9+ Tips dan Trik Padu Padan Atasan Batik Kombinasi Paling Pas untuk Segala Situasi di 2018!

9+ Tips dan Trik Padu Padan Atasan Batik Kombinasi Paling Pas untuk Segala Situasi di 2018!

Sekarang ini batik tidak hanya menjadi fashion para orang tua dan untuk pertemuan formal-formal. Namun juga bisa dipakai untuk setiap kesempatan. Salah satunya adalah batik kombinasi. Batik yang kekinian ini merupakan kain batik umumnya yang dipadukan dengan kain polos sehingga tercipta batik kombinasi yang keren. Kamu bisa mengenakan atasan batik kombinasi untuk kegiatan kuliahmu, atau sekedar hang out dengan teman-teman. Penasaran seperti apa batik kombinasi tersebut di padu padankan? BP-Guide akan memberi tips bagaimana model batik kombinasi yang bisa dijadikan panduan beserta tips memilih batik yang bagus.

Batik Kombinasi, Perpaduan Antara Etnik dan Gaya Modern

Sumber gambar modelbaju.web.id

Motif batik menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Warisan yang melegenda ini akan terus dipakai meski sudah berumur sangat tua, karena batik menghadirkan corak-corak yang kian dinamis dan unik. Demi melanggengkan kekayaan Indonesia ini, desainer baju pun ikut andil dengan memodifikasi batik. Kini, batik bisa dikombinasikan dengan aneka bahan dan desain kekinian sehingga generasi apa pun namanya bakal suka pakai batik.

Kelebihan Memilih Atasan Batik Kombinasi

Sumber gambar inimodelbajubatik.com

Salah satu desain batik modern yang perlu kamu coba adalah atasan batik kombinasi. Walau dikreasikan dalam model batik kombinasi, tetap saja kekhasan batik tidak luntur. Bahkan, batik kombinasi bakal membuatmu nampak lebih kece. Serupa dengan batik pada umumnya, batik kombinasi pun dibuat menggunakan canting cap maupun canting tulis.

Sudah banyak orang memilih atasan batik kombinasi untuk dipakai pada beragam aktivitas. Maka, kamu pun jangan ragu pakai batik kombinasi! Tenang, tidak butuh biaya mahal, kok. Model dan bahannya bakal memberi sentuhan menarik yang terkesan menawan pada penampilanmu. Apalagi yang keuntungan memakai atasan batik kombinasi?

Tampil Beda dengan Batik

Sudah jadi rahasia umum bahwa batik memberikan kesan serius karena coraknya yang cenderung terasa formal. Seolah, batik hanya cocok dipakai ke acara resmi saja. Padahal kan, batik juga punya corak-corak menarik dan tak membosankan.

Nah, batik kombinasi menonjolkan keberagaman warna dan motif batik. Kesan kaku dan serius pun terbuang jauh-jauh karena sentuhan batik kombinasi akan menjadikanmu tampil beda. Pilihannya sudah beragam, tinggal kamu pilih saja yang sesuai dengan karaktermu.

Lebih Dinamis dan Sangat Cocok untuk Anak Muda

Sumber gambar pesonahijab.net

Di era sebelum ini, batik memang selalu jadi andalan, terutama untuk acara formal. Sayangnya, batik zaman dulu ya itu-itu saja. Monoton, tidak berubah, bahkan membosankan.

Desainer rupanya tak tinggal diam. Aneka corak dan warna yang dituangkan pada batik kombinasi menjadikanmu cenderung lekat dengan karakter anak muda yang dinamis. Nyatanya, desainer terus memperkaya motif batik hingga menjadi tren yang tak kunjung mati.

Khususnya untuk perempuan, batik kombinasi bakal membuatmu terkesima dengan balutan batik kombinasi polos, apalagi jika ditambah brokat atau pemanis sejenis yang variatif. Aduh, elegan pasti!

Sangat Nyaman Dipakai

Poin satu ini sangat vital untuk kamu perhatikan saat berburu pakaian. Takaran bahan yang nyaman adalah jika tidak terasa panas saat dipakai dan bisa menyerap keringat dengan baik. Nah, kain batik yang dipadukan dengan bahan lain akan membuatmu makin nyaman saat mengenakannya. Sehingga, kamu bisa bebas bergerak dan tidak gerah seharian.

Cocok untuk Berbagai Macam Kesempatan

Sumber gambar gambarbusanamuslim.com

Justru karena dikombinasikan dengan bahan atau kain lain dalam satu baju, atasan batik kombinasi akan menghasilkan perpaduan unik yang cocok dipakai untuk aneka acara. Reuni sampai kondangan, semua jadi! Tenang, penampilanmu tetap aman karena bisa memadukannya dengan beberapa jenis bawahan seperti bahan jeans, baik rok maupun celana. Kasual iya, resmi juga iya. Multifungsi, kan?

