Punya Masalah Rambut Rontok? Atasi dengan 9 Rekomendasi Sampo Anti Rontok Formula Terbaik (2021)

Punya Masalah Rambut Rontok? Atasi dengan 9 Rekomendasi Sampo Anti Rontok Formula Terbaik (2021)

Rambut rontok memang jadi masalah yang cukup mengganggu jika dibiarkan begitu saja. Jangan sampai hari-harimu terganggu dengan masalah ini. Yuk, cek dulu berbagai rekomendasi sampo anti rontok dengan formula terbaik yang cocok untuk merawat rambutmu!

Kerontokan Rambut menjadi Masalah Serius bagi Pria maupun Wanita

Banyak orang mengalami rambut rontok, sampai-sampai dianggap normal jika orang mengalaminya. Biasanya, rambut menjadi rontok ketika disisir, dikeramas, atau diikat menggunakan ikat rambut. Yang perlu diketahui, rambut rontok tidak boleh dipandang sebelah mata, lho.

Soalnya, kerontokan yang terus terjadi berpotensi menandakan adanya masalah serius di dalam tubuhmu. Kerontokan dapat disebabkan oleh pengobatan atau penyakit yang sistemik. Selain itu, rambut rontok yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan kebotakan.

Penting sekali untuk mengetahui lebih dulu apa yang bikin rambutmu rontok. Yuk, cek daftarnya di bawah ini. Kira-kira, kenapa kerontokan rambutmu bisa terjadi?

Penyebab Rambut sering Rontok

Stres yang Berlebih

Faktor stres berlebihan berpotensi memicu terjadinya masalah-masalah tertentu pada tubuh. Padahal, hampir semua orang mengalami masalah yang bikin emosi setiap hari, ya? Kamu harus mulai berlatih mengontrol stres, karena tingkat stres yang berlebihan dapat menyebabkan kerontokan pada rambut juga, lho.

Stres akan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Peredaran darah di kepala menjadi menurun dan nutrisi rambut berkurang. Karena itulah, rambut pun menjadi rontok.

Memang sih, rambut rontok yang diakibatkan stres tidak berdampak serius. Kamu bisa mengatasinya tanpa bantuan medis. Tapi yang jelas, kamu harus menanganinya secepat mungkin dengan berkonsultasi kepada psikiater atau melakukan relaksasi.

Kulit Kepala Tidak Sehat

Selain stres, rambut rontok juga dapat disebabkan oleh kulit kepala yang tidak sehat. Kondisi kulit kepala akan memengaruhi kualitas pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang tidak sehat ditandai dengan adanya infeksi jamur, ketombe, atau psoriasis.

Ketombe, secara spesifik, memicu munculnya minyak pada rambut. Sementara infeksi jamur atau kurap ditandai dengan ruam merah dan gatal di kulit kepala disertai rambut patah. Ketika kulit kepala dalam kondisi tak sehat, muncul peradangan sehingga mengakibatkan rambut tidak mudah tumbuh.

Karena Faktor Genetik

Jangan salah, faktor genetik atau keturunan juga dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok, lho. Jadi, kalau orang tua mengalami rambut rontok, anak keturunannya juga berpotensi mengalami hal serupa. Menurut Harvard Health Publishing, faktor keturunan bahkan menjadi faktor utama penyebab kerontokan.

Semakin tua umur kita, kerontokan rambut yang diakibatkan faktor genetik akan terjadi terus-menerus. Hal ini ditandai dengan kebotakan pada pria dan penipisan rambut pada wanita. Untuk itu, kamu harus segera mengatasinya sebelum terjadi hal-hal serius lainnya seperti kebotakan.

Cara Mengatasi Rambut dari Kerontokan

Jangan Keseringan Keramas

Benar bahwa keramas adalah bentuk perawatan penting bagi rambut untuk membersihkannya dari kotoran. Namun, terlalu sering keramas bahkan keramas setiap hari malah membuat rambut rontok, lho. Hal ini terjadi karena sering keramas membuat tekstur rambut yang mulai rusak.

Selain itu, kelembapan rambut pun terancam hilang. Kulit kepala akan menjadi kering, sehingga rambut jadi mudah rontok. Jika kamu ingin menyayangi rambutmu, justru jangan terlalu sering keramas.

