7 Model Atasan Batik Terbaru Trend 2018

7 Model Atasan Batik Terbaru Trend 2018

Baju atasan batik sangat digemari mengingat keberadaan batik yang menjadi kebanggaan nasional. Tak salah jika kamu juga mau mengenakan atasan batik untuk kegiatanmu. Karena itu, BP-Guide menyiapkan 7 model atasan batik keren yang bisa jadi inspirasi atasan batikmu!

Batik tetap menjadi salah satu trend 2017

Dahulu, batik dibuat dengan menggambar di atas kain menggunakan canting dan malam. Sekarang, seni batik tulis tetap dilestarikan, terlebih setelah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya yang telah diakui secara internasional. Bahkan, teknik pembuatannya juga semakin beragam dengan adanya teknik cap dan printing yang dapat menghasilkan beragam pola dan corak. Pula di beberapa daerah, ditetapkan suatu pola batik sebagai pola khas mereka.

Perkembangan fashion juga ikut membuat batik naik pamor. Beragam busana cantik dirancang para desainer dengan bahan dasar batik. Batik tidak lagi menjadi sesuatu yang terlihat kuno akan tetapi dapat menjadi busana yang trendi dan stylish. Cantiknya busana batik juga membuat peminat batik hingga mencapai wilayah internasional.

Jenis-jenis batik

Teknik pembuatan batik terbagi dalam batik printing, batik tulis hingga batik cap. Sedangkan dari segi pola, batik sendiri terbagi menjadi batik pesisir dan batik klasik. Jika kamu mengunjungi daerah-daerah yang terkenal akan batiknya maka kamu akan melihat bagaimana corak batik suatu daerah cukup berbeda dengan corak batik daerah lainnya. Dari beragam wilayah nusantara, terdapat sekitar tiga puluh jenis motif batik.

Batik juga dibanderol dengan beragam tingkatan harga. Harga tentu tergantung pada kain, motif batik, dan tingkat kesulitan pembuatan batik. Kamu dapat mendapatkan batik di berbagai toko online. Mulai dari Zalora, Lazada dan toko online lainnya mulai dari harga Rp. 90.000 hingga satu jutaan untuk satu potong baju batik.

Trend atasan batik terbaru 2017 & cara memilihnya

Tampil cantik nan menarik di setiap suasana tentu harapan semua wanita. Tampil cantik tidak melulu harus mengenakan pakaian yang mahal dan bermerek terkenal. Batik juga dapat menjadi salah satu pilihan sebagai busana yang dapat dikenakan di segala kegiatan baik itu acara santai, acara formal, hingga menghadiri suatu pesta. Model batik sekarang memiliki kreasi yang semakin beragam sehingga dapat menjadi busana yang unik nan menarik.

Atasan Batik Wanita

Sumber gambar www.blibli.com

Atasan batik dapat dikenakan dalam beragam kegiatan mulai dari kegiatan diluar ruangan hingga kegiatan di dalam ruangan yang sifatnya baik acara formal hingga acara santai. Mulai dari kalangan remaja hingga ibu rumah tangga serta para pekerja dapat memakai batik sebagai busana harian mereka.

Atasan batik yang memiliki desain untuk tampilan elegan nan anggun berlengan pendek biasanya lebih banyak dipilih oleh pekerja kantoran maupun restoran dengan alasan kemudahan yang tidak akan membatasi gerak mereka.

Atasan batik dengan harga murah dari harga Rp. 29.000 hingga Rp. 100.000 di online ship batikunik.com. sedangkan Zalora menawarkan koleksi batik mereka dengan harga berkisar antara Rp. 165.000 hingga Rp. 340.000.

Apa yang harus dihindari

Untuk kamu yang berkulit putih cerah, lebih baik kamu menghindari batik dengan warna pudar untuk menghindari kesan kusut. Lebih baik kamu memilih warna lembut seperti warna pastel dan pink untuk memberikan kesan santai.

Jika kamu menyukai memakai bawahan rok, lebih baik kamu menghindari pemilihan atasan yang panjangnya mencapai bawah pinggul. Untuk atasan batik yang cukup panjang dapat kamu kombinasikan dengan celana panjang. Pilih pola model sepatu yang terbuka dan memakai tali untuk mendapatkan tampilan yang lebih cantik.

Atasan Batik Modern

Sumber gambar www.fashionhijabers.com

Penggunaan batik tidak lagi dibuat dengan desain yang kuno dan monoton. Beragam model baju unik dan modern juga dapat menggunakan batik sebagai kain dasar. Bahkan banyak produk selain baju seperti tas, sepatu hingga furniture menerapkan batik sebagai desain yang akan semakin mempercantik tampilan produk mereka.

Beragam produk hingga motif batik yang ada tentu dapat mempermudah kita untuk memilih atasan batik sesuai dengan selera dan keinginan kita. Di toko VIP Plaza juga menawarkan produk batik modern mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000.

