Tips Penting Memilih Atasan Batik Lengan Panjang 2018 dan 9+ Motif Kerennya!

Tips Penting Memilih Atasan Batik Lengan Panjang 2018 dan 9+ Motif Kerennya!

Atasan batik lengan panjang sudah mulai populer seiring dengan tingginya kebanggaan masyarakat terhadap baju batik. Kalau kamu juga enggak ingin ketinggalan untuk tampil trendi dengan atasan batik, ini dia BP-Guide siapkan tips penting memilih atasan batik lengan panjang buat kamu!

Atasan Batik Lengan Panjang Bisa Jadi Paduan Formal Bekerja

Hari gini siapa sih yang tak punya baju batik di lemarinya? Pastinya kamu-kamu semua disini juga punya baju batik meski cuma satu. Hal ini tidak mengherankan karena batik sudah menjadi identitas bangsa. Sesuai perkembangan yang ada, saat ini batik tidak hanya cocok dikenakan hanya pada acara resmi saja. Batik saat ini juga dikenakan sebagai pakaian harian pada acara tak resmi.

Buat yang bekerja, atasan berupa batik lengan panjang sangat cocok dan pas untuk menemani harimu. Utamanya bagi yang menggunakan hijab, atasan batik lengan panjang akan makin mempercantik gayamu. Atasan batik berlengan panjang memang cocok untuk dikenakan bekerja karena memberikan kesan formal namun tetap modis dan stylish.

Ada Dua Jenis Batik yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Tentunya kamu sudah mengerti bahwa batik sangat beragam bila dilihat dari motif dan sejarahnya. Namun, jika dibedakan berdasarkan teknik pembuatannya, batik hanya ada dua jenis yakni batik tulis dan satunya batik printing. Batik tulis artinya batik yang cara pembuatannya manual, mulai dari proses menggambar dengan canting hingga pewarnaan dilakukan secara manual. Sementara, batik printing adalah batik yang teknik pembuatan motifnya dicetak menggunakan mesin.

Batik Tulis

Dibedakan dari teknik pembuatannya, batik tulis memerlukan lebih banyak tenaga karena segala prosesnya dikerjakan manual. Mulai dari proses menggambar pola hingga pewarnaan kain dilakukan secara manual. Batik jenis ini bisa dikenali lewat bau lilin batik yang biasa digunakan untuk menggambar pola, bentuk motif, pola desain serta warna kedua bidang kain. Batik tulis ini bisa kamu dapatkan di toko-toko batik terdekat.

Untuk lebih pastinya, kamu bisa mengunjungi situs online thebatik.co.id dan menemukan kain batik tulis motif Ceplok Gurdo Hitam. Batik tulis ini dibuat dari bahan katun berukuran 2 x 1 meter dan dijual dengan harga Rp. 325.000.

Batik Cap

Batik yang pembuatannya menggunakan teknik cap atau printing membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari lamanya, lebih cepat dari proses pembuatan batik tulis. Namun, batik cap ini biasanya hanya dibuat terbatas saja karena tak bisa membuat motif besar dan kurang memiliki seni coretan.

Batik printing bisa dikenali lewat pemilihan motif yang beragam, warna yang lebih terang di bagian depan dan agak pudar di bagian belakang kain, ukuran kain standar 2 x 1 m dan mempunyai aroma lilin yang khas. Untuk mendapatkan batik printing ini, kamu bisa langsung mengunjungi batikbumi.com dan membeli kain batik cap smoke berbahan primissima 40’s yang adem dan lembut di kulit. Kain ini tidak luntur dan tidak menerawang. Harganya Rp. 38.000 per meternya.

