Pakaian Bersih dan Terawat dengan 10 Rekomendasi Deterjen untuk Laundry (2021)

Pakaian Bersih dan Terawat dengan 10 Rekomendasi Deterjen untuk Laundry (2021)

Deterjen adalah salah satu produk penting dalam usaha laundry kiloan. Untuk mendapatkan hasil cucian yang bersih dan terawat, tentu Anda tidak bisa sembarangan memilih deterjen untuk laundry. Berikut ini adalah 10 rekomendasi produk deterjen untuk laundry yang bisa Anda jadikan pilihan.

Dua Pilihan Deterjen untuk Laundry

Laundry kiloan telah menjadi salah satu usaha paling menjanjikan saat ini. Apalagi dengan padatnya aktivitas masyarakat yang membuat sebagian orang tidak sempat untuk mencuci pakaian. Berbicara mengenai laundry kiloan, deterjen laundry tentu menjadi salah satu produk yang diandalkan dalam usaha ini.

Ada dua jenis deterjen yang kerap dipilih dalam usaha laundry kiloan, yaitu deterjen cair dan deterjen bubuk. Kedua jenis deterjen laundry tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan deterjen pun perlu mempertimbangkan banyak aspek, apalagi bagi Anda yang hendak menggunakannya sebagai deterjen untuk usaha laundry.

4 Hal yang Dipertimbangkan Sebelum Membeli Deterjen untuk Laundry

Efektivitas Membersihkan Noda

Dalam memilih deterjen untuk laundry, ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Efektivitas dalam membersihkan noda menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan. Bila dibandingkan, deterjen bubuk dan cair memiliki keunggulan masing-masing dalam membersihkan kotoran.

Deterjen bubuk umumnya memiliki surfaktan dengan formulasi kuat yang mampu menangani noda-noda luar ruangan, seperti lumpur, tanah, atau darah. Sementara itu, deterjen cair paling efektif untuk menghilangkan noda minyak, sebab umumnya mengandung alcohol ethoxylates.

Aman bagi Mesin Cuci

Tak bisa asal pilih, memilih deterjen juga perlu mempertimbangkan keamanannya pada mesin cuci. Dibandingkan dengan deterjen bubuk, deterjen cair dinilai lebih aman untuk digunakan pada mesin cuci. Deterjen bubuk memerlukan kehati-hatian dalam menyendok takaran, sebab bubuk deterjen yang berhamburan dapat mengotori bagian lain mesin cuci.

Deterjen bubuk juga memiliki kandungan builder yang dapat menyebabkan kerak pada mesin cuci. Tentu hal ini akan menambah ongkos untuk biaya perawatan mesin cuci. Bagi Anda yang ingin merawat mesin cuci untuk penggunaan jangka panjang, deterjen cair mungkin bisa menjadi prioritas.

Harganya Terjangkau

Tak bisa dipungkiri, dalam melakukan usaha laundry kiloan, profit tentu menjadi tujuan utamanya. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, Anda tentu perlu menggunakan produk-produk dengan harga terjangkau. Dengan volume yang hampir sama, deterjen bubuk memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan deterjen cair.

Anda juga perlu mempertimbangkan pemakaian takaran deterjen bubuk yang lebih banyak dibandingkan dengan deterjen cair konsentrat yang lebih hemat. Biaya pembuatan serta komposisi deterjen cair lebih kompleks, sehingga berpengaruh pada harganya. Meski demikian, jika mempertimbangkan dampaknya pada mesin cuci dan biaya perawatannya, tentu deterjen cair lebih unggul dibandingkan deterjen bubuk.

Tidak Merusak Serat Pakaian

Aspek berikutnya yang sangat penting diperhatikan adalah kualitasnya. Pastikan bahwa deterjen yang dipilih tidak merusak serat pakaian. Deterjen cair adalah solusi terbaik untuk mencuci pakaian yang halus dan memerlukan penanganan secara hati-hati.

Bahan aktif yang telah larut pada deterjen cair tidak merusak serat kain, sehingga warna pakaian tetap cemerlang. Sementara itu, deterjen bubuk dinilai mampu memicu pudarnya warna pakaian, apalagi dengan takaran berlebih dan pemakaian dalam jangka waktu lama. Serpihan deterjen bubuk juga bisa mengendap di sela-sela pakaian.

