Pria pun Wajib Gunakan Sunblock, Cek 10 Rekomendasi Sunblock Pria agar Terlindung dari Sinar Matahari (2020)

Pria pun Wajib Gunakan Sunblock, Cek 10 Rekomendasi Sunblock Pria agar Terlindung dari Sinar Matahari (2020)

Penggunaan sunblock atau sunscreen tidak hanya dilakukan oleh wanita, para pria pun wajib menggunakan proteksi kulit yang satu ini. Ada banyak bahaya saat kulit terpapar sinar matahari, jadi langsung saja cek rekomendasi produk sunblock yang cocok untuk kulit para pria.

Sunblock Dapat Digunakan Sebagai Lotion Harian untuk Perlindungan Kulit Sehat

Apa pun aktivitas di luar ruangan sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan sunblock agar kulit tetap terlindungi sekaligus kelembabannya terjaga sepanjang hari. Hal ini dikarenakan paparan sinar UV dapat memberikan dampak buruk di kulit seperti membuat kulit menjadi gelap, menimbulkan noda hitam, kulit menjadi kering dan pecah-pecah dan apabila terpapar cukup lama dapat mengakibatkan iritasi dan kemerahan.

Sunblock diperlukan untuk membangun lapisan pelindung di atas permukaan kulit sehingga dapat menangkal ataupun menghalangi sinar matahari sebelum meresap ke dalam kulit. Dalam sunblock biasanya memiliki 2 kandungan utama yaitu titanium dioksida dan zinc oksida.

Kandungan titanium dioksida merupakan mineral alami yang mempunyai kemampuan reflektif dan stabil sehingga tidak dapat terurai dibawah sinar matahari, sedangkan untuk zinc oksida dapat memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV sehingga menghalangi radiasi sebelum mencapai permukaan kulit.

Selain itu, zinc oksida juga mempunyai properti anti iritasi dan pelindung kulit. Kedua kandungan tersebut aman digunakan untuk anak-anak ataupun orang yang mempunyai kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari.

Tekstur sunblock kental dengan warna putih susu yang dapat jelas dilihat oleh mata. Anda dapat menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari ketika melakukan aktivitas berjam-jam seperti berolahraga ataupun panas-panasan saat konser.

Manfaat Sunblock Badan yang Perlu Kamu Tahu

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Matahari mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan kulit yaitu membantu menyerap kalsium dan pembentukan tulang. Meskipun begitu sebaiknya jangan terlalu lama di bawah sinar matahari karena dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit, mulai dari ringan hingga berat.

Untuk itu pergunakan sunblock atau tabir surya agar mencegah berbagai permasalahn kulit sekaligus melindungi kulit secara optimal. Untuk memilih sunblock yang benar sebaiknya pilihlah produk yang  aman dan sesuai dengan jenis kulit.

Pergunakan sunblock secara teratur agar pertumbuhan melanin terhambat sehingga kulit tidak menjadi lebih gelap dan warna kulit kembali seperti semula. Selain itu, sunblock juga dapat membantu regenerasi kulit sehingga menghasilkan kulit lebih sempurna.

Mencegah Sunburn

Sinar UVA dan UVB memiliki potensi bahaya yang sama bagi kulit apabila terpapar dalam waktu lama dan terlalu sering. Sinar UVA bisa menyebabkan penyakit kanker kulit dan penuaan dini, sedangkan sinar UVB dapat mengakibatkan kulit terbakar atau sunburn. Kemunculan sunburn ditandai dengan adanya rasa panas dan perih di kulit.

Selain itu, sinar UVA dapat menghancurkan kandungan kolagen dalam tubuh sehingga elastisitas kulit perlahan menghilang. Hal ini ditandai dengan kulit menjadi kering, kusam, dan muncul garis-garis halus di wajah. Paparan sinar matahari langsung yang meresap di kulit juga dapat menjadikan kulit berubah gelap sehingga membutuhkan sunblock untuk proteksi kulit.

Pilihlah sunblock dnegan kandungan bahan zinc oksida, titanium dioksida, dan avobenzone yang dapat menangkal sinar UVA. Pergunakan sunblock secara rutin terutama ketika melakukan banyak aktivitas diluar ruangan dan terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama.

