10 Rekomendasi Lem Super Terbaik yang Cocok untuk Merekatkan Aneka Benda (2021)

10 Rekomendasi Lem Super Terbaik yang Cocok untuk Merekatkan Aneka Benda (2021)

Kita tidak tahu kapan kita membutuhkan yang namanya lem super. Namun, pastinya ada saat dimana kita membutuhkan lem super, baik untuk merekatkan keramik, kaca, kayu, dan lain sebagainya. Adanya lem super bisa memudahkan hidup kita dalam memperbaiki aneka benda di sekitar kita. Nah, intip tips memilih lem super dari kami dan juga rekomendasinya dari kami!

Lem Super Awalnya Merupakan Penemuan Gagal

Lem super merupakan lem yang mampu merekatkan dengan lebih erat daripada lem pada umumnya. Sebelum dipatenkan di tahun 1958 silam, lem super yang ditemukan oleh Harry Coover sebenarnya adalah sebuah produk gagal. Awalnya, pada tahun 1942, Coover mencoba membuat pembidik senjata dari plastik bening. Ia berencana meletakkan pembidik tersebut pada senjata yang nantinya digunakan para tentara dalam Perang Dunia II.

Sayangnya, formula yang dibuatnya malah gagal, hasilnya, formula tersebut malah mampu melekatkan ikatan dengan sangat cepat. Waktu itu, Coover kecewa dengan proyeknya dan mengabaikan proyek tersebut tanpa melihatnya ulang.

Lalu, pada tahun 1951, Coover mulai menyadari formula polimer acrylate yang merupakan lem yang tidak sengaja ia ciptakan 9 tahun lalu. Fred Joyner yang merupakan rekan Coover bermaksud mengembangkan polimer acrylate guna diaplikasikan pada kanopi jet. Coover dan Joyner pun memberi campuran ethyl cyanoacrylate pada formula sebelumnya lalu diaplikasikan di antara sepasang prisma refraktometer. Hasilnya, prisma-prisma tersebut menjadi sangat lengket dan kaku.

Berkat penemuan tersebut, formulasi lem super akhirnya dipasarkan secara resmi pada tahun 1958 oleh Eastman Kodak tempat dimana Coover dan Joyner bekerja. Awalnya, nama lemnya adalah Eastman #910. Namun karena dinilai kurang menjual, akhirnya diganti menjadi Super Glue yang akhirnya kita kenal dan banyak kita gunakan di berbagai bidang saat ini.

Tips Memilih Lem Super

Pilih yang Tahan Panas dan Tahan Guncangan

Saat memilih lem super hendaknya kamu memilih yang tahan panas dan juga tahan guncangan. Umumnya, lem super rentan pada guncangan. Jika terguncang, meski sudah direkatkan bisa saja terlepas atau jatuh. Jika benda yang direkatkan berat dan rentan rusak maka pilihlah lem super yang shock resistant.

Lem kuat bisa mudah mengeras saat sudah kering. Lem kuat tipe shock resistant mampu bertahan dan bisa tetap elastis bila diaplikasikan pada karet sintetis meski sudah kering. Sehingga, benda akan bisa melekat kuat meski terbentur, terjatuh, dan lain sebagainya.

Cair atau Gel

Lem super hadir dalam dua jenis, ada yang cair dan ada yang gel. Keduanya sama bagusnya dan memiliki kelebihannya sendiri. Lem tipe cair bisa lebih mudah diaplikasikan. Karena teksturnya cair maka lebih cepat meresap dan bisa masuk ke celah-celah permukaan benda yang direkatkan. Ini akan cocok untuk bahan plastik. Sementara itu, tipe gel akan bagus untuk bahan kayu hingga logam. Ini karena lem tipe cair bisa meresap lebih cepat sehingga gel akan jadi pilihan yang pas.

