Butuh Lem Murah dan Kuat Merekat? Simak 10 Rekomendasinya dari BP-Guide! (2021)

Butuh Lem Murah dan Kuat Merekat? Simak 10 Rekomendasinya dari BP-Guide! (2021)

Dalam kehidupan keseharian, tidak jarang kita membutuhkan yang namanya lem. Lem memiliki banyak sekali varian. Kamu bisa cek dulu aneka jenis lem yang populer dan banyak digunakan. Hal ini supaya kamu tidak keliru dalam memilih lem yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, cek juga rekomendasi lem murah dari kami!

Menilik Sedikit Sejarah Lem

Lem bukan barang asing untuk kita. Benda yang satu ini banyak kita gunakan untuk merekatkan aneka benda yang ada di sekitar kita. Namun, ada tidak di antara kalian yang penasaran bagaimana awalnya lem dikenal dan dipergunakan secara luas?

Menurut sejarah, lem sudah digunakan sejak tahun 4000 Sebelum Masehi. Pada zaman prasejarah tersebut, ada jenazah yang ditemukan berada dekat makanan dalam keramik yang memiliki bekas rengatan yang sudah direkatkan kembali. Keramik tersebut tampaknya direkatkan kembali dengan resin dari getah pohon. Hal serupa ditemukan juga pada beberapa patung di kuil Babilonia.

Perekat pada zaman tersebut bukan hanya memanfaatkan getah pohon saja. Ada pula yang memakai tanduk, tulang, dan beberapa jaringan dari hewan yang kaya akan kolagen untuk merekatkan barang.
Pada zaman dahulu, lem dipergunakan untuk merekatkan aneka peralatan keseharian yang digunakan pada zaman purba, seperti tembikar, senjata, kebutuhan bangunan, dan lainnya.

Selanjutnya, di abad ke 15, bangsa Romawi mulai menggunakan tar dan lilin lebah untuk merekatkan dan mendempul perahu dan kapal. Di abad ke 17, mulai berdiri pabrik lem komersial pertama di Belanda. Disusul kemudian Inggris juga ikut mengeluarkan lem andalannya sendiri yang dibuat dari ikan.

Perkembangan lem berlanjut hingga adanya revolusi industri yang membuat bahan lem makin bervariasi. Kini lem dibuat dari bahan plastik dan karet sintetis. Hal ini mulai terjadi pada tahun 1920 sampai 1940an. Dari sini, lem jadi lebih kuat, lebih mudah menempel, dan bisa tahan lama terhadap suhu hingga aneka bahan kimia.

Tak Hanya untuk Merekatkan, Lem Punya Banyak Fungsi Lain

Lem bukan hanya untuk merekatkan benda saja loh. Lem ternyata juga punya banyak fungsi lain yang kadang tidak terpikirkan oleh kita. Sebagai contohnya, lem bisa kita gunakan jika ingin membuat kuteks yang kita oleskan jadi tidak berantakan. Caranya mudah, cukup aplikasikan lem pada bagian ujung-ujung kuku lalu tunggu sampai mengering. Oleskan cat kuku favorit lalu biarkan kering. Jika sudah kering, lepas lem perlahan dan kuteks kuku jadi tampak lebih rapi.

Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan lem agar cincin yang kebesaran jadi lebih mudah digunakan. Kamu cukup mengoleskan lem pada bagian dalam cincin. Tunggu sebentar sampai kering dan gunakan cincin. Dipastikan cincinnya jadi pas dan tidak mudah lepas lagi.

Ada kalanya saat kita membuka pintu, gagang pintu akan terbentur pada dinding. Jika dibiarkan, maka lama-lama dinding jadi rusak. Agar tidak terjadi, kamu bisa oles lem secukupnya di atas sebuah lakban besar. Oles lem hingga membentuk lingkaran dan biarkan mengering. Sekarang, tempel lakban tersebut di bagian dinding yang kerap kena gagang pintu. Dengan begini, gagang pintu tidak akan menabrak dinding lagi.

Ini Loh, Aneka Macam Lem yang Kerap Digunakan Dalam Keseharian

Lem Kayu Kuning

Lem kayu kuning merupakan salah satu jenis lem yang populer digunakan. Terbuat dari air dan polimer vinil asetat, lem yang satu ini paling cocok untuk melekatkan kayu. Saat menempelkan juga harus segera direkatkan karena jika terlalu lama didiamkan maka lem akan keburu kering.

