10 Rekomendasi Ban Mobil Terbaik agar Kendaraan Selalu Aman dan Nyaman Saat Dikendarai (2021)

10 Rekomendasi Ban Mobil Terbaik agar Kendaraan Selalu Aman dan Nyaman Saat Dikendarai (2021)

Performa kendaraan bukan ditentukan dari faktor mesin atau bahan bakar saja, tetapi juga ban. Hal ini menjadi penting karena ban kendaraan menjadi kunci vital dalam menghadapi berbagai keadaan jalan. Semakin baik kualitas sebuah ban, maka laju kendaraan semakin baik sehingga perjalanan tetap terasa nyaman. Lalu apa ban yang tepat untuk kendaraan Anda? Simak rekomendasinya di sini, yuk.

Ban Adalah Bagian Penting dari Sebuah Kendaraan

Ban menjadi komponen penting dalam kendaraan karena tanpa adanya ban, kendaraan tidak bisa melaju dengan baik. Ban membantu memberikan kenyamanan dan keamanan ketika melalui jalan basah, berbatu, kerikil, getaran, berkegombang, dan lain-lain.

Dengan kualitas ban yang baik tentu membuat kendaraan dapat dikendarai dengan nyaman. Memberikan fungsi penting sebagai daya laju kendaraan, ban perlu diperhatikan masanya. Selain menjaga ban kendaraan selalu dalam keadaan baik, penting pula untuk memilih sesuai dengan kendaraan agar memberikan performa laju yang sempurna.

Pandai Memilih Ban Mobil untuk Kendaraan Kita

Ban dibutuhkan pada kendaraan roda 2 ataupun roda 4 untuk membuat perjalanan nyaman di setiap keadaan jalan. Ban yang setiap hari bersinggungan dengan keadaan jalan, tentu perlu diperhatikan secara intens keadaannya. Ada masanya ban sudah harus diganti atau ditambah angin untuk tetap memberikan laju yang baik.

Selain memperhatikan ban secara kontinyu, pemilihan juga perlu diperhatikan. Tidak semua jenis ban cocok dengan kendaraan kita. Meskipun ban ibarat alas kaki dalam kendaraan, tetapi jangan sampai salah memilih untuk kendaraan kesayangan Anda.

Tips Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Kenyamaan dan Keamanan di Jalan

Pilih Sesuai Kebutuhan

Memilih ban itu tidak bisa sembarangan karena menyangkut kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Jika Anda menggunakan kendaraan untuk traveling, pilih ban tipe M/T atau Mud Terrain yang sudah terkenal kuat dalam menempuh medan sulit. Jika Anda menggunakan kendaraan pada daerah banjir atau jalanan tanah berkerikil, Anda bisa menggunakan tipe All Terrain atau A/T.

Berbeda dengan kendaraan yang sering digunakan di daerah perkotaan. Anda bisa menggunakan tipe H/T atau High Terrain yang akan membuat kendaraan nyaman dan tidak berisik. Memilih jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat kendaraan Anda juga nyaman digunakan.

Pilih Sesuai Jenis Mobil

Memilih ban sesuai jenis mobil atau kendaraan Anda ini sangat penting. Setiap merek kendaraan memiliki tipe dan ukuran ban yang berbeda dengan merek lainnya. Biasanya bisa dilihat dari kode yang tertera di bagian plakat laci atau pintu. Itu mengapa, Anda pelu memperhatikan kode atau simbol kendaraan sebelum memutuskan mengganti ban.

Tidak hanya itu, ban sebetulnya membantu performa mobil ketika dikendarai. Ban mobil yang tepat dengan jenis kendaraan akan membawa mobil bergerak dengan sempurna. Misalnya, truk kecil atau light truck lebih cocok menggunakan jenis ban LT, sedangkan untuk jenis T atau temporary khusus ban serep sehingga tidak bisa digunakan secara terus-menerus. Meskipun mobil memiliki mesin yang baik untuk mendorong pergerakan, tetapi tanpa jenis ban yang tepat dorongan tidak akan sempurna.

Lihat Pola Ukiran Ban Mobil

Memilih pola desain alur pada ban mobil juga menjadi salah satu hal yang penting. Hal ini karena pola ukiran ban mobil sangat berpengaruh terhadap akselerasi dan manuver mobil. Memilih ban mobil dengan alur V sangat disarankan karena alur tersebut memiliki daya gesek yang tinggi dan cocok digunakan di Indonesia yang memiliki musim kadang hujan dan kadang panas.

Pola V akan mempertahankan kestabilan mobil pada keadaan jalan yang basah ketika hujan. Dengan begitu, risiko terpeleset pun akan sangat kecil. Namun, pada keadaan jalan panas, pola tersebut juga akan tetap baik dalam membawa laju mobil yang nyaman. Adapun untuk pola bulat sangat cocok untuk Anda yang lebih sering melewati jalur bergelombang.