Melembapkan Kulit

Sunblock memiliki manfaat dapat melindungi kulit dari sinar matahari sekaligus melembapkannya sehingga kulit sehat sempurna. Umumnya produk sunblock di pasaran mengandung lidah buaya dan minyak yang dapat menghidrasi kulit dengan baik sehingga kulit terasa lebih lembap, kenyal, dan elastisitasnya terjaga. Kandungan ini biasanya tertera dalam label kemasannya beserta komposisinya.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Terpapar sinar matahari dapat membuat kulit menjadi lebih gelap dan apabila terpapar secara berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kulit seperti bengkak, kemerahan, gatal ataupun munculnya bintik-bintik.

Selain itu, sinar UVA pada sinar matahari mampu menghancurkan kandungan kolagen dan elastin kulit sehingga Anda membutuhkan sunblock untuk melindungi kulit. Sunblock memiliki kandungan kolagen, keratin, dan elastin yang mampu meningkatkan kesehatan kulit sekaligus menjaga kulit tetap sehat dan lembut.

Untuk memilih sunblock pilihlah yang mengandung banyak titanium oxide dan pergunakan sebagai kosmetik agar tampil cantik alami dengan permukaan kulit terlindungi.

Tips Jitu Memilih Sunblock Badan yang Tepat agar Hasil Maksimal

Perhatikan Tingkat Proteksi

Setiap sunblock memiliki tingkat proteksi berbeda-beda, namun meskipun begitu tetap tidak ada sunblock yang mampu melindungi sepenuhnya kulit dari semua paparan sinar UVB. Dalam memilih sunblock sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan kulit dan tingkat proteksi kulit.

Pilihlah sunblock dengan kandungan SPF tinggi karena semakin tinggi SPF yang dimiliki semakin tinggi pula tingkat proteksi kulit yang diberikan. Sunblock memiliki fungsi sebagai tabir surya yang mampu mencegah masuknya sinar matahari ke dalam kulit.

Sunblock dengan daya proteksi sinar UVA ditandai dengan kode PA+++ pada label kemasannya. Untuk sunblock anak sebaiknya pilihlah produk yang ada label bertuliskan Broad Spectrum karena mampu melindungi kulit dari sinar ultaviolet A yang berefek buruk terhadap penuaan dini kulit dan ultraviolet B yang berefek pada pembakaran kulit.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Dalam memilih sunblock sebaiknya sesuaikan dengan jenis kulit. Apabila jenis kulit Anda cenderung berjerawat atau berminyak sebaiknya pilihlah sunblock ringan, sedangkan bagi jenis kulit berminyak pilihlah tabir surya berbentuk gel.

Selain itu bagi jenis kulit berjerawat pilihlah sunblock dengan kandungan zinc oksidan, sedangkan untuk jenis kulit sensitif pilihlah sunblock dengan kandungan titanium dioksida dan zinc oxide. Apabila jenis kulit Anda cenderung kering sebaiknya pilihlah sunblock dengan kandungan pelembab dan biasanya berbentuk krim.

Untuk memilih sunblock sebaiknya hindari produk yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit menjadi semakin kering. Untuk jenis kulit berjerawat sebaiknya hindari memilih sunblock dengan tekstur krim karena justru membuat kulit semakin berminyak, terasa berat bahkan menutup pori-pori kulit.

Sunblock untuk bayi sebaiknya pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi dan bebas dari bahan kimia agar tidak menimbulkan iritasi. Selain itu pilihlah produk dengan label waterproof atau tahan air dan broad spectrum agar si kecil terlindungi lebih lama meskipun aktif bergerak.

Pilihlah sunblock yang memiliki kandungan titanium dioxide atau zinc oxide yang dapat menghalangi sinar matahari meresap ke dalam kulit sehingga mencegah kulit bayi terbakar.

Pilihlah yang Tahan Air

Untuk memilih sunblock sebaiknya pilihlah produk dengan label water resistant atau tahan air. Hal ini dikarenakan krim sunblock tersebut dapat menempel lebih lama sehingga tidak khawatir terbilas air ataupun keringat.

Anda dapat mengoleskannya pada kulit sebelum berenang  dan tidak perlu khawatir lagi dengan sinar matahari. Selain itu jenis sunblock seperti ini mampu bertahan sekitar 40-80 menit selama berenang ataupun berkeringat dan harus dioleskan ulang kembali setiap dua jam sekali. Anda dapat menemukan produk sunblock tahan air dengan mudah di toko-toko kosmetik.

