Jangan Biarkan Kerontokan Rambut Semakin Parah, Gunakan 10 Rekomendasi Sampo Rambut Rontok Ini (2021)

Jangan Biarkan Kerontokan Rambut Semakin Parah, Gunakan 10 Rekomendasi Sampo Rambut Rontok Ini (2021)

Sumber gambar pixabay.com

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sering dialami baik oleh pria maupun wanita. Jika kamu memiliki masalah yang satu ini, kamu bisa merawat rambutmu dengan produk khusus rambut rontok yang aman digunakan. Jangan sampai kamu salah memilih sampo untuk membersihkan rambutmu ya!

Rambut Rontok Merupakan Salah Satu Tanda Kulit Kepala Tidak Sehat

Sumber gambar www.sentinelassam.com

Memiliki rambut yang sehat adalah impian bagi setiap orang. Meski demikian kadang kita mengalami masalah rambut yang membuatnya terlihat kurang terawat. Salah satu masalah rambut yang kerap dialami banyak orang adalah rambut rontok. Rambut rontok adalah suatu kondisi di mana helaian rambut terlepas dari kulit kepala.

Kerontokan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti faktor genetis, hormonal, konsumsi obat-obatan, pemakaian produk yang tidak tepat dan lainnya. Masalah rambut rontok tentu harus ditangani dengan serius agar tidak semakin parah. Dalam dunia medis, kondisi rambut rontok disebut dengan istilah Telogen Effluvium atau TE dan jika tidak diatasi bisa menyebabkan kebotakan atau alopecia. Ketahui akar permasalahan kulit kepala dengan baik untuk mengatasi rambut rontok.

Tips Memilih Sampo untuk Mengatasi Rambut Rontok

Pilihlah Sampo yang Sesuai dengan Kondisi Kulit Kepala

Sampo adalah produk perawatan rambut yang tentu berpengaruh pada kesehatan kulit kepala. Pada dasarnya setiap shampo mengandung dua jenis bahan utama yakni pembersih dan pelembut. Persentase zat tersebut tentunya disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala.

Ada beberapa sampo yang khusus diformulasikan untuk masalah rambut rontok. Jika kamu memiliki masalah rambut rontok pastikan kamu memilih produk sampo yang sesuai dengan kulit kepala dan permasalahannya. Jangan memilih sampo hanya karena parfum atau wangi yang dikandung sampo tersebut karena bisa jadi zat yang terkandung di dalamnya tidak baik untuk kulit kepala.

Kenali Penyebab Kerontokan

Sumber gambar www.news-medical.net

Kerontokan rambut memang kerap terjadi pada sebagian orang dan dianggap wajar. Meskipun demikian jika kerontokan rambut yang dialami di luar kewajaran tentu kamu harus waspada. Rambut yang rontok terus menerus bisa menyebabkan kebotakan dan masalah komplikasi permanen. Salah satu cara mengetahui jika kamu mengalami kerontokan rambut yang tidak wajar adalah terlalu banyak helai rambut yang lepas saat menyisir dan beberapa area kulit kepala nampak tipis.

Umumnya setiap hari rambut akan rontok hingga 50 helai dan lebih dari itu bisa dikatakan tidak normal. Ada banyak faktor penentu yang menyebabkan masalah rambut rontok seperti genetik, stres, hormon, kosmetik, riwayat penyakit atau penggunaan hijab. Ada baiknya kamu mengenali penyebab kerontokan agar bisa menanganinya dengan tepat. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui penyebab pasti dan cara penanganannya.

Utamakan Sampo yang Terbuat dari Bahan-bahan Alami

Sumber gambar africanhairinfo.com

Saat ini ada banyak produk sampo yang beredar di pasaran dan agar terhindar dari rambut rontok sebaiknya kamu memilih shampo dari bahan alami. Ketahui bahan pembuat sampo dan pastikan sampo yang kamu gunakan tidak mengandung bahan berbahaya.

Sampo dengan bahan alami biasanya akan mengandung bahan yang berasal dari alam tentunya dengan kandungan vitamin dan protein yang diperlukan oleh rambut. Ada juga bahan alami alternatif yang bisa dijadikan penggunaan sampo yang saat ini banyak mengandung detergen. Ketahui dengan jelas cara menggunakan bahan alami tersebut untuk membersihkan rambut dengan maksimal tanpa menyebabkan rambut rontok.

