Intip Yuk, 8 Rekomendasi Aktivitas Seru untuk Ngabuburit di Bulan Ramadan Tahun 2021 Ini!

Intip Yuk, 8 Rekomendasi Aktivitas Seru untuk Ngabuburit di Bulan Ramadan Tahun 2021 Ini!

Ramadan identik dengan ngabuburit. Meski pemerintah saat ini memperbolehkan aktivitas di luar rumah, namun bukan berarti kita bebas ngabuburit tanpa mengindahkan protokol kesehatan yang ada. Simak yuk, aktivitas ngabuburit seru rekomendasi kami selama Ramadan 2021 ini!

Mengenal Tradisi Ngabuburit dari Tahun ke Tahun

Setiap memasuki bulan Ramadan, kita pasti tidak asing dengan yang namanya ngabuburit. Kegiatan ini kerap kita lakukan jelang buka puasa. Pengertian ngabuburit secara umum adalah kegiatan yang dilakukan selagi menunggu waktu berbuka puasa. Umumnya, ngabuburit dilakukan para anak muda guna membunuh waktu saat menjalankan ibadah puasa.

Ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda yakni dari kata "ngalantung ngadagoan burit" yang artinya adalah bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Istilah ngabuburit jadi populer dan banyak digunakan di berbagai daerah. Ada juga istilah lain yang maknanya sama dengan ngabuburit seperti malengah puaso dalam bahasa Minang.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan selama ngabuburit. Namun, alangkah lebih baiknya jika kegiatan yang kita lakukan bisa bernilai ibadah. Karena tentu kita tak ingin menyia-nyiakan waktu di bulan suci Ramadan ini.

Berbagai Pilihan Aktivitas Ngabuburit Asyik

Mencari Makanan Takjil

Takjil merupakan istilah yang sering muncul selama Ramadan selain ngabuburit. Arti kata "takjil" yang sesungguhnya adalah mempercepat dalam berbuka puasa. Namun, makna ini bergeser menjadi makanan pembuka saat buka puasa. Bentuk makanan takjil beragam, ada gorengan, kue-kue, makanan berkuah seperti kolak, buah segar, dan lain sebagainya.

Saat bulan Ramadan, dari sore hingga menjelang berbuka puasa, ada banyak penjual makanan dadakan di pinggir jalan. Mereka berlomba menjajakan aneka makanan yang bisa jadi makanan takjil. Nah, kita bisa berburu makanan takjil di tempat-tempat ini.

Tahun ini, penjual makanan di pinggir jalan mungkin lebih banyak berkurang jika dibanding tahun-tahun sebelum adanya pandemi. Demi keamanan kita, maka kegiatan berburu makanan takjil selain bisa dilakukan langsung dengan membeli di pinggir jalan, bisa juga dilakukan dengan cara memesan melalui aplikasi online. Selain itu, hitung-hitung kamu juga bisa berbagi rezeki dengan kurir pengantar makanan, ya.

Mendengarkan Podcast

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selagi ngabuburit adalah mendengarkan podcast. Belakangan ini, podcast sangat diminati baik oleh kalangan muda maupun yang sudah dewasa. Bukan hanya menghibur namun juga sangat informatif. Dengan mendengar podcast maka kamu bisa menambah pengetahuan kamu akan suatu hal. Selain itu, kamu juga bisa melatih diri untuk menjadi pendengar yang baik.

Tema podcast yang ada pun sangat beragam, mulai dari olahraga, komedi, kesehatan, bisnis, hingga agama. Kamu bisa sekalian saja mendengarkan ceramah agama lewat podcast. Dengan begini, kamu bisa memperdalam pengetahuan agama sembari menunggu waktu berbuka tiba.

Berkebun

Berkebun adalah pilihan aktivitas lain yang bisa kamu lakukan. Coba tengok kebun rumahmu dan berinisiatiflah untuk merawatnya. Kamu bisa membeli bibit bunga atau buah baru untuk ditanam. Atau bisa juga menata kebun dengan aksesori taman agar lebih menarik. Jika kamu tak memiliki kebun, kamu bisa mulai berkebun dengan media pot. Jangan lupa beli rak pot sehingga kamu bisa merawat banyak tanaman sekaligus.

