Tampil Elegan Dengan 12 Ragam Motif Kain Batik Tulis Warisan Nusantara

Tampil Elegan Dengan 12 Ragam Motif Kain Batik Tulis Warisan Nusantara

Batik tulis adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Sebagai anak bangsa tentunya Anda tak akan ragu tampil elegan dengan baju berbahan dasar kain batik tulis ini. Simak ragam motif batik nusantara yang dirangkum BP-Guide berikut ini lengkap dengan tips merawatnya!

Baju Batik Tulis, Pilihan Tepat Untuk Tampilan Elegan

Sumber gambar batik-tulis.com

Sejak dulu, batik selalu jadi pilihan pertama untuk melengkapi kebutuhan busana formal Anda. Hingga kini, motif batik tak meredup, justru kian melejit menjadi tren fashion kekinian. Ini memaksa desainer untuk terus merancang busana bermotif batik.

Tak hanya dipakai untuk diri sendiri, pakaian batik juga dirancang untuk couple. Memakai baju batik couple ke acara resmi seperti pernikahan, pesta, atau acara lain bakal bikin Anda dan pasangan terlihat kompak dan serasi. Selain pasangan, batik couple juga bisa Anda pakai dengan saudara, keluarga, atau sahabat.

Beragamnya motif batik kadang bikin pusing mau pilih yang mana. Semua unik dan berkelas. Bingung pilih motif yang mana? Coba pakai batik tulis. Motif batik tulis yang menorehkan kesan mewah membuatnya diminati banyak orang. Kualitas bahan dan coraknya juga tidak main-main. Dijamin, Anda bakal nampak menawan memakai baju batik tulis.

Tips Merawat Baju Batik Tulis Agar Tidak Cepat Pudar dan Tahan Lama

Sumber gambar www.hipwee.com

Kesan mewah bakal Anda dapatkan saat memakai batik tulis. Namun, sebanding dengan kualitas seni itu, Anda pun harus merawatnya dengan benar sehingga batik Anda tahan lama. Berbeda dengan batik cap dan batik printing, perawatan batik tulis harus diakui sedikit lebih sulit. Tapi, bukan berarti tidak mungkin, lho.

Nah, agar kualitas bahan dan warnanya tahan lama, ada trik khusus yang harus Anda praktikkan. Jangan sembarangan mencuci dan menyimpannya, ya. Karena, Anda tentu tidak mau rugi kan sudah beli mahal-mahal malah cepat rusak? Perawatan yang tepat akan membuat Anda bisa terus-terusan memakai baju batik tulis kesayangan ini. Apa saja tipsnya?

Cuci Menggunakan Tangan

Sumber gambar www.batiksemarang.com

Memang sih, mencuci dengan mesin jauh lebih praktis. Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. Sayangnya, ada beberapa jenis bahan pakaian yang sebaiknya tidak dicudi dengan mesin agar lebih awet. Termasuk, baju batik tulis ini,

Lalu, pakai apa, dong? Cuci baju Anda secara manual menggunakan tangan, tanpa memakai sikat. Eits, sabun cucinya pun tidak boleh sembarang sabun deterjen, lho. Gunakanlah sampo, sabun bayi, lerak, dry clean di tempat laundry, atau beli saja sabun cuci khusus untuk baju batik. Ini akan membuat warnanya lebih awet.

Untuk mencuci baju batik tulis, siapkanlah ember berisi air. Larutkan sabun cuci atau sampai ke dalamnya, pastikan sabun atau sampo tidak mengental. Lalu, masukkan baju ke dalam ember, tanpa disikat atau diperas. Bahkan jika baju itu tidak terlampau kotor, Anda bisa merendamnya dengan air hangat tanpa sampo sekalipun.

