Mobil Tetap Bersih dan Terawat dengan 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Ini (2021)

Mobil Tetap Bersih dan Terawat dengan 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Ini (2021)

Kebersihan mobil harus diutamakan agar Anda tetap nyaman selama menggunakannya. Pastikan kabin mobil Anda bebas dari tumpukan debu dan tungau dengan menggunakan vacuum cleaner sebagai alat pembersih. Simak rekomendasi vacuum cleaner mobil terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Bersihkan Mobil Secara Menyeluruh dengan Vacuum Cleaner Mobil

Saat berkendara dengan roda empat, kenyamanan harus diutamakan. Apalagi saat akan menempuh perjalanan jauh. Salah satu hal yang sangat mempengaruhi kenyamanan saat di dalam mobil adalah kebersihannya.

Sebagai ruangan yang tertutup dan kedap udara, debu sangat mudah menempel di seluruh sisi kabin. Belum lagi jika ada jamur dan kotoran lain yang tumbuh di mobil, tentu ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Untuk menjaga mobil tetap bersih, gunakan vacuum cleaner secara rutin. Vacuum cleaner memiliki kemampuan mengisap debu dengan sangat baik, sehingga memastikan seluruh permukaan mobil Anda bersih sempurna. Anda pun semakin nyaman bepergian.

Tips Memilih Vaccum Cleaner Mobil Sesuai Kebutuhan

Daya Isap dan Suara

Semakin kuat daya isap sebuah vacuum cleaner, maka semakin baik pula kemampuannya dalam mengisap dan membersihkan debu. Anda disarankan untuk memilih vacuum yang daya isapnya mencapai 100 persen.

Namun bukan itu saja yang harus diperhatikan. Pertimbangkan juga kebisingan atau suara yang ditimbulkan ketika mesin vacuum bekerja. Vacuum cleaner yang memiliki daya isap tinggi biasanya cenderung bising.

Power Supply

Secara umum ada 2 tipe vacuum cleaner mobil yang dijual di luar sana. Pertama adalah tipe dengan kabel yang biasanya harus dicolokkan ke lighter socket di mobil. Keunggulan dari tipe kabel ini adalah daya hisap yang kuat sehingga mampu membersihkan dengan lebih sempurna.

Saat Anda memutuskan untuk membeli vacuum cleaner tipe kabel, pastikan panjang kabelnya cukup untuk ditarik ke semua sudut mobil. Panjang kabel yang disarankan minimal adalah 3 meter.

Kedua ada tipe nirkabel yang lebih praktis. Alat ini bisa bekerja sama baiknya tipe vacuum kabel. Sayangnya, jika daya baterai habis alat ini harus diisi ulang. Vacuum nirkabel umumnya hanya bisa bertahan selama 15-20 menit pemakaian saja, sementara waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya adalah 6 sampai 8 jam.

Jenis Penampung Debu

Terdapat 2 jenis penampung debu pada vacuum cleaner mobil, yaitu cyclone dan dust bag. Perbedaannya adalah cyclone bisa dicuci dan digunakan lagi serta mampu memisahkan antara kotoran dengan udara. Anda pun tidak akan terganggu dengan bau vacuum cleaner yang menyengat saat membersihkannya. Sedangkan dust bag hanya bisa dipakai untuk sekali pembersihan saja dan harus dibuang saat sudah penuh.

Kapasitas Penampung Debu

Karena fungsi utama vacuum cleaner adalah menyedot debu, maka besarnya kapasitas penampung debu harus dipertimbangkan juga. Semakin sering Anda menggunakan alat ini, sebaiknya pilih yang kapasitas penampungannya semakin besar. Untuk vacuum cleaner mobil, kapasitas penampung debu sebesar 500 ml sudah tergolong besar.

Aksesori Tambahan

Aksesori tambahan pada vacuum cleaner mobil dapat meningkatkan fungsi dan memaksimalkan kerjanya saat membersihkan setiap sudut yang tersembunyi. Nozzle yang bisa dilepas pakai bisa membersihkan sudut-sudut tersembunyi, celah sempit, hingga gagang pintu. Variasi bentuk nozzle bisa digunakan sesuai kebutuhan, tergantung bagian mobil mana yang ingin dibersihkan.

Cara Menjaga Mobil agar Tetap Bersih

Siapkan Tempat Sampah di Dalam Mobil

Sumber gambar autowise.com

Agar sampah tidak berserakan di dalam mobil dan membuatnya terlihat semakin kotor, selalu sediakan tempat sampah khusus di dalamnya. Tempat sampah ini berfungsi untuk menampung semua sampah ketika Anda bepergian. Jangan lupa untuk membuang dan membersihkan tempat sampah secara rutin.

