Kerja di Rumah Semakin Nyaman dengan10 Rekomendasi  Meja Kerja Terbaik (2020)

Kerja di Rumah Semakin Nyaman dengan10 Rekomendasi Meja Kerja Terbaik (2020)

Meja kerja di rumah dibutuhkan agar bekerja di rumah menjadi semakin nyaman. Pekerjaan menjadi lebih rapi dan teratur dengan adanya meja kerja. Berikut tips dan rekomendasi bagi Anda yang mencari meja kerja yang nyaman.

Kemajuan Teknologi Dapat Membuat Semua Orang Bisa Bekerja dari Rumah

Di era digital, semua pekerjaan yang awalnya dilakukan secara langsung dan manual mulai dialihkan ke dalam jaringan internet. Salah satu keuntungan dari kemajuan teknologi tersebut adalah semua pekerjaan bisa dilakukan di rumah. Sehingga setiap pegawai tidak perlu lagi datang ke kantor untuk bekerja ataupun menghadiri rapat.

Pola seperti ini membuat kerja menjadi lebih hemat waktu dan hemat tenaga. Tentunya juga lebih efektif dan efisien. Terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, semua orang diharapkan untuk tidak keluar dari rumah dan semua pekerjaan harus dikerjaan dari rumah. Pola kerja seperti ini tentunya menguntungkan Anda yang telah terbiasa bekerja di dalam jaringan internet.

Ruang Kerja di Rumah Sangat Dibutuhkan Saat Pandemi

Jika semua pekerjaan dikerjakan dari rumah, maka Anda perlu merancang ruang kerja. Tidak hanya untuk jangka pendek saja, tetapi Anda perlu merancang ruang kerja untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan pandemi ini belum menemukan titik terang untuk terselesaikan, ditambah dengan gambaran masa depan yang mungkin saja semua pekerjaan dilakukan di dalam jaringan internet. Maka dari itu, Anda perlu merancang ruang kerja yang aman dan nyaman, agar produktivitas Anda dapat tetap terjaga.

Ruang kerja haruslah dirancang tertutup atau privat, karena harus terhindar dari segala macam kegaduhan yang dapat mengganggu fokus Anda dalam bekerja. Usahakan ruangannya jauh dari ruangan keluarga yang kemungkinan terdengar bising dengan suara televisi atau dapur yang dekat dengan bunyi-bunyi saat memasak. Usahakan juga agar posisi ruangan yang Anda pilih berada sedikit di belakang agar terhindar dari kegaduhan jalan raya.

Furnitur Terpenting yang Harus Anda Beli Untuk Ruang Kerja di Rumah Saat Ini

Lemari Arsip

Lemari arsip adalah funitur yang wajib ada di dalam ruang kerja. Lemari arsip tidak hanya berguna untuk menyimpan dokumen penting saja, tetapi juga bisa Anda manfaatkan untuk memisahkan dan mengelompokan setiap dokumen penting. Klasifikasi dokumen tersebut dapat mempermudah Anda dalam mencari dokumen dan kemungkinan ada dokumen yang hilang menjadi lebih kecil.

Namun, sebelum Anda memilih lemari arsip, Anda perlu menyesuaikan ukurannya dengan ukuran ruang kerja Anda. Jangan sampai lemari arsip terlalu memakan ruang, karena dapat membuat funitur yang lain tidak memiliki ruang lagi.

Kursi Kerja

Kursi kerja adalah funitur yang memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung produktivitas Anda dalam bekerja. Salah memilih kursi kerja dapat membuat kerja Anda menjadi tidak optimal dan membuat daya tahan tubuh Anda juga menurun. Pilihlah kursi kerja yang ukurannya sesuai dengan kenyamanan tubuh Anda, usahakan memiliki ketinggian 40-50 cm agar memiliki ruang untuk kaki.

Usahakan juga untuk memilih kursi kerja yang tidak keras dan dapat diatur posisi sandarannya agar punggung Anda tidak sakit sehingga Anda bisa bekerja dalam waktu yang lama. Bahan dasar dari kursi kerja juga harus Anda pertimbangkan. Bahan yang membuat Anda tidak nyaman tentunya akan membuat performa kerja Anda menjadi lebih menurun.