Jemur di Tempat yang Terhindar dari Sinar Matahari Langsung

Sumber gambar idemodelbusana.com

Baju Anda sudah selesai dicuci dan siap dikeringkan? Nah, sekarang, carilah tempat menjemur yang tidak langsung terpapar sinar matahari. Karena pada dasarnya, baju batik tulis hanya perlu diangin-anginkan sampai kering, tanpa diperas atau dikeringkan di mesin pengering. Ayunkan saja baju Anda beberapa kali, lalu jemur di tempat yang tidak terlalu terik.

Langkah di atas penting untuk diperhatikan, karena jika langsung terkena sinar matahari, warna baju batik bisa luntur. Keindahan dan kemewahan baju batik tulis bakal berkurang. Anda tidak mau itu terjadi, kan?

Simpan di Tempat yang Lembap

Sumber gambar beautynesia.id

Apakah Anda terbiasa menyetrika baju? Jika iya, sepertinya baju batik tulis harus Anda istimewakan. Karena, baju ini sebaiknya tidak disetrika. Ini karena panas setrika berpotensi merusak tekstur dan warna batik. Kalaupun terpaksa harus disetrika, lapisi bagian atas baju batik tulis Anda dengan kain lain. Sehingga, baju tidak langsung terkena panas setrikaan. Atau, bisa juga pakai setrika uap agar uapnya bisa Anda atur agar tidak terlampau panas.

Jangan pula menyimpan baju batik tulis di sembarang tempat. Pastikan memasukkan baju batik di tempat yang tidak lembab. Selain itu, jauhkan dari kamper atau kapur barus yang biasa digunakan untuk mengharumkan lemari pakaian. Memang sih, kamper membuat lemari Anda lebih wangi. Tapi, warna batik akan kusam jika terpapar kamper. Kalau terpaksa pakai kapur barus, setidaknya lapisi baju batik Anda dengan plastik.

Ragam Batik Tulis Sesuai Motif dan Corak

Sumber gambar www.mudzakir.com

Batik tulis khas Indonesia tentunya memiliki beragam corak dan motif sesuai dengan daerah asalnya atau teknik pembuatannya. Nah, untuk Anda yang belum tahu ragam baju batik tulis, simak ulasan beserta rekomendasinya berikut ini!

Motif Batik Keraton

Sumber gambar obatrindu.com

Batik tulis memiliki beragam corak yang cantik. Batik keraton, salah satunya. Ia menjadi pionir seluruh jenis batik yang tumbuh di Indonesia. Motifnya tidak hanya indah, tapi juga menyimpan makna filosofis. Batik keraton lahir dari tangan putri-putri keraton Kasunanan Surakarta, Kasultanan Jogjakarta, Pura Pakualaman, dan Pura Mangkunegaran. Mereka dibantu para ahli batik di sekitar keraton.

Dulu motif ini tak bisa dipakai oleh sembarang orang, sama halnya dengan Batik Parang Rusak, Batik Udan Liris, Batik Parang Barong, dan motif tertentu lainnya. Usaha ini pun tumbuh dan makin dikenal. Akhirnya, para saudagar mulai mengelola dan mengembangkan batik di luar lingkungan Keraton. Lahirlah batik Sudagaran dan Batik Pedesaan. Keunikan yang dimiliki batik keraton menjadikannya berbeda dengan batik lain, dilihat dari ukuran, bentuk, patra, dan warna soga (coklat).

Penasaran ingin coba? Ini dua plihannya untuk Anda:

  • Hem Semesta SMTHWS7. Atasan berwarna dasar coklat ini tersedia dalam ukuran M, L, dan XL. Hem berkantong depan ini dibuat dari bahan katun yang nyaman di kulit. Harga eceran hem Semesta dipatok 100 ribu rupiah, sedangkan harga grosirnya hanya 90 ribu rupiah dengan minimal pembelian 5 potong baju. Cek grosirbatik-pekalongan.com untuk pembelian baju batik tulis ini, ya.
  • Hem Semesta SMTKSW3 . Baju batik bermotif terkini yang dibuat dari bahan satin dengan warna cerah. Ada saku depan untuk membantu kebutuhan Anda. Pancarkan aura elegan Anda dengan baju batik seharga 220 ribu rupiah ini. harga grosirnya hanya 210 ribu rupiah, lho. Dapatkan hanya di grosirbatik-pekalongan.com!