Gunakan Vacuum Cleaner Mobil Secara Rutin

Untuk memastikan tidak ada tumpukan debu, kuman, dan jamur di dalam kabin mobil, bersihkan dengan vacuum cleaner. Debu dan kotoran halus biasanya tidak terlihat, namun bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang tidak diinginkan. Bila perlu, sediakan satu vacuum cleaner khusus yang disimpan di dalam mobil sehingga Anda bisa menggunakannya kapan saja Anda butuhkan.

Rapikan Barang-barang yang Ada di Mobil

Untuk menjaga interior mobil tetap bersih, pastikan tidak ada barang-barang yang berserakan di dalamnya. Setelah selesai menggunakan mobil, turunkan semua barang yang Anda bawa sebelumnya. Simpan barang-barang yang sering dibawa seperti perlengkapan mobil hingga vacuum cleaner di bagasi mobil agar tidak mengganggu pemandangan.

Rekomendasi Vacuum Cleaner Mobil Terbaik untuk Anda

BOLDe Oto Hoover Car Vacuum Cleaner

BOLDe Oto Hoover Car Vacuum Cleaner menjadi produk pertama yang direkomendasikan untuk Anda. Alat ini memiliki filter HEPA yang bisa menyaring debu dengan lebih maksimal dan efisien. Filter ini juga bisa dicuci dan digunakan kembali, sehingga Anda tidak perlu menggantinya.

Alat ini juga sangat ringat karena beratnya hanya 750 gram saja dengan desain yang ramping. Kabel sepanjang 4,7 meter memungkinkan Anda untuk menjangkau seluruh bagian mobil. Anda yang punya mobil berkabin besar sangat cocok untuk menggunakan produk ini.

Harga Rp. 150.000-200.000

Philips PowerPro Aqua FC6404/01

Vacuum cleaner untuk mobil tidak harus berbentuk portabel. Misalnya seperti Philips PowerPro Aqua FC6404/01 yang bisa menjalankan dua fungsi sekaligus sebagai penyedot debu dan alat pel. Dibekali dengan teknologi PoweCyclone sehingga daya isapnya sangat kuat.

Fitur lain pada alat ini adalah teknologi filter 3 lapis serta nozel TriActive untuk pembersihan yang lebih maksimal. Vacuum cleaner manual ini menggunakan baterai lithium ion 18V sebagai sumber daya sehingga bisa menyala dalam waktu cukup lama.

Harga Rp. 3.000.000-5.000.000

Black+Decker NVB115JM-B1

Black+Decker NVB115JM-B1 menawarkan desain yang ringkas agar praktis digunakan. Produk ini menggunakan tipe penampung debu cyclone dengan casing transparan, sehingga Anda tahu saat tumpukan debu sudah saatnya dibuang. Kapasitasnya pun cukup besar, yaitu 335 ml.

Sementara sumber daya vacuum cleaner sendiri menggunakan baterai lithium ion, jadi tidak perlu tenaga listrik untuk mengoperasikannya. Produk ini tidak dilengkapi dengan nozzle tambahan, namun harganya cukup terjangkau.

Harga Rp. 250.000-500.000

Kenmaster 12V Vacuum Cleaner

Kenmaster 12V Vacuum Cleaner hadir dengan desain ringkas dan bobot ringan yang hanya 1400 gram saja sebagai aspek yang diunggulkan. Alat ini memang cocok untuk digunakan pada mobil sekaligus dibawa bepergian karena tidak memakan banyak tempat.

Meski ringan dan ringkas, jangan sepelekan kemampuannya dalam membersihkan kotoran. Vacuum cleaner ini membutuhkan daya listrik 60 watt untuk bisa digunakan. Panjang kabelnya 2,8 meter sehingga bisa menjangkau setiap sudut mobil yang tersembunyi. Tambahan nozzle pipih membuatnya mampu menjangkau sudut-sudut sempit yang tidak terlihat.

Harga Rp. 100.000-250.000

Black+Decker Car Vacuum

Black+Decker Car Vacuum menggunakan penampun debu tipe cyclone yang bekerja maksimal dalam menampung debu hingga ukuran terkcil sekali pun. Dilengkapi dengan kabel sepanjang 5 meter yang memastikan Anda bisa menjangkau seluruh sudut kabin.

Desain yang unik membuat nozzle alat ini berotasi hingga 200 derajat sekaligus dipanjangkan dan dipendekkan sesuai kebutuhan. Ukurannya yang ringkas cocok untuk disimpan di dalam mobil dan dibawa kemana saja.