Pilih Sesuai Ukuran yang Cocok

Setelah mengetahui tipe ban yang tepat untuk mobil, Anda juga perlu mengetahui ukuran ban. Setiap mobil tentu saja memiliki ukuran yang berbeda. Tidak mungkin mobil dengan ukuran kecil menggunakan ban untuk mobil ukuran besar.

Cara mengetahui ukuran ban untuk kendaraan Anda sangat mudah, yaitu dengan melihat kode yang tertera di permukaan samping ban. Misalnya, ban memiliki kode 205/55 R 16 91 V, artinya lebar telapak ban 205 mm, aspek rasio ketebalan ban 55%, diameter vleg sebesar 16 inci, dan indeks beban maksimum sebesar 91. Perhatikan baik-baik kode pada ban kendaraan yang Anda miliki sebelum memutuskan membeli ban baru ya.

Pilih Merek Ban Mobil yang Sudah Tepercaya

Langkah selanjutnya ketika memilih ban ialah cermat membeli. Setelah Anda mengetahui tipe dan jenis ban sesuai kebutuhan, Anda diharuskan cermat untuk memutuskan membeli di mana. Artinya, jangan sampai Anda membeli ban di tempat yang tidak tepercaya.

Saat ini banyak sekali merek ban yang dijual di pasaran dengan dalih memiliki kualitas terbaik. Pastikan bahwa ban pilihan Anda memiliki kualitas yang benar-benar baik. Jangan sampai menurunkan performa laju kendaraan karena Anda salah memilih ban.

Merek Ban Mobil Tepercaya yang Sering Digunakan Saat Ini

Bridgestone

Sumber gambar ttnews.com

Siapa yang tidak tahu Bridgestone? Merek ban ini dikeluarkan dari negara Jepang dan menjadi salah satu merek ban yang laris di Indonesia. Tidak heran memang karena kualitasnya yang tinggi membuat ban ini sangat digemari oleh pemilik kendaraan. Dibuat dengan lembar-lembar cord untuk rangkanya sehingga memiliki kualitas tinggi.

Bridgestone konsisten memproduksi ban dengan kualitas tinggi sehingga terus populer. Kemampuan cengkeram yang baik pada medan jalan juga membuat merek ini terus dicari. Selain itu, Bridgestone juga memiliki desain yang stylish sehingga membuat kendaraan Anda terlihat lebih cantik.

Dunlop

Sumber gambar dunlop.co.id

Dunlop merupakan salah satu produsen ban terbaik di dunia. Kelebihan dari ban mobil Dunlop ialah memiliki compound yang lembut sehingga menghasilkan daya redam yang sempurna. Peredaman yang dihasilkan ini tentu saja akan memberikan kenyamanan selama berkendara.

Selain itu, Dunlop membuat ban produksinya memiliki daya cengkeram yang baik. Meskipun demikian, Anda perlu memperhatikan jarak tempuh dan medan jalan yang sering dilalui. Hal ini karena compound yang dimiliki oleh Dunlop membuat ban cepat terkikis dan aus.

GT Radial

Sumber gambar gtradial.co.id

GT Radial juga menjadi merek ban yang laris di pasaran karena kualitas yang tinggi dengan harga terjangkau. Memiliki daya cengkeram yang kuat dan cocok digunakan pada medan beraspal ataupun tanah. Serat bahan dasar yang dimiliki oleh GT Radial membuat ban dapat bertahan lebih baik dari tusukan benda tajam.

GT Radial juga sering menjadi sponsor dalam event besar, seperti event balapan Formula F1. Hal ini karena GT Radial mampu mempertahankan kualitas bannya dan terjaga kestabilannya pada berbagai kondisi jalan. Bangganya lagi, GT Radial ini merupakan ban yang diproduksi di dalam negeri.

Rekomendasi Ban Mobil Terbaik

GT Radial Champiro Eco 175/65 R14 82T

GT Radial Champiro Eco 175/65 R14 82 memiliki daya cengkeram yang kuat dalam berbagai kondisi jalan, baik itu basah atau kering. Pada kondisi jalan yang basah, ban ini cepat menepis air sehingga tetap terasa nyaman dikendarai. Mampu menekan suara yang timbul dengan baik, sehingga tetap terasa hening.

Lapisan liner dibuat dengan teknologi nanosilika serta memiliki kompon silica. Produk ini memiliki potingan alur kecil yang menyerupai gelombang serta memiliki tiga alur yang simetris. Ban jenis ini cocok untuk menambah performa mobil Anda.

Harga Rp. 413.390-675.000

Bridgestone New Techno 175/65 R14 87S

Ban Mobil Bridgestone New Techno 175/65 R14 87S cocok digunakan untuk mobil berukuran kecil hingga menengah. Aman untuk berkendara dalam keadaan jalan basah. Keselamatan Anda akan terjaga karena ban ini memiliki daya cengkeram yang baik. Perjalanan Anda juga nyaman serta tidak berisik dengan performa ban yang dihasilkan.