Motif Batik Cuwiri

Orang Jawa umumnya mengenal batik bermotif cuwiri yang sering dikenakan saat memperingati tujuh bulan usia anak bayi, atau biasanya disebut “mitoni.” Peringatan mitoni sekaligus wujud tradisi Jawa yang langkah hidupnya kaya akan falsafah kehidupan. Semua ini diyakini mampu membawa pada kemakmuran dan kebaikan.

Istilah “cuwiri” sendiri memiliki arti “kecil-kecil.” Pemakaian baju motif ini diniatkan agar siapa yang memakai nampak layak disegani masyarakat. Jika ditelisik lagi, batik cuwiri dibuat dengan zat pewarna soga alam. Corak bajunya didominasi meru dan gurda. Motif asal Yogyakarta dan Surakarta ini dikembangkan menjadi busana modern yang layak dipilih. Penasaran? Yuk, intip baju-baju di bawah ini!

  • Batik Tulis Cuwiri. Dibuat menggunakan pewarna alami membuat motif batik lebih indah dan berkelas. Baju batik berbahan katun ini hadir dalam warna hitam dan sogan, dilengkapi lengan panjang. Cocok dikenakan saat menghadiri acara formal seperti pesta pernikahan. Baju batik tulis bermotif cuwiri ini dijual seharga 500 ribu rupiah di bukalapak.com.
  • Batik Tulis Jogja Kelengan. Baju batik tulis motif cuwiri ini berwarna hitam. Dibuat dari bahan katun primisima yang pas di badan. Tapi ingat ya, waktu produksinya butuh 3 hingga 4 minggu, sehingga Anda harus menyesuaikan dengan kapan harus memakai baju ini. Jika tertarik, Anda bisa membeli batik seharga Rp 287.500 ini di The Batik, toko online sekaligus vendor terpercaya yang mampu menyediakan tas seminar, kerajinan syal batik, seragam batik, atau suvenir. Sudah banyak institusi, universitas, atau perusahaan yang menggunakan produknya, sehingga Anda pun tak usah ragu lagi mengoleksi atasan satu ini.

Motif Batik Pringgondani

Sumber gambar ubatik.wordpress.com

Pernah dengar nama Pringgodani? Pringgodani atau pringgondani adalah nama kesatriyan tempat Gatotkaca tinggal. Baju batik tulis bermotif pringgondani lebih sering berwarna gelap, misalnya biru nila atau biru indigo, dan soga coklat. Nampak pula detail sulur-sulur kecil diantara naga.

Baju Batik Tulis Motif Pringgodani dibuat dengan pewarna sintesis. Bahan yang digunakan adalah katun prismissima dan sutera. Tak hanya nampak, Anda juga akan terlihat elegan memakainya. Baju batik tulis seharga 375 ribu rupiah ini bisa Anda dapatkan di Ubatik.

Motif Batik Sekar Jagad

Sumber gambar www.fimela.com

Cari yang khas Indonesia? Baju batik tulis motif sekar jagad harus masuk daftar pilihan Anda. Konon, nama motif ini diambil dari kata “kar jagad”. Dalam bahasa Jawa, “kar” berarti “peta”, sedangkan “jagad” artinya “dunia.” Secara keseluruhan, nama “sekar jagad” diartikan sebagai simbol keragaman di dunia.

Ada juga yang mengartikan kata “sekar” menjadi bunga, dan “jagad” adalah dunia. Jadi, sekar jagad adalah keindahan di dunia, seindah bunga. Apa pun itu, batik memang motif yang dimaknai sebagai keelokan nusantara. Khususnya, sekar jagad ini, yang akan memancarkan aura keeksotisan perempuan Indonesia. Siapa pun yang melihat dijamin akan terpikat. Ini rekomendasi kain batik motif sekar jagad untuk Anda!