Nantinya tanaman-tanaman tersebut bisa mempercantik halaman rumah atau bisa juga kamu letakkan di dalam rumah sebagai penghijauan dalam rumah. Dengan begini, rumah jadi terkesan lebih asri. Apalagi jika tanaman yang kamu tanam cepat berbunga dan berbuah, tentunya kamu akan makin senang berkebun.

Mencoba Resep Baru

Menunggu adzan Maghrib juga bisa dilakukan dengan cara mencoba resep baru. Baik itu resep kue, minuman, atau masakan, kamu bisa coba membuatnya. Carilah resep di internet atau majalah. Lalu coba praktikkan. Usahakan kamu mengikuti takaran yang pas selama memasak karena kamu tak bisa mencicipinya sebelum waktu buka puasa.

Untuk mencoba resep baru, tak perlu mulai dari hidangan yang sulit. Cobalah dari hidangan yang mudah dan yang bahannya mudah dicari. Dengan begini kamu tak akan merasa kesulitan mempraktikkan resep tersebut.

Tadarus

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan dan bernilai pahala adalah tadarus. Kegiatan ini bermanfaat untuk kebaikan dunia dan akhirat. Kamu bisa berkumpul bersama keluarga di rumah untuk tadarus bersama. Atau bisa juga menuju mushola atau masjid terdekat untuk tadarus bersama tetangga dan teman-teman. Dengan tadarus bersama, ilmu agama bertambah dan pahala juga bertambah. Kamu juga bisa sekalian bersilaturahmi dengan teman-teman dan tetangga saat tadarus. Kegiatan yang satu ini juga bisa membantu kamu menyempurnakan bacaan Alquran.

Belanja Online

Ngabuburit kamu juga bisa diisi dengan belanja online. Kamu bisa mencari perlengkapan Lebaran, mulai dari baju, tas, sepatu, hingga perlengkapan ibadah seperti sajadah, mukena, peci, dan lain sebagainya. Kamu bisa manfaatkan voucher diskon yang disediakan berbagai e-commerce menjelang Lebaran. Ini tentu bikin kamu jadi lebih hemat belanja. Kamu tak hanya bisa belanja untuk diri sendiri tapi juga untuk keluarga kamu. Namun, kegiatan yang satu ini jangan dilakukan setiap hari, ya. Jangan sampai lupa diri dan malah menghabiskan banyak uang hanya untuk belanja-belanja saja.

Berbagi Makanan

Berbagi makanan merupakan aktivitas ngabuburit yang penuh kebaikan. Kamu bisa berbagi makanan takjil untuk sesama. Buatlah makanan takjil sederhana di rumah lalu bagikan pada mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini bisa mempererat tali persaudaraan antar muslim.

Tak hanya mengajarkan kita berbagi pada orang lain, ini juga sebagai pengingat kita untuk selalu bersyukur dengan keadaan kita. Saat berbagi, kita bisa melihat bahwa ada banyak orang yang lebih membutuhkan dari kita. Ini bisa memperkuat keimanan kita agar bisa beribadah lebih rajin dan bekerja lebih giat agar bisa berbagi lebih banyak dengan sesama. Soal pahala, jangan ditanyakan lagi, karena kegiatan berbagi makanan tentu merupakan sumber pahala melimpah untuk kamu.

Olahraga Ringan

Berpuasa bukan berarti kamu malas-malasan. Kamu wajib tetap berolahraga agar lemak tak menumpuk. Malas bergerak justru bikin kamu makin gemuk selama puasa. Dengan bergerak aktif maka kamu lebih bugar, tak mudah sakit, dan tentunya jadi lebih ramping usai Ramadan.

Berolahraga ringan bisa kamu lakukan di sore menjelang berbuka. Kamu bisa bersepeda, berjalan-jalan keliling lingkungan rumah, yoga, atau melakukan aneka olahraga ringan lainnya.

