Bangga di Bulan Kelahiran Bangsa Indonesia? Ini Dia 10 Model Baju Batik Terbaru yang Wajib Kamu Coba!

Bangga di Bulan Kelahiran Bangsa Indonesia? Ini Dia 10 Model Baju Batik Terbaru yang Wajib Kamu Coba!

Batik adalah salah satu hasil karya budaya Indonesia. Dahulu, baju batik dikenal sebagai baju daerah, dan hanya digunakan pada acara-acara formal yang berhubungan dengan adat atau kenegaraan. Namun, kini batik Indonesia sudah dikenal hingga ke mancanegara. Bahkan, baju batik menjadi trend mode pakaian masa kini. Dan berikut, BP-Guide akan menampilkan 10 model baju batik terbaru di tahun 2017 ini. Silahkan disimak baik-baik!

Batik, Kebanggaan Tanah Air

Sumber gambar sidomi.com

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, khususnya suku Jawa sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Di masa lalu, pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung". Di mana pada beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

Ragam corak dan warna batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh orang Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix.

Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak aneka bunga yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda). Termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisional tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat. Ini dikarenakan biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Momen Penggunaan Baju Batik yang Tepat

Sumber gambar bisniswisata.co.id

Seiring perkembangan fesyen, batik tidak lagi dinilai sebagai pakaian tradisional kuno. Batik pun kini telah dapat dipadupadankan. Bahkan, berkat tangan kreatif para desainer, kini batik hadir dengan beragam mode yang trendi. Trend ini pun membuat pecinta fesyen tak segan mengenakan batik dalam berbagai kesempatan.

Dengan padupadan yang tepat, batik bisa dikenakan di berbagai acara. Mulai dari formal hingga santai. Namun pengamat batik, Anton Diaz menyarankan untuk tidak berlebihan saat mengenakan batik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut cara mengenakan batik yang tepat untuk berbagai acara. Yuk langsung simak aja!

Saat Pesta

Batik memang tidak pernah salah digunakan dalam menghadiri suatu acara maupun pesta. Model batik ini dapat disesuaikan dengan acara. Untuk pesta malam hari bisa menggunakan kebaya kutu baru modern atau kebaya kurung yang dipadu dengan mengenakan kain batik. Untuk yang menggunakan hijab, kebaya kurung sangat pas digunakan.

Meeting Formal

Sumber gambar bajumodelbaru.biz

Untuk keperluan kantor maupun meeting formal, ada banyak motif yang bisa dijadikan pilihan. Usahakan kamu memilih motif yang berkesan formal dan juga tidak membuat kamu terlihat terlalu kaku. Beberapa pilihan motif yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu Motif Sekar Jagad, Motif Batik Solo, Motif Batik Kawung, Motif Batik Pekalongan, dan juga Motif Batik Mega Mendung.

Santai

Sumber gambar www.brilio.net

Siapa bilang batik tidak bisa digunakan dalam acara santai? Untuk menggunakan batik pada acara santai seperti arisan atau suasana kasual di luar ruangan tanpa pendingin, pilihlah batik yang terbuat dari katun karena menyerap keringat. Katun memiliki pori-pori yang besar. Kemudian bisa juga memakai bahan dari silk dan katun. Motifnya bebas, bisa disesuaikan dengan dress code.

Rekomendasi Baju Batik Terbaru 2017

Mungkin kamu masih belum terbiasa untuk menggunakan batik, sehingga merasa bingung bagaimana mengkombinasikan pakaian batik dengan pakaian lainnya, agar menghasilkan tampilan yang menarik.

Untuk mempermudah dalam memberikan tampilan menarik dengan menggunakan batik, di bawah ini sudah ada beberapa rekomendasi baju pakaian batik terbaru yang bisa dicoba dalam gaya penampilan kamu. Penasaran? Yuk langsung simak saja!

Celana Kulot Arimbi Klasik

Sumber gambar batikunik.com

Celana kulot Arimbi klasik merupakan model potongan celana yang sedang menjadi trend di kalangan perempuan modern. Model ini menawarkan bentuk yang melebar pada bagian bawahnya, sehingga ketika digunakan akan terlihat seperti rok panjang. Sedangkan penambahan motif arimbi klasik, membuat celana ini berkesan etnik dan menambah kesan formal dalam pemakaiannya.

Produk celana kulot arimbi klasik yang bisa kamu jadikan pilihan dapat dibeli di website Elevenia dengan harga Rp. 59.000. Produk ini diproduksi langsung di Yogyakarta. Menggunakan bahan katun yang berkualitas, produk ini menggunakan jenis batik printing yang modern dan tahan lama.

Tapi kalau memiliki budget lebih, kamu bisa membeli Celana Kulot Batik Cutbray Sogan Klasik. Bahan katun dengan motif batik bunga klasik ini, menghasilkan tampilan formal yang elegan. Terdapat detail karet pada bagian pinggang untuk menyesuaikan dengan bentuk badan kamu. Kamu bisa membelinya di website Batikunik dengan harga Rp. 155.000.