  • Bahan Kain Jarik Sekar Jagad. Kain panjang berukuran 240 x 110 cm ini dibuat dari bahan katun yang nyaman dipakai. Nikmati kesan tradisional nan klasik dalam balutan batik seharga 85 ribu rupiah yang bisa kamu dapatkan di batik-s128.com ini.
  • Batik Tulis Yogyakarta. Batik bermotif sekar jagad warna marun dan kuning ini berwujud seragam berukuran 200 x 100 cm. bahannya katun misris, yang bisa diproses selama 3 hingga 4 minggu. Karena modelnya seragam, maka Anda harus membeli minimal 20 buah. Dapatkan di thebatik.co.id, dengan harga Rp 165.750 - Rp195.000.
>

Motif Batik Sida Luhur

Sudah tahukah Anda, kisah dibalik lahirnya motif batik Sido Luhur? Dulunya, motif ini dirancang khusus oleh Ki Ageng Henis, cucu Ki Ageng Selo dan kakek Panembahan Senopati, sang penggagas Mataram Jawa. Ki Ageng Henis membuat motif ini dengan harapan anak keturunan yang memakainya bakal dilimpahi hati dan pikiran yang baik sehingga bermanfaat untuk masyarakat.

Winarso Kalinggo, pengamat budaya Jawa berpendapat, motif ini dilukis langsung oleh Nyi Ageng, seorang perempuan berkekuatan sakti. Saat mencanting batik hingga habis lilinnya, konon Nyi Ageng menahan nafas kuat-kuat. Ini dilakukan agar ia mampu secara penuh berkonsentrasi mencanting motif tersebut, sehingga harapan dan doa yang ia inginkan tertuang dalam kain batik itu. Hingga kini, pembuatan batik pun masih sama. Lelaki merancang motif, perempuanlah yang mencanting.

Itu tadi sekilas soal sejarah batik sida luhur. Lalu sekarang, seperti apa motif batik sida luhur dalam baju batik tulis? Simak list berikut ini!

  • Jarik Batik Sidolohur. Bahan batik berupa kain panjang berukuran 240 x 110 cm ini sering menjadi incaran para pengantin Jawa. Dibuat dari bahan katun, batik sido luhur ini dipakai khususnya oleh perempuan Jawa di malam pengantin. Tertarik? Dapatkan di batik-s128.com seharga 85 ribu rupiah.
  • Jarik Sidoluhur Grinsing. Batik berbahan katun ini biasa digunakan pengantin, namun kamu juga bisa mendesainnya jadi busana yang cocok sesuai gayamu. Dengan model batik cabut yang menawan, batik berukuran 240 x 110 cm ini siap menjadikanmu makin elegan. Lengkapi koleksi baju batik tulis nan klasik seharga 85 ribu rupiah ini dengan membelinya di batik-s128.com.

Motif Batik Kawung

Sumber gambar batikdan.blogspot.co.id

Motif batik ini masih satu keluarga dengan baju batik tulis. Konon, motif ini adalah hasil kreasi salah satu dari Sultan Mataram. Bahkan, motif ini juga termasuk Motif Larangan selain 7 motif terlarang lainnya, yaitu Parang Rusak, Parang, Cemukiran, Udan Liris, Sawat, Semen, dan Alas-alasan.

Batik kawung sudah berumur lama. Motif yang muncul sejak abad 13 di dinding kuil atau candi di Prambanan dan daerah Kediri ini memiliki lingkaran-lingkaran yang saling menyambung. Kadang ada tanda silang berjumlah dua atau lebih, juga detil ornamen lain, misalnya titik atau garis berpotongan.