Bagaimana Memilih Batik Kombinasi yang Bagus

Jadi, gimana? Sudah tergoda mengenakan batik modifikasi terkini? Tampil modern bersama batik tidak hanya sebuah kesenangan, tapi juga kebanggaan karena mampu melestarikan budaya bangsa sendiri. Tapi, supaya kenyamanan dan keanggunanmu memancar sempurna, perhatikan dulu tips memilih batik berikut ini!

Tentukan Model Sesuai Selera dan Acara

Sumber gambar www.batiksemarang.com

Sebelum masuk ke toko baju, periksa lagi apa yang kamu butuhkan: baju untuk keperluan formal, semi-formal, atau kasual? Memang sih, satu model baju batik hampir bisa dipakai untuk semua momen. Tapi sebaiknya kamu pikir lagi karena baju batik punya jenis warna dan motif yang berbeda.

Misalnya, untuk acara kasual, pilih batik berbahan katun dan bermotif flora atau fauna dengan warna-warna terang agar terkesan ceria. Akan lebih pas kalau ada aksen yang simpel tapi menarik. Lain halnya kalau kamu mencari busana formal. Pilihlah batik dengan warna-warna gelap, bermotif simetris, sehingga memberi kesan resmi dan rapi. Tambahan-tambahan seperti saku, tali pinggang, dan ploi akan membuatnya sempurna.

Kualitas Jahitan Juga Perlu Diperhatikan

Sumber gambar www.bukalapak.com

Tentunya, kualitas jahitan akan menentukan apakah baju itu nyaman dipakai dan tahan lama atau tidak. Karena batik kombinasi adalah dua jenis kain yang disatukan, maka kamu harus ekstra perhatian pada kekuatan dan kerapatan jahitan baju. Pastikan lagi jahitannya tidak mudah lepas dan bajumu lebih awet dipakai, terutama pada kancing, resleting, ketiak, juga bagian dalam baju.

Cek Kualitas Bahan dan Tingkat Ketebalan Bahan Kain

Motif batik yang indah bisa dilukis di atas beragam jenis kain, baik itu bahan katun sampai sutra sekalipun. Kalau kamu mencari kualitas, maka bahan sutra harus jadi pilihan pertama karena bahannya nyaman dipakai seharian dan membuatmu nampak berkelas. Yang penting, sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya. Acara santai dan resmi tentu punya jenis kain masing-masing, bisa katun, sutra, dan lainnya. Selebihnya, pilih bahan yang berpori lebar agar lebih adem di kulit.

Model Batik Kombinasi yang Bisa Dijadikan Panduan

Sumber gambar www.ayeey.com

Karena cenderung kekinian, batik kombinasi menghadirkan tren batik yang lebih cocok dipakai anak muda zaman sekarang. Model-modelnya unik dan terbaru, dirancang dengan menyatukan kain polos dan batik. Tapi, model apa yang harus kamu pilih? Gampang, kok. Sesuaikan saja dengan bentuk tubuhmu.

Kalau kamu kurus, pilih batik kombinasi bermotif besar atau berwarna terang. Satukan dengan brokat juga oke. Beda kasus kalau kamu berbadan lebih gemuk, pastikan kamu memilih warna gelap bermotif kecil sehingga membentuk ilusi tubuh yang lebih pas.

Batik Kombinasi Satin

Sumber gambar batikkeluarga.com

Ini dia kombinasi batik satin yang banyak dipilih penyuka batik. Motif batik disatukan dengan bahan satin yang mengkilap. Sehingga, kamu bisa tampil mewah dan elegan walau dalam suasana formal. Apalagi kalau baju batiknya beli sepasang untukmu dan si dia. Wah, jadi makin kompak kemana-mana!

Dapatkan batik kombinasi untuk couple dan keluarga di situs BatikKeluarga dengan daftar harga berikut ini:

  • Batik kombinasi ukuran S-L: 350 ribu rupiah per pasang
  • Batik kombinasi ukuran XL-2L: 395 ribu rupiah per pasang
  • Batik kombinasi ukuran 3L-4L: 435 ribu rupiah per pasang
  • Batik kombinasi ukuran 5L-6L: 475 ribu rupiah per pasang
  • Batik kombinasi ukuran 7L-8L: 525 ribu rupiah per pasang
  • Batik kombinasi gamis balita: 100 ribu rupiah
  • Batik kombinasi gamis anak: 145 ribu rupiah
  • Batik kombinasi gamis remaja: 185 ribu rupiah
  • Batik kombinasi hem balita: 85 ribu rupiah
  • Batik kombinasi hem anak: 100 ribu rupiah
  • Batik kombinasi hem remaja: 125 ribu rupiah

