Tampil Beda di Tahun Baru dengan 10 Rekomendasi Perpaduan Warna Cat Rambut yang Bagus Ini (2021)

Tampil Beda di Tahun Baru dengan 10 Rekomendasi Perpaduan Warna Cat Rambut yang Bagus Ini (2021)

Mengganti warna rambut bisa menjadi salah satu cara untuk mengubah penampilan. Jangan takut untuk tampil beda dengan warna rambut yang tidak biasa. Nih, BP-Guide akan memberikan rekomendasi perpaduan warna cat rambut yang bisa kamu contek sekarang juga!

Ganti Warna Rambut, Kenapa Tidak?

Bukan rahasia lagi bahwa rambut adalah mahkota untuk kaum hawa. Mereka akan sukarela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan rambut yang indah untuk menunjang penampilan.

Tren rambut sendiri mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Jika dulu rambut hitam, panjang, dan berkilau yang jadi idaman, maka kini wanita semakin berani bereksperimen dengan warna rambut mereka. Rambut yang berwarna juga bisa membuat wanita terlihat semakin cantik lho. Kini banyak wanita tidak lagi takut untuk bermain dengan warna-warna ekstrem seperti blonde atau pink yang tidak lazim di Indonesia.

Memasuki tahun yang baru, ini bisa jadi momentum pas untuk kamu yang ingin mengubah penampilan. Salah satunya adalah dengan mengganti warna rambut. Kenapa tidak?

Teknik Pewarnaan Rambut yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Pergi ke Salon

Highlight

Sumber gambar www.matrix.com

Highlight banyak dipilih oleh mereka yang tidak ingin mewarnai rambutnya secara total. Tujuan dari highlight adalah memberikan tekstur yang berbeda pada rambut. Oleh karena itu, warna yang dipilih biasanya adalah warna yang kontras dengan warna asli rambut.

Warna ini kemudian diaplikasikan pada bagian tertentu saja untuk membuat rambut terlihat lebih bervolume.

Bayalage

Sumber gambar www.elle.com

Bayalage juga dikenal dengan sebutan bailage. Bayalage berasal dari bahasa Perancis. Artinya adalah pewarnaan bernuansa emas pada rambut untuk menghasilkan efek gradasi yang natural.

Teknik bayalage dilakukan dengan cara memberikan warna keemasan pada setiap helai rambut dengan menggunakan jari tangan. Proses ini tidak memerlukan haircap atau aluminium foil. Hasilnya pun akan terlihat lebih alami daripada highlight.

Bleaching

Sumber gambar stylecraze.com

Bleaching adalah teknik pewarnaan rambut yang sangat populer. Ini adalah proses menghilangkan pigmen warna asli rambut. Tujuannya supaya zat warna mudah meresap ke dalam rambut dan menghasilkan warna sesuai yang diinginkan. Proses ini biasanya harus dilakukan jika seseorang ingin mewarnai rambutnya dengan warna-warna yang terang.

Warna terang seperti blonde atau pink membutuhkan proses bleaching berulang kali. Apalagi untuk wanita Indonesia yang warna asli rambutnya cenderung gelap. Jika kamu mewarnai rambut tanpa melewati proses bleaching terlebih dahulu, hasil akhirnya biasanya akan menjadi lebih gelap dari seharusnya.

Temporary Coloring

Sumber gambar pinterest.com

Temporary coloring adalah teknik mewarnai rambut dengan cat yang mengandung hidrogen peroksida tanpa ada kandungan amonia. Karena sifatnya semi permanen, cat rambut hanya melapisi batang rambut bagian luar saja. Tidak heran pewarnaan rambut seperti ini mudah hilang, biasanya hanya dengan beberapa kali keramas saja.

Namun keunggulannya adalah lebih aman untuk kesehatan rambut. Kamu bahkan tidak perlu pergi ke salon karena bisa mewarnai rambutmu sendiri. Temporary hair coloring bisa berbentuk spray atau serbuk.

Permanent Coloring

Sumber gambar www.southernliving.com

Berbeda dengan temporary coloring yang sifatnya hanya sementara, permanent coloring menggunakan cat rambut yang memiliki kandungan hidrogen peroksida dan amonia. Kedua bahan ini bekerja mengangkat pigmen asli rambut agar warna baru bisa meresap sempurna.

Mewarnai rambut dengan permanent coloring memang bisa menghasilkan warna yang lebih pekat dibandingkan dengan pewarna rambut sementara. Namun yang harus diperhatikan adalah teknik pewarnaan seperti ini tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Jadi kamu harus rajin-rajin merawar rambut agat tidak kering, kusut, atau bercabang.