Meja Kerja

Selain kursi kerja, meja kerja adalah salah satu funitur yang wajib ada di ruang kerja. Anda juga harus sangat mempertimbangkan segala aspek saat memilih meja kerja, karena meja kerja juga menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung atau menurunkan performa tubuh Anda saat bekerja.

Sesuaikanlah tinggi meja kerja Anda dengan tinggi kursi kerja dan kenyamanan diri Anda sendiri. Pastikan permukaan meja rata dan datar agar nyaman digunakan. Permukaan meja yang tidak rata juga meningkatkan risiko jatuhnya barang-barang penting Anda dari meja.

Rekomendasi Meja Kerja di Rumah agar Kita Bisa Selalu Bekerja dari Rumah Selama Masa Pandemi

Aditech SM 1212 M Maple Modern

Aditech SM 1212 M Maple Modern adalah meja kerja berukuran 120 x 120 x 75 cm. Terbuat dari bahan Melamine Face Chipboard dengan kaki meja yang terbuat dari bahan metal. Sehingga membuat meja ini sangat kokoh dan tahan lama. Meja kerja yang memiliki bentuk menyerupai huruf L ini didesain minimalis namun terkesan modern. Meja kerja dari Aditech ini sangat cocok untuk ruang kerja Anda yang tidak terlalu besar dan luas. Desain meja kerja ini dapat membuat tampilan ruang kerja Anda menjadi lebih profesional.

Harga Rp. 2.485.000-3.430.000

Meja Kantor Unihome AV 12

Meja Kantor Unihome AV 12 adalah meja kerja yang terbuat dari bahan particle board dengan finishing HPL, sehingga sangat kokoh dan tidak mudah rusak. Meja yang memiliki berat 26 kg dengan dimensi 120 x 60 x 75 cm ini didesain minimalis untuk ruang kerja Anda yang tidak terlalu luas. Dilengkapi pula dengan dua laci yang dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan benda-benda penting. Tersedia dalam dua warna, yaitu black/cherry yang memberikan kesan tangguh serta warna beech yang terkesan profesional.

Harga Rp. 348.000-470.000

Meja Kerja Metropolis Taco Dengan Penyimpanan

Meja Kerja Metropolis Taco Dengan Penyimpanan adalah meja kerja yang terbuat dari bahan fiber board yang diproduksi dengan teknologi Jepang, sehingga kualitasnya terjaga dan tentunya sangat tahan lama. Meja yang berukuran 120 x 48 x 120 cm ini memiliki permukaan yang luas, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk meletakkan berkas-berkas dan barang penting lainnya. Ditambah pula tempat penyimpanan di bagian sampingnya yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang penting yang mudah hilang. Terdiri dari dua pilihan, yaitu motif sonoma oak dan putih. Kedua warna ini dapat membuat tampilan ruang kerja Anda menjadi lebih elegan dan profesional.

Harga Rp. 489.000-711.000

Meja Kerja Funika 12120 BE dengan Laci

Meja Kerja Funika 12120 BE dengan Laci adalah meja kerja yang didesain ramping dengan ukuran 120 x 48 x 74 cm dan berat 22 kg. Desainnya yang minimalis sangat cocok untuk ruang kerja Anda yang tidak terlalu luas. Meskipun ukuran meja ini tidak terlalu besar, tetapi meja kerja dari Funika ini dilengkapi dengan dua laci yang dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan arsip-arsip penting. Terbuat dari bahan kayu pilihan, sehingga berkualitas dan tidak mudah rusak. Selain itu, dikerjakan dengan halus, rapi, dan teliti untuk menghasilkan meja kayu yang awet dan tangguh. Warna cokelat mudanya memiliki kesan yang sederhana namun profesional.

Harga Rp. 831.000-908.000

Meja Kerja Pro Design Flava

Meja Kerja Pro Design Flava adalah meja kerja yang terbuat dari bahan fiberboard yang dipadukan dengan PVC dan dilapisi dengan foil. Perpaduan tersebut membuat meja dari Flava ini menjadi sangat kuat, kokoh, dan elegan. Kaki-kaki mejanya sangat kuat dan mampu menahan beban berat yang diletakkan di permukaan meja. Didesain simpel dalam tiga pilihan warna, yaitu brown walnut, yellow oak, dan white wood. Warna-warna tersebut memberikan kesan dan suasana yang berbeda untuk ruangan Anda, namun tetap saja ada kesan profesional yang tetap dipertahankan.