Sebagai alternatif, kamu sebaiknya cek baju-baju di bawah ini:

  • Gamis Batik Muslim model Maezara dari Electra Basic. Apalagi kalau kamu butuh gamis bermotif bunga print berwarna biru dengan kerah kotak. Wah, batik Maezara ini recommended buatmu! Dapatkan batik cantik ini di Zalora seharga 330 ribu rupiah.
  • Batik Kombinasi Couple dari Velvet menawarkan batik bahan katun prada yang dikombinasikan dengan satin velvet, berbalut model gamis terusan. Dilengkapi kancing depan dan karet di bagian belakang sehingga mudah dipakai dan diterapkan ke tubuh. Gamisnya berukuran all size, dan khusus untuk pria tidak disediakan celana panjang. Dapatkan hanya di Tokopedia seharga 275 ribu rupiah.

Batik Kombinasi Brokat

Sumber gambar berrybenka.com

Dear Ladies, setuju kan kalau dikatakan perpaduan kain batik dan brokat adalah pilihan favorit perempuan? Soalnya, kombinasi batik dan brokat bakal memancarkan keanggunan. Jelas, karena brokat memang dikenal bisa memberi kesan berkelas pada pakaianmu, apalagi dengan pola-pola cantiknya. Apa saja kombinasi batik brokat yang harus kamu koleksi?

  • Brand Whiens menghadirkan mini dress terusan bermotif batik khas Sleman, Jogja dengan perpaduan brokat. Tak masalah jika kamu memakai jilbab, tinggal pasangkan warna baju dan jilbabnya. Dipakai ke kondangan oke, pun kamu bisa memakai dress ini ke acara pesta atau event nonformal sejenis. Hanya berbekal 350 ribu rupiah, dapatkan segera di Lazada.
  • Batik Felixia menawarkan batik kombinasi brokat dengan baan katun terbaik yang halus di kulit. Kamu bisa memilih warna hijau, biru, merah, hitam, dalam ukuran all size. Aksen Cina dan Jawa pada motif batik membuat baju ini serupa kebaya encim. Dapatkan hanya di Tokopedia seharga 200 ribu rupiah.
  • Berrybenka mengeluarkan La Clara, atasan warna hitam berkombinasi brokat di bagian lengan. Corak flora dan faunanya memberi kesan modis, sehingga layak kamu pilih untuk menemani momen santai maupun resmi. Jadi, sudah siap tampil menawan dengan batik berbahan poliester? Dapatkan hanya di Berrybenka seharga 321 ribu rupiah.

Batik Kombinasi Sifon

Sumber gambar www.lazada.co.id

Demi penampilan modis, batik kombinasi sifon jelas tak boleh kamu lewatkan. Para muslimah khususnya, bakal makin menawan dengan gamis motif batik berbahan kombinasi sifon. Cocok dipakai bekerja maupun menghadiri acara resmi. Agar tidak bingung, yuk simak baju-baju atasan batik kombinasi sifon rekomendasi kami di bawah ini. Dijamin, desainnya modern dan cocok untukmu!

  • Davas Indonesia menawarkan batik kombinasi sifon berupa atasan blus cantik yang bisa kamu pakai saat bekerja, menghadiri acara formal, bahkan jalan-jalan bareng teman. Duet antara bahan katun batik dan sifon putih akan menonjolkan sisi femininmu. Untuk bawahannya, kamu bisa pakai celana kain atau celana jeans. Nggak ribet, kan? Dapatkan atasan ini di Lazada seharga 250 ribu rupiah.
  • Unique Batik menghadirkan blus bermotif batik yang dikombinasi kain sifon. Motif floral berbalut warna lembutnya bakal bikin kamu terlihat cantik. Tinggal kamu pasangan dengan rok, celana bahan, atau celana jeans. Dapatkan di Matahari Mall seharga 209 ribu rupiah.

Batik Kombinasi Katun

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bahan katun memang primadona karena halus dan nyaman di kulit, membuatmu bebas gerah. Tapi, pilih dengan benar, ya. Kalau salah pilih, takutnya kamu dapat katun yang warnanya tidak awet. Mahal sedikit tidak masalah, kan, asal tahan lama dan berkualitas!