Cek Tanda Kedaluwarsa

Setiap produk sunblock memiliki tanggal kedaluwarsanya. Untuk itu ketika membeli sunblock sebaiknya periksalah tanggal kedaluwarsanya. Hindari menggunakan sunblock yang telah habis tanggal kedaluwarsanya karena dapat merusak kulit.

Biasanya sunblock memiliki masa kedaluwarsa berbeda-beda karena fomula yang terkandung di dalamnya tidak sama. Umumnya masa kedaluwarsa tersebut sekitar 1-3 tahun. Apabila sunblock tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa sebaiknya catatlah kapan ketika Anda membeli sunblock.

Apabila sudah melewati 3 tahun atau ketika sunblock mengalami perubahan warna, bau, ataupun konsistensinya sebaiknya jangan dipakai dan buanglah. Tetapi apabila sunblock belum mengalami perubahan masih bisa dipakai.

Perubahan yang terjadi pada sunblock dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti panas yang dapat menurunkan kualitas dan menghilangkan manfaat baik bagi kulit. Selain itu dalam menyimpan sunblock sebaiknya hindarkan dari paparan sinar matahari seperti didalam mobil.

Sunblock kedaluwarsa atau penyimpanan di tempat salah dapat mengubah senyawa-senyawa yang ada di dalamnya. Perubahan pertama kali terjadi biasanya pada pengemulsinya sehingga konsistensi menjadi rusak dan air sertaminyak menjadi terpisah. Sunblock berubah menjadi lebih cair, kasar, bahkan tidak menempel dengan baik di kulit.

Selain itu, kinerja SPF dapat semakin menurun dari waktu ke waktu sehingga tidak efektif lagi dalam melindungi kulit dari risiko terbakar, penuaan dini, kerusakan, atau bahkan kanker kulit akibat radiasi sinar matahari. Hindari menggunakan sunblock kedaluwarsa karena dapat menyebabkan kerusakan kesehatan kulit, iritasi, ataupun gatal-gatal.

Rekomendasi Sunblock Badan Pria dengan Kualitas Terbaik

Laneige Homme Air Light Sun Stick SPF 50+

Laneige Homme Air Light Sun Stick SPF 50+ PA+++ Sun Block For Men merupakan sunblock untuk pria dalam bentuk stik asimetris yang praktis digunakan. Produk ini memiliki kandungan SPF 50+ PA+++ yang dapat melindungi kulit secara sempurna dari paparan sinar matahari dan active oksigennya mampu melembabkan kulit.

Selain itu, terdapat pula kandungan cotton extract yang melindungi kulit dari debu dengan formulasinya ringan, tidak lengket, menyegarkan kulit, dan menghidrasi kulit.

Hasil pemakaian sunblock ini tanpa kilau minyak ataupun sebum. Cocok digunakan setiap hari dan praktis untuk retouch kapan saja dan di mana saja. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan membuka tutupnya, kemudian putar roda di bagian bawah tabung agar stik keluar.

Usahakan keluarkan stik sedikit saja agar tidak mudah patah, lalu oleskan ke wajah secara merata. Untuk mendapatkan perlindungan maksimal sebaiknya oleskan setiap 2-3 jam sekali. Sunblock ini tersedia dalam ukuran full size yaitu 26 gram.

Harga Rp. 285.000-604.000

Votre Peau Facial Sun Shield Honey Infused SPF 50

Sunblock digunakan ketika beraktivitas di luar ruangan agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Umumnya sunblock digunakan semua orang baik, pria ataupun wanita semua umur. Votre Peau Facial Sunblock Honey Infused SPF 50 merupakan produk sunblock yang dapat menjadi rekomendasi Anda.

Produk ini mengandung mineral dan ekstrak madu dengan antioksidannya yang mampu menutrisi kulit sekaligus memberikan kelembaban pada wajah. Kandungan madu dalam sunblock ini mampu melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang berbahaya bagi kulit.

Selain itu, produk ini bebas minyak, non-comodegenic, dan hasilnya matte. Votre Peau Facial Sunblock Honey Infused SPF 50 tersedia dalam ukuran 30 ml dan cocok untuk jenis kulit kering.

Harga Rp. 259.000-270.000

Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50

Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50 PA+++ merupakan rekomendasi sunblock tepat untuk Anda. Produk ini memberikan perlindungan kuat kulit terhadap paparan sinar matahari tanpa menimbulkan rasa berat, cepat menyerap, dan tahan air.