Harga Rp. 495.000-550.000

Continental Ultra Contact UC6 215/55 R17 17 94V

Ban Mobil Continental Ultra Contact UC6 215/55 R17 17 94V memiliki jarak pengereman yang pendek penuh pada jalan basah atau kering. Daya cengkeraman yang tinggi memberi keamanan yang baik saat berkendara. Suara kebisingan juga rendah sehingga perjalanan Anda tetap terasa hening.

Harga Rp. 1.033.500-1.050.000

Achilles ATR-K Economist 165/45 R16 16 74V XL

Ban Mobil Achilles ATR-K Economist 165/45 R16 16 74V XL memiliki pengereman lebih mantap dengan inside offset twin rib sharp. Fitur two straight broader grooves-nya membantu fungsi hydroplaning lebih baik dalam keamanan berkendara pada jalan basah. Sedangkan fitur twin silent ribs-nya membantu mengurangi kebisingan selama berkendara. Fitur shoulder block with multiple edges and additional sipes membantu mengoptimalkan daya cakram lebih tajam tanpa mengurangi kenyamanan selama berkendara.

Harga Rp. 540.000-575.000

Accelera 175/70R13 Eco Plush

Ban mobil Accelera 175/70R13 175/70/13 R13 R 13 Eco Plush dibuat untuk mobil penumpang. Terbuat dari material karet dengan ukuran 175/70R13. Memiliki fitur utama, yaitu ribs utama, alur mini diagonal, dan ribs bagian tengah yang dapat meminimalkan suara serta memberi kenyamanan lebih.

Harga Rp. 302.670-375.000

Laufenn G FIT AS 175/65 R14

Ban Mobil 175/65 R14 HANKOOK LAUFENN G FIT AS memiliki teknologi trapezoid edge center block dengan blok tapak trapesium untuk mendukung handling dan pengereman yang optimal. Dapat digunakan dalam berbagai kondisi dari kering, basah, ataupun salju, sehingga Anda akan tenang berkendara di semua kondisi jalan. G Fit As ini cocok untuk ukuran velg ring 14, seperti merek mobil Calya, Sigra, Agya, Brio, Jazz, dan City.

Harga Rp. 385.000-420.000

Michelin Pilot Sport 4S 235/40 R19

Ban Mobil Michelin Pilot Sport 4S 235/40 R19 19 dilengkapi teknologi dynamic response yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan dalam medan basah ataupun kering. Bagian dalamnya dibekali wet compound sedangkan bagian luarnya menggunakan dry-wet compound. Tersedia dari diameter 19-21 inci yang menjadi ban standar Mercedes-Benz E63 AMG.

Harga Rp. 4.433.500-4.433.500

Yokohama ADVAN Fleva V701 235 40 R18 95W

Yokohama ADVAN Fleva V701 255 35 r19 96W memiliki teknologi nano blend compound yang memberikan cengkeraman andal. Ban jenis ini merupakan ban yang dihasilkan di Jepang yang direkomendasikan untuk Yaris atau City Car. Memiliki keamanan ketika terjadi pecah ban karena dapat meminimalkan goncangan. Tak hanya itu, cocok juga digunakan pada kondisi hujan atau jalan berlumpur karena mampu menghindari selip.

Harga Rp. 2.298.350-2.298.350

Dunlop SP Sport LM705 205/70 R14

Ban Mobil Dunlop SP Sport LM705 205/70 R14 14 direkomendasikan untuk mobil Pregio atau Travello. Efektif menyerap goncangan sekaligus meredam getaran dan cocok digunakan pada medan aspal. Memiliki compound yang lembut dan daya cengkeram bagus di berbagai medan jalan, khususnya off road. Produk ini tetap stabil ketika digunakan dalam kecepatan tinggi.

Harga Rp. 652.000-700.000

GT Savero Komodo M/T PLUS 31x10.5 R15

GT RADIAL SAVERO KOMODO M/T PLUS UK 31X10,5 R15 memiliki model yang sporty dan direkomendasikan untuk mobil Feroza, Jimmy, Taft, Vitara, dan lainnya yang memiliki ring velg 15. Dirancang khusus untuk driver 4x4 dan menawarkan kinerja off road. Jenis ban ini juga bisa menangani kondisi jalan yang buruk atau ekstrem. Susunan blok zigzag pada daya cengkeramnya akan kuat ketika digunakan pada jalan bebatuan, lumpur, maupun medan berat lainnya.

Harga Rp. 1.185.000-1.255.000
From our editorial team

Pilihan Ban yang Tepat untuk Laju Kendaraan Sempurna

Jangan salah memilih ban untuk kendaraan Anda karena laju kendaraan yang nyaman juga dipengaruhi oleh kualitas ban. Merek tepercaya akan memberikan kualitas ban yang baik untuk performa kendaraan Anda.