Pilih yang Serbaguna

Lem super memang ada beragam. Ada yang khusus untuk merekatkan bahan tertentu namun ada juga yang serbaguna. Jika kamu membelinya untuk persediaan di rumah atau untuk berjaga-jaga saja, maka kamu sebaiknya memilih lem super yang serbaguna. Ini supaya kamu bisa menggunakannya untuk berbagai material di rumah. Dengan lem super yang serbaguna kamu tidak perlu membeli banyak lem super untuk bahan tertentu.

Cek Daya Rekatnya

Kenali kualitas lem sebelum kamu membelinya. Setiap merek lem memiliki kualitas yang berbeda-beda. Meski sama-sama lem super namun umumnya kemampuan daya rekatnya berada pada level yang berbeda. Ini karena setiap merek memiliki bahan utama dan komposisi tersendiri pada produk yang mereka jual.

Jangan mudah percaya juga pada asumsi. Misalnya saja, banyak yang mengasumsikan bahwa kekuatan lem PU dan epoksi lebih baik dibanding lem PVAc. Ini belum tentu karena ada kalanya performa adhesive berbasis PVAc bahkan lebih baik dibanding lem epoksi.

Ini Dia Rekomendasi Lem Super Terbaik 2021

Lem Dextone Instan Serbaguna 15gram

Lem Dextone Instan Serbaguna 15gram ini merupakan lem super terbaik untuk kamu. Produk yang satu ini cocok untuk digunakan pada besi metal, kulit, plastik, kayu, porcelain, dan lain sebagainya. Lem ini dikemas dalam tube kecil ukuran 15 gram. Ini membuatnya sangat praktis digunakan dan dibawa kemana saja dibutuhkan. Lem buatan Indonesia ini terbuat dari bahan cyanoacrylate adhesive.

Harga Rp. 6.250-12.000

Lem Korea G Kualitas Super

Lem Korea G Kualitas Super merupakan jenis lem tetes yang praktis. Tekstur lemnya sangat cair sehingga cocok digunakan pada berbagai benda. Kamu bisa memakainya pada kayu, besi, kaca, kulit, keramik, plastik, gabus, dan lain sebagainya. Lem ini tergolong sebagai lem serbaguna. Kualitas lem ini tidak perlu diragukan. Lem cepat kering tanpa membutuhkan waktu lama. Produk ini lebih kuat dibanding lem super pada umumnya.

Harga Rp. 2.999-8.000

UHU Household Contact Liquid

UHU Household Contact Liquid dikemas dalam tube yang mudah dibuka tutup. Jika tidak habis bisa ditutup rapat dan lemnya bisa digunakan pada lain kesempatan saat kamu membutuhkannya. Produk ini kuat dan bisa tetap fleksibel walaupun berkali-kali menerima guncangan atau gaya tarik yang sangat kuat. Lem juga bisa tahan suhu panas, suhu beku, dan juga tahan air.

Kamu bisa memakai lem UHU super ini pada berbagai macam material lentur seperti karet, kulit, dan aneka bahan lainnya. Cukup oles lem pada kedua permukaan, biarkan sedikit mengering lalu tempel dan tekan kuat. Lem ini aman digunakan karena bebas bahan kimia berbahaya.

Harga Rp. 31.300-70.000

Lem Original Gorilla Glue

Lem Original Gorilla Glue adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini dibuat di USA dengan kualitas dan formula terbaiknya. Dikemas dalam botol, isiannya 59 ml. Lem yang satu ini cocok untuk digunakan pada kayu, batuan, metal, keramik, foam, kaca, dan lainnya. Lem ini bisa dibilang serbaguna.

Produk ini memiliki kualitas yang bagus. Lemnya tahan air dan cocok untuk digunakan pada bagian luar hingga dalam ruangan. Teksturnya cepat kering dan bisa merekat kuat dengan cepat. Kadar baunya rendah jadi aman untuk digunakan.

Harga Rp. 109.000-191.000

Lem 3M Super 77 Multipurpose Spray Adhesive

Lem 3M Super 77 Multipurpose Spray Adhesive ini terbilang unik dan menarik. Ini adalah jenis lem semprot yang mudah digunakan. Dengan lem semprot, kamu bisa menghindari risiko lem mengenai tangan dan mengalir ke benda-benda lain di sekitarnya. Kamu tak perlu repot membersihkan benda-benda yang kena lem.