Dulu, patra tersebut dijaga bertahun-tahun lamanya oleh para keluarga Keraton. Kini, motif batik kawung sudah dikenal luas dan dianggap sebagai seni berkelas tinggi. Jangan ketinggalan memakai baju batik tulis motif kawung ini, ya. Cek list berikut untuk rekomendasi kain yang tepat buat Anda:

  • Kain Batik Tulis Jogja Motif Kawung. Kain warna merah berukuran 200 x 10 cm ini menggunakan kain katun misris yang lembut di kulit. Selain merancangnya untuk diri sendiri, kain ini juga bisa dipakai sebagai seragam dengan minimal pemesanan 20 buah. Setelah memesan, Anda harus menunggu 3-4 minggu hingga proses produksi selesai. Berminat? Silakan beli di thebatik.co.id seharga Rp 165.750 - Rp 195.000.
  • Bahan Jarik Batik Klasik Motif Kawung Batu. Batik khas Solo ini berbahan katun yang nyaman dipakai seharian karena lembut dan tidak panas. Batik motif kawung satu ini tampil dalam model batik kombinasi tulis yang elegan. Anda bisa mendapatkan kain seukuran 240 x 110 cm ini di batik-s128.com seharga 85 ribu rupiah.

Motif Batik Semen Rama

Sumber gambar batikdan.blogspot.co.id

Percayalah, setiap motif batik menyimpan makna istimewa. Motif Batik Semen Rama ini misalnya, ia memiliki arti filosofis “kehidupan yang semi”, artinya kehidupan yang bersemi, tumbuh, sejahtera. Motif batik ini sungguh otentik dengan detail ornamen berupa unsur daratan, misalnya tumbuhan atau binatang berkaki empat, atau ornamen berunsur udara, semisal burung garuda atau mega mendung. Motif lain yang sering dipakai adalah ornamen bernuansa air, seperti ular, katak, atau ikan.

Konon, jenis-jenis ornamen ini berhubungan dengan ideologi Triloka atau Tribawana. Ajaran tersebut meyakini bahwa dunia terbagi menjadi 3. Pertama, ada dunia tengah dimana manusia berada, lalu dunia atas dimana para dewa dan orang suci berada, dan dunia bawah tempat manusia yang hidupnya tidak sesuai aturan dan dimurkai. Penasaran seperti apa kain bajunya?

  • Kain Batik Tulis Motif Semen Rama. Kain bermotif semen rama ini dibuat dari sutera baron. Sudah terbayang kan, kain sutera akan menyulap penampilan Anda makin berkelas. Kain seukuran 2,4 x 1 meter ini dijual di Bukalapak seharga Rp 3.465.000.
  • Kain Batik Semen Rama. Dengan ukuran 2,5 x 1,1 meter, kain batik ini dibuat dari bahan primisima dan sutera yang elegan dan nyaman di kulit. Cocok dipakai ke acara resmi atau pernikahan. Bahan primisima di harga 800 ribu rupiah, sedangkan bahan suteranya dijual seharga Rp 1.600.000. Tergoda dengan keindahannya? Dapatkan di ubatik.wordpress.com!

Motif Batik Sida Asih

Sumber gambar www.bisniskonfeksi.com

Selain motif di atas, batik bermotif sida asih juga termasuk batik Keraton. Nama sida asih atau Sidoasih pun mempunya arti yang istimewa. Sido berarti “terus-menerus” atau “berkesinambungan”, sedangkan “asih” berarti kasih sayang. Secara keseluruhan, batik Sidoasih merupakan simbol kehidupan masyarakat yang dilimpahi kasih sayang, serta mampu mendamaikan hidup di dunia, juga di akhirat kelak.

Jika ditilik dari adat Jawa, batik ini seringnya dipakai pengantin pada acara pernikahan. Harapannya, batik Sidoasih akan menganugerahi pasangan pengantin itu kehidupan yang dilingkupi kasih sayang melimpah, langgeng dan bahagia. Anda juga ingin memakainya, kan? Ini rekomendasi baju batik tulis bermotif batik Sidoasih untuk Anda!