Apa yang harus dihindari

Untuk kamu yang memiliki tubuh kecil nan mungil, Sebaiknya kamu menghindari warna atasan batik yang warnanya cukup gelap serta hindari pula atasan batik bermotif yang terlalu besar dan cukup ramai karena dengan memakai atasan batik dengan model yang terlalu ramai dan gelap akan membuat tubuh kamu semakin mungil.

Jika kamu bertubuh tinggi dan berbadan kurus maka sebaiknya kamu menghindari atasan batik yang terlalu ketat. Model leher yang berbentuk V juga wajib kamu hindari karena model atasan batik yang demikian kurang sesuai dengan bentuk badan kamu. Hal tersebut akan membuatmu semakin tampak tinggi menjulang.

Atasan Batik Kombinasi

Sumber gambar bajumodelbaru.biz

Atasan batik kombinasi merupakan perpaduan kain batik dengan beragam kain polos lainnya. Kombinasi dari kain batik yang memadukan beragam motif dan warna akan membuat tampilan si pemakai menjadi semakin trendi dan tidak lagi terlihat memakai baju yang ketinggalan jaman.

Atasan batik kombinasi yang dirancang dengan model yang unik lebih cocok untuk para anak muda yang seringkali menyukai tampilan yang santai namun tetap dapat memberikan kesan formal.

Beragam atasan batik juga bisa kamu peroleh lewat toko online maupun toko yang terdekat dengan rumah kamu. Di toko batik S128 dan marketplace lain memasang harga sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000 untuk satu batik kombinasi.

Apa yang harus dihindari

Pada saat memilih atasan batik kombinasi, kamu wajib memilih baju atasan kombinasi dengan kain yang berkualitas bagus dan warna yang tidak mudah luntur. Mungkin dengan kain yang berkualitas, harga atasan kombinasi memang lebih mahal. Akan tetapi atasan kombinasi yang kamu beli tentu akan lebih awet.

Hindari pula pemakaian aksesoris yang terlalu berlebihan ketika mengenakan atasan batik kombinasi. Hal ini akan membuat tampilanmu terlihat terlalu ramai dan terkesan norak.

Jika kamu memiliki tubuh yang cukup berisi, maka kamu sebaiknya menghindari batik kombinasi yang bercorak horizontal. Hal tersebut akan membuat tubuhmu terlihat lebih berisi. Pilih saja motif yang vertical karena akan membuat tubuhmu tampak tinggi semampai.

Atasan Batik Muslim

Untuk kamu yang berhijab, pilihan batik muslim juga banyak beredar di pasaran. Baju batik muslim juga memiliki desain yang tak kalah cantik. Kamu dapat memilih batik muslim yang berupa gaun panjang, gaun panjang dengan tambahan outer blazer, tunik batik, batik couple seragam sepasang satu baju wanita dan satu baju pria.

Harga dari atasan batik muslim juga cukup terjangkau. Di batikunik.com misalnya menyediakan baju batik muslim mulai dari harga Rp. 50.000 hingga Rp. 170.000.

Apa yang harus dihindari

Untuk mendapatkan tampilan baju batik yang menarik, kamu harus pintar menyesuaikan atasan batik muslim dengan bawahan. Hindari mengombinasikan atasan batik dengan bawahan yang memiliki warna yang sama. Lebih baik kamu memilih atasan batik yang memiliki warna satu tingkat lebih musa dibandingkan dengan warna bawahannya.

Setiap batik memang cantik, namun kamu akan lebih aman jika memilih warna-warna netral seperti warna coklat atau krem untuk dipakai sehari-hari. Untuk warna yang lebih mencolok dapat kamu pakai untuk acara pesta. Pemakaian jilbab yang dikombinasikan dengan atasan batik lebih baik memilih jilbab yang polos. Kamu dapat saja punya kepercayaan diri memakai baju atasan bati dan hijab yang bermotif beda. Namun orang yang melihatmu dapat pula merasa kombinasi pakaianmu aneh.

Atasan Batik Couple

Sumber gambar bajumuslimpengantin.com

Atasan batik couple merupakan baju batik yang memang dibuat sepasang, satu atasan yang dipakai wanita dan satu atasan untuk dipakai pria. Jenis dan desain kain batik yang dipakai untuk membuat atasan couple ini memang satu jenis. Biasanya pemakaian batik couple digunakan untuk menghadiri acara formal seperti pesta pernikahan yang undangannya memang diperuntukkan bagi pasangan. Penggunaan atasan batik couple dapat memberikan kesan romantic serta seirama.

Untuk mendapatkan gambaran atasan batik couple, kami mengadakan penelusuran harga di toko batik Dewandari menjual atasan batik couple dengan range harga antara Rp. 175.000 hingga Rp. 250.000. Sedangkan untuk online shop pulaubatik.com memasang harga mulai dari Rp. 210.000 hingga Rp. 320.000-an.

