Rambut Lebih Sehat dan Cantik dengan 10 Rekomendasi Pewarna Rambut untuk Menutup Uban Berikut (2021)

Rambut Lebih Sehat dan Cantik dengan 10 Rekomendasi Pewarna Rambut untuk Menutup Uban Berikut (2021)

Mewarnai rambut bukan hanya tren untuk mereka yang masih muda dan ingin mengubah gaya rambutnya. Kamu yang sudah mulai ada uban juga bisa mewarnai rambut. Tidak hanya bisa menutup uban yang bikin kurang percaya diri, mewarnai rambut juga bisa dilihat sebagai bentuk penghargaan diri untuk membuat tampilan jadi lebih baik. Nah, simak tips memilih pewarna rambut untuk rambut beruban dan cek rekomendasinya dari kami!

Uban Bikin Tidak Percaya Diri? Kenali Penyebab Rambut Beruban

Seiring bertambahnya usia, umumnya uban bermunculan di kepala. Rambut beruban biasanya mulai terjadi saat berada di pertengahan atau akhir usia 30 tahunan. Ini terjadi karena folikel rambut tidak lagi memproduksi melanin.

Faktanya, meski usia masih muda pun, uban bisa muncul di rambut. Ada beberapa penyebab mengapa uban muncul di usia dini. Bisa jadi karena kekurangan vitamin tertentu. Beberapa jenis vitaminnya adalah vitamin B6, B12, biotin, vitamin D, atau vitamin E. Kekurangan vitamin tersebut akan membuat uban timbul lebih cepat.

Faktor lain yang memicu munculnya uban adalah faktor genetik. Bisa saja karena keturunan di keluarga, ras, dan etnis. Penelitian menunjukkan bahwa ras Kaukasian biasanya mulai muncul uban di usia 20 tahun. Sementara ras Asia umumnya muncul uban di usia 25 tahun. Dan ras Afrika Amerika biasanya muncul uban di usia 30 tahun.

Kondisi medis tertentu juga bisa menjadi penyebab munculnya rambut beruban. Misalnya saja adanya gangguan fungsi tiroid, vitiligo, dan lain sebagainya.

Stres merupakan pemicu lain munculnya uban. Sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut bisa berkurang saat kita sedang stres. Meski demikian penyebab rambut beruban karena stres memiliki persentase yang kecil jika dibanding faktor lainnya.

Kebiasaan merokok tidak hanya bisa menyebabkan penyakit seperti stroke, jantung, dan kanker. Merokok juga bisa memicu uban muncul lebih cepat.

Hal lain yang memicu rambut beruban adalah dampak dari pemakaian produk penataan rambut. Mulai dari sampo, kondisioner, dan aneka produk penataan rambut yang kaya akan bahan kimia bisa mengurangi produksi melanin dan menyebabkan rambut beruban.

Tips Mewarnai Rambut Beruban

Rambut yang beruban menunjukkan bahwa tidak ada pigmen warna yang ada di batang rambut. Akibatnya, penyerapan warna hingga ke bagian inti batang rambut jadi berkurang. Salah satu cara menutupi rambut beruban di usia dini adalah dengan cara mewarnai rambut. Nah, kamu bisa memilih warna cat rambut yang tepat untuk menutupi ubanmu dan tips untuk mewarnainya, ya.

Sesuaikan Kuantitas Cat Rambut dengan Uban



Sesuaikan kuantitas pewarna rambut dengan kuantitas uban yang ada di rambut. Jika semisal uban masih sedikit, kamu bisa gunakan pewarna rambut kemasan sachet. Namun, jika uban sudah terlalu banyak, kamu bisa memilih kemasan ukuran normal.

Warnai Secara Berkala

Warnai rambut kamu secara berkala. Lakukan setiap 2 atau 3 bulan sekali. Ini karena setiap satu bulan, rambut bisa tumbuh paling tidak 1 cm. Dengan mewarnai rambut secara berkala maka rambut-rambut uban yang baru tumbuh bisa tersamarkan dengan baik. Ini akan membuat rambut uban tidak sempat memanjang dan mengganggu penampilan rambut.

Pilih Produk Pewarna Rambut yang Tepat

Pastikan kamu memilih produk pewarnaan rambut yang tepat. Jangan asal pakai pewarna rambut yang belum tepercaya jika tidak ingin hasilnya mengecewakan. Kamu bisa pilih pewarna rambut yang sudah ternama mereknya. Pewarna rambut yang sudah ternama tentu bisa menjanjikan hasil yang lebih maksimal.