  • Kain Batik Tulis Jogja Motif Sidoasih. Kain berbahan katun prismisima yang nyaman di kulit. Untuk memesan kain berukuran 250 x 100 cm ini, Anda harus menunggu proses produksinya selama 3-4 minggu. Kain batik seharga 395 ribu rupiah ini bisa kamu beli di thebatik.co.id.
  • Batik Motif Sidoasih “Keraton Yogya”. Kain batik asal keraton Yogyakarta ini diminati banyak orang berkat keindahan motifnya. Anda juga bisa memakai kain berukuran 105 x 245 cm ini dengan membelinya di Bukalapak seharga 125 ribu rupiah.

Motif Batik Sida Mukti

Sumber gambar batikdan.blogspot.co.id

Yang tak kalah klasik adalah motif batik Sidamukti. Batik ini dibuat menggunakan zar pewarna zoga alam, dengan motif bernuansa gurda. Anda akan mudah menemui batik Sidamukti di acara pernikahan.

Tak hanya Sidamukti, Anda akan banyak menemukan motif lain yang namanya diawali kata “sida”. Kata ini dalam bahasa Jawa berarti “jadi” atau “terlaksana”. Lebih luas, “sida” merupakan simbol doa agar yang diharapkan dapat terwujud. Sidamukti berarti harapan agar dianugerahi rasa bahagia lahir maupun batin. Supaya lebih puas, yuk intip kain batik tulis beromotif Sidamukti berikut ini:

  • Batik Tulis Asli Solo Motif Sidomukti. Kain jatik bermotif menawan ini banyak dipakai oleh pasangan pengantin beradat Jawa saat melangsungkan resepsi atau acara pahargyan. Bagi orang Jawa, motif batik Sidomukti dipercaya sebagai lambang masa-masa melepas kelajangan, menuju hidup yang baru bersama pasangan. Berminat? Dapatkan produknya di Bukalapak seharga Rp 1.300.000.
  • Kain Jarik Pengantik Batik Sidomukti. Sama dengan produk sebelumnya, kain ini juga kerap dipilih untuk menyempurnakan balutan busana sepasang pengantin. Dibuat dari bahan katun dan model batik cabut tulis, kain berukuran 240 x 110 cm ini bisa Anda dapatkan di batik-s128.com seharga 85 ribu rupiah.

Motif Batik Tambal

Sumber gambar ubatik.wordpress.com

Kata “tambal” berarti menambal atau memperbaiki. Motif batik tambal pun diniatkan demikian, yaitu menjadi simbol perbaikan atas kerusakan yang terjadi. Seperti kita tahu, manusia tak lepas dari kesalahan. Sehingga, dalam mengaruhi hidup, sebaiknya manusia tak lepas dari usaha memperbaiki diri agar kehidupannya lebih baik.

Itu makna filosofis dari motif batik tambal. Bahkan dulu kala, kain bermotif tambal ini diyakini dapat menolong orang sakit, yaitu dengan menyelimutkan kain ini pada orang yang sakit tersebut. Apakah Anda tertarik memakainya?

  • Kain Batik Motif Tambal. Kain bernuansa trendi ini dibuat dari bahan katun dengan teknik printing. Anda akan mendapatkan kesan tradisional sekaligus kekinian berkat motifnya yang melebur dan indah. Kain asli Solo berukuran 240 x 105 cm ini dijual di batik-s128.com seharga 55 ribu rupiah.
  • Kain Batik Tulis Solo Motif Tambal. Kain yang dibuat dengan proses full tulis ini berbahan primissima yang unik dibanding bahan lain. Kain berukuran 220 x 105 cm ini dijual di Tokopedia seharga 600 ribu rupiah.

Motif Batik Sudagaran

Sumber gambar batik-tulis.com

Dari namanya saja, sudah terlihat bahwa motif kain ini adalah hasil kreasi para saudagar. Konon, mereka merasa tersisih karena tidak bisa memakai motif larangan para anggota keraton. Mereka pun melahirkan seni batik sendiri dengan motif sesuai karakter para saudagar. Masyarakat umum pun bebas memakai motif tersebut. Dlihat dari desainnya, batik Sudagaran memiliki kesan berani pada bentuk dan coraknya yang didominasi benda alam, satwa, atau kombinasi warna soga dan biru tua.