10 Rekomendasi Deterjen untuk Laundry

Rinso Matic Professional Deterjen Laundry

Rinso Matic Professional Deterjen Laundry adalah deterjen pertama yang direkomendasikan untuk laundry. Produk ini bisa Anda temukan dalam bentuk deterjen cair maupun bubuk yang cocok untuk usaha laundry kiloan. Deterjen ini khusus digunakan untuk mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci.

Produk keluaran Rinso ini diformulasi rendah busa yang aman untuk mesin cuci. Formulanya efektif menghilangkan noda, bau tak sedap, dan membunuh kuman. Rinso Matic Professional Deterjen Laundry menggunakan surfaktan ramah lingkungan, sehingga aman dan nyaman digunakan.

Harga Rp. 60.000-66.100

PROKLEEN Deterjen Cair Laundry Premium

Rekomendasi produk berikutnya adalah PROKLEEN Deterjen Cair Laundry Premium. Deterjen ini telah menjadi produk pilihan banyak usaha laundry, hotel, serta rumah tangga karena kualitasnya yang terpercaya. Hadir dengan teknologi deep clean membuatnya mampu membersihkan noda yang membandel.

PROKLEEN Deterjen Cair Laundry Premium dilengkapi dengan anti redeposisi untuk mencegah kotoran menempel kembali, serta anti bakteri dan anti apek. Deterjen ini rendah busa, sehingga mempercepat proses pembilasan. Memiliki pH 8.0-9.0 dan bebas phosphate membuatnya lebih aman untuk bayi dan anak-anak, serta ramah lingkungan.

Harga Rp. 65.000

Snap Clean Liquid Detergent

Snap Clean Liquid Detergent adalah deterjen laundry berikutnya yang cocok digunakan untuk mesin cuci. Produk ini dibuat dengan bahan yang ramah lingkungan, sehingga lebih aman digunakan. Menghasilkan busa yang sedikit membuatnya lebih cepat dibilas dan tidak meninggalkan residu di pakaian.

Deterjen untuk laundry ini juga tidak meninggalkan kotoran pada mesin cuci dan lebih tuntas membersihkan noda membandel di pakaian. Produk ini tidak membuat apek pakaian meskipun direndam semalaman. Snap Clean Liquid Detergent telah terdaftar pada Dinas Kesehatan dan mendapat sertifikasi ACS ISO 9001.

Harga Rp. 33.099-35.000

DEWASH Deterjen Cair Laundry

Aroma yang wangi kerap menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan ketika hendak membeli deterjen laundry. Salah satu produk dengan aroma wangi yang bisa Anda pilih adalah DEWASH Deterjen Cair Laundry. Deterjen ini hadir dengan aroma Fleur Rose dan bisa digunakan pada mesin cuci top load maupun front load.

DEWASH Deterjen Cair Laundry hadir dengan teknologi deep clean yang mampu membersihkan noda membandel. Produk ini juga dilengkapi dengan anti redeposisi, anti bakteri, dan anti apek. Menghasilkan busa yang sedikit membuatnya mampu mempercepat proses pembilasan dan lebih ramah lingkungan.

Harga Rp. 24.900-29.900

Sleek Baby Laundry Detergent

Memilih deterjen laundry untuk pakaian bayi dan anak-anak tentu tak boleh sembarangan. Pasalnya, kulit si kecil masih sesitif sehingga rentan mengalami iritasi atau reaksi alergi bila terkena bahan kimia dari deterjen. Sleek Baby Laundry Detergent adalah salah satu deterjen laundry yang bisa Anda jadikan solusi.

Sleek Baby Laundry Detergent merupakan deterjen konsentrat yang diformulasikan khusus untuk mencuci pakaian bayi dan anak-anak. Produk ini terbuat dari ekstrak tumbuhan alami yang efektif menghilangkan noda pakaian, tanpa mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Produk ini juga efektif menangkal bakteri dan jamur, serta menjaga pakaian tetap wangi.

