9 Gaun Batik Print Terbaru Indonesia yang Menarik Perhatian Dunia

9 Gaun Batik Print Terbaru Indonesia yang Menarik Perhatian Dunia

Batik bukan hanya selembar kain tanpa makna, namun batik telah diakui sebagai salah satu warisan budaya yang penuh dengan tradisi dan unsur filosofi masyarakat yang kental. Jika dulu kreasi batik terbatas, sekarang produk dari batik sudah sangatlah beragam. Salah satunya sendiri adalah gaun batik print yang sangat digemari wanita karena lebih terjangkau daripada gaun batik tulis.

Batik Sebagai Pakaian Khas Indonesia

Sumber gambar www.klikplaza.com

Batik adalah kerajinan yang berasal dari bahasa Jawa yaitu amba dan titik. Amba memiliki arti menulis dan titik adalah teknik pewarnaan malam dengan cara dibuat titik-titik pada kain. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia. Dulu, penggunaan batik terbatas hanya pada kalangan keraton saja karena batik termasuk dalam tata tertib keraton.

Seiring dengan perkembangan, batik mulai merambah keluar istana hingga seluruh masyarakat pun mengenal batik secara luas. Yang membedakan antara batik istana dengan batik biasa adalah motifnya. Motif batik seperti Parang, Semen Gedhe, Kuwung dan Udan Riris adalah motif batik untuk kalangan bangsawan dan abdi dalem.

Kini, setelah diakui sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia, batik juga mulai dikenal luas hingga mancanegara. Salah satu yang terkenal menjadi penggemar batik adalah Nelson Mandela. Nelson Mandela terlihat sering menggunakan batik baik diacara formal maupun non formal. Di Afrika Selatan, batik dikenal sebagai Mandela Shirt.

4 Alasan Kamu Harus Cinta Batik

Sebagai warisan budaya bangsa, batik harus dilestarikan hingga ke generasi berikutnya. Berikut ini 4 alasan kenapa kamu harus mencintai batik:

Batik Sebagai Warisan Bangsa

Setelah diakui sebagai salah satu warisan kebudayaan Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Batik tidak hanya dinilai sebagai sebuah produk fashion semata. Batik adalah produk kebudayaan dengan simbol dan nilai filosofis yang tinggi.

Motif batik bukan sekedar goresan tinta tanpa makna, pada setiap garisnya terkandung berbagai cerita dan refleksi atas kehidupan sehari-hari. Sehingga, batik dianggap sebagai produk kebudayaan yang dapat merefleksikan beragam nilai, filosofi dan falsafah hidup di Indonesia pada umumnya dan Jawa pada khususnya.

Banyak ilmuwan dan peneliti dari seluruh dunia telah mengakui keberadaan batik sebagai salah satu produk budaya yang cukup penting dalam sejarah peradaban umat manusia. Arkeolog Belkamu, JLA Brandes, menyatakan batik sebagai salah satu dari 10 kebudayaan asli Indonesia. NJ Krom meneliti asal usul batik yang nampaknya dibawa oleh pedagang India dan mempengaruhi budaya lukis kain di Jawa.

Pada abad ke 7 dan ke 8 ketika kerajaan di Jawa mulai menjalin hubungan dagang dengan Cina, sedikit banyak kebudayaan Cina juga mempengaruhi motif batik yang muncul kala itu. Batik sebagai produk budaya asli Indonesia, sebenarnya bersifat lentur dan mudah menyerap berbagai pengaruh budaya lain dan mampu berasimilasi serta bertahan bukannya tergerus dan terkalahkan.

Batik Mempunyai Karya Seni Bernilai Tinggi

Batik tidak hanya dinilai sebagai kain yang dihias dengan menggunakan lilin yang sebelumnya telah melalui proses pencelupan warna. Selain sebagai produk kebudayaan, batik juga dihargai sebagai karya seni yang bernilai tinggi. Setiap goresan dalam motifnya selalu mengandung filosofi yang menceritakan tentang berbagai sendi kehidupan sehari-hari.

Seperti motif batik tujuh rupa dari pekalongan, motif batik ini kental dengan nuansa alam yang menunjukkan hewan dan tumbuhan. Motif batik tujuh rupa telah mengalami akulturasi dari budaya Cina karena persinggungannya dengan pedagang-pedagang dari Cina.

Ada juga motif batik batik sogan yang didominasi oleh titik dan garis lengkung. Motif batik ini pada awalnya hanya digunakan dilingkungan keraton Solo. Selain itu, salah satu motif yang terkenal dari Cirebon, motif batik mega mendung dengan lukisan awan yang menceritakan keindahan langit saat mendung. Berbagai motif yang dibuat selalu menceritakan segala hal yang terjadi di sekitar pengrajinnya.

Banyak dari kain-kain batik ini bisa bernilai hingga ratusan juta rupiah karena kekhasan dan keunikan proses pembuatannya. Proses pembuatan batik pun sangat membutuhkan kesabaran dan ketelitian tingkat tinggi. Oleh karena itu, harga batik tulis lebih mahal daripada harga batik cetak.