Mencuci rambut menggunakan air panas juga tak boleh terlalu sering dilakukan. Ini karena, minyak alami dari kulit kepalamu serta pelumas akar rambut bakal terbuang jika kamu mengguankan air panas untuk keramas. Yang terjadi akhirnya adalah rambut jadi tidak kuat dan mudah rontok.

Menata dan Memperlakukan Rambut dengan Lembut

Rambutmu mengalami kerontokan yang parah? Coba deh perhatikan kembali kebiasaanmu dalam memperlakukan rambut. Soalnya, kebiasaan ini akan berpengaruh pada kekuatan rambutmu.

Salah satu kebiasaan yang berakibat buruk bagi rambut adalah mengikat rambut dengan terlalu kuat. Ikatan ini akan menarik rambut dan menyebabkannya mudah patah dan rontok. Ikat rambutmu dengan longgar saja sehingga rambut tidak rentan patah.

Kebiasaan lainnya yang berpotensi mengakibatkan kerontokan rambut adalah menggunakan alat seperti catokan atau pengering rambut dengan suhu terlampau panas. Meluruskan, mengeriting, dan mewarnai rambutmu menggunakan bahan kimiawi juga membuat rambut jadi lemah dan mudah patah. Untuk mengurangi kemungkinan rambut rontok, gunakan alat-alat dengan heat protector yang dapat menjaga kadar panas pada rambut.

Menerapkan Pola Hidup yang Sehat

Pola hidup yang sehat tidak hanya berdampak pada badan, tapi juga kualitas rambutmu. Bahkan, pola hidupmu sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Gaya hidup yang sehat dapat dicapai dengan menerapkan pola makan yang sehat dan teratur serta mengurangi intensitas stres.

Pastikan, kamu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah, sayuran hijau, daging, dan ikan. Ingat, apa yang kamu konsumsi akan kembali ke tubuhmu sendiri. Jangan lupa berolahraga dan istirahat dengan cukup, ya!

Memakai Bahan Alami untuk Rambut

Bahan-bahan kimia berpotensi mengakibatkan kerusakan pada rambut. Jika rambutmu mudah rontok karena bahan kimia, cobalah menggunakan produk perawatan rambut yang berbasis bahan-bahan alami.

Bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat rambut antara lain adalah minyak kelapa dan lidah buaya. Keduanya diyakini mampu merawat kulit kepalamu dengan baik. Lidah buaya memiliki khasiat untuk mengontrol minyak pada kulit kepala serta membersihkan ketombe. Sedangkan kandungan asam lemak pada minyak kelapa dapat menjadi protein baru bagi rambut.

Memberi Asupan Nutrisi yang Cukup

Umumnya, orang menganggap rambut rontok terjadi karena kesalahan dalam merawat rambut. Belum banyak yang menyadari bahwa kekurangan nutrisi dalam tubuh juga berpengaruh pada kualitas rambut. Kok bisa?

Yap, rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup, lho. Dengan mengonsumsi gizi seimbang, rambut akan tumbuh menjadi lebih tebal dan kuat, serta antirontok. Untuk itulah kenapa kamu sebaiknya juga tidak melakukan pola diet berlebihan karena akan mengakibatkan protein dan zink yang diperlukan rambut jadi berkurang.

Rekomendasi Sampo Anti Rontok yang Cocok untuk Mengatasi Masalah Rambutmu

Natur Shampoo Extract Ginseng 270 ml

Rambut rontok dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu bakal dibuat lelah membersihkan rambut yang tercecer di bantal, lantai, dan lain-lain. Rambut rontok bakal bikin stres, deh!

Kenapa kamu nggak mencoba Natur Shampoo Extract Ginseng 270 ml? Sampo anti rontok satu ini menggunakan bahan alami ekstrak ginseng yang menguatkan rambut hingga ke akar. Kandungan zat bioaktif di dalamnya bersama vitamin dan mineral akan membantu mengoptimalkan deep conditioning serta melancarkan peredaran darah.

Selain itu, Sampo Anti Rontok Natur Ginseng 270 ml juga membantu mencegah kerontokan rambut, meningkatkan ketebalan rambut, serta membenahi folikel rambut.

Tenang, sampo ini juga dijual dalam bentuk sepaket dengan kondisionernya, lho. Jadi, kamu nggak perlu repot membelinya.