Pilihlah Sampo yang Melembapkan dan Menutrisi Rambut

Sumber gambar www.lifehack.org

Selain memilih sampo dengan bahan alami, kamu juga sebaiknya memilih sampo yang bisa menutrisi serta melembapkan rambut dengan baik. Rambut yang lembap dan ternutrisi tentunya akan terlihat lebih sehat dan terhindar dari kerontokan. Untuk memastikan sampo yang tepat, bacalah kandungan sampo sebelum membeli dan cari bahan pelembap pada label tersebut.

Biasanya bahan-bahan yang melembapkan terkandung dalam sampo berlabel moisturizing. Sampo pelembap biasanya mengandung keratin, minyak alami, atau asam hialuronat maupun pelembap lainnya. Hindari menggunakan produk sampo dengan efek mengembangkan rambut atau volumizing karena biasanya jenis sampo ini cenderung membuat rambut terasa kering.

Intip Cara Ampuh Merawat Rambut agar Bebas dari Kerontokan

Hindari Menyisir Rambut Saat Basah

Sumber gambar www.pantene.com.ph

Kadang kita tidak begitu mengetahui bagaimana cara merawat rambut dengan baik dan akhirnya malah memperparah kondisi rambut rontok. Salah satu tips merawat rambut rontok adalah dengan tidak menyisirnya ketika basah. Rambut yang basah memang lebih mudah disisir tapi justru bisa memperparah rambut rontok karena setelah keramas rambut justru dalam kondisi rapuh. Sebaiknya kamu menyisir rambut dalam keadaan setengah kering baru kemudian mengaplikasikan vitamin rambut jika diperlukan.

Pijat Kulit Kepala Secara Teratur

Sumber gambar www.huffpost.com

Ada beberapa cara mengurangi rambut rontok, salah satunya juga dengan memijat kulit kepala secara rutin. Pemijatan kulit kepala bisa meningkatkan aliran darah pada folikel rambut sehingga akar rambut cukup mendapatkan nutrisi dan oksigen.

Dengan memperbaiki sirkulasi oksigen dan nutrisi pada rambut, akar rambut yang ada pada kulit kepala tentu akan jadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Sebuah studi menunjukkan bahwa memijat kulit kepala secara rutin efektif mengurangi kerontokan rambut akibat androgenic alopecia. Memijat kulit kepala juga dapat membuka pori-pori dan mendorong keluarnya kotoran serta minyak berlebih pada kulit kepala sehingga membuatnya lebih bersih dan rileks.

Tidur yang Cukup

Sumber gambar www.entrepreneur.com

Siapa sangka jika tidur juga merupakan salah satu kunci mendapatkan rambut yang sehat. Meskipun sepele, tidur yang cukup selama 7 hingga 8 jam sehari mampu mengurangi stres tubuh dan kerontokan rambut. Pastikan kamu mendapat cukup tidur dan tidak stres jika ingin rambutmu tetap sehat.

Hindari Paparan panas Pada Rambut

Sumber gambar www.study365.co.uk

Penggunaan alat styling pada rambut juga dapat memicu kerontokan. Panas yang ditimbulkan oleh alat seperti hair dryer, curling iron dan alat pemanas rambut lainnya bisa merusak rambut jika digunakan terus menerus dan tanpa perawatan khusus. Setelah keramas, sebaiknya kamu mengeringkan rambut dengan cara alami tanpa bantuan hair dryer dan sebisa mungkin hindari penggunaan alat pemanas jika tidak diperlukan. Hindari juga mencuci rambut dengan air panas karena bisa membuat kulit kepala kering dan memperparah kerontokan rambut.

Pakailah Produk untuk Rambut Rontok

Sumber gambar www.express.co.uk

Saat ini ada banyak produk perawatan rambut yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Untuk mengatasi rambut rontok, kamu tentu harus memilih produk yang khusus diformulasikan untuk masalah tersebut.