Jaga Warna Rambut Indah dengan Produk Perawatan Khusus Ini

Klorane Color Enhancing Conditioner with Pomegranate

Pertama ada rekomendasi dari Klorane Color Enhancing Conditioner with Pomegranate. Kondisioner ini khusus dibuat untuk merawat rambut yang rusak akibat diwarnai. Warna rambut jadi lebih awet, tahan lama, serta mencegah warna rambut luntur.

Produk ini bekerja memberikan nutrisi keratin pada rambut dan sebagai antioksidan alami. Bebas dari paraben, bebas silikon, dan bebas sulfat sehingga aman untuk segala jenis rambut. Fungsi lain dari produk ini adalah melembutkan dan menghaluskan rambut serta menutrisi dari akar hingga ujung rambut. Kamu tidak perlu lagi khawatir akan kerusakan rambut!

Harga Rp. 130.000-270.000

Love Beauty and Planet Blooming Color Murumuru Butter & Rose

Merawat rambut yang diwarnai tidak boleh sembarangan. Pastikan kamu pakai Love Beauty and Planet Blooming Color Murumuru Butter & Rose sebagai kondisioner. Diperkaya kandungan amazonian murumuru butter yang melembapkan dan melindungi kilau rambut, membuat rambut jadi lebih berkilau. Sementara bulgarian rose memberikan keharuman dan kesegaran yang tahan lama pada rambut.

Keunggulan dari produk ini adalah dikemas dalam botol ramah lingkungan yang 100% daur ulang. Produk ini juga tersertifikasi vegan, cruelty free, bebas silikon, bebas pewarna, dan bebas paragon. Teknologi cepat bilas di dalamnya mampu membantumu untuk hemat air!

Harga Rp. 25.000-80.000

TRESemmé Color Radiance & Repair For Bleached Hair

Rambut yang melewati proses bleaching harus benar-benar dijaga kesehatannya. TRESemmé Color Radiance & Repair For Bleached Hair diformulasikan khusus untuk mengembalikan kesehatan rambut yang rusak akibat diwarnai. Diperkaya plant placenta extract yang bekerja menutrisi rambut.

Sampo ini mampu melindungi warna rambut dari kelunturan dan merawat rambut yang rusak karena bleaching sejak pertama kali pemakaian. Dapatkan warna rambut yang lebih berkilau dan tahan lama.

Harga Rp. 85.000-130.000

L'Oreal Color Vive Protecting Shampoo

Selanjutnya ada rekomendasi dari L'Oreal Color Vive Protecting Shampoo. Produk ini diciptakan khusus untuk melindungi warna rambut secara khusus, menjaganya tetap indah dan berkilau. Formulanya dapat menutrisi rambut secara penuh dari akar hingga ujung. Teknologi pemantul cahaya membantu menambah kilau warna pada rambut.

Color Vive Shampoo ini mengandung nutrisi konsentrat untuk menjaga rambut tetap halus dan lembut. Kandungan UVA dan UVB Filter mampu melindungi rambut terhadap agresi dari luar. Memberikan perlindungan pada warna rambut hingga 7 minggu lamanya!

Harga Rp. 30.000-50.000

Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Cream Kiwi

Tidak perlu takut rambut menjadi rusak dan kulit kepala menjadi kering karena kamu suka mewarnai rambut. Ada Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Cream Kiwi, produk yang diciptakan khusus untuk merawat rambut yang diwarnai tanpa harus ke salon. Diperkaya kandungan kiwi extract yang bekerja menutrisi dari akar hingga ke batang rambut.

Diperkuat dengan asam amino keratin yang merupakan unsur vital dalam pembentukan keratin untuk membuat rambut lebih sehat, kuat, dan tetap berkilau. Selain itu, Omega 6 yang diambil dari minyak nabati pasiflora dipercaya dapat melembapkan rambut dan menjaganya tetap lembut. Produk ini 100% halal, mengandung pH seimbang yang aman untuk rambut dan bebas dari paraben.

Harga Rp. 6.500-95.000

Rekomendasi Perpaduan Warna Rambut yang Dapat Menyegarkan Penampilanmu

Hitam dan Lavender

Sumber gambar hairmotive.com

Perpaduan warna yang pertama ini sangat cocok buat perempuan Indonesia. Gradasi lavender untuk rambut yang berwarna hitam akan membuatnya semakin menawan dan mempesona. Lavender adalah warna dengan sentuhan keabuan yang sangat pas untuk rambut berwarna gelap.