Pilihan Outfit Ngabuburit yang Nyaman untuk Kamu

Mississippi Blouse Wanita

Mississippi Blouse Wanita ini wajib jadi koleksi kamu. Blus lengan panjang ini hadir dalam aneka pilihan warna menarik, salah satunya warna cokelat. Kamu bisa memakainya untuk hangout dan ngabuburit. Bahannya ringan dan adem sehingga kamu betah memakainya dalam waktu lama. Berpotongan longgar, kamu jadi bebas bergerak. Ada ukuran S hingga L yang tersedia.

Harga Rp. 196.000-210.000

duapola Rok Panjang

Duapola Rok Panjang adalah bawahan yang terbuat dari bahan kaos elastis yang nyaman dipakai. Bahannya lembut, adem, dan memberi kesan jatuh. Rok model payung ini melebar di bagian bawah. Ada karet di bagian pinggang sehingga kamu jadi tak perlu takut rok mudah melorot. Rok ini hadir dalam satu ukuran dengan lingkar pinggang 70 cm yang bisa melar hingga 110 cm. Panjang rok adalah 95 cm dan lebar roknya adalah 143 cm dengan lingkar 286 cm. Kamu bisa padukan dengan sweater, kaos lengan panjang, blus, hingga kemeja.

Harga Rp. 129.000

ZODE Sandal Loly

Ngabuburit makin asyik kalau kamu pakai sandal. Karenanya, kamu bisa pakai ZODE Sandal Loly. Ini merupakan sandal jepit yang nyaman di kaki. Kamu bisa pasangkan dengan baju rumahan seperti piyama atau daster. Atau, kamu juga bisa pasangkan dengan outfit untuk ngabuburit yang kece. Alas kaki ini terbuat dari bahan kulit sintetis yang ringan dan lembut.

Ada ukuran 36 hingga 40 yang tersedia. Sandal warna hitam ini mudah dipadukan dengan aneka warna outfit. Kaki jadi makin cantik, aman terlindungi, dan terkesan lebih ramping dengan sandal yang satu ini.

Harga Rp. 29.000-61.000

Cottonology Hoodie Sydney Green Mint

Cottonology Hoodie Sydney Green Mint merupakan sweater hoodie pria yang nyaman dipakai. Hadir dengan lengan panjang, kamu jadi merasa lebih hangat saat memakainya. Desainnya trendi dan pastinya bikin kamu mudah memadukannya dengan bawahan apa saja. Terbuat dari bahan fleece, hoodie pria ini empuk, lembut, dan pastinya tidak panas digunakan. Ada ukuran S hingga XXL yang tersedia. Produk juga memiliki detail saku depan.

Harga Rp. 175.000-309.000

Erigo Jogger Pants Noa Light Grey

Erigo Jogger Pants Noa Light Grey pas untuk paduan sweater atau kaos santai. Celana ini diproduksi oleh Erigo yang merupakan brand kenamaan untuk anak muda. Bagian pinggang dilengkapi karet elastis dengan tali serut sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan nyaman. Ada saku di bagian belakang dan pinggul. Untuk ukurannya, ada ukuran S sampai 4 XL yang tersedia.

Harga Rp. 130.000-175.000

Sandal Pria Hipzo Ct 01

Sandal Pria Hipzo Ct 01 adalah paduan pas untuk kamu kenakan selama ngabuburit. Sandal pria ini buatan anak bangsa. Kualitasnya tak perlu diragukan karena bahan pembuatannya bermutu tinggi. Sandal ini tersedia dalam ukuran 39 hingga 43. Bagian upper webbing-nya tebal dan kuat. Insole sandalnya dari karet sponge yang lentur dan nyaman di kaki. Sandalnya ringan sehingga mempermudah kamu melangkah.

Harga Rp. 61.000-142.000
From our editorial team

Perhatikan Fashion Ngabuburit

Saat ngabuburit dan kamu memutuskan keluar rumah, entah untuk berbagi makanan, berburu takjil, tadarus, dan lainnya, tentu kamu wajib memperhatikan busana yang kamu pakai. Jangan asal pakai baju yang seadanya karena membuat kamu terkesan kurang menghargai diri sendiri. Berpakaianlah dengan rapi dan sopan. Pakaian tersebut juga harus terasa nyaman agar tidak mengganggu aktivitasmu.

Tag