Jenis lem ini cocok untuk merekatkan permukaan benda yang luas, contohnya adalah tripleks dan kain. Produk ini memiliki formula low soak-in yang bisa mencegah lem merembes pada benda. Lem ini dikemas dalam botol spray dengan neto 488 gram.

Harga Rp. 133.000-260.000

Loctite Epoxy Instant

Loctite Epoxy Instant hadir dengan daya rekat yang sangat kuat. Lem ini cocok untuk kamu gunakan pada keramik, kaca, batu, porcelain, logam, dan lainnya. Lem resin ini bisa dibilang sebagai perekat serbaguna. Tidak hanya bisa memperbaiki kerusakan, lem juga bisa menambal dan mengisi aneka material. Perekat yang satu ini daya rekatnya tinggi dan bisa dibentuk dan bekerja cepat.

Lemnya juga sudah otomatis teraduk di dalam kemasan. Kita tinggal mencampurkan resin dan pengerasnya saja sebelum mengaplikasikannya. Kita tak perlu mengaduknya secara manual. Lem cair ini perlu kehati-hatian saat mengaplikasikannya karena akan susah dibersihkan jika terciprat ke benda atau baju.

Harga Rp. 80.000-165.000

Deli Lem Super E7146

Deli Lem Super E7146 adalah lem super yang cepat kering saat diaplikasikan. Lem ini dikemas dalam ukuran 3 gram. Produk asal Cina ini bisa digunakan sekali pakai. Terbuat dari bahan cyanoacrylate, lemnya memiliki daya rekat luar biasa. Kamu bisa memakainya pada berbagai benda seperti kertas, plastik, logam, keramik, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 4.000-12.000

Aica Lem Aibon 601

Aica Lem Aibon 601 merupakan lem yang cocok untuk logam, asbes, kertas, kulit, karpet, kayu, dan lain sebagainya. Perekat serbaguna ini dibanderol harga yang ekonomis. Lem andalan semua kalangan ini merupakan produk asal dalam negeri. Bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga dan bisa juga untuk keperluan industri. Lem ini dikemas dalam kaleng ukuran 70 gram. Terbuat dari bahan karet sintetis dan pelarut organik, lemnya praktis digunakan.

Harga Rp. 9.500-115.000

Lem Alteco Super Glue Alteco 110

Lem Alteco Super Glue Alteco 110 adalah lem putih yang mudah digunakan. lem ini bisa digunakan merekatkan metal, plastik, porcelain, dan kayu. Tekstur lemnya gel sehingga cepat kering. Produk ini praktis untuk berbagai keperluan. Bahannya berkualitas tinggi sehingga daya rekatnya juga kuat. Dikemas dalam tube kecil ukuran 3 gram, lem ini mudah dibawa kemana saja dan juga mudah diaplikasikan.

Harga Rp. 3.845-11.000

Loctite Super Glue Ultra Gel Control

Loctite Super Glue Ultra Gel Control adalah rekomendasi terakhir kami. Lem yang satu ini berkualitas bagus. Produk ini dikemas dalam tube ukuran 4 gram. Lem ini cepat kering dan bisa menempel dengan kuat di berbagai permukaan benda. Produknya tahan air sehingga bisa tahan lama. Dengan tekstur gel sehingga tidak cepat meresap dan bisa mengelem dengan rata dan rapi.

Harga Rp. 90.000-110.000
From our editorial team

Pilih Merek Terpercaya

Saat membutuhkan lem super, kita wajib mempertimbangkan banyak hal sebelum membelinya. Termasuk salah satunya adalah membeli merek yang terpercaya. Lem dari brand yang sudah terpercaya tentu kualitasnya terjamin bagus. Kita juga tidak perlu was-was lemnya kurang berfungsi baik dan tidak memiliki daya rekat kuat. Meski harganya mungkin sedikit mahal namun tidak mengapa asalkan kualitas terjamin sehingga bisa mempermudah pekerjaan kita.