan rekomendasi pasta gigi yang bisa mencegah bau mulut. Dengan perlite dan icylicious gel, pasta gigi ini ampuh membuat gigi jadi lebih putih. Selain itu, rongga mulut jadi lebih bersih dan segar.

Produk ini juga hadir dengan sodium fluoride yang bisa menghancurkan plak pada gigi. Ini membuat gigi jadi makin bersih hingga ke sela-selanya. Gunakan 2 kali sehari dan rasakan sensasi aroma mulut lebih segar dan gigi jadi lebih bersinar.

Harga Rp. 8.600-87.000

Pepsodent Siwak

Pepsodent Siwak merupakan pasta gigi lainnya yang bisa kamu andalkan. Ini tergolong sebagai pasta gigi herbal. Produk ini hadir dengan ekstrak kayu siwak yang bersifat antibakteri. Dipadukan dengan mint, pasta gigi ini bisa merawat kekuatan gigi dan juga menyegarkan napas. Kamu jadi terhindar dari bau mulut dengan pemakaian yang rutin.

Kayu siwaknya bisa menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri. Kayu siwak juga bisa menguatkan permukaan email gigi sehingga gigi tidak mudah berlubang. Bahan alami ini juga bisa menghentikan pendarahan dan peradangan gusi. Siwak akan membantu meningkatkan produksi air liur, sehingga kondisi asam dalam mulut lebih netral dan bau mulut bisa diatasi.

Harga Rp. 9.300-14.630

Dr. Smith Tongue Brush

Dr. Smith Tongue Brush adalah pembersih lidah yang bisa kamu manfaatkan. Alat yang satu ini bikin kamu lebih mudah membersihkan sisa makanan pada lidah. Rasanya empuk dan nyaman di lidah karena terbuat dari karet yang aman dan nyaman. Pembersih lidah ini juga lebih mudah untuk dibersihkan, loh. Jadi kebersihan juga bisa terjamin.

Harga Rp. 20.000-54.000

Rutin Flossing Gigi

Jangan lupa untuk melakukan flossing usai menggosok gigi. Ini merupakan teknik membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Adanya teknik ini membantu sisa makanan yang tersangkut pada gigi jadi lebih mudah dihilangkan. Kalau kamu melakukan flossing dengan rutin dan tepat maka bukan mustahil bakteri mulut hilang dan nafas jadi lebih segar.

Jordan Easy Clean Flosser

Jordan Easy Clean Flosser merupakan dental floss yang mudah digunakan. Ini cocok untuk kamu yang masih pemula dalam hal memakai dental floss. Desainnya simpel dengan gagang panjang. Bahannya juga dari karet sehingga lebih nyaman digunakan. Gunakan produk ini untuk membersihkan gigi secara merata utamanya bagian belakang.

Harga Rp. 35.800-50.000

Perbanyak Minum Air Putih

Jangan biarkan mulut kamu kering dan kurang cairan. Setiap hari kita disarankan menghabiskan 2 liter air untuk menghidrasi tubuh dengan baik. Usahakan memperbanyak air putih agar mulut tidak kering dan menyebabkan bau mulut. Saat mulut kering maka bakteri mudah berkembang. Ketika kita memperbanyak minum air putih maka produksi air liur bisa makin banyak. Dengan cara ini maka bau mulut bisa berkurang karena bakteri penyebab bau mulut tidak berkembang biak di dalam mulut.

VIT

VIT adalah salah satu merek air mineral kemasan yang bagus untuk kamu konsumsi. Air mineral dari Vit telah melalui uji fisika, kimia, dan mikrobiologi. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa standar kualitasnya benar-benar bagus. Produk ini juga sudah melalui proses filtrasi dan ozonisasi sehingga mutunya lebih terjamin.

Kamu bisa mudah mendapatkan air mineral ini di berbagai warung dan supermarket di sekitarmu. Ada berbagai kemasan yang bisa kamu dapatkan. Ada yang berupa gelas, botol kecil, hingga galon. Varian isiannya adalah 220 ml, 330 ml, 600 ml, 1500 ml, hingga 19000 ml.

Harga Rp. 2.500-45.000

Gunakan Obat Kumur

Usai sikat gigi, jangan dikira sudah cukup menghilangkan bau mulut. Supaya lebih maksimal, kamu bisa gunakan juga obat kumur. Berkumur secara rutin bisa menambahkan perlindungan ekstra pada mulut, gigi, dan gusi. Ini akan menyingkirkan bakteri penyebab gigi berlubang dan juga bau mulut. Berkumur juga bisa membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan plak pada gigi.

Pilihlah obat kumur dengan bahan antiseptik alami. Contohnya, menthol, methyl salicylate, eucalyptol, dan thymol. Aneka bahan tersebut diekstrak dari tanaman yang umum dipakai sebagai obat tradisional yang bisa membunuh bakteri penyebab bau mulut sehingga dijamin aman dan efektif.

Pepsodent Mouthwash Pro Complete

Pepsodent Mouthwash Pro Complete ini bisa jadi produk andalan untuk berkumur. Obat kumur yang dihadirkan Pepsodent ini dijamin ampuh membasmi bau mulut. Formula active zinc di dalamnya juga bisa membantu mencegah gigi berlubang. Hasilnya, gigi dan gusi lebih bersih dan sehat. Selain itu, tidak ada lagi bau mulut mengganggu.