Harga Rp. 250.000-500.000

Kurumi Anti Dust Mites UV Vacuum Cleaner

Kurumi Anti Dust Mites UV Vacuum Cleaner layak menjadi pilihan jika Anda sedang mencari vacuum cleaner mobil terbaik. Keunggulan produk ini adalah antibacterial UV light yang bisa bekerja efektif dalam membunuh bakteri dan tungau yang bisa mengganggu kesehatan. Artinya, alat yang satu ini tidak sekadar membersihkan debu saja.

Selain itu juga ada HEPA filter yang mampu menyedot dan menyaring micropartikel yang tidak terlihat sehingga permukaan benda bisa bersih sempurna. Saringan debu berlapis di dalamnya memastikan pembersihan yang maksimal. Alat ini tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan mobil saja, tetapi juga benda lain seperti sofa, seprai, kasur, dan gorden.

Harga Rp. 800.000-900.000

Dyson V7 Trigger Handheld Vacuum Cleaner

Dyson V7 Trigger Handheld Vacuum Cleaner adalah produk berkualitas dari Korea dengan berbagai keunggulan. Ini adalah vacuum cleaner tanpa kabel yang memiliki daya isap kuat, mampu membersihkan debu dengan maksimal. Alat ini bisa digunakan untuk membersihkan kabin mobil atau untuk ruangan di rumah.

Keunggulan utama alat ini tentu saja mampu mengisap dan menyaring debu berukuran kecil hingga 0,5 mikron. Teknologi hygienic bin emptying memberikan sistem pembersihan yang lebih higienis tanpa Anda perlu menyentuhnya.

Harga Rp. 6.500.000-7.500.000

Maxhealth Cyclone 2 in 1 Vacuum Cleaner Portable

Vacuum cleaner model portabel memang yang paling banyak digunakan untuk membersihkan mobil karena lebih praktis dibawa kemana-mana. Maxhealth Cyclone 2 in 1 Vacuum Cleaner Portable termasuk salah satunya. Ini merupakan vacuum cleaner terbaik yang memiliki desain ringkas. Tidak hanya itu, alat ini memiliki daya isap yang kuat.

Selain bisa menyedot debu, Anda juga bisa menggunakan alat ini sebagai pengering. Keunggulan yang ditawarkan oleh produk ini antara lain adalah sistem auto shutdown yang dapat mematikan mesin secara otomatis ketika terjadi overheat. Aksesori tambahan pada alat ini membuatnya mampu bekerja maksimal saat membersihkan kotoran.

Harga Rp. 250.000-500.000

BOLDe Super HOOVER Cyclone Black Series

Melihat desain BOLDe Super HOOVER Cyclone Black Series dengan warna yang hitam yang elegan jelas akan membuat Anda jatuh cinta. Produk ini dibekali dengan Eco Cyclone 2 in 1 Technology sehingga mampu menjalankan 2 fungsi sekaligus sebagai penyedot debu dan pengering.

Alat ini juga aman untuk digunakan karena memiliki sistem auto shutdown saat terjadi over heating. HEPA filter yang ada pada produk ini juga menjamin debu yang sudah disedot tidak akan bertebaran keluar kembali. Vacuum ini adalah jenis vacuum kabel yang harus dicolokkan pada stop kontak saat digunakan. Jadi, Anda harus memastikan mobil dekat dengan daya listrik.

Harga Rp. 400.000-600.000

VCM04 Portable Wet Dry Car Vacuum Cleaner 4 in 1

VCM04 Portable Wet Dry Car Vacuum Cleaner 4 in 1 adalah alat praktis dan multifungsi yang bisa menjalankan 4 tugas berbeda sekaligus. Alat ini bisa menyedot debu, memompa ban, memeriksa tekanan ban, hingga menjadi sumber penerangan dengan lampu LED.

Alat ini wajib ada di mobil saat Anda akan melakukan perjalanan karena bisa membantu Anda dalam kondisi darurat. Untuk aksesorinya, ada 3 nozzle tambahan yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Kabel dengan panjang 4,5 meter memastikan alat ini mampu menjangkau setiap sudut mobil tanpa terlewat sedikit pun.

Harga Rp. 300.000-450.000
From our editorial team

Bersihkan Mobil Sesuai Intensitas Penggunaannya

Kapan saat yang tepat untuk membersihkan mobil? Tentu saja semua tergantung dari seberapa sering Anda menggunakan mobil tersebut. Jika Anda berkendara dengan mobil setiap hari, maka mobil sebaiknya dibersihkan selama beberapa kali dalam seminggu. Pilih vacuum cleaner mobil terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas.