10 Rekomendasi Trampolin Terbaik Untuk Permainan dan Olahraga (2022)

10 Rekomendasi Trampolin Terbaik Untuk Permainan dan Olahraga (2022)

Trampolin adalah permainan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menyehatkan lho! Aktivitas ini digemari oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Simak rekomendasi trampolin terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Trampolin Bukan Hanya Permainan, Tapi Juga Olahraga

Bermain trampolin memang seru. Tak jarang banyak yang menyukainya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan permainan ini sudah dilombakan sebagai salah satu cabang olahraga seperti pada Asian Games 2018 lalu.

Manfaat Bermain Trampolin

Menjaga Berat Badan Stabil

Menurut Jurnal Fisiologi Terapan NASA, latihan rebound atau melambung ini 68% lebih efisien daripada jogging. Sebuah studi dari NASA juga menemukan bahwa seorang individu dengan bobot 150 pons yang menghabiskan 1 jam untuk rebounder, akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan orang yang sama yang melakukan jogging selama satu jam.

Melambung di atas trampolin ini merupakan latihan pendukung metabolik. Jika Anda melakukan rebound dalam kecepatan sedang, Anda akan masih bisa bernapas dengan nyaman. Ini membuat tubuh bergerak tanpa membebani metabolisme.

Menguatkan Sendi dan Tulang

Lari merupakan salah satu olahraga yang populer, namun dapat membebani persendian dan dapat menyebabkan cedera ortopedi. Sementara permainan trampolin melibatkan gerakan yang sangat mirip dengan berlari, tetapi berdampak lebih kecil pada lutut, kaki, pinggul, dan tulang belakang.

Di atas trampolin, Anda akan mendapatkan manfaat dari latihan kardiovaskular dan muskuloskeletal, tetapi alasnya menyerap lebih dari 80% dampaknya pada persendian. Itulah mengapa trampolin tidak begitu berat terhadap sendi dan tulang seperti berlari. Trampolin memiliki pantulan vertikal yang sempurna, sehingga kemungkinan keseleo dan bengkok juga jauh lebih kecil.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem limfatik adalah bagian penting dari sistem kekebalan. Ini merupakan mekanisme pertahanan terhadap virus, bakteri, penyakit dan infeksi. Ini dikarenakan getah bening mengandung sejumlah besar jenis sel darah putih tertentu yang disebut limfosit, yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Nah, gerakan lompatan pada permainan trampolin dapat menyebabkan katup dalam sistem limfatik membuka dan menutup secara bersamaan, meningkatkan aliran getah bening sebanyak 15 kali. Efeknya dapat meningkatkan kekebalan, menghilangkan racun, bahkan membantu memperlambat proses penuaan.

Membuat Tubuh Lebih Fleksibel

Anda pernah atau malah sering merasa sulit berdiri setelah duduk di lantai? Atau juga merasa bagian-bagian tubuh mulai kaku dan tegang? Kalau iya, sepertinya fleksibilitas tubuh sedang tidak baik. Tidak peduli berapa usia maupun berat badan, Anda perlu memperhatikan dan menjaga fleksibilitas tubuh.

Salah satu cara meningkatkan fleksibilitas tubuh dengan mudah adalah melalui permainan trampolin. Mengutip Well Being Journal, meningkatkan fleksibilitas juga dapat mengurangi nyeri otot dan mencegah cedera dengan mengendurkan otot dan persendian yang tegang.

Mencegah Kanker

Seperti yang sudah kita bahas di atas, permainan trampolin dapat membantu meningkatkan sirkulasi cairan limfatik yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Nah, hal ini juga termasuk ke untuk membantu menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh.

Ketika cairan limfatik mengumpulkan produk limbah, bakteri, dan sel yang rusak, cairan tersebut juga mengumpulkan sel kanker yang rusak yang ada di dalam tubuh dan mengalirkannya ke pembuluh limfatik.

Tempat Bermain Trampolin yang Paling Pas

Di Dalam Rumah

Apabila Anda ingin bermain trampolin tanpa perlu khawatir akan perubahan cuaca, Anda bisa menggunakan lokasi indoor. Trampolin bisa diletakkan di ruang keluarga, atau di kamar anak-anak untuk ukuran yang lebih kecil.

Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan luas dan tinggi ruangan yang digunakan. Pastikan ada ruang yang cukup untuk melompat sehingga menghindari kemungkinan terbentur ke loteng atau atap.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, selalu pastikan untuk tidak berada di dekat permainan trampolin. Contohnya saja kucing, yang biasanya suka mengasah kukunya di permukaan, sehingga berkemungkinan merusak tekstur permukaan trampolin bahkan membuatnya lecet dan robek.

Halaman Rumah

Jika Anda memiliki halaman belakang rumah yang cukup lapang, maka tidak ada salahnya untuk dimanfaatkan sebagai tempat bermain trampolin. Jika memungkinkan, Anda bisa menempatkan trampolin dengan ukuran yang besar untuk bermain bersama keluarga.

Karena terletak di luar, sirkulasi udara pun jadi lebih baik dan tidak pengap, sehingga udara yang Anda hirup saat bermain trampolin pun jadi lebih segar ketimbang di dalam ruangan. Terlebih jika Anda tinggal di daerah minim polusi ya. Ini bisa membantu pernapasan ketika berolahraga menggunakan trampolin.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan kekuatan trampolin. Karena berada di luar dan terkena dampak langsung dari perubahan cuaca terik dan hujan, maka trampolin bisa saja sobek, hingga karatan. Ada baiknya memeriksa trampolin dua minggu sekali atau setiap akan digunakan agar terjamin keamanannya.

Taman Bermain

Jika Anda ingin bermain trampolin tetapi tidak memungkinkan untuk memilikinya dan menempatkannya di rumah, tenang, Anda masih tetap bisa mencobanya. Sekarang, sudah banyak taman bermain khusus trampolin yang tersebar di negara kita ini.

Harga tiket yang ditawarkan biasanya berkisar dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000. Dengan harga segitu, Anda bisa menikmati permainan trampolin sepuasnya, dengan standar keamanan yang baik, serta sudah ada pengawas profesional yang akan siap untuk membantu.

Rekomendasi Trampolin Terbaik Untuk Segala Usia

Kettler Trampoline

Barangkali brand yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi Anda yang menyukai olahraga. Sudah banyak alat-alat olahraga yang diproduksi Kettler, mulai dari bola yoga dan push up bar, sampai fitness set lengkap. Sebagai spesialis alat-alat olahraga, tentu saja Kettler juga memproduksi trampolin.

Kualitas bahan yang digunakan membuat trampolin buatan Kettler ini sangat aman dan nyaman untuk dipakai. Trampolin ini juga dilengkapi dengan bingkai baja kuat yang bisa menahan beban hingga 100 kg, sehingga bisa digunakan oleh hampir semua orang.

Bagian kakinya juga terbuat dari material baja, yang ditambahkan karet anti slip, sehingga trampolin tidak mudah bergeser saat penggunanya melompat dan memantul. Ini akan meningkatkan faktor keamanan penggunaannya.

Harga Rp. 750.000-1.500.000

Domyos Fit Kardio Trampo 100

Produk trampolin dari Domyos ini memiliki diameter 100 cm dengan permukaan untuk melompat berdiameter 80 cm. Meskipun terbilang cukup kecil, namun daya dukung berat yang dimilikinya cukup besar, yaitu sampai dengan 100 kg. Anda yang bertubuh gemuk pun bisa menggunakannya untuk olahraga.

Tak perlu khawatir juga, karena rangkanya pun kokoh, terbuat dari baja dengan 36 pegas, yang memastikan trampolin ini enak digunakan. Rangkanya yang kuat itu pun memungkinkan trampolin ini bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Trampolin ini memiliki desain yang ringkas, dan bisa Anda jadikan sarana untuk berolahraga di dalam ruangan. Anda bisa melatih keseimbangan tubuh sekaligus latihan cardiorespiratory dan toning menggunakan trampolin yang compact ini.

Harga Rp. 600.000-1.200.000

BG Trampoline TL-48

Produk trampolin ini ditujukan bagi para pegiat olahraga aerobik, karena dengan trampolin ini, Anda bisa melatih badan secara maksimal. Trampolin ini sanggup menopang beban sampai 150 kg dengan dukungan pegas yang kuat dan tahan lama. Kekuatannya didukung pula oleh delapan kaki yang menopang trampolin ini.

Kelebihan lainnya dari trampolin ini adalah Anda dapat dengan mudah menyimpannya. Dalam menyimpannya Anda hanya perlu melipat kaki-kakinya, dan itu cuma butuh waktu sekitar sepuluh detik saja! Gampang kan?

Harga Rp. 750.000-1.000.000

Little Tikes Mega Trampoline

Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa trampolin ini diperuntukkan bagi anak-anak. Hebatnya, trampolin yang memiliki diameter 14 kaki (sekitar 426 cm) ini bisa menampung 4 anak sekaligus. Jadi, anak-anak pun bisa bermain bersama.

Trampolin ini memiliki rangka yang terbuat dari durable blow-molded plastik sehingga menjadikannya kokoh dan kuat. Terdapat juga resleting pada pembatas mainan yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan sepatu saat bermain.

Jika Anda memiliki halaman belakang rumah yang cukup luas, Anda bisa menempatkan trampolin Little Tikes untuk memberikan keceriaan dan kehangatan di lingkungan rumah. Anak-anak senang, Anda pun senang.

Harga Rp. 5.000.000-7.000.000

Livepro Trampoline with Handle

Produk trampolin ini dilengkapi dengan pegangan sehingga tepat dipilih agar Anda dapat melakukan berbagai variasi gerakan saat menggunakannya, tanpa takut merasa gamang dan jatuh. Jadi bisa membuat perasaan Anda lebih tenang.

Pegangannya juga terbuat dari baja dengan powder coating. Jadi, sifatnya kuat dan kokoh, sehingga aman saat digunakan. Walaupun Anda tidak dapat memilih warna lain, hanya tersedia warna hitam saja, setidaknya Anda masih bisa bermain dengan aman dengan warna netral.

Anda pun dapat bermain trampolin ini bersama-sama dengan pasangan atau anak sekaligus, karena produk ini mampu menahan beban hingga 150 kg. Tapi tetap perkirakan juga jumlah berat badan Anda dan pasangan supaya tidak melebih kapasitas ya.

Harga Rp. 2.500.000-4.000.000

SPEEDS Trampoline Trampolin Speeds 55 inch

Agar dapat mendukung usaha Anda menjadi pribadi yang lebih sehat dan bugar, Anda bisa menempatkan trampolin ini di rumah. Produk ini sudah menyediakan buku panduan untuk membentuk trampolin juga kok, supaya Anda tidak bingung merangkainya di rumah.

Trampolin ini memiliki bahan alas lompat yang terbuat dari PP, dengan bahan cover PP/PVC. Kerangkanya terbuat dari besi yang kokoh. Trampolin berdiameter 55 inci (atau sekitar 140 cm) ini memiliki bobot 10 kg, dengan daya menahan beban hingga 100 kg.

Pada trampolin ini juga terdapat jaring-jaring pelindung di sekitarnya sehingga Anda pun bisa merasa lebih tenang saat melompat di atasnya, karena jaring-jaring pelindung itu akan menahan Anda jika Anda keluar dari lingkaran trampolin. Produk ini juga tersedia dalam tiga warna yang bikin semangat, yaitu merah, biru, dan kuning.

Harga Rp. 700.000-1.000.000

Total Fitness TL-2200

Jika Anda ingin olahraga kardio yang ringan dan efektif sambil membakar lemak di rumah, Anda bisa mencoba olahraga melompat-lompat menggunakan trampolin dengan menggunakan Total Fitness TL – 2200 ini.

Olahraga trampolin ini bahkan dapat membakar lemak tiga kali lipat dibanding lari. Cara melakukannya pun menyenangkan dan tidak membebani lutut terlalu berat sehingga bisa mencegah osteoporosis, memperbaiki kesehatan, dan meningkatkan kondisi kesehatan.

Saat berolahraga menggunakan trampolin Total Fitness TL – 2200 ini, Anda pun tidak perlu takut jatuh karena melompat keluar lingkaran. Sebab, alat ini juga dilengkapi dengan handle yang bisa Anda gunakan saat melompat.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Plum Junior Trampoline & Enclosure

Bermain trampolin memang sangat mengasyikkan, namun bukan tanpa risiko. Luas bidang lompatan yang terbatas mengharuskan pengguna trampolin untuk selalu fokus pada bidang tersebut. Ada risiko terjatuh keluar jika kehilangan konsentrasi.

Hal tersebut yang membuat para orang tua merasa khawatir anaknya akan cedera saat bermain trampolin. Bukan hanya itu, bahkan mungkin saja anak-anak turut takut jatuh sehingga enggan bermain.

Nah, Plum Junior Trampoline ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan keamanan ekstra saat bermain trampolin, karena trampolin ini dilengkapi dengan jaring keamanan di sekitarnya. Produk berdimensi 192 x 182 x 192cm ini bisa digunakan untuk anak mulai usia 3 tahun.

Harga Rp. 2.500.000-4.000.000

Soleil Trampoline 48 inch

Anda merasa ingin bermain trampolin di rumah, tetapi bingung juga mau diletakkan di mana? Tidak usah bingung, karena ada Soleil Trampoline yang memiliki diameter 122 cm ini, sebagai pilihan bagi Anda yang memiliki ruangan terbatas.

Trampolin yang satu ini akan sangat menghemat ruangan, karena selain ukurannya yang ringkas, Anda juga dapat menghemat tempat penyimpanan dengan melipatnya. Sangat praktis, bukan?

Trampolin ini memiliki struktur keseimbangan yang baik dan bisa tetap stabil meskipun terkena beban dinamis dari orang yang melompat-lompat di atasnya. Di bawahnya terdapat 8 buah kaki yang kokoh untuk menjamin kestabilan pada saat pemakaian.

Harga Rp. 1.000.000-2.500.000

Bfit Trampoline

Trampolin ini dapat Anda gunakan oleh Anda dan anggota keluarga lainnya, tak terkecuali anak-anak. Anak yang sangat aktif pun dapat bermain dengan trampolin ini dengan tetap di bawah pengawasan orang dewasa. Produk ini merupakan pilihan yang tepat untuk menyalurkan energi anak Anda.

Sebaliknya, jika anak tidak terlalu aktif, Anda dapat mengajaknya melompat sebentar agar dapat melatih pernapasan dan otot tubuhnya setiap hari. Sehingga, ia jadi terbiasa bergerak demi kesehatan fisiknya.

Produk trampolin yang satu ini mempunyai enam kaki penyangga untuk menopang Anda atau anak saat bermain di atasnya. Kaki-kaki penyangga itu juga dilapisi oleh karet sehingga tidak mudah bergeser jika dilompati.

Harga Rp. 500.000-1.000.000
From our editorial team

Lakukan Pemanasan Ringan Untuk Mencegah Keseleo

Bermain trampolin membutuhkan kekuatan fisik tersendiri, sehingga sebaiknya diawali dulu dengan pemanasan. Tujuannya tentu untuk melenturkan otot-otot Anda dan menghindari cedera seperti keseleo. Kini bermain trampolin bisa di rumah saja dengan rekomendasi produk dari BP-Guide di atas ya!