Tips yang Bisa Digunakan dalam Memilih Atasan Batik Kantor

Setelah mengetahui jenis batik dari proses pembuatannya, kini tinggal menentukan batik seperti apa yang bisa dijadikan pilihan untuk baju atasan saat ke kantor. Menentukan atasan batik untuk ke kantor ada tips-tipsnya lho; seperti motif batik seperti apa yang akan kamu kenakan, berapa budget yang kamu sediakan, dan bahan kain batik seperti apa yang ingin kamu kenakan. Berikut ulasan tips-tipsnya:

Tentukan Corak yang akan Digunakan

Sumber gambar contohmodelbajubatik.com

Karena untuk digunakan ke kantor maka pilihan yang tepat adalah batik yang bercorak geometris untuk menampilkan kesan formal dan rapi. Corak geometris ini cocok untuk kamu bertubuh sedang maupun kecil. Bagi yang bertubuh sedang, pilih saja geometris kombinasi besar dan kecil agar terlihat proporsional dengan tubuh. Sedangkan bagi yang bertubuh kecil, pilih saja geometris sedang untuk menyelaraskan dengan bentuk tubuh.

Alternatif lain adalah batik bercorak sarimbit yang biasa dikenakan untuk seragam. Corak batik ini biasanya dikenakan untuk seragam kantor agar tampak kompak. Corak batik lain yang bisa dikenakan ke kantor adalah corak batik lurik. Corak ini memberikan kesan resmi sehingga pas untuk dikenakan ke kantor.

Tentukan Budget yang Kamu Miliki

Dengan makin beragamnya batik yang ada maka pilihan kamu untuk batik yang akan dikenakan ke kantor pun makin banyak. Sesuaikan saja batik yang akan kau beli dengan budget yang kamu miliki. Jika ingin membeli batik tulis maka persiapkan budget lebih sekitar Rp. 250.000 hingga Rp. 15.000.000. Batik tulis cenderung lebih mahal karena pengerjaanya manual dan butuh waktu hingga 4 bulan lamanya. Sementara jika budget terbatas, kamu bisa memilih batik printing yang kisaran harganya Rp. 60.000 hingga Rp. 300.000.

Bahan akan Sangat Menentukan Kualitas

Untuk atasan batik yang akan dikenakan ke kantor, pastikan agar kamu memilih kain berkualitas tinggi. Ini penting karena kain berkualitas tinggi bisa lebih awet dikenakan, tidak luntur dan tidak membuat iritasi di kulit. Untuk pakaian kerja yang formal sebaiknya memilih bahan katun atau sutra. Meski bahan ini agak mahal namun akan harga akan sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Panduan Memilih Atasan Batik Lengan Panjang Sebagai Pakaian Kerja

Baju batik yang menimbulkan kesan formal si pemakai kerap kali dipergunakan sebagai baju atasan untuk bekerja. Atasan batik lengan panjang ini bisa dipadupadankan dengan mudah dengan bawahan berupa celana maupun rok panjang.

Untuk memilih atasan batik lengan panjang sebagai pakaian kerja, ada baiknya kamu mengikuti beberapa langkah termasuk didalamnya, pemilihan bahan untuk menunjang kegiatanmu secara maksimal, pemilihan bawahan yang pas untuk atasan batik lengan panjang, serta pemilihan motif yang pas untuk dikenakan sebagai pakaian kerja. Berikut penjelasannya untuk kamu :

Pilih Bahan yang Menunjang Mobilitas Optimal

Sumber gambar inimodelbajubatik.com

Sebagai pakaian kerja, atasan batik lengan panjang yang akan kamu beli haruslah memiliki kualitas yang baik. Ini karena kain batik berkualitas tinggi bisa membuatmu nyaman mengenakannya dalam waktu lama. Untuk menunjang aktivitasmu yang padat di kantor, sebaiknya menggunakan atasan batik yang berbahan halus di kulit agar tidak menimbulkan rasa gatal saat gerah. Dengan bahan yang bagus maka mobilitas kamu di kantor pun makin optimal.