Pilih sampo dengan klaim anti hairfall atau anti rambut rontok atau bisa juga memilih sampo dengan kandungan bahan alami. Selain menggunakan sampo, kamu juga bisa menggunakan produk lain seperti vitamin atau tonik yang dapat menutrisi rambut serta kulit kepala agar permasalahan rambut rontok bisa diatasi dengan maksimal.

Rekomendasi Sampo Rambut Rontok Terbaik yang Bisa Kamu Coba

L'Occitane Aromachologie Intensive Repair

L'Occitane Arkmachologie Intensive Repair adalah salah satu produk shampo rambut rontok yang bisa kamu coba. Sampo ini mengandung anti breakage complex yang terdiri dari lima minyak esensial alami yakni sweet orange oil, ylang-ylang, lavender, angelica dan geranium oil, serta amino acid, yang dapat membantu merawat helai rambut secara alami.

Sampo ini juga mengandung vitamin B5 yang berfungsi menghaluskan, melembutkan, serta melindungi helai rambut dari kerusakan. Sampo ini sudah terbukti dan memiliki hasil uji yang cukup mengesankan, 92% wanita yang diuji merasa rambut mereka lebih baik dan 89% merasa rambutnya lebih sehat dalam empat minggu.

Sampo dengan tekstur gel ini memiliki aroma yang segar dan terbukti efektif dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut dan memancarkan kilau alaminya.

Harga Rp. 437.200-826.000

Sensatia Botanicals Calming Shampoo

Untuk rambut rontok, tentunya kamu harus memilih sampo yang tepat. Salah satu sampo yang bisa kamu gunakan adalah Sensatia Botanicals Calming Shampoo. Sampo ini mengandung bahan alami yang baik untuk kulit kepala serta dapat melembapkan secara maksimal. Tidak hanya itu, sampo tanpa kandungan silikon, paraben, phtalate, minyak sawit, dan sulfat ini ampuh mengatasi ketombe dan dapat digunakan untuk rambut yang berminyak dan cenderung mudah rontok. Sampo ini memiliki level keasaman atau pH sekitar 4.5 hingga 6, cocok digunakan oleh wanita hamil sekalipun

Harga Rp. 180.000-340.000

Mane n' Tail Herbal Gro

Mane n Tail Herbal Shampo adalah produk sampo herbal dengan kandungan olive oil yang mampu menutrisi dan menguatkan akar rambut untuk mencegah kerontokan. Selain dapat menguatkan akar rambut, sampo ini juga mampu melembutkan rambut rusak. Diperkaya dengan Micro Enriched Protein, formula dalam shampo ini efektif mencegah rambut rusak sehingga rambut dapat tumbuh lebih panjang dan kuat. Sampo ini juga cocok digunakan pada rambut yang telah mengalami proses kimia.

Harga Rp. 135.000-180.000

Mylea Shampoo Ginseng

Ginseng dikenal sebagai salah satu bahan herbal yang efektif menguatkan dan menutrisi akar rambut. Mylea Shampo Ginseng bisa jadi solusi menangani rambut rontok. Sampo ini mengandung formula khusus yang bebas silikon sehingga dapat membersihkan rambut tanpa meninggalkan penumpukan kotoran pada kulit kepala. Sangat cocok digunakan pada jenis rambut yang tipis dan mudah rontok. Gunakan sampo secara rutin dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga Rp. 40.000-60.900

Serasoft Hair Fall Treatment

Serasoft Hair Fall Treatment adalah sampo yang khusus diformulasikan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Mengandung DHA serum yang diformulasikan dengan teknologi Jepang, sampo ini dapat menutrisi rambut dari dalam. Sampo ini juga mengandung Sophora root yang berfungsi memperkuat akar rambut sekaligus mengurangi kerontokan. Kamu bisa mencobanya jika memiliki masalah rambut rontok dan ingin menggunakan sampo berbahan alami.