Cek bahan pewarna rambut yang digunakan. Pastikan pewarna rambutnya memiliki bahan alami yang bisa menutrisi rambut agar rambut tidak mudah rusak. Selain itu, boleh juga jika ingin memilih pewarna yang dilengkapi formula nondrip sehingga pewarna rambut tidak mudah belepotan pada kulit.

Lakukan Perawatan Tambahan

Ketika mewarnai rambut, jangan lupa untuk memberi perawatan tambahan pada rambut. Ini supaya rambut yang diwarnai tidak mudah rapuh dan rusak. Pastikan kamu memakai kondisioner sehabis keramas. Produk yang satu ini tidak hanya bisa membantu rambut jadi lebih halus dan juga berkilau. Kondisioner juga bisa membuat rambut mudah untuk diatur dan tidak kaku. Selain itu, produk ini juga akan menutup kutikila rambut agar tidak mudah bercabang dan rusak.

Ini Dia Rekomendasi Cat Rambut untuk Uban

NYU Creme Hair Colour

NYU Creme Hair Colour bisa jadi pilihan yang pas untuk mengecat warna rambut. Produk ini hadir dengan ekstrak bahan alami yang bisa melindungi rambut secara maksimal. Tidak ada lagi kekhawatiran rambut rapuh dan mudah rusak. Pewarna rambut NYU ini bisa mencegah kerusakan rambut selama proses pewarnaan. Uniknya lagi, produk hadir dengan aroma buah yang menyegarkan sehingga membuat saat mewarnai rambut jadi lebih menyenangkan.

Dalam paket pembelian sudah ada vitamin rambut. Ini bisa kamu gunakan untuk mencegah kerusakan rambut pasca pewarnaan. Hasilnya rambut lebih berwarna merata. Tekstur rambut lebih halus dan sangat berkilau. Ada pilihan warna menarik seperti burgundy, caramel,natural brown, natural black, dan coppery brown yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 8.500-15.000

Garnier Color Naturals

Garnier Color Naturals merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Pewarna rambut yang satu ini bikin kamu tidak perlu was-was saat mewarnai rambut. Ini karena formulanya tidak akan merusak rambut. Ada tiga kadungan minyak alami di dalamnya yakni olive oil, coconut oil, dan almond oil yang bisa mempertahankan kelembapan dan kelembutan rambut.

Pewarna rambut ini bikin rambut jadi lebih mudah diatur. Aromanya tidak menyengat jadi tidak bikin pusing. Produk ini hadir dalam 11 pilihan warna menarik yaitu merah, cokelat, hingga hitam yang semuanya cocok dengan warna kulit orang Indonesia.

Harga Rp. 10.000-50.000

Rudy Hadisuwarno Natural Color

Rudy Hadisuwarno Natural Color merupakan pewarna rambut yang tepercaya. Kamu tidak perlu lagi takut dengan uban yang mengganggu. Produk ini bisa membuat uban tertutup sempurna selama 6 bulan ke depan. Kandungan di dalamnya bisa membuat rambut lebih lembut dan bercahaya.

Produk ini mudah diaplikasikan layaknya mengaplikasikan sampo. Ada Triple Action Hair Colorant yang bisa membuat akar rambut dan batang rambut lebih kuat pasca pewarnaan rambut. Ada tiga pilihan warnayang bisa dipilih yakni black, natural black, dan brownish black.

Harga Rp. 59.000-72.000

Revlon Colorsilk

Revlon Colorsilk adalah produk pewarna rambut untuk rambut beruban yang ampuh. Warnanya indah dari akar sampai ujung rambut. Kamu dijamin lebih percaya diri dengan produk yang satu ini. Warnanya permanen dan hasilnya tampak alami.

Ada kandungan provitamin dan protein sutra yang bisa membuat rambut tampak lebih sehat. Dengan kandungan keratin dan tanpa amonia, rambut tidak akan terasa kering usai pewarnaan. Kamu bisa memilih 18 pilihan warna yang kamu inginkan. Hadir dengan 3D Color Technology, pewarna rambut ini membuat warna jadi multidimensi dan tampak natural.

Harga Rp. 50.000-67.000

Flove Meringue Hair Manicure

Flove Meringue Hair Manicure sayang untuk dilewatkan begitu saja. Produk yang satu ini bisa melapisi bagian luar rambut dengan sempurna. Selain itu, formula baiknya juga memastikan rambut tidak rapuh karena pewarnaan.