Padukan dengan Rok untuk Tampilan Feminin

Sumber gambar www.modelbaru.id

Ingin ke kantor menggunakan atasan batik lengan panjang dan tampak feminin? Bisa loh...kamu tinggal memadupadankannya dengan rok. Pilih rok berwarna gelap untuk memberi kesan lebih formal saat ke kantor. Sementara untuk panjang pendeknya rok tinggal kamu sesuaikan dengan gayamu. Untuk yang berhijab, mengenakan atasan batik lengan panjang dengan rok panjang hitam bisa jadi tampilan yang oke untuk ke kantor.

Motif Atasan Batik Lengan Panjang yang Bisa Jadi Rekomendasi

Sebagai baju atasan untuk acara formal atau ke kantor, kamu memiliki banyak pilihan motif batik. Karena ada motif batik modern dan tradisional, maka pilihan kamu untuk motif atasan batik lengan panjang bisa makin beragam seperti motif sogen kembang, sarimbit, mega mendung, wayang, keong dan banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini BP-Guide menyajikan beragam motif untuk atasan batik lengan panjang yang bisa jadi rekomendasimu untuk ke kantor :

Sogan Kembang

Sumber gambar www.bukalapak.com

Motif batik sogan kembang ini cenderung berwarna cokelat dan oranye. Ini karena kata sogan ini diambil dari sebuah nama pohon, pohon soga. Sehingga warnanya mengikuti warna pohon soga tersebut. Kamu bisa memilih Batik Sogan kembang berbahan katun primisma untuk ke kantor. Bahan batik yang adem akan membuatmu nyaman seharian. Kamu bisa mendapatkan batik dari Mila Style Baju Batik Blouse Varian Sogan Hanasti – Multicolor ini di Lazada. Dengan ukuran M hingga L, batik ini dijual seharga Rp. 98.000.

Daun Anjani

Sumber gambar www.lazada.co.id

Jika kamu ingin membeli atasan batik lengan panjang yang digunakan sebagai seragam, kamu bisa memilih batik dengan motif anjani. Batik ini memiliki aksen motif emas sehingga terlihat elegan saat dikenakan. Pilihanmu bisa jatuh pada Mosa Batik Atasan Lengan Panjang dengan Motif Anjani #2 Batik Pekalongan #240. Atasan ini bisa kamu miliki seharga Rp. 60.000 di Bukalapak.

Keong

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kamu bisa mendapati motif keong pada batik yang bermotif Jogja klasik. Motif keong ini biasanya dikenal luas sebagai motif paisley dan sudah populer semenjak abad 18. Kamu bisa membeli peplum batik keong berbahan spandeks yang adem ini. Batik ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp. 60.000. Selain itu kamu pun bisa membeli batik couple untukmu dan pasanganmu di Bukalapak, batik Pekalongan ini bisa dibeli seharga Rp. 120.000.

Adikusuma

Sumber gambar www.blibli.com

Batik yang satu ini merupakan produksi PT Wieda Sejahtera. Perseroan tersebut telah meraih Upakarti dan terkenal sebagai produsen batik Adikusuma yang mulai dikenal masyarakat luas. Menggunakan bahan katun prima dan berwarna dominan hitam dan biru, blus batik ini menambah kesan elegan pada si pemakai batik. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan membayar seharga Rp. 139.000. Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa juga membeli blus batik Adikusuma kombinasi dengan model kerah leher bulat di Zalora. Harganya Rp. 195.510.

Bunga

Sumber gambar www.tokopedia.com

Motif bertema bunga memang selalu menarik untuk dilihat dan dikenakan. Saat ini batik bermotif bunga pun banyak diminati karena selain cantik, motif batik kembang ini bisa menambah anggun si pemakai. Kamu bisa menjajal BM bunga yang tersedia dalam ukuran M hingga XL ini. Atasan batik lengan panjang ini dijual di Tokopedia dalam harga Rp. 48.000. warnanya pun sangat bervariasi dan menarik, tinggal pilih mana yang kamu suka.