Batik Dapat Memajukan Perekonomian Lokal

Seperti sudah diketahui bersama, munculnya industri fast fashion cukup mengancam keberadaan industri batik, baik rumahan maupun pabrikan. Keberadaan batik tidak lepas dari kehadiran para pengrajin yang keberadaannya seringkali sudah ada secara turun temurun dalam satu keluarga pembatik. Ketertarikan pasar internasional terhadap batik turut memberikan angin segar untuk sentra industri batik lokal.

Nilai ekspor batik terus naik dari tahun ke tahun. Menurut kementerian perdagangan dan perindustrian, pertengahan tahun 2017 nilai ekspor batik mencapai USD 39,4 juta dibanding tahun sebelumnya di mana nilai ekspor batik hanya mencapai USD 149,9.

Tren batik yang berkembang luas tak hanya di pasar internasional namun juga di pasar lokal sangat membantu perkembangan industri batik lokal serta menyejahterakan pengrajin batik lokal.

Batik Membangkitkan Rasa Nasionalisme

Setelah didaulat sebagi salah satu warisan asli kebudayaan Indonesia dan diakui sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi oleh UNESCO, sebagai warga negara Indonesia tentu kita patut bangga. Kebanggaan ini bisa dilihat dari penggunaan batik sebagai seragam resmi sekolah maupun instansi setiap hari Jumat.

Tak jarang masyarakat menggunakan batik untuk setiap kesempatan formal seperti meeting, acara kebudayaan, maupun pernikahan. Hal ini menunjukkan rasa bangga karena memiliki produk budaya yang tak hanya mendunia namun juga bernilai tinggi serta indah.

Perkembangan tren fashion juga membantu batik untuk beradaptasi menjadi aneka produk fashion yang unik dan menarik. Tak hanya batik berbentuk kain, saat ini juga telah banyak diproduksi syal, celana, gaun, kemeja hingga sepatu batik.

Gaun Batik Print Membuat Wanita Lebih Fashionable

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Industri batik printing atau batik cetak adalah industri yang paling tumbuh bisa bertahan dan terus tumbuh saat ini. Batik cetak biasanya meniru motif yang sudah ada lalu dicetak ke dalam berlembar-lembar kain. Untuk kamu para wanita, saat ini telah tersedia berbagai pilihan produk fashion yang terbuat dari batik yang tentunya selain cantik juga elegan.

Kamu bisa memilih opsi untuk membeli gaun dari batik cetak karena harganya yang lebih murah. Untuk urusan motif dan desain, kamu tidak perlu khawatir, tersedia banyak pilihan motif dan desain yang tak kalah cantik dengan batik tulis.

9 Gaun Batik Print Terbaru Penuh Pesona


Semakin luasnya penggunaan batik baik untuk acara kasual maupun acara formal, tentu membuat kebutuhanmu akan gaun batik juga menjadi semakin tinggi. Berikut ini kami rekomendasikan dress batik terbaik yang bisa kamu gunakan untuk berbagai acara baik formal maupun non formal. Yuk simak rekomendasi di bawah ini.

Bhatara Batik

Sumber gambar adjust_campaign

Bhatara Batik mengeluarkan koleksi dress batik dengan nama Angelica Dress. Dress ini dirancang dengan bentuk lengan yang pendek, lingkar leher berbentuk bulat dengan finishing line berwarna merah yang semakin menegaskan warna dasar batik yang diusung.

Dibuat dengan resleting dibagian belakang dress, tampilan depan terlihat begitu simple namun tetap manis dan stylish. Terdapat pita yang dapat dibuka dan dipasang dengan sangat mudah. Motif floral dibagian tengah dikombinasikan sempurna dengan motif segitiga pada bagian pinggir menambah kesan manis yang sederhana. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp 159.750 - Rp 389.500 melalui Zalora.

Bateeq

Sumber gambar www.zalora.co.id

Bateeq merupakan merk yang fokus memproduksi produk batik modern seperti kemeja pria, baju wanita, busana muslim, untuk dewasa hingga anak-anak. Kali ini Bateeq mengeluarkan koleksi dress batik lengan pendek dengan detail tali pada bagian samping.

Berwarna dasar hitam, dress batik ini memiliki motif garis diagonal dengan kombinasi warna putih dan merah yang cantik. Bagian kerah dibuat dengan bentuk bulat yang cukup lebar untuk mempertegas leher jenjangmu. Resleting dirancang pada bagian belakang untuk memfokuskan pada motif di bagian depan.

Terbuat dari bahan katun yang dingin dan nyaman, dress batik ini cocok untuk kamu gunakan di acara meeting kantor maupun acara kasual seperti arisan. Kamu bisa mendapatkan gaun batik cantik ini hanya dengan kisaran harga Rp 399.000 - Rp 579.000 di Zalora.