Kamu masih bisa mempertahankan warna akar rambut hingga ke tengahnya tetap berwarna hitam karena tidak perlu melalui proses bleaching. Warna lavender bisa dimulai dari pertengahan rambut hingga ke ujung. Efek fading alias memudar akan membuat rambut terlihat semakin dramatis. Kamu akan tetap bisa tampil elegan kapan saja dengan warna rambut ini. Jadi, udah siap tampil beda belum nih?

Pastel Pink Sombre

Sumber gambar koreaboo.com

Tren rambut ombre sepertinya belum hilang di tahun 2021 ini. Buat kamu yang terkena demam K-Pop dan K-Drama, nggak ada salahnya mencoba warna rambut pink pastel sombre ala seleb Korea. Berbeda dengan ombre yang perubahan warnanya cukup ekstrem, sombre memberikan hasil akhir yang lebih lembut dan natural. Warnanya sengaja dibuat tidak terlalu mencolok.

Pilihan warna yang kalem cocok banget buat kamu yang berkepribadian feminin dan selalu ingin tampil elegan. Pink pastel adalah warna yang paling populer untuk gaya rambut ini. Gaya rambut ini sempat dipopulerkan oleh Sana, personil dari girl group TWICE dan menjadi salah satu tren yang menjamur di Korea juga lho!

Green Pearl dan Hitam

Sumber gambar pinterest.com

Kamu suka tantangan dan tidak takut mencoba hal baru? Ada warna baru yang bisa kamu coba selain blonde, pink, atau oranye. Berikan aksen berbeda pada rambutmu dengan warna green pearl ini. Warnanya yang mencolok mencerminkan kepribadianmu yang pemberani dan suka dengan tantangan.

Tenang saja, perpaduan rambut ini sama sekali nggak terlihat norak, kok. Bagusnya lagi, warna rambut ini sangat cocok untuk semua jenis rambut, juga mau rambut panjang atau pendek. Kalau kamu mau lihat referensinya, kamu bisa cek gaya rambut Kylie Jenner yang pernah mencoba rambut ombre green pearl. Untuk menghasilkan warna yang sempurna kamu perlu melakukan bleaching pada rambut yang akan kamu warnai.

Rose Brown

Sumber gambar wella.com

Wanita yang memiliki kulit cenderung gelap biasanya merasa kesulitan untuk memilih warna rambut yang sesuai. Rekomendasi warna rose brown ini akan membuat penampilanmu terlihat lebih elegan.

Kamu bisa mendapatkan warna ini dengan memadukan dua warna berbeda, yaitu cokelat dan pink. Cokelat adalah warna yang aman untuk semua warna kulit, tidak terkecuali kulit gelap. Paduan warna pink memberikan sentuhan pada cokelat agar tidak terlihat biasa. Warna rambut ini akan terlihat lebih cantik jika terkena sinar matahari. Meski cocok untuk semua tipe rambut, warna rambut ini akan terlihat lebih istimewa pada rambut yang bergelombang

Black Blondie

Sumber gambar pinterest.com

Black blondie yang dimaksud di sini adalah black on top, blondie on down. Ini adalah salah satu warna rambut yang tidak kenal waktu dan terus populer dari tahun ke tahun. Akar rambut sampai batang tetap berwarna hitam, sementara batang hingga ujung diwarnai blonde.

Pas banget untuk kamu yang tidak ingin melakukan pewarnaan hingga ke akar rambut. Ini akan memberikan kesan rambut yang lebih natural. Tetapi kamu tetap harus melakukan bleaching para tengah batang hingga ujung untuk mendapatkan warna blonde yang sempurna.

Ash Brown

Sumber gambar www.byrdie.com

Jika kamu ingin tampil beda tanpa terlihat terlalu ekstrem, warna ash brown bisa kamu coba. Ash brown memberikan hasil akhir yang lebih natural ketimbang ash grey atau ash blonde. Kamu bisa memilih tingkat kegelapannya sesuai seleramu juga.

Untuk menciptakan warna ash brown yang lebih terang, biasanya cat rambut yang digunakan adalah perpaduan warna cokelat dan perak. Tetapi satu hal yang kamu perlu tahu, untuk mendapatkan warna ash brown yang sempurna, kamu harus melakukan bleaching pada rambutmu terlebih dahulu.

Oleh karena itu, rambut ash brown perlu perawatan khusus agar warnanya bisa lebih awet. Yaitu dengan cara menggunakan produk sampo dan kondisioner untuk rambut yang diwarnai agar rambut juga tetap lembap dan sehat.