Sunblock ini mengandung Benzophenone-3 (Oxybenzone) dan SPF 55 yang dapat mencegah kulit terbakar, oil free, non comedogenic, dan PABA-free dengan tekstur ringan, tahan air, dan keringat. Produk ini memberikan hasil akhir yang bersih, ultra ringan, dan bebas kilap.

Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu dengan mengaplikasikan secukupnya di seluruh tubuh selama kurang lebih 15-30 menit sebelum kulit terpapar sinar matahari langsung. Kemudian lakukan aktivitas Anda dan ulangi mengoleskan sunblock ketika kulit berkeringat atau setelah berenang. Tersedia dalam ukuran 88 ml yang praktis digunakan setiap saat.

Harga Rp. 159.000-190.000

L’Oréal UV Perfect Matte & Fresh Advanced Oil-Control UV Protector SPF 50 PA++++ Long UVA

L’Oréal UV Perfect Matte & Fresh Advanced Oil-Control UV Protector SPF 50 PA++++ Long UVA adalah sunblock yang mampu memberikan perlindungan total bagi kulit selama 12 jam dari paparan langsung sinar matahari dan cocok digunakan di wilayah tropis.

Sunblock ini memiliki formulasi advance UV protector dan formula oil free. Selain itu terdapat kandungan aktif seperti mexoryl yang dapat mencegah pigmentasi dan darkspot serta detoxyl yang mampu melindungi kulit untuk mencegah jerawat dan mengecilkan pori-pori. Tekstur yang dimiliki sunblock ini ringan dan tidak lengket sehingga nyaman digunakan sepanjang hari dengan hasil akhir matte.

Anda dapat menggunakannya sebagai primer ataupun foundation. Tersedia dalam ukuran 30 ml yang praktis digunakan.

Harga Rp. 65.000-80.000

Skin Aqua UV Moisture Gel

Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ merupakan sunblock dari Rohto Laboratories dari Jepang yang diformulasikan khusus untuk orang Asia agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Selain itu, produk ini dapat melembapkan kulit sekaligus memberikan perlindungan ganda dari sinar UVA dan UVB.

Terdapat kandungan kolagen yang menjaga elastisitas kulit, improved hyaluronic acid (AcHA) untuk melembapkan sekaligus melembutkan ekstra kulit, vitamin B5, E, dan C yang menutrisi kulit, SPF 30 yang memberikan perlindungan 30 kali lebih lama terhadap sinar UVB, dan PA+++ memberikan perlindungan optimal terhadap sinar UVA yang menyebabkan bintik hitam dan kerutan halus.

Formula yang dimiliki tidak lengket, cepat meresap, terasa ringan di kulit, dapat digunakan sebagai dasar make up, dan tidak mengandung pewarna ataupun parfum. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu usapkan pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan hingga meresap sempurna. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ tersedia dalam ukuran 40 gram yang cocok untuk kulit normal hingga berminyak.

Harga Rp. 41.400-52.000

erha21 Perfect Shield UVA + UVB Sunscreen Gel SPF 3- PA++ for Normal & Dry Skin

Erha21 Perfect Shield UVA + UVB Sunscreen Gel SPF 3- PA++ for Normal & Dry Skin adalah sunblock yang memberikan double protection dengan SPF 25/PA+++.

Produk ini mengandung sunscreen agent yang bekerja untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UVA dan UVB. Selain itu terdapat kandungan vitamin E, D-Panthenol, aloe vera extract yang bermanfaat sebagai anti oksidan, moisturizer, dan soothing agent dengan sistem kerja memperlambat penuaan dini.

Tersedia dalam 2 varian yaitu Perfects Shield for Dry to Normal Skin dan Perfects Shield for Normal to Oily Skin. Untuk varian Perfect Shield for Normal to Oily Skin memiliki kandungan oil absorber yang mampu menyerap minyak tanpa menjadikan kulit terasa sangat kering.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengaplikasikannya sebelum pelembap, kurang lebih sekitar 15-30 menit sebelum beraktivitas. Untuk hasil maksimal sebaiknya ulangi tahapan tersebut setiap 2-3 jam sekali.

Erha21 Perfect Shield UVA + UVB Sunscreen Gel SPF 3- PA++ for Normal & Dry Skin tersedia dalam kemasan ukuran 30 gram yang praktis digunakan.

Harga Rp. 72.850-94.500

First Lab Probiotic Sun Cream SPF 50+ PA++++

First Lab Probiotic Sun Cream SPF 50+ PA++++ adalah sunblock istimewa yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Dalam proses pembuatannya menerapkan teknologi probiotik dari ILDONG Pharmaceutical Korea dan telah dipatenkan. 

