Rekomendasi Penyegar Mulut Untuk Menjaga Nafas Tetap Segar (2022)

Rekomendasi Penyegar Mulut Untuk Menjaga Nafas Tetap Segar (2022)

Mulut yang segar dan nafas tidak bau sangat penting agar Anda tetap percaya diri. Anda bisa menjaga kesegaran mulut dengan penyegar mulut yang banyak tersedia di pasaran. Simak rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Mulut yang Wangi dan Segar Menambah Kepercayaan Diri

Apakah Anda pernah menghindar dari lawan bicara yang memiliki bau mulut? Atau, Anda merasa ingin menyelesaikan percakapan sesegera mungkin? Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor, mulai dari efek makanan yang dikonsumsi, atau karena penyakit.

Agar itu tidak terjadi pada Anda, tentunya Anda perlu menjaga aroma dan kesegaran mulut Anda. Memiliki mulut yang wangi dan segar akan meningkatkan kepercayaan diri Anda saat berbincang dengan lawan bicara.

Menjaga aroma dan kesegaran mulut dapat dilakukan dengan memperhatikan kesehatan gigi dan mulut maupun kesehatan secara general. Anda juga bisa menggunakan penyegar mulut yang dapat Anda gunakan kapan saja, dan praktis untuk dibawa keluar rumah.

Penyebab Bau Mulut dan Nafas Tidak Segar

Konsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu dapat menjadi faktor yang menyebabkan bau mulut. Beberapa makanan yang dapat membuat nafas bau adalah bawang bombay, bawang putih, petai, jengkol, dan berbagai macam rempah lainnya.

Merokok

Selain bau asap rokok yang langsung tercium saat atau setelah merokok, dalam jangka waktu yang lama, kebiasaan merokok juga berdampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut, seperti meninggalkan kerak noda di gigi dan dapat menyebabkan penyakit gusi.

Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

Sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi dapat membuat gigi rusak dan busuk. Oleh karena itu, singkirkanlah sisa-sisa makanan itu dengan menyikat gigi maupun flossing agar tidak ada yang tertinggal di sela-sela gigi. Periksakanlah gigi Anda ke dokter gigi secara rutin.

Efek Samping Pengobatan

Beberapa jenis obat memiliki efek samping terhadap bau mulut. Kondisi ini disebabkan karena konsumsi obat itu seringkali membuat mulut menjadi kering. Sementara air liur juga bermanfaat untuk membantu membersihkan mulut dengan menyapu partikel pemicu bau tidak sedap.

Penyakit atau Infeksi

Infeksi pada mulut, hidung, sinus, dan tenggorokan dapat membuat nafas menjadi tidak segar dan beraroma tidak sedap. Beberapa masalah kesehatan lain seperti kanker, gangguan metabolisme, hingga refluks asam lambung kronis (GERD) juga bisa memicu kondisi serupa.

Cara Menjaga Kebersihan Mulut yang Baik

Pilih Pasta Gigi dan Sikat Gigi yang Tepat

Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride, agar dapat memperkuat gigi Anda dan mencegah gigi berlubang. Pilihlah sikat gigi dengan kepala lonjong dan kecil serta bulu sikat yang halus. Sikat gigi seperti ini lebih bisa menjangkau area-area di sudut mulut dan tidak membuat gusi nyeri.

Anda perlu mengganti sikat gigi setidaknya setiap 3 bulan sekali, untuk menjaga kebersihan dan kualitas bulu sikat yang digunakan.

Gunakan Benang Gigi Untuk Membersihkan Sela Gigi

Sumber gambar dentistkipparing.com.au

Sikat gigi tidak selalu benar-benar membersihkan gigi. Bulu sikat terkadang tidak dapat mengangkat sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi. Untuk membersihkan makanan yang tersangkut di sela-sela gigi itu, Anda dapat menggunakan benang gigi atau dental floss.

Lakukanlah flossing setelah menggosok gigi, dengan hati-hati agar tidak melukai gusi. Hal ini dilakukan untuk mencegah plak yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Berkumur Dengan Mouthwash

Untuk perlindungan yang maksimal, Anda disarankan untuk berkumur dengan mouthwash atau obat kumur. Lakukanlah selama kurang lebih 30 detik saja.

Larutan mouthwash berfungsi untuk memberi kesegaran dan membunuh kuman di dalam mulut. Sehingga gigi dan mulut Anda pun menjadi lebih bersih, dan nafas pun menjadi segar dalam waktu yang lebih lama.

Rekomendasi Penyegar Mulut Untuk Anda

Total Care Mouthwash

Total Care Mouthwash merupakan penyegar mulut yang diformulasikan tanpa kandungan alkohol. Di samping itu, produk ini juga sudah memiliki sertifikat halal dari MUI. Berkumurlah dengan penyegar mulut ini untuk mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut, dan membuat nafas menjadi segar sepanjang hari.

Harga Rp. 10.000-25.000

Frezza Spray Reguler

Penyegar nafas dari Frezza ini berbentuk spray yang praktis untuk Anda gunakan, terlebih saat Anda berada di luar rumah. Anda bisa menggunakannya saat setelah makan, ketika bangun tidur di perjalanan, atau kapanpun Anda hendak berbicara dengan orang lain, maksimal 5 kali sehari.