  • Blazer manis dari STEPH ini harus kamu koleksi, karena batik kombinasi bahan katun menghasilkan pakaian yang tidak panas di badan. Satukan dengan blus atau kaos dan celana panjang agar lebih serasi. Kamu bisa memakainya ke kantor, acara formal, maupun semi-formal. Beli di Elevenia, cuma Rp 168.500.
  • Blus kombinasi katun dari WINGGO ini berbahan tebal sehingga tidak menerawang. Dengan model yang simpel, kamu bisa memilihnya untuk menemani aktivitas formalmu bersama celana jeans atau celana bahan. Dapatkan hanya di Matahari Mall seharga Rp 69.900.
  • Batik Anisa menawarkan blus berdesain modern dengan motif kombinasi Pekalongan. Atasan warna cokelat ini dibuat melalui proses cap lilin malam, dan menghasilkan pakaian berbahan katun tebal dengan jahitan kuat dan halus. Dilengkapi lapisan furing press atau trikot dan kerah kancing depan, kamu bisa menyatukan atasan batik kombinasi ini dengan celana legging, bahan, maupun jeans. Bisa dipakai untuk acara santai sampai resmi, lho. Dapatkan di Tokopedia seharga 200 ribu rupiah.

Batik Kombinasi Emboss

Sumber gambar www.lazada.co.id

Kebayang dong seperti apa apiknya kain embos? Kain jenis ini memiliki motif dengan ukiran yang timbul pada permukaan kain. Warna-warna yang sering digunakan saat pembuatan batik emboss adalah warna terang seperti biru langit, merah, kuning, oranye, tosca, ungu, dan sejenisnya. Aneka motif bisa dibuat jadi batik emboss, entah itu dedaunan, mega mendung, atau motif abstrak sekalipun. Ini rekomendasi atasan batik kombinasi batik emboss khusus buatmu.

  • Oktovina menjual blus bermotif batik dengan kombinasi katun emboss yang super nyaman dan cantik. Atasan lengan pendek ini dihiasi motif kombinasi sekuen dan warna biru, cocok dipakai olehmu yang enerjik. Pasangkan saja dengan celana jeans atau kain, dan kamu pun siap keluar rumah. Dapatkan blus ini di Lazada seharga 185 ribu rupiah.
  • Batik Distro juga menyediakan atasan batik kombinasi berbentuk blus wanita. Baju model kutu baru yang dibuat emboss ini dilengkapi leher kotak, lengan panjang, dan kancing alam menyamping. Dapatkan hanya di Matahari Mall seharga 81 ribu rupiah.

Gamis Batik Kombinasi

Sumber gambar inimodelbajubatik.com

Para muslimah pasti suka, nih. Yap, batik juga dimodifikasi ke dalam baju model gamis sehingga muslimah bisa memakai dan mengkreasikannya. Walau didesain sederhana, gamis batik tetap jadi idola.

Baju batik model gamis akan menambah kesan feminin pada penampilanmu. Apalagi, gamis batik cukup fleksibel untuk dipakai pada acara formal maupun pesta. Bicara tentang bahan, gamis batik sudah banyak dipadukan dengan bahan sifon atau satin. Kamu tinggal pilih mana yang pas buatmu!

  • Brand Le Viel Batik menawarkan batik bermodel Naswa Gamis yang dibuat dari bahan semi sutra warna tosca. Bahannya yang wah, nyaman di badan, membuat gamis ini jadi rebutan. Terutama buat kamu yang ingin tampil anggun dan menawan! Kamu bisa membelinya di Zalora seharga Rp 232.500.
  • Batik Maduretno menghadirkan baju abaya bermotif khas Madura yang elegan. Dengan mengkombinasikan bahan polos dengan batik tulis Madura bercorak bunga dan bintang tabor, gamis satu ini makin cantik berkat hiasan payet pada dada dan lengannya. Pilihan yang tepat untuk kamu pakai ke acara pesta atau resmi. Tertarik, kan? Beli langsung di Elevenia seharga 275 ribu rupiah.
  • Brand Velvet juga tak mau ketinggalan dengan menghadirkan gamis sarimbit bercorak cantik. Kamu dapat memilih warna ungu, hijau, oranye, atau biru. Butuh baju pasangan bercorak sama? Ada juga, lho. Cek baju seharga 135 ribu rupiah ini di Tokopedia.
From our editorial team

Pilih Kain Batik dan Kain Kombinasinya yang Berkualitas

Kadang kita tergiur oleh model batik yang dipajang di butik, atau online shop, namun ternyata setelah terbeli yang ada justru kekecewaan. Pertimbangan pertama dalam memilih batik adalah pilih kain yang adem, dan nyaman dipakai di tubuh. Tidak hanya batiknya, namun juga kain kombinasi batiknya. Selain itu pilihlah warna kain batik yang tidak mudah luntur, karena kalau luntur malah mengenai kain kombinasinya yang polos misalnya, dan berakibat rusaknya keindahan model batik kombinasi. Yang perlu diingat, yang berkualitas memang belum tentu harga mahal, namun apa salahnya jika kita menambah kocek sedikit demi pemakaian jangka panjang.