Kemeja Batik Terbaru Motif Songket

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kemeja batik dengan motif songket adalah model terbaru yang sangat keren dari segi tampilan. Songket merupakan kain yang memiliki nilai seni tinggi dengan tahap pembuatan yang cukup rumit. Maka dari itu, tidak heran pada zaman dahulu bahan songket ini hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Tapi dengan perkembangan zaman, tidak sedikit produsen songket yang mengadopsi teknologi printing untuk membuat produknya.

Kemeja batik songket HB 313 adalah kemeja songket dengan bahan katun prima halus yang bertekstur tebal, namun tidak panas. Modelnya yang modern dan berkesan formal, membuat produk ini sangat cocok untuk digunakan ke kantor atau ke acara resmi. Tersedia dalam 3 ukuran yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu M, L, dan XL. Produk ini dijual dengan harga yang cukup murah, hanya Rp. 45.000 dan kamu bisa membelinya di website olx.co.id.

Untuk kategori pria dalam kemeja songket ini, kamu bisa pilih Baju Batik Pria Motif Songket Terbaru / Kemeja Batik Cowok Khas Pekalongan. Produk ini menggunakan bahan dasar katun, serta menawarkan potongan yang rapi dengan motif songket sebagai pemanis di bagian bahu. Kamu bisa membelinya di website Prooenbatik dengan harga Rp. 70.000.

Kebaya Rubyah Balotelli Polos

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kebaya adalah salah satu pakaian tradisional khas Indonesia yang sering digunakan dalam berbagai acara resmi. Kebaya biasanya dikombinasikan dengan berbagai pakaian lainnya, seperti songket sarung, batik maupun rajutan tradisional lainnya. Bahan yang digunakan dalam membuat kebaya ini juga terbilang cukup beragam, biasanya disesuaikan dengan acara atau kondisi tempat yang akan didatangi.

Produk kebaya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Kebaya Rubyah Balotelli Polos. Kebaya ini menggunakan bahan balotelli yang dibuat langsung di daerah Pekalongan. Produk ini juga menawarkan model kebaya kancing dalam, sehingga sangat rapi dan indah ketika digunakan. Kamu bisa membeli produk ini di website Batikunik dengan harga Rp. 65.000.

Ada juga Baju Stelan Kebaya Modern Queen Balotelli. Kebaya yang berwarna polos ini menggunakan kain print untuk motifnya. Kamu bisa membelinya di webite Tokopedia dengan harga Rp. 120.000.

Kemeja Motif Mataraman Bunga

Sumber gambar batikunik.com

Kemeja motif mataraman bunga adalah produk kemeja batik pria yang sangat rekomended. Walaupun menggunakan motif bunga, kemeja ini tidak menurunkan kesan maskulin pada penampilan kamu. Produk yang cukup rekmended dari kemeja motif mataraman bunga ini adalah Baju Batik Kemeja Motif Mataraman Bunga.

Atasan ini menggunakan bahan katun yang didesain khas motif mataraman bunga dengan teknik batik printing. Produk ini termasuk dalam kemeja batik lengan pendek. Cocok banget untuk kamu gunakan ke kantor atau acara resmi. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga Rp. 45.000 di website Batikunik.

Kamu juga bisa memilih Baju Batik Kemeja Motif Mataraman Bunga yang terdapat pada website Supermarketbatik. Diproduksi langsung dari Pekalongan, produk kemeja batik ini menggunakan bahan katun dan juga motif mataraman bunga yang sangat elegan. Produk ini dijual dengan harga Rp. 65.000.

Kemeja Klasik Truntum

Sumber gambar batik-s128.com

Kemeja klasik truntum adalah motif batik yang memiliki cerita cukup unik. Katanya, motif kemeja ini diciptakan oleh salah satu Ratu Keraton Yogyakarta. Sehingga menghasilkan motif yang bernilai seni tinggi dengan kesan romantis. Motif ini terbilang cukup terkenal bagi pengrajin batik di Indonesia.

Kemeja Lengan Panjang Bahan Batik Motif Klasik Truntum Giu Anggrek adalah salah satu produk kemeja klasik truntum yang bisa kamu jadikan pilihan. Kemeja dengan bahan katun ini menawarkan jenis batik print dan motif truntum Giu Anggrek. Kamu bisa membeli produk ini di website Batik-s128 dengan harga Rp. 135.000.

Ada juga Baju Batik Pria Premium Motif Klasik Truntum RSN-03 keluaran brand Batik Risna, yang bisa kamu dapatkan di website Bukalapak dengan harga Rp. 109.000. Produk ini menggunakan bahan katun premium, sehingga adem, halus dan tidak luntur ketika digunakan. Tersedia dalam ukuran M, L dan XL. Produk ini sangat cocok untuk pria modern yang ingin tampilan ekslusif.

Gamis Batik Safana Sekar

Sumber gambar batikunik.com

Gamis Batik Safana Sekar adalah baju gamis yang terbuat dari bahan batik dengan motif bunga sekar dan warna-warna pastel yang lembut. Pakaian gamis ini juga bisa memberikan kesan yang menawan kepada pemakainya. Sangat cocok digunakan dalam acara semi formal, seperti resepsi pernikahan sahabat atau acara kantor.