Buat kamu yang memiliki kulit pada spektrum putih hingga kuning langsat, maka warna medium ash brown adalah yang paling cocok untukmu. Sementara untuk kamu yang berkulit sawo matang sebaiknya memiliki warna yang lebih gelap agar terlihat seimbang dengan warna kulitmu. Oh iya, warna rambut ini juga sangat cocok untuk model rambut pixie lho!

Golden Brown

Sumber gambar www.lorealparisusa.com

Rambut golden brown menjadi perpaduan yang bisa dikatakan cocok untuk semua warna kulit. Kuncinya adalah gradasi dari akar rambut yang gelap dan menjadi semakin terang pada ujung rambut. Kamu bisa memilih warna cokelat yang paling sesuai dengan warna kulitmu. Baik untuk rambut panjang maupun rambut pendek, golden brown akan membuat penampilanmu makin oke. Kelebihan lain dari warna ini adalah mampu membuat kulit tampak lebih cerah.

Pewarnaan rambut menjadi golden brown biasanya menggunakan teknik seperti highlight, ombre, balayage, hingga babylights. Dominasi warna cokelatnya akan berpadu sempurna dengan warna kulit khas wanita Indonesia. Kamu tinggal memilih perpaduannya saja seperti light blonde atau honey golden blonde.

Banyak lho selebriti Hollywood yang memakai warna ini untuk rambut mereka. Sebu saja seperti Jennifer Lopez, Chrissy Teigen, Anne Hathaway, dan Jessica Alba.

Pink and Blonde

Sumber gambar pinterest.com

Warna rambut yang satu ini memang nggak ada matinya. Perpaduan antara light blonde dan pink pas banget untuk kamu yang punya rasa percaya diri tinggi dan nggak takut untuk menjadi pusat perhatian. Namun warna yang super catchy ini memerlukan perawatan khusus dan diwarnai dengan teknik khusus.

Untuk mendapatkan warna blonde sempurna, kamu harus melalui proses bleaching berulang kali. Ini artinya rambutmu akan terpapar banyak bahan kimia, jadi kamu harus melakukan perawatan ekstra untuk mencegah rambut menjadi kering dan memastikan kondisi kulit kepala tetap sehat.

Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan lain seperti creambath dan hair spa untuk menjaga rambut tetap halus dan lembut. Selain itu, kamu harus rajin untuk touch up supaya warna rambut tidak memudar.

Selebriti yang pernah mempopulerkan gaya rambut ini antara lain adalah Agnes Monica, Avril Lavigne, dan Iggy Azalea.

Purple Pink

Sumber gambar pinterest.com

Satu lagi nih kombinasi warna bold untuk kamu yang nggak takut bereksperimen. Perpaduan ungu gelap dengan sentuhan nuansa pink menghasilkan warna rambut yang chic, kekinian, dan terlihat muda. Kamu bisa membuat gradasi dari ungu gelap di bagian akar, lalu menjadi pink pada ujung rambut.

Perawatan rambut ini cukup mudah, yang penting jangan terlalu sering keramas. Air akan melunturkan warna rambut dengan lebih cepat. Disarankan kamu memakai dry shampoo saja untuk menjaga kebersihan rambut. Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan blonde highlight atau nuansa ashy untuk membuatnya terlihat lebih kalem. Dengan rambut seperti ini, semua mata pasti akan tertuju padamu!

Honey Highlight

Sumber gambar pinterest.com

Terakhir ada rekomendasi honey highlight untuk kamu tidak mau melakukan perubahan besar-besaran pada warna rambut. Selain hasilnya terlihat lebih alami, pewarnaan rambut dengan metode highlight seperti ini juga lebih murah lho. Perawatannya pun lebih mudah karena kamu tidak perlu melakukan touch up berulang kali ke salon.

Warna madu yang dipilih untuk highlight mampu memberikan sentuhan berbeda pada penampilanmu tanpa meninggalkan kesan natural. Sebaiknya kamu pilih warna yang beberapa tingkat lebih terang dari warna kulitmu agar dapat mengangkat warna kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah. Warna ini sangat cocok untuk kulit sawo matang khas wanita Indonesia.

From our editorial team

Boleh Gonta Ganti Warna, tetapi Tetap Jaga Kesehatan Rambut!

Melihat rekomendasi warna rambut dari BP-Guide di atas pasti membuatmu makin tergoda, bukan? Tetapi kamu juga harus ingat bahwa merawat kesehatan rambut juga penting. Pastikan kamu menggunakan produk yang khusus dibuat untuk rambut berwarna ya!