Lem ini sifatnya kaku jika sudah kering. Ini membuatnya lebih mudah diamplas jadi tidak akan meninggalkan bekas dan noda yang mengganggu jika digunakan untuk merekatkan berbagai barang kerajinan tangan.

Lem Putih

Jenis lem lainnya yang populer adalah lem putih. Jenis lem yang satu ini banyak digunakan untuk kerajinan dari kardus, kertas, kain, dan lainnya. Lem putih cocok dipakai pada bahan ringan dan berpori.Terbuat dari bahan dasar air, lemnya mudah dibersihkan. Lem bisa melekat erat jika sudah kering.

Lem Panas

Kamu juga jangan sampai melewatkan lem panas. Ini adalah lem yang terbuat dari polimer. Produk semacam ini bisa digunakan pada permukaan berpori dan tidak berpori. Lem panas cocok juga untuk mengikat permukaan yang tidak rata menjadi satu. Ini bisa mengisi celah dan merekatkan dengan sangat kuat. Sayangnya lem ini kurang bisa tahan dengan suhu panas.

Lem Super

Lem super sangat umum digunakan dalam kehidupan keseharian. Lem berbahan cyanoacrylate ini bisa digunakan di atas berbagai permukaan. Gunakan lem ini untuk bahan kayu, logam, kaca, keramik, dan lainnya. Lem ini bisa cepat kering, merekat kuat, dan tahan panas.

Saat mengaplikasikan lem super, ada baiknya kamu berhati-hati. Karena sifat lemnya yang merekat kuat, maka lem akan sulit dibersihkan jika menempel pada kulit dan baju.

Lem Stik

Lem stik merupakan lem yang kerap digunakan anak-anak. Ini adalah lem yang memiliki daya rekat dengan kekuatan rendah. Lem stik bisa merekat permanen pada benda yang ringan seperti kertas, kardus, papan busa, dan lainnya. Ini cocok untuk aneka kerajinan tangan anak.

Lem Semprot

Lem semprot mungkin jarang kita temukan dalam kehidupan keseharian. Kendati demikian, lem yang satu ini bisa merekatkan benda dengan sangat bagus. Saat mengaplikasikannya, sebaiknya kamu berada di ruang berventilasi atau berada di luar ruangan. Ini supaya aromanya tidak terhirup. Usai menyemprot benda yang akan direkatkan, biarkan dulu sampai lem bisa benar-benar menguap baru setelahnya direkatkan. Benda yang sudah merekat akan sulit untuk digeser atau dilepas kembali.

Lem semprot biasanya dipakai pada kertas, foto, kain, dan lain sebagainya. Lem ini cocok juga untuk kayu, plastik, logam, dan benda lain.

Ini Dia Deretan Lem Murah 2021 yang Bisa Kamu Beli

Alteco Super Glue 110

Alteco Super Glue 110 merupakan salah satu jenis lem yang bisa kamu andalkan. Lem ini tergolong sebagai lem super dengan daya rekat kuat. Kamu bisa memakainya jika butuh untuk merekatkan kerajinan bahan kayu. Lem juga cocok untuk merekatkan keramik, aluminium, tembaga, dan bahan lainnya.

Kamu harus berhati-hati saat memakainya. Ini karena lemnya cair dan mudah menyebar ke mana saja. Lem juga cepat kering, jadi pastikan untuk merekatkan benda dengan baik sebelum lem terlanjur kering. Jangan sampai lem terkena jari atau kulit. Ini karena lem akan sangat sulit dihilangkan.

Harga Rp. 3.845-6.000

Lem Handsome Korea

Lem Handsome Korea merupakan rekomendasi lem murah selanjutnya dari kami. Jangan remehkan produk yang satu ini karena meski harganya murah namun kualitas tidak main-main. Dikemas dalam botol yang praktis sehingga untuk memakainya tinggal tuang saja. Lem ini bentuknya cair dan mudah diaplikasikan. Produk ini bisa kamu pakai untuk merekatkan besi, karet, kulit, plastik, keramik, dan lainnya.

Harga Rp. 1.600-3.600

Deli Lem Glue Stik

Deli Lem Glue Stik·Deli E7165A adalah lem dalam bentuk stik yang mudah diaplikasikan. Lem dari Cina ini bisa merekatkan dengan daya rekat yang luar biasa. Produk ini juga tidak mudah belepotan saat digunakan. Formulanya aman untuk lingkungan karena lemnya tidak beracun. Produk yang satu ini juga bebas asam dan bebas pelarut. Lem cepat kering dan mudah dicuci jika terkena tangan. Tidak ada bau menyengat sehingga lem aman digunakan anak-anak hingga dewasa.