Pewarna ini mudah digunakan dan sangat praktis. Pilihan warnanya sangat beragam dan cocok untuk kamu yang ingin menutup uban dan ingin tampak lebih modern. Dengan tutup botol berbentuk sisir, pewarna rambut ini bisa langsung dipulas pada bagian rambut yang diinginkan. Kamu bisa pilih warna red wine, honey brown, blackberry black, tangerine yellow, sunset orange, dan crystal clear. Tidak ada aroma menyengat jadi sangat nyaman digunakan.

Harga Rp. 140.700

Mandom Tancho Treatment Hair Dye

Mandom Tancho Treatment Hair Dye merupakan pewarna rambut yang bisa digunakan dengan mudah. Dibuat oleh produsen lokal, kualitasnya tidak kalah dari pewarna rambut luar. Harganya ekonomis sehingga banyak disukai. Pewarna rambut ini kaya akan kandungan bermanfaat sehingga bisa menjaga kesehatan rambut.

Hasil pewarnaan bisa lebih merata dan rambut juga lebih sehat dan berkilau. Tekstur produknya mirip jeli sehingga bisa mudah digunakan tanpa menetes. Tidak ada bau menyengat karena bahannya berupa silk protein dan wheat protein.

Harga Rp. 17.000-28.000

Samantha Professional Hair Colorant

Untuk rambut beruban, kamu juga bisa mengandalkan Samantha Professional Hair Colorant. Pewarna yang satu ini hadir dalam 8 pilihan warna yang cantik. Formulanya sudah disempurnakan dan membuatnya bisa memberikan hasil pewarnaan yang tahan lama. Pewarna ini akan menutup uban secara merata dan bisa membuat rambut tetap sehat dan halus.

Matrix SoColor

Matrix SoColor merupakan produk penutup uban yang bagus. Dengan teknologi keratin, rambut tidak rentan rusak. Aromanya tidak menyengat sehingga kamu tidak akan terganggu selama proses pewarnaan rambut. Produk ini bisa digunakan oleh pria dan wanita.

Pewarna rambut yang satu ini bisa meningkatkan warna level rambut 3,5 kali lebih banyak tanpa bleaching. Ada banyak pilihan warna yang bisa dilirik. Kamu bisa lirik warna core creative, socolorasia, core palette, basic grey coverage, dan lainnya.

Harga Rp. 53.000-80.000

L’Oreal Professionnel Majirel Absolu

L’Oreal Professionnel Majirel adalah produk rekomendasi kami lainnya. Produk ini cocok untuk kamu yang ingin mewarnai rambut sendiri. Hasil warnanya permanen sehingga kamu tidak perlu mewarnai rambut ulang dalam waktu dekat. Rambut makin halus, lembut, serta bebas kusut. Produk ini hadir dalam 128 pilihan warna mulai tone terang hingga gelap. Pewarnaan bisa dilakukan hanya dalam waktu 35 menit saja sehingga kamu bisa lebih hemat waktu.

Harga Rp. 79.000-176.000

April Skin Turn-up Color Treatment

April Skin Turn-up Color Treatment merupakan produk lain yang bisa kamu lirik. Pilihan warnanya sangat trendi sehingga bikin tampilan kamu jauh dari kata monoton dan kuno. Pewarna ini hanya melapisi bagian luar rambut sehingga tidak merusak bagian dalam rambut. Hasilnya, rambut lebih lembut dan segar warnanya.

Saat pewarnaan juga tidak mengganggu karena aroma buahnya sangat segar. Ada banyak bahan alami di dalamnya, contohnya ekstrak rosemary, lavender, sage, dan jojoba seed oil.

Harga Rp. 145.000-194.000
From our editorial team

Gunakan Peralatan Lengkap saat Mewarnai Rambut

Ketika hendak mewarnai rambut, kamu bisa mewarnai sendiri di rumah atau salon. Nah, jika memilih mewarnai sendiri di rumah, kamu harus memastikan untuk memiliki peralatan lengkap. Kamu wajib memiliki sisir cat rambut dan mangkuk cat rambut. Selain itu, kamu juga wajib memakai sarung tangan dari karet. Pastikan kamu juga memakai cape khusus untuk melindungi area leher dan pundak. Dengan peralatan lengkap, maka mewarnai rambut jadi lebih mudah dan menyenangkan.