Gamis Batik Safana Sekar yang bisa kamu dapatkan di Ngshope dengan harga Rp. 79.000. Menggunakan bahan katun yang berkualitas, tampilan produk ini sangat keren dengan motif sekar yang dibuat dengan teknik printing. Gamis ini tidak memiliki kerah dan tersedia dalam ukuran all size yang setara dengan L.

Baju Batik Sarimbit Blus Katun Etnik

Sumber gambar batikunik.com

Untuk kamu dan pasangan tersedia juga baju batik sarimbit. Cocok digunakan untuk berbagai acara khusus oleh pasangan suami istri. Mudah didapatkan di berbagai toko online seperti Tokopedia, Shopee, Batikunik dan Bukalapak. Seperti Batik Keluarga Prada Limited Edition yang tersedia untuk ibu, ayah dan anak. Terbuat dari bahan Velvet Premium yang dipadukan dengan Primis Prada. Harganya Rp. 370.000.

Ada juga pilihan Baju Sarimbit Gamis Batik Couple Zahra, yang tersedia dengan pilihan warna biru, tosca dan merah. Dibuat dari katun prima yang halus. Tidak hanya serasi untuk pasangan, tapi juga nyaman digunakan. Bisa kamu beli dengan harga kisaran Rp. 135.000 - Rp. 175.000. Untuk wanita tersedia dengan ukuran all size, sedangkan pria tersedia dengan ukuran L, dan XL.

Blus Lonceng Rengganis

Sumber gambar batikunik.com

Blus Lonceng Rengganis merupakan blus batik dengan lengan lonceng, yaitu mekar di bagian bawah lengan blus. Model ini sedang banyak digemari oleh wanita muslim yang suka dengan tampilan modis, namun tetap menjaga aurat.

Produk yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Blus Lonceng Rengganis seharga Rp.55.000. Produk blus lonceng batik dari Pekalongan ini memberi kesan etnik, namun juga bisa digunakan pada tampilan yang berkesan kasual. Dibuat dari bahan katun dengan motif batik Rengganis. Batik ini dibuat dengan jenis teknik batik printing. Kamu bisa membeli produk ini di website Batikunik.

Ada pula pilihan Blus Lonceng Katun Kancing Depan yang dijual dengan harga Rp. 55.000. Blus lonceng batik cantik ini cocok untuk busana resmi maupun acara santai. Bahan yang digunakan adalah katun batik dengan jenis batik printing. Untuk motif yang ditawarkan terdapat ukel asli dari Pekalongan. Kamu bisa membelinya secara online di website Supermarketbatik.

Dress Anak Nina Motif Klasik

Sumber gambar batikunik.com

Dress Anak Nina Motif Klasik adalah baju dress anak dari bahan batik dengan model baby doll. Model ini sangat cocok untuk membuat anak kamu terlihat lebih dewasa saat menghadiri acara formal. Selain itu, secara tidak langsung kamu sudah mengajarkan anak tentang cinta Indonesia sejak usia dini. Baju batik dari Klaten ini menggunakan bahan katun yang enak dipakai. Dress untuk anak dengan satu kancing di belakang dapat dibeli di website Tokopedia dengan harga Rp 39.000.

Kamu juga bisa memilih Dress Batik Cantik untuk Anak dengan usia 3 hingga 5 tahun. Menggunakan bahan batik dan brokat halus, pakaian ini sangat nyaman dipakai anak. Terlebih lagi jahitan pada produk ini termasuk kuat tidak mudah rusak. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp. 95.000 di website Batikunik.

Comfy Syari Dress Batik Lawasan

Sumber gambar batikunik.com

Syar'i Dress Batik Lawasan adalah baju batik dress syar'i berbahan batik dengan motif lawasan atau kuno. Dress ini berukuran longgar dengan tangan yang panjang. Sangat cocok untuk wanita yang mengutamakan kesopanan dalam berpenampilan.

Produk yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Comfy Syari Dress Batik Lawasan. Baju batik dari Solo ini menggunakan bahan katun primis yang enak dipakai. Motif batik lawasan khas zaman dulu menjadi daya tarik tersendiri. Motif batik yang digunakan termasuk yang berasal dari Solo dengan jenis batik printing. Kamu bisa membeli produk ini di website Batikunik dengan Harga Rp. 165.000.

Ada pula Comfy Syari Dress Batik Sogan yang dijual dengan harga Rp. 129.000, di website Supermarketbatik. Menggunakan bahan katun premis yang halus, pada produk ini juga terdapat detail kerah shanghai, yang melebar di bagian bawah.

From our editorial team

Aneka Model Batik untuk Gaya Trendi Kamu

Aneka model baju batik keren dapat menjadikan kamu pusat perhatian. Bisa digunakan dalam kegiatan apapun dan disesuaikan dengan gaya kamu. Harganya juga beragam, dari yang sederhana dan terjangkau hingga model eksklusif yang mahal. Jangan ragu lagi, pesan sekarang juga sebelum kehabisan!