Untuk kandungannya sendiri, produk ini memiliki ekstrak daun mint yang dapat memberikan kesegaran pada mulut. Penyegar mulut ini tersedia dalam 3 varian berbeda, yaitu regular, after cigar, dan strong mint yang bisa kamu sesuaikan dengan selera.

Harga Rp. 20.000-30.000

Total Care Junior Mouthwash Anti Cavity

Total Care juga memproduksi mouthwash untuk anak usia 6-12 tahun. Kemasannya pun didesain dengan gambar karakter kartun yang menarik. Anda pun dapat membiasakan si kecil untuk memakai mouthwash sedari diri.

Oleh karena diperuntukkan bagi anak-anak, Total Care Junior Mouthwash Anticavity ini pun tidak memiliki rasa pedas sehingga cocok untuk si kecil. Produk ini juga tidak mengandung alkohol, dan diracik dengan rasa stroberi yang disukai oleh anak-anak.

Harga Rp. 15.000-20.000

Gofress Xylitol

Produk penyegar mulut lainnya diformulasikan dalam bentuk permen. Tidak seperti permen pada umumnya, Gofress Xylitol ini memiliki bentuk seperti helaian yang sangat tipis. Saat Anda meletakkannya di lidah, permen ini pun segera larut dan memberikan sensasi menyegarkan. Ada 24 lembaran permen dalam satu kotak kecil Gofress Xylitol. Anda dapat membawa produk ini dengan mudah.

Permen ini memiliki kandungan xylitol yang dapat mencegah bakteri di mulut dan karies gigi. Rasanya pun enak, tersedia dalam rasa Peppermint, Orange, Grape, Strawberry, Spearmint, dan Barley Mint.

Harga Rp. 5.000-10.000

Betadine Mouthwash & Gargle

Betadine yang terkenal akan obat merah-nya ini juga memproduksi mouthwash, namanya Betadine Mouthwash & Gargle. Tak hanya digunakan untuk penyegar mulut, produk ini juga berfungsi sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri.

Produk diklaim dapat membantu meredakan beragam masalah pada mulut seperti sariawan, gusi bengkak, hingga sakit tenggorokan. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, kamu cukup menuang obat kumur ke tutup botolnya sebagai penakar jumlah larutan.

Harga Rp. 20.000-35.000

Listerine Multiprotect

Listerine Multi Protect hadir dengan bahan aktif Sodium fluoride, Zinc chloride, Eucalyptol, Menthol, Methyl salicylate, dan Thymol.

Produk ini pun diklaim memiliki manfaat 6-in-1 yaitu melawan 99,9% kuman, mengurangi plak hingga 56%, mencegah terbentuknya tartar, mencegah gigi berlubang, memberikan nafas segar, serta menjaga kesehatan gusi.

Harga Rp. 10.000-25.000

Lotte Xylitol Fresh Mint

Jika Anda suka mengunyah permen karet, mengapa tidak mengunyah yang memiliki manfaat menyegarkan seperti Lotte Xylitol Fresh Mint ini? Sesuai dengan namanya, permen karet ini pun memiliki kandungan xylitol yang dapat mencegah bakteri di mulut dan karies gigi.

Meskipun mempunyai rasa manis, permen karet ini merupakan produk sugar free yang aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet konsumsi gula. Produk ini juga tidak menggunakan bahan pewarna dan pengawet buatan, sehingga dijamin aman untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 15.000-25.000

Enkasari Mouthwash

Obat kumur dari Enkasari ini tidak memiliki kandungan alkohol. Dengan kandungan sorbitol dan menthol yang terdapat di dalamnya, Enkasari Mouthwash ini mampu memberikan kesejukan pada rongga mulut dan membuat nafas menjadi segar.

Selain berfungsi sebagai pengharum nafas, Enkasari Mouthwash juga dapat membantu mencegah masalah pada rongga mulut seperti sakit gigi, gigi berlubang, serta sariawan.

Harga Rp. 5.000-10.000

Colgate Plax Peppermint

Obat kumur Colgate Plax Peppermint ini juga tidak memiliki kandungan alkohol, dan tidak menimbulkan rasa pedas, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki gigi atau gusi yang sensitif.

Berkat kandungan ekstrak daun mint yang ada di dalamnya, Colgate Plax Peppermint dapat memberikan sensasi sejuk dan segar di mulut. Mouthwash ini juga memiliki kandungan fluoride yang mampu mencegah gigi berlubang, sekaligus memberi perlindungan anti bakteri.

Harga Rp. 30.000-60.000

Fisherman’s Friend

Fisherman’ Friend merupakan permen yang bisa dikonsumsi sebagai pengharum mulut. Anda dapat mengonsumsi permen ini setelah makan untuk menepis rasa asam, amis, atau bau yang tidak sedap dari bahan masakan/makanan. Atau mengunyahnya kapan Anda ingin mendapatkan kesegaran mulut.

Bahan mentol dan minyak peppermint yang terkandung dalam permen ini juga bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan gatal pada tenggorokan Anda.

Harga Rp. 7.500-15.000
From our editorial team

Pastikan Anda Membawa Penyegar Mulut Ke mana Saja

Jika Anda termasuk orang yang kurang percaya diri dengan bau mulut, Anda bisa membawa penyegar mulut saat keluar rumah, lho. Penyegar mulut juga hadir dalam bentuk yang praktis seperti spray dan permen. Anda bisa pilih rekomendasinya dari artikel BP-Guide ini ya!

Tag