Proses pembuatan motif ini melibatkan kerumitan yang berbeda dengan batik lain, karena seni yang dihasilkan pun spesial dan berkelas. Teknik ini sengaja dibuat orang penggagas batik Sudagaran agar kreasinya ini berbeda dari batik Keraton, dengan menambakan bintik yang dirangkai indah. Tenang, Anda juga bisa merasakan sensasi keunikannya dengan membeli kain baju batik tulis di bawah ini!

  • Kain Batik Sudagaran. Kain tanpa bros dengan ukuran 2 x 1,1 meter dan embos sepanjang 2 x 1 meter ini didesain dengan memanfaatkan varian warna indah. Merupakan hasil kreasi inovatif dari pengusaha batik Indonesia. Anda bisa mendapatkkannya seharga 140 ribu rupiah di Bukalapak.
  • Kain Batik Sudagaran. Kain batik berkualitas terbaik ini dijual grosir di Pekalongan. Dibuat dari material katun premium, berukuran 2,10 x 1,10 meter. Ada emboss juga pada kainnya seukuran 2 x 1 meter. Ada beragam motif emboss yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Bahan baju batik tulis bermotif Sudagaran ini dijual di Bukalapak seharga 85 ribu rupiah saja. Murah, bukan?

Motif Batik Petani

Motif terakhir dari baju batik tulis adalah batik petani. Sejarah berkata, motif batik petani ini lahir dari kegiatan sampingan para ibu rumah tangga saat memiliki waktu luang dan tidak bekerja ke sawah. Tak ayal, batik ini seringnya terasa kasar. Motif batik petani berbeda-beda di tiap daerah.

Proses mewarnainya juga diserahkan pada saudagar yang menyediakan bahan pewarna. Apalagi, para petani tak berkemampuan membatik. Walau begitu, motif yang dihasilkan tentu unik dan layak dikoleksi. Ini rekomendasi motif batik petani yang bisa Anda pilih menjadi bahan baju batik tulis!

  • Batik Tulis Solo Motif Petani. Batik warna pink yang cantik ini berasal dari Solo, dengan ukuran standar dan dibuat dari bahan katun. Sehingga, batik ini akan terasa nyaman di kulit. Batik Petani atau yang disebut juga Batik Pedesaan ini dihiasai pola hias seperti gambar alam, binatang dan tumbuhan, atau aktivitas bertani mereka. Anda bisa mendapatkan batik bermotif unik ini di Bukalapak seharga 500 ribu rupiah.
  • Batik Tulis Cirebon Motif Petani. Dari Solo, kita menyeberang ke Cirebon. Pengrajin kota ini menghasilkan kreasi seni yang tertuang dalam kain batik tulis khas Cirebon bemotif Petani. Bahannya dibuat dari katun primis berkualitas premium. Hanya dengan 150 ribu rupiah, Anda bisa mendapatkan kain berukuran 110 cm x 220 cm ini di Bukalapak. Mau?
From our editorial team

Cintai Budaya Negeri dan Tampil Elegan dengan Berbagai Motif Batik Tulis Nusantara

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang kini telah mendunia dan menjadi salah satu pakaian etnik yang banyak digemari berbagai kalangan. Salah satu jenis batik yang dianggap punya nilai tinggi adalah batik tulis. Anda yang suka berpenampilan elegan dan mencintai budaya bangsa tentunya tak akan segan mengenakan busana yang satu ini. Sebelum memilih jenis batik, sesuaikan motif dengan karakter dan aktivitas Anda. Pilih juga warna yang sesuai dengan kulit agar makin keren saat digunakan. Oh ya, jangan lupa juga untuk merawatnya dengan baik agar tidak mudah pudar dan awet meski sering digunakan.