Harga Rp. 999.000-999.000

Meja Kerja Pro Design Liverpool

Meja Kerja Pro Design Liverpool adalah meja kerja yang didesain bernuansa klub bola terkenal asal Inggris, yaitu Liverpool. Meja kerja ini sangat cocok untuk para fans liverpool yang sedang merancang ruang kerja. Terbuat dari bahan fiberboard yang dipadukan dengan PVX, sehingga membuat meja ini menjadi lebih awet dan tahan lama. Dilengkapi pula dengan rel laci yang dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan berkas-berkas penting. Engsel pintunya yang dibekali dengan teknologi soft close membuat pintu lacinya dapat ditutup secara halus dan tanpa suara. Untuk menjaga kebersihannya, Anda hanya perlu mengelapnya sedikit dengan detergen, kemudian lap kembali dengan lap kering.

Harga Rp. 2.399.000-2.399.000

Meja Kerja FCenter MT 100 Vino

Meja Kerja FCenter MT 100 Vino adalah meja kerja yang terbuat dari bahan particle board berkualitas, sehingga kuat dan tahan lama tetapi tetap ringan. Meja yang berukuran 100 x 75 x 76 ini dibuat dengan teknologi Jerman, sehingga terjaga kualitasnya. Meja yang didesain minimalis ini dirancang dengan sistem knockdown, di mana sistem ini dapat memudahkan Anda saat membongkar atau merakitnya. Selain itu, meja kerja ini dilengkapi dengan laci yang luas untuk menampung file-file penting. Selain itu, tutup lacinya juga memiliki konsep soft open agar laci dapat terbuka dan tertutup dengan lembut.

Harga Rp. 499.000-729.000

Meja Kerja Aditech FR 10

Meja Kerja Aditech FR 10 adalah meja kerja berukuran 140 x 75 x 75 cm yang terbuat dari bahan MFC atau Melamine Face Chipboard berkualitas. Bagian kakinya terbuat dari bahan metal dengan finishing-nya dipadukan dengan powder coating. Meja kerja yang didesain minimalis tetapi modern ini dapat membuat tampilan ruang kerja Anda menjadi lebih profesional. Selain itu, meja dari Aditech ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, yaitu grey, cherry, maple, dan beech. Anda bisa memilih warna yang Anda suka dan disesuaikan dengan konsep ruang kerja Anda.

Harga Rp. 2.030.000-2.905.000

Meja Kerja Anya-Living Doku Sonoma Oak

Meja Kerja Anya-Living Doku Sonoma Oak adalah meja yang terbuat dari bahan MDF yang dipadukan dengan bahan particle board. Tahap finishing-nya menggunakan PVC, sehingga sangat kokoh dan tahan lama. Meja yang didesain minimalis ini memiliki ukuran 120 x 46 x 74.6 cm. Meja kerja dari Doku ini cocok untuk Anda yang memiliki ruang kerja yang tidak begitu luas. Selain itu, meja yang minimalis dapat memudahkan Anda untuk memilih posisi dan memanfaatkan ruang yang ada. Desainnya yang modern dipadukan dengan warna yang hangat dapat membuat tampilan ruang kerja Anda menjadi lebih nyaman.

Harga Rp. 1.239.000-2.500.000

Meja Kerja Bavarian Harris DK 160

Meja Kerja Bavarian Harris DK 160 adalah meja yang terbuat dari bahan hardwood particle board Grade A yang merupakan bahan kualitas terbaik. Bahan tersebut tidak hanya membuat meja kerja ini menjadi lebih kuat, tetapi juga membuatnya tidak keropos dan berjamur meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Meja yang memiliki ukuran 159,2 cm x 59,2 cm x 75 cm dengan ketebalan permukaan 2,5 mm ini didesain minimalis untuk ruangan Anda yang mengusung konsep minimalis. Dilengkapi dengan dua laci, di sisi kanan dan kiri. Laci ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai dokumen penting atau benda yang mudah hilang.

Harga Rp. 1.526.000-1.526.000

Tips Menata Ruang Kerja di Rumah Sesuai Feng Shui

Pastikan Posisi Meja Kerja

Posisi meja kerja menentukan kenyamanan Anda saat bekerja. Tidak hanya itu saja, penempatan meja kerja yang salah dapat membuat ruangan Anda terlihat menjadi lebih sempit. Jika dilihat dari feng shui, maka posisi meja jangan Anda posisikan membelakangi pintu masuk. Posisi meja harus menghadap pintu masuk, karena menurut feng shui posisi ini dapat membuat Anda menyerap energi positif. Selain itu, Anda juga bisa melihat siapa saja yang akan datang ke ruang kerja Anda. Selain itu, posisi meja yang menghadap pintu membuat Anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Pastikan Meja Harus Dalam Keadaan yang Rapi

Menurut feng shui, jangan sampai meja kerja Anda berantakan. Hal ini dikarenakan meja yang berantakan dapat memberikan energi negatif yang bisa membuat produktivitas Anda menurun. Selain itu, suasana hati Anda juga akan terganggu jika meja kerja Anda berantakan.

Agar meja kerja Anda tidak berantakan, usahakan untuk meletakan barang yang penting-penting saja di atas meja. Hindari dekorasi yang tidak terlalu penting atau Anda bisa mengurangi jumlahnya. Bersihkan debu dan sampah yang mengotori meja Anda, hal itu bukan hanya untuk mood Anda tetapi juga untuk kesehatan Anda.

Pastikan Menghadirkan Elemen Kuadran pada Ruang Kerja

Agar ruang kerja Anda sesuai dengan feng shui, Anda bisa memanfaatkan 5 elemen dari feng shui, yaitu kayu, api, tanah, logam, dan air. 5 elemen ini bisa Anda dapatkan dari berbagai macam funitur atau dekorasi. Seperti bahan logam untuk kaki meja, bahan kayu untuk permukaan meja, tanah untuk pot tanaman, dan air untuk akuarium.

Jika semua elemen feng shui tersebut ada di ruang kerja Anda, maka energi positif akan terus mengalir dan masuk ke diri Anda. Anda akan selalu semangat dalam bekerja. Selain itu, energi positif tersebut dapat membuat Anda tidak mudah lelah.

Pastikan Pemilihan Warna yang Tepat Sesuai Feng Shui

Pemilihan warna ruangan perlu Anda sesuaikan dengan feng shui. Warna dalam feng shui dapat memberikan energi untuk Anda. Jika warna yang benar yang Anda pilih, maka energi positif yang akan muncul. Tetapi jika warna yang salah yang Anda pilih, maka energi negatif yang akan muncul. Energi ini sangat berpengaruh untuk suasana hati dan produktivitas Anda.

Sebelum memilih warna, Anda perlu menentukan konsep dari ruangan Anda agar warna yang dipilih sesuai dengan konsep Anda. Jika Anda mengusung konsep keterbukaan pikiran, maka pilihlah warna hitam. Jika Anda memilih konsep kenyamanan maka pilihlah warna cokelat. Jika Anda mengusung konsep kreativitas, pilihlah warna hijau. Jika Anda mengusung konsep kebahagiaan, pilihlah warna kuning atau oranye.

Tempatkan Slogan atau Gambar

Slogan atau gambar juga memiliki energi positif untuk sebuah ruangan. Jika ruangan dikelilingi oleh objek yang menginspirasi, maka Anda akan menjadi lebih bersemangat dan lebih kreatif. Salah satu gambar yang memiliki energi yang kuat adalah gambar gunung.

Gunung merupakan simbol dari kekuatan untuk mengalahkan semua rintangan. Anda bisa memanfaatkan gambar ini untuk memberikan energi positif dan juga untuk memberikan Anda semangat setiap harinya. Untuk slogan, Anda bisa memanfaatkan kata-kata mutiara yang menginspirasi. Jika Anda membacanya setiap hari, maka kata-kata tersebut akan terwujud di hidup Anda.

From our editorial team

Meja Kerja Terbaik, Lebih Tahan Lama dan Menjadikan Kerja Lebih Nyaman

Bekerja di atas meja kerja terbaik tentunya menjadikan kerja lebih nyaman dan membuat Anda menjadi lebih tahan bekerja dalam waktu lama. Rekomendasi BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Apalagi saat pandemi ini, yang mana Anda lebih banyak di rumah dan tentunya harus tetap kreatif dan produktif.

Tag