Harga Rp. 34.500-120.000

Head & Shoulder Supreme Anti Hairfall 330 ml

Siapa sih yang nggak pengen punya rambut kuat, lembap, dan sehat? Tenang, mendapatkan rambut semacam itu sudah bukan impian siang bolong. Dengan sampo anti rontok satu ini, kamu bisa mendapatkan semua manfaat terbaik bagi rambutmu!

Head & Shoulder Supreme Anti Hairfall 330 ml memiliki formula khusus yang akan melembabkan rambutmu secara natural hingga ke kulitnya.

Ini karena formula sampo Head & Shoulder bekerja untuk mengunci air, sehingga rambut tidak gampang kering. Rambut pun jadi lebih berkilau jika kamu memakainya dengan teratur. Kandungan itu terbukti mampu membuat rambut kilau berlebih lama. Selain itu, sampo anti rontok ini juga diperkaya dengan esense alpukat, ZPT, serta kondisioner yang bikin sampo Head & Shoulder Supreme Anti Hairfall 330 ml tahan sampai 72 jam.

Harga Rp. 48.500-103.000

L’Oreal Fall Resist 3X Anti Hair Fall Shampoo 330 ml

Tahu nggak sih, rambut rontok disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Untuk itu, kamu perlu memastikan sampo yang kamu pakai kaya akan bahan-bahan bermanfaat.

Nggak perlu bingung, karena sekarang sudah ada L’Oreal Fall Resist 3X Anti Hair Fall Shampoo 330 ml yang kandungan nutrisinya siap menguatkan rambutmu.

Arginine essence di dalam L’Oreal Fall Resist 3X Anti Hair Fall Shampoo 330 ml merupakan protein yang esensial untuk menumbuhkan rambut. Formula Fall Resist 3X di dalamnya mewakili 3 aksi untuk membasmi rambut rontok. Mulai dari menutrisi, memperkuat akar rambut, hingga mengurangi kerontokan.

Sebuah sumber menyebutkan, sampo anti rontok satu ini mampu menekan angka kerontokan rambut sampai 97 perssen, lho. Jadi, tunggu apalagi? Pakai L’Oreal Fall Resist 3X Anti Hair Fall Shampoo dan rasakan manfaatnya!

Harga Rp. 47.200-59.900

Intense Shampoo Anti Rontok 100 ml

Kalau kamu berpikir mengobati rambut rontok bakal ribet, berarti selama ini kamu salah sangka. Gunakan Intense Shampoo Anti Rontok 100 ml. Satu langkah sederhana bakal membantumu mengembalikan kesehatan dan kekuatan rambut.

Soalnya, sampo anti rontok ini dirancang dengan formula istimewa yang mengandung 15 asam amino dan pro vitamin B5. Zat ini bertugas menangkal rambut rontok yang berlebih. Nggak hanya itu, kandungannya juga mampu menumbuhkan rambut baru secara lebih cepat, lho.

Selain itu, Intense Shampoo Anti Rontok 100 ml memiliki ukuran kecil dan praktis. Dengan begitu, kamu mudah membawanya ke mana-mana. Pemakaiannya pun mudah, cukup diaplikasikan di rambut dan didiamkan hingga 5 menit, lalu dipijat dan bilas sampai bersih.

Harga Rp. 28.000-131.040

Garnier Neril Anti Loss Guard Shampoo 200 ml

Kebanyakan orang memperhatikan kualitas bahan alami yang terkandung dalam sampo anti rontok. Kalau kamu salah satunya, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk mengganti sampomu dengan Garnier Neril Anti Loss Guard Shampoo. Produk unggulan dari Garnier ini dilengkapi dengan bahan-bahan natural, lho. Apa saja?

Garnier Neril Anti Loss Guard Shampoo 200 ml memiliki kandungan chamomile dan birch yang berfungsi mengurangi intensitas rambut rontok. Ekstrak piroctone olamine-nya membantu membasmi bakteri yang menyebabkan ketombe pada rambut. Selain itu, konsentrat wheat serta cartham oil di dalamnya akan menjaga rambutmu agar tumbuh dengan sehat.

Dengan segala keunggulan itu, rambutmu akan tumbuh dengan lebih sehat, kuat, dan terjaga nutrisinya. Jadi, sudah yakin untuk beralih ke sampo anti rontok berbahan alami? Yuk, coba pakai Garnier Neril Anti Loss Guard Shampoo 200 ml dan nikmati manfaatnya!