Harga Rp. 1.850-3.000

Glue Stick / Lem Batang Joyko GS-104

Glue Stick / Lem Batang Joyko GS-104 ini juga tergolong sebagai lem yang murah. Lem dalam bentuk stik ini cocok untuk kamu yang ogah tangannya belepotan saat mengaplikasikan lem. Ukuran produk ini adalah 8.2 x 2 cm. Lem tersedia dalam aneka warna kemasan yang menarik. Lem ini tidak beracun jadi aman digunakan oleh siapa saja.

Harga Rp. 1.950-3.000

Castol Contact Adhesive Tube

Castol Contact Adhesive Tube merupakan salah satu lem kuat yang bagus untuk kamu gunakan. Produk ini terbuat dari karet sintetis yang diolah dengan aneka bahan bermutu tinggi lainnya. Hal ini membuat lemnya bisa menghasilkan daya rekat yang luar biasa.

Produk ini tahan panas dan tidak mudah leleh. Lem ini bisa awet dalam kemasan tertutup rapat dan bisa digunakan lain waktu saat dibutuhkan. Lem ini cocok untuk merekatkan kayu, kertas, logam, kulit, keramik, plastik, karpet, tekstil, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 4.700-6.000

Bagus Lem Super Glue

Bagus Lem Super Glue ini juga bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau. Lem yang satu ini cocok untuk merekatkan aneka plastik. Selain itu, kamu bisa juga memakainya untuk merekatkan besi, kayu, karet, dan lain sebagainya.

Terbuat dari bahan cyanoacrylate, daya rekatnya tidak perlu diragukan lagi. Lem ini tahan lama digunakan. Dikemas dalam ukuran kecil sehingga memudahkan dibawa ke mana saja. Kamu juga bisa lebih mudah mengaplikasikannya ke bagian yang ingin direkatkan.

Harga Rp. 5.000-6.600

DELI Lem Cair Putih 40 ml

DELI Lem Cair Putih 40 ml merupakan pilihan lainnya untuk kamu yang butuh lem murah. Lem yang satu ini cepat kering dan bisa melekat dengan kuat. Lemnya juga aman digunakan karena tidak mengandung asam dan bahan pelarut. Produk buatan Cina ini dijamin tidak akan meninggalkan noda pada pakaian. Jika telanjur menodai pakaian, maka juga mudah dibersihkan. Lem ini bisa tahan hingga 36 bulan.

Harga Rp. 3.000-4.500

Lem Glukol Mini

Lem Glukol Mini tentu tidak asing bagi kita. Lem yang satu ini dikemas dalam ukuran kecil. Sayangnya tidak ada alat untuk mengaplikasikannya, sehingga harus memakai tangan atau tusuk gigi.

Produk ini bisa melekat dengan kuat. Kamu bisa memakainya untuk merekatkan kayu, kertas, dan aneka bahan lainnya. Produknya aman digunakan karena tidak ada bau menyengat.

Harga Rp. 900-2.000

Lem Povinal

Lem Povinal adalah lem yang cocok untuk kamu gunakan saat akan merekatkan kertas. Produk ini juga bisa diaplikasikan dengan mudah tanpa belepotan. Lemnya cepat kering dan bisa melekat dengan kuat. Tekstur lemnya cair dan bening.

Harga Rp. 1.500-3.800

Lem Rajawali Kuning Kaleng

Lem Rajawali Kuning Kaleng merupakan rekomendasi terakhir untuk kamu. Lem yang satu ini serbaguna karena bisa merekatkan kulit, karet, busa, plastik, kayu, logam, dan lain sebagainya. Daya rekatnya kuat. Lem juga tahan minyak, air, dan panas. Lem dengan isi 70 gram ini mudah diaplikasikan.

Harga Rp. 7.500-12.000
From our editorial team

Berhati-hatilah Dalam Mengaplikasikan Lem

Mengaplikasikan lem tidak bisa asal saja. Kamu wajib berhati-hati, utamanya jika lemnya memiliki aroma menyengat dan juga tergolong sebagai lem super. Lem super atau lem dengan daya rekat super kuat, biasanya lebih sulit dihilangkan, apalagi jika terkena kulit. Perlu tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa memakai sarung tangan sebelum mengaplikasikan lem kuat. Pastikan juga kamu memakai alat untuk mengaplikasikan lem sehingga kamu tidak perlu memakai tangan langsung.

Tag