Harga Rp. 22.900-28.000

Erha Erhair DF Hair Grow Shampoo

Erha adalah brand kecantikan lokal yang juga punya produk perawatan rambut. Erha Erhair DF Hair Grow Shampoo bisa kamu coba jika kamu memiliki rambut rontok. Sampo ini khusus diformulasikan untuk mengurangi kerontokan rambut dan menutrisi kulit kepala sehingga dapat menumbuhkan rambut baru dengan cepat. Produk ini mengandung serum dan ekstrak cucurbita Pepo seed, ekstrak ginseng dan niacinamide yang dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

Diperkaya juga dengan ekstrak pumpkin seed yang dapat menghambat pembentukan DHT yang diketahui sebagai penyebab rambut rontok. Sampo ini aman digunakan setiap hari. Hasil pemakaian sampo ini akan lebih terasa jika dibarengi dengan penggunaan produk perawatan lainnya dari Erhair. Bisa digunakan baik oleh pria maupun wanita.

Harga Rp. 57.700-172.500

Green Angelica Hair Nutrition Shampoo

Green Angelica Hair Nutrition Shampoo adalah produk yang tepat untuk mencegah dan mengatasi masalah rambut rontok termasuk jika rambut kamu sudah terlihat sangat menipis. Sampo ini terbuat dari bahan alami yang sudah terbukti mampu mencegah dan mengatasi masalah rambut rontok serta dapat merangsang folikel rambut menjadi lebih sehat.

Tidak hanya mengurangi rambut rontok, sampo ini juga dapat mengatasi masalah ketombe dan minyak berlebih pada kulit kepala sehingga rambut terlihat lebih sehat dan bercahaya. Kamu yang punya masalah rambut kering atau lepek juga bisa menggunakan sampo ini setiap hari.

Harga Rp. 166.900-299.700

Daeng Gi Meo Ri

Daeng Gi Mei Ri adalah produk shampo asal Korea yang terbuat dari bahan herbal yang cocok digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Sesuai klaimnya, sampo ini mengandung bahan aktif Air Changpo (Acorus calamus Linne) yang telah lama digunakan masyarakat Korea untuk merawat rambut mereka. Beberapa manfaat shampo ini antara lain membersihkan kulit kepala, menguatkan akar rambut, mengurangi rambut rontok, dan mencegah timbulnya uban. Disarankan untuk menggunakan produk ini dua hari sekali demi mendapatkan hasil yang optimal.

Harga Rp. 85.000-125.000

Garnier Neril Anti-Loss Guard Shampoo

Dikenal sebagai produk perawatan kulit, Garnier juga punya lini produk perawatan rambut yang tak kalah berkualitas. Garnier Neril Anti-loss Guard adalah produk sampo yang dapat mengatasi masalah rambut rontok dan menjadikannya terlihat lebih sehat berkilau. Sampo ini mengandung chamomile dan birch yang dapat membantu menutrisi akar rambut dan mengembalikan keratin pada helaiannya. Gunakan produk ini saat keramas dan pijat pada kulit kepala selama beberapa saat untuk mendapatkan hasilnya.

Harga Rp. 63.000-69.000

Eternaleaf Indonesia Moisturizing Shampoo

Eternaleaf Indonesia Moisturizing Shampoo adalah sampo alami yang diperkaya dengan minyak esensial buah merah dari Papua yang dikenal memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi. Betakaroten yang terkandung dalam buah tersebut dapat memperbaiki kondisi rambut rusak.

Selain itu, sampo ini juga diperkaya dengan beberapa vitamin seperti vitamin E dan omega 3, 6 dan omega 9 yang membuat rambut tampak lebih sehat. Selenium yang terkandung dalam sampo ini adalah bahan aktif yang dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Diproses dengan teknologi modern, sampo ini bisa jadi alternatif yang cocok untuk kamu yang memiliki masalah rambut rontok.

Harga Rp. 130.000-246.000
From our editorial team

Jangan Abaikan Rambut Rontok!

Masalah rambut rontok kerap menjadi masalah yang kadang disepelekan oleh banyak orang. Jika kamu mengalami hal ini sebaiknya kamu tidak menyepelekannya. Kerontokan rambut yang terjadi terus-menerus bisa menyebabkan kebotokan dan tentu itu akan membuatmu tak percaya diri, bukan? Pilih produk perawatan rambut yang diformulasikan untuk rambut rontok dan ikuti cara yang benar untuk merawat kulit kepala supaya rontok tidak semakin parah.

Tag