Teknologi ini dapat mempengaruhi keseimbangan dan komposisi mikroflora kulit melalui proses fementasi alami menggunakan bakteri probiotik. Bakteri ini menghasilkan senyawa asam seperti asam laktat yang bermanfaat untuk menurunkan pH kulit sehingga mencegah adanya pertumbuhan bakteri berbahaya. Sunblock ini sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif dan tidak lengket.

Cara penggunaannya cukup praktis yaitu dengan mengaplikasikannya ke wajah dan leher di akhir perawatan kulit dan ulangi tahapan tersebut setiap 2 jam sekali. Tersedia dalam ukuran 50 ml yang praktis digunakan.

Harga Rp. 243.000-521.430

Beach Hut Max 100++ SPF

Beach Hut Max SPF 100++ SPF adalah sunblock yang memberikan perlindungan kulit terbaik dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Produk ini memiliki proteksi tertinggi dibandingkan dengan semua merek sejenis dan cocok digunakan untuk anak-anak dan dewasa.

Kandungan SPF 100++ efektif melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sehingga memungkinkan Anda untuk berada di bawah sinar matahari lebih lama. Selain itu kandungan seng oksida organik dalam sunblock ini telah teruji dan mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Wangi yang dimiliki tidak menyengat, ringan, mudah diserap, dan waterproof.

Dengan penggunaan teratur kulit menjadi tetap lembap, sehat, dan aman digunakan. Cara penggunaan cukup mudah yaitu dengan mengaplikasikan sedikit sunblock, lalu usapkan ke tangan, kaki, dan leher. Tersedia dalam ukuran 100 ml yang praktis digunakan.

Harga Rp. 115.500-255.000

Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion

Sunplay Ultra Protect Sunscreen Lotion SPF 99+ PA ++ merupakan sunblock dari Rohto lisensi The Metholatum Company USA yang memberikan perlindungan terbaik dari radiasi sinar UVA dan UVB. Produk ini sangat cocok dipakai ketika beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama.

Selain itu sunblock ini tahan air dan keringat, teksturnya ringan seperti air, lembut digunakan, dan nyaman tanpa meninggalkan rasa lengket. Sunblock ini rendah iritasi, tidak mengandung alkohol, dan dapat digunakan di seluruh tubuh.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengaplikasikannya ke permukaan kulit wajah dan tubuh sebelum terpapar sinar matahari dan untuk hasil optimal pergunakan kembali setelah beberapa waktu.

Meskipun sudah terlindungi dengan sunblock sebaiknya tetap hindari paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama.

Harga Rp. 47.000-63.000

Sebamed Sun Cream SPF 50 Multi Protect

Sebamed Sun Cream SPF 50 Multi Protect merupakan sunblock yang mampu memberikan perlindungan paling tinggi dari radiasi sinar matahari sampai dengan 98%.

Produk ini mengandung formula hydro-fructol yang dapat melembapkan kulit sehingga tidak kering dan oil free sehingga tidak menimbulkan jerawat. Selain itu produk ini waterproof dan cocok digunakan untuk kulit sensitif.

Cara penggunaannya mudah yaitu dengan mengoleskannya ke permukaan kulit kurang lebih 20 menit sebelum bepergian ke luar ruangan. Kemudian ulangi tahapan tersebut 1,5 jam setelah berjemur di bawah sinar matahari.

Berikan perhatian pada bagian-bagian tubuh yang tersembunyi seperti kaki, belakang kaki, telinga, dan kepala. Untuk perlindungan pada bibir dari sinar UV sebaiknya pergunakan juga Sebamed lip balm. Sun block Sebamed Sun Cream SPF 50 Multi Protect tersedia dalam ukuran 75 ml yang praktis digunakan.

Harga Rp. 250.000-334.500
From our editorial team

Jangan Sepelekan Paparan Sinar Matahari

Perawatan wajah dan tubuh tidak melulu berkaitan dengan wanita, para pria pun dituntut untuk menjaga kulitnya agar tetap sehat dan terlindungi. Apalagi jika kamu hendak berlibur ke pantai atau tempat yang sangat mudah terpapar sinar matahari, penggunaan sunblock dan sunscreen sangatlah diperlukan untuk melindungi kulitmu terbakar sinar matahari. Yuk, segera pilih salah satu rekomendasinya!