Apa yang harus dihindari

Jika kamu dan pasanganmu memiliki selera berpakaian yang sama maka mudah saja memilih atasan batik couple. Akan tetapi jika kamu dan pasangan memiliki style yang cukup berbeda maka kamu harus memikirkan dulu bagaimana reaksi pasangan sebelum membeli atasan batik couple. Kamu dapat memilih atasan couple secara bersama-sama atau hanya sekedar meminta saran dari pasangan.

Tentu saja memilih motif atasan couple juga harus cocok dipakai berdua, karena itu sebaiknya kamu tidak memilih motif batik yang hanya bagus untuk wanita atau hanya bagus untuk pria. Perhatikan pula ukuran tubuh pasangan, jika pasangan memiliki tubuh yang lebih berisi, kamu juga dapat memilih kain lalu membawanya di penjahit baju.

Atasan Batik Lengan Panjang

Sumber gambar bajudresskorea.com

Atasan batik berlengan panjang lebih banyak dipilih para wanita yang bekerja di kantoran. Baik wanita muslim berhijab atau yang tidak biasanya lebih menyukai atasan batik lengan panjang dengan alasan dapat memberikan tampilan professional, tetap sopan dan lebih melindungi kulit.

Untuk yang bekerja di area luar ruangan, penggunaan atasan batik berlengan panjang juga banyak dipilih untuk melindungi kulit dari terik panas sinar matahari. Dengan kain yang menyerap keringat, maka atasan lengan panjang juga tetap nyaman meski dipakai di luar ruangan. Kamu dapat memperoleh beragam koleksi batik lengan panjang di batikzada.com dengan harga berkisar Rp. 195.000.

Apa yang harus dihindari

Jika kamu suka mengenakan atasan batik lengan panjang sebagai busana kerja, maka kamu sebaiknya memilih kain yang dapat menyerap keringat agar nyaman dipakai seharian menjalankan pekerjaan. Hindari pula mengenakan busana dengan kombinasi atasan dan bawahan yang motifnya cukup ramai. Hal itu akan menyebabkan penampilanmu terlihat terlalu ramai.

Atasan batik berlengan panjang dengan model ikat pinggang besar yang sedang menjadi tren juga tidak dapat kamu pilih jika kamu memiliki tubuh yang cukup kecil. Model baju tersebut akan membuat tubuhmu terlihat aneh dan kurang menarik.

Atasan Batik Wanita Gemuk

Sumber gambar stylecantik.com

Memiliki tubuh gemuk bukan berarti kita tidak bisa tampil menarik. Kamu hanya perlu mencari busana yang cocok dengan tubuhmu sehingga kamu akan terlihat lebih langsing. Dengan pemilihan baju dengan model yang tepat maka kamu dapat tampil menarik penuh kepercayaan diri.

Kamu dapat mulai memilih atasan batik yang panjangnya dapat menutupi bokong. Pilih pula batik dengan desain dan warna yang lebih condong ke warna gelap seperti gradasi coklat, merah tua atau hitam. Warna gelap dapat menutup lekukan tubuhmu lebih baik dibandingkan dengan warna-warni terang.

Untuk lebih memberikan kesan badan yang lebih kecil, kamu dapat memilih baju yang memiliki motif yang cukup kecil saja. Jika kamu kesulitan menemukan atasan batik untuk tubuh kamu yang memang lebih berisi, kamu dapat menemukannya di iprice.co.id. disana menyediakan busana batik dengan ukuran jumbo dengan harga berkisar antara Rp. 48.000 hingga Rp. 120.000. Bodybigsize.com juga menyediakan batik dalam ukuran besar seharga Rp. 190.000.

Apa yang harus dihindari

Yang perlu kamu hindari dalam pemilihan batik yang berukuran jumbo adalah motif yang terlalu besar baik itu bunga-bunga atau hewan yang berukuran besar. Lebih baik kamu memilih motif baju yang kecil-kecil seperti bunga yang berukuran kecil.

Hindari juga model-model baju yang memiliki hiasan yang terlalu berlebihan di bagian dada dan perut karena orang akan lebih memfokuskan penglihatannya pada hiasan yang ada di baju kamu sehingga ukuran tubuhmu akan lebih menonjol.

Hindari pula model baju yang bergelembung di bagian perut atau model baju yang memiliki kerut diarea pinggul karena baju model ini lebih cocok dipakai orang kurus yang ingin menambah volume badannya. Warna baju yang terang juga sebaiknya dihindari karena kurang dapat menyamarkan bentuk tubuh kamu yang berisi.

From our editorial team

Atasan batik mampu mempercantik penampilan secara drastis..

Berbeda dengan baju polos yang memberikan kesan netral dan sederhana, atasan batik membuat kamu tampil elegan dan cantik. Inspirasi model atasan batik yang kami sediakan bisa membantu kamu saat kamu sedang bosan dengan gaya pakaianmu sehari-hari. Biarlah atasan batik cantik tersebut jadi penyegar gaya busanamu!