Harga Rp. 64.900-70.607

Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo 320 ml

Kesehatan rambut sangat mungkin dipengaruhi oleh kondisi kulit kepala. Makanya, kamu perlu mempertimbangkan sampo anti rontok yang bukan hanya menguatkan rambut, tapi juga menyehatkan kulit kepala. Coba deh, pakai Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo.

Sampo anti rontok ini diformulasikan untuk menjaga rambut dari iritasi. Kandungan trichazole bekerja untuk memberikan nutrisi tepat pada akar rambut demi membuatnya tetap kuat. Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo mampu menguatkan tiap helai rambutmu sampai 98%, lho. Bahkan, sampo anti rontok ini diprediksi mampu mengurangi rambut rontok dalam pemakaian rutin selama 2 minggu.

Tenang, Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo 320 ml bebas dari silikon dan bahan berbahaya. Jadi, kamu nggak perlu khawatir memakainya!

Harga Rp. 34.500-45.000

Pantene Hair Fall Control Shampoo 480 ml

Percaya nggak sih, rambut yang indah dan sehat akan membantu meningkatkan rasa percaya diri? Yap, itulah kenapa, perawatan rambut perlu dilakukan secara serius. Bukan untuk orang lain, perawatan ini justru untuk dirimu sendiri.

Nggak perlu berpikir dua kali, karena kamu hanya perlu memakai Pantene Hair Fall Control Shampoo 480 ml. Sampo anti rontok yang cocok dipakai di semua golongan umur ini dirancang dengan formula terbaik yang terbukti efektif untuk mencegah rambut rontok.

Kandungan di dalamnya juga akan memperkaya nutrisi rambut sampai pada lapisan rambut terdalam, serta menjaganya dari terik matahari.

Nggak hanya itu, Pantene Hair Fall Control Shampoo 480ml aman digunakan karena tidak mengandung bahan yang membahayakan rambut. Apalagi buat kamu yang sering blow dry rambut, Pantene Hair Fall Control Shampoo 480 ml menjaga rambutmu dari kerusakan. Belum lagi aromanya yang harum sepanjang hari, bikin kamu makin percaya diri!

Harga Rp. 39.000-73.000

Clear Anti Hairfall 340 ml

Nggak hanya merusak kulit wajah, paparan sinar matahari bisa bikin kulit kepala berminyak. Kalau nggak dirawat dengan benar, rambut bisa mudah patah. Untuk itu, kamu butuh sampo anti rontok Clear Anti Hairfall 340 ml.

Sampo ini dirancang dengan inovasi hair lock technology yang berfungsi menjaga kekuatan rambut sampai ke akar. Kandungan nutrient, vitamin, serta mineral di dalam Nutriun 10-nya bekerja optimal untuk membasmi minyak serta ketombe. Dengan rambut yang sehat, kemungkinan kerontokan akan semakin kecil! Penasaran, kan?

Harga Rp. 36.600-199.000

Grafen Root Booster Shampoo 500 ml

Ini dia, sampo anti rontok nomor satu di Korea Selatan, Grafen Root Booster Shampo 500 ml. KFDA sudah membuktikan bahwa sampo ini sangat efektif untuk mengurangi kerontokan rambut.

Nggak hanya itu, Grafen Root Booster Shampoo 500 ml bekerja dengan baik untuk membersihkan kotoran di kulit kepala, menyehatkan, serta menutrisi rambut.

Kandungan di dalam sampo Grafen Root Booster juga dijamin aman. Dengan 25 kandungan bahan alami serta 9 macam ekstrak herbal seperti teh hijau dan kacang hitam membantu menjaga kulit kepala dari iritasi dan radang. Rambut tebal, sehat terawat, hanya dengan produk satu ini.

Harga Rp. 260.000-676.390
From our editorial team

Berikan Perawatan Ekstra sebelum Terjadi Kerontokan Rambut

Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang wajib diperhatikan dengan ekstra. Kamu membutuhkan perawatan yang tepat agar rambut tetap indah dan sehat. Cobalah beralih pada salah satu sampo yang direkomendasikan BP-Guide. Jangan tunggu sampai rambutmu mengalami kerontokan yang cukup parah, ya!

Tag