Batik Putra Bengawan

Sumber gambar www.zalora.co.id

Batik Putra Bengawan adalah toko batik yang berada di lingkungan Kampung Batik Laweyan. Batik Putra Bengawan menjadi salah satu favorit para pemburu batik karena kekhasan desain dan kualitas kain batik yang digunakan. Batik Putra Bengawan menawarkan mini dress batik yang dibuat dengan warna dasar hijau yang cantik.

Berpadu dengan motif floral yang dibuat vertikal di bagian tengah dan ujung lengan, dress batik ini menawarkan kesederhanaan desain yang tetap cantik dan anggun. Dengan kerah berbentuk bulat yang nyaman untuk digunakan, dress batik ini juga dilengkapi dengan resleting dibagian belakang.

Dibuat dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat, dress batik ini nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas formal baik indoor maupun outdoor. Dapatkan produk ini dengan harga Rp 208.000 di Zalora.

Batik Suryamas

Sumber gambar www.zalora.co.id

Batik Suryamas mengeluarkan koleksi dress batik Syakila yang cantik dan anggun. Mini dress batik ini dibuat dengan warna dasar hitam yang dilengkapi dengan motif floral dan hewan dengan warna yang kontras yang cantik.

Dibuat dengan bahan katun yang halus dan mudah menyerap keringat, berbagai aktivitas kamu seharian akan tetap nyaman dan menyenangkan. Dress batik ini dirancang dengan kerah yang dipadukan dengan resleting hingga ke leher. Kamu bisa mendapatkan dress batik cantik ini dengan harga Rp 355.000 di Zalora.

Batik Putu Laweyan

Sumber gambar www.zalora.co.id

Batik Putu Laweyan yang berasal dari Kampung Laweyan menawarkan jenis vest dress yang cantik dan unik. Long vest batik yang dirancang dengan warna dasar biru tosca yang cantik, sangat cocok untuk kamu padu padankan dengan rok mini dan kaos berwarna putih.

Motif yang dibuat merupakan kombinasi motif floral dan diagonal yang cantik dan kontras dengan warna-warna pastel yang cerah. Dibuat dari bahan katun yang super nyaman dan mudah menyerap keringat, long vest ini akan menambah unik gaya casual formalmu sehari-hari. Kamu bisa mendapatkan produk cantik ini dengan harga Rp 399.200 di Zalora.

Batik Solo

Sumber gambar www.zalora.co.id

Solo terkenal sebagai salah satu kota penghasil batik selain Jogja dan Pekalongan. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang yang mencari berbagai jenis batik Solo. Hal ini dikarenakan keunikan dan kecantikan motif batik yang ditawarkan.

Batik Solo mengeluarkan koleksi dress batik yang sederhana dan elegan. Dibuat dengan warna dasar maroon yang cantik, motif batik yang dicetak di atasnya begitu menarik dengan detail padi dan kepala ayam. Terdapat resleting di bagian belakang dress yang mudah dibuka dan ditutup. Kamu bisa mendapatkan gaun ini dengan kisaran harga Rp 259.000 - Rp 319.000 di Zalora.

Batik Arjuna Weda

Sumber gambar www.zalora.co.id

Batik Arjuna Weda yang telah berdiri sejak tahun 1987 ini mengeluarkan koleksi dress batik yang cantik nan elegan. Mengusung konsep klasik modern, batik Arjuna Weda Sackdress Wanita menawarkan dress batik dengan motif floral dan animal dengan warna-warna kontras yang menakjubkan.

Terbuat dari bahan katun yang lembut dan menyerap keringat, jenis gaun batik ini cocok digunakan untuk berbagai jenis acara. Juga ada resleting di bagian belakang dress yang memudahkanmu untuk membuka dan menutupnya. Produk simpel nan elegan ini bisa kamu dapatkan melalui Lazada dengan harga Rp 124.750.

Batik Martha

Sumber gambar www.zalora.co.id

Batik Martha adalah brand batik asal kota Pekalongan yang telah berkecimpung di bidang produksi batik sejak tahun 1979. Kali ini Batik Martha mengeluarkan jenis dress batik, Malva Dress batik yang dirancang menggunakan bahan katun yang dingin dan halus.

Terbuat dari kain dengan warna dasar coklat, dress batik ini memiliki motif flora yang dipadukan secara serasi dan sepadan dengan elemen motif lainnya. Dress batik ini semakin cantik dengan kerah shanghainya. Terdapat resleting pada bagian belakang dress yang akan memudahkanmu dalam membuka dan memasangnya. Produk ini bisa didapatkan melalui Zalora dengan harga Rp 275.000.

From our editorial team

Rawatlah dengan Baik Meski Gaun Batik Print Tak Sesensitif Batik Tulis

Gaun batik print memang lebih tahan lama daripada batik tulis, namun bukan berarti kamu tidak merawatnya agar gaun batik print-mu tetap awet. Sayang kan jika sampai motif dan warnanya pudar atau kusam. Jadi perhatikanlah cara mencuci batik yang baik ya agar gaun batik print awet dan cantik dipakai setiap saat.