Sutra

Sumber gambar www.facebook.com

Batik yang dicetak atau dilukis diatas kain sutra akan makin menonjolkan kesan elegan. Selain bahannya yang adem dan lembut, motif batik pada kain sutra dijamin bisa meningkatkan rasa percaya dirimu. Coba saja kemeja batik sutera lengan panjang dengan motif pakis biru ini. Baju berkerah V dengan warna biru ini bisa diperoleh di akun Facebook Butik Batik dan Pernak-Pernik dan dijual dalam harga Rp. 165.000 saja lho.

Sarimbit

Sumber gambar batikdewandari.com

Batik bermodel sarimbit alias seragam baik untuk suami istri, teman atau keluarga ini sudah lama populer di Indonesia. Motif batik sarimbit ini dibuat dengan tujuan menunjukkan keserasian dan kekompakkan antara yang memakai. Jika tertarik, kamu bisa menjajal mengunjungi website batikdewandari.com dan melirik Sarimbit Blues Batik SBD012. Baju pasangan suami istri ini terdiri dari baju batik hem pria lengan pendek sedangkan untuk wanitanya blues batik berlengan panjang. Berbahan katun dengan motif bunga yang melati biru, baju sarimbit ini tersedia dari ukuran M hingga XL. Harganya Rp. 165.000.

Wayang

Sumber gambar www.pinterest.com

Batik bermotif wayang juga sangat populer untuk dikenakan sebagai atasan batik lengan panjang. Ini karena motif wayang sendiri cukup terkenal di Indonesia sebagai bagian dari identitas bangsa. Cerita pewayangan yang banyak mengandung filosofi kehidupan pun telah menjadi pedoman masyarakat Indonesia. Kamu bisa mencoba menggunakan Blus Arjuna 4423 yang keren ini untuk ke kantor atau ke acara formal. Berbahan Katun prima, atas batik lengan panjang ini tersedia dari ukuran M hingga XL. Kamu bisa mendapatkan batik keren ini di Blibli seharga Rp. 58.000.

Kujang

Sumber gambar www.bukalapak.com

Batik yang satu ini memasukkan Kijang dan Kujang yang merupakan dua ikon kota Bogor dalam motifnya. Motif batik yang satu ini merupakan peninggalan dari kerajaan Pakuan. Atasan batik lengan panjang yang bisa jadi rekomendasi adalah Mosa Batik. Dengan motif Kujang merah dan terbuat dari bahan katun yang oke punya, atasan ini nyaman dikenakan dan warnanya pun tidak luntur. Kamu bisa mendapatkan atasan batik yang didominasi warna coklat ini di Bukalapak dengan membayar seharga Rp. 55.000.

Mega mendung

Sumber gambar www.bukalapak.com

Motif batik cantik ini awalnya terinspirasi dari pantulan awan setelah hujan pada genangan air. Batik Cirebon ini memiliki warna merah sebagai dasar, maknanya adalah lambang seorang pemimpin. Lalu motif awan biru dilengkapi tujuh gradasi warna melambangkan 7 lapis langit, 7 hari dan 7 lapis tanah. Motif batik ini bermakna bahwa tiap manusia harus bisa mengontrol emosinya masing-masing. Contoh dari batik Mega Mendung lengan panjang yang cocok sebagai atasan yakni Blus Kerja Lengan Panjang Mega Mendung Motif Tenun Istimewa. Berwarna ungu yang menampilkan kesan elegan, batik ini dijual dengan harga Rp. 86.000 di toko online Bukalapak.

From our editorial team

Atasan batik lengan panjang yang tepat bikin kamu elegan dan cantik!

Mengetahui cara memilih atasan batik lengan panjang yang paling tepat untuk gaya dan penampilanmu adalah strategi yang tepat untuk tampil elegan dan cantik. Kami berharap tips-tips yang telah kami berikan di atas bisa membuat kamu makin ahli memadupadankan atasan batik sesuai gayamu.