Obat kumur ini sensasinya tidak terlalu kuat sehingga tidak akan menimbulkan rasa terbakar di lidah dan mulut. Kamu bisa tetap merasa nyaman dan segar pada area mulut. Tidak ada kandungan alkohol sehingga produk aman untuk digunakan siapa saja.

Harga Rp. 18.500-37.000

Mengunyah Permen Karet

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi bau mulut adalah mengunyah permen karet. Ketika kamu sedang tidak mungkin menggosok gigi atau berkumur, maka cara paling efektif adalah mengunyah permen karet. Aroma permen bisa memenuhi rongga mulut dan akan menyamarkan bau mulut tak sedap.

Kamu bisa mengunyah aneka jenis permen karet. Boleh saja mengonsumsi rasa buah favoritmu atau boleh juga mengonsumsi rasa mint yang menyegarkan. Namun, perlu kamu tahu bahwa ada beberapa rasa dan aroma permen karet tertentu yang bekerja lebih baik dalam mengusir bau mulut. Salah satunya adalah rasa mint. Jadi, kalau mau lebih efektif menghilangkan bau mulut bisa konsumsi permen karet yang memiliki rasa mint atau mengandung xylitol, ya.

Happydent X-pert

Happydent X-pert merupakan permen karet yang bisa kamu andalkan. Permen ini bebas gula sehingga lebih aman untuk kamu yang diabetes dan juga tidak akan merusak gigi. Hadir dengan rasa peppermint, permen ini bisa memberikan sensasi napas yang segar. Bau mulut juga hilang sehingga kamu bisa lebih percaya diri saat bertemu orang lain.

Kunyah permen karet ini untuk mengurangi risiko karies gigi. Permen ini mengandung microgranules, kalsium, dan fluoride. Berbagai kandungan tersebut bisa menyehatkan gigi dan menyegarkan aroma mulut. Bawa saja kemana kamu butuhkan dan kunyah satu hingga dua permen untuk bikin kamu jadi lebih segar.

Harga Rp. 14.900-21.500

Kumur dengan Soda Kue

Kamu pastinya tidak asing dengan soda kue. Apalagi jika kamu senang bikin kue, pastinya akan sering membutuhkan soda kue. Namun tahukah kamu bahwa soda kue juga bisa jadi bahan untuk obat kumur alami. Kamu bisa memakainya untuk membantu menghilangkan bau mulut.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, soda kue terbukti efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Berkumur dengan soda kue bisa membantu membersihkan sisa makanan dan juga plak pada permukaan gigi dan gusi.

Jika ingin mencobanya, cukup larutkan 2 sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah selama 30 detik lalu keluarkan air kumurannya.

Nonik Soda Kue

Nonik Soda Kue merupakan pilihan tepat untuk kamu gunakan berkumur. Soda kue ini tidak hanya cocok untuk bikin kue di rumah. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan bau mulut juga. Dikemas dalam ukuran saset kecil dengan isian 40 gram, produk ini bisa digunakan dua kali kumur. Soda kue terpercaya ini aman karena sudah mendapatkan sertifikasi BPOM.

Harga Rp. 1.600-2.400

Rutin Mengganti Sikat Gigi

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut adalah rutin mengganti sikat gigi. Ini karena sikat gigi yang lama tidak diganti maka bulu-bulunya jadi usang dan tidak lagi efektif membersihkan gigi. Sisa makanan jadi tertinggal, gusi kurang bersih, dan akhirnya menyebabkan bau mulut. Usahakan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga hingga empat bulan sekali, ya.

Colgate SlimSoft Charcoal

Colgate SlimSoft Charcoal merupakan sikat gigi yang bisa jadi andalan kamu. Produk hadir dengan bulu sikat yang super tipis. Ini membuatnya jadi lebih mudah menjangkau celah sempit pada area gigi.

Bulu sikat dengan ukuran kurang dari 0,01 mm terasa lembut namun efektif membersihkan secara maksimal dari sisa makanan dan juga plak. Kotoran di sepanjang garis gusi juga bisa ikut tersapu. Sikat gigi memiliki kandungan charcoal sehingga bisa meningkatkan kinerja sikat agar lebih ampuh membersihkan bakteri.

Harga Rp. 28.000-52.000
From our editorial team

Konsultasi kepada Dokter

Bau mulut bukan hal yang harus dikhawatirkan secara berlebihan. Namun, jika kondisi berlanjut makin parah maka bisa jadi ini tanda kondisi medis yang lebih serius seperti penyakit ginjal dan diabetes. Kamu bisa berobat ke dokter gigi untuk mengetahui pasti kondisi kesehatanmu. Dokter bisa segera mencari tahu penyebab bau mulut dan akan memeriksa rongga mulut secara menyeluruh. Dokter mungkin juga akan bertanya cara kamu merawat kebersihan gigi dan mulut. Jika diperlukan, dokter bisa juga meminta kamu melakukan sederet pemeriksaan laboratorium untuk diagnosis yang lebih pasti. Setelahnya, dokter baru bisa memberikan solusi atas masalah bau mulut yang kamu alami.

Tag