Harga Rp. 155.300-218.000

X-Kelin Deterjen Laundry

Deterjen laundry berikutnya yang bisa Anda pilih adalah X-Kelin Deterjen Laundry. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha laundry karena memiliki harga ekonomis dan mampu membersihkan pakaian secara efektif. Tak hanya untuk usaha laundry, produk ini juga bisa digunakan sebagai deterjen rumah tangga.

X-Kelin Deterjen Laundry merupakan deterjen dengan level busa yang sedang. Dengan demikian, deterjen dari X-Kelin ini tidak menyebabkan mesin cuci macet. Tak hanya deterjen laundry, X-Kelin juga memiliki produk lain, seperti softener laundry, pelicin seterika, hingga sabun cuci piring.

Harga Rp. 30.000-80.000

Green Tulip Deterjen Laundry

Produk deterjen laundry berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Green Tulip Deterjen Laundry. Deterjen ini memiliki aroma yang tidak menyengat, sehingga tidak akan bentrok dengan aroma pelicin, softener, maupun parfum laundry. Produk ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki usaha laundry kiloan.

Green Tulip Deterjen Laundry merupakan deterjen tanpa busa, sehingga lebih hemat dan tidak merusak mesin cuci. Deterjen laundry ini bisa digunakan untuk mesin cuci top loading maupun front loading. Selain deterjen, Green Tulip juga memiliki produk lain untuk usaha laundry, seperti softener, pelicin, dan parfum laundry.

Harga Rp. 39.900-191.000

So Klin Matic Liquid Detergent

Deterjen laundry berikutnya yang direkomendasikan adalah So Klin Matic Liquid Detergent. Produk ini merupakan deterjen khusus untuk mesin cuci bukaan depan. Hadir dengan 7 action formula yang memberikan perlindungan efektif untuk membersihkan pakaian.

So Klin Matic Liquid Detergent mampu menghilangkan noda membandel pada pakaian. Sehingga, warna pakaian menjadi lebih cemerlang dan harum. Keunggulan deterjen ini adalah kandungan nano clean powernya yang mampu membersihkan noda hingga ke serat kain terdalam.

Harga Rp. 37.200-50.000

Prowash Concentrated Matic Detergent

Tak melulu deterjen cair, Anda juga bisa menggunakan deterjen bubuk untuk laundry. Salah satu produk yang bisa Anda andalkan adalah Prowash Concentrated Matic Detergent. Produk ini merupakan deterjen yang telah dilengkapi pelembut, sehingga pakaian wangi dan lembut setelah dicuci.

Prowash Concentrated Matic Detergent merupakan deterjen bubuk premium yang cocok untuk mesin cuci. Memiliki busa rendah, produk ini memberikan hasil cucian yang super bersih dan cemerlang. Deterjen laundry ini dilengkapi oxygen power yang mampu membersihkan kerah dan lipatan, serta ionic tech yang melenyapkan noda membandel dengan mudah.

Harga Rp. 16.562-18.900

Clean Mom Liquid Laundry Detergent

Clean Mom Liquid Laundry Detergent adalah produk deterjen laundry terakhir yang melengkapi daftar rekomendasi. Deterjen ini diproduksi dengan teknologi Jepang yang dapat digunakan untuk mesin cuci front load maupun top load. Produk ini lebih ramah lingkungan karena terbuat dari ekstrak tumbuhan kelapa.

Produk ini mampu membunuh 99,9% bakteri yang telah diuji di laboratorium terhadap E-coli, yeast, dan mold. Deterjen laundry ini aman untuk kulit sensitif, bahkan untuk pakaian bayi, karena tidak mengandung minyak bumi. Clean Mom Liquid Laundry Detergent tidak mengandung Fluorescent Whitening Agent, sehingga aman untuk warna-warna muda.

Harga Rp. 28.400-40.950
From our editorial team

Pertimbangkan Pula Aroma Deterjen untuk Laundry

Selain mempertimbangkan kualitas dan harga, aroma juga menjadi aspek yang perlu diperhatikan. Bagi Anda yang juga menggunakan softener dan parfum laundry, tentu deterjen dengan aroma yang tidak terlalu menyengat lebih direkomendasikan. Sebab, aroma deterjen yang menyengat dikhawatirkan akan bertabrakan dengan aroma dari softener atau parfum.

Tag