10 Rekomendasi Keju Bayi Bernutrisi Untuk Tambahan MPASI (2021)

10 Rekomendasi Keju Bayi Bernutrisi Untuk Tambahan MPASI (2021)

Bayi membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Salah satunya bisa Anda berikan melalui keju. Keju yang kaya kalsium dan protein akan menunjang pertumbuhan tulang dan gigi. Simak rekomendasi produk keju bayi agar si kecil semakin lahap makan dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Bayi Membutuhkan Banyak Asupan Gizi, Salah Satunya Dari Keju

Menginjak usia 6 bulan, itu artinya bayi sudah boleh memakan makanan bertekstur lebih padat dari ASI. Orang tua harus memberikan makanan dengan kandungan gizi terbaik untuk si kecil, supaya tumbuh kembangnya bisa berjalan dengan optimal.

Salah satu makanan bergizi yang bisa diberikan pada bayi adalah keju. Keju adalah sumber protein, kalsium, dan dan banyak vitamin lainnya yang bisa mendukung kesehatan dan pertumbuhan tulang serta giginya. Jangan ragu untuk menambahkan keju dalam menu MPASI si kecil.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Keju Untuk Bayi

Kandungan Zat Alergen

Alergi susu dan segala produk turunannya sangat sering dialami oleh bayi. Apabila bayi Anda menderita alergi laktosa, hindari keju yang mengandung susu. Meskipun susu adalah bahan utama pembuat keju, namun kini sudah banyak keju vegan yang tidak terbuat dari susu sapi. Pilih produk jenis ini untuk bayi yang menderita alergi.

Kadar Garam

Keju memiliki rasa gurih khas yang bersumber dari kandungan garam di dalamnya. Kadar garam dalam keju harus benar-benar diperhatikan, karena organ ginjal bayi belum mampu menerima garam dalam jumlah besar.

Asupan garam yang aman dikonsumsi bayi adalah 400 mg (usia 6-12 bulan) dan 800 mg (usia 1-3 tahun).

Berat Bersih

Banyak dari Anda yang mungkin berpikir membeli keju berukuran besar agar lebih hemat. Jika si kecil suka dengan keju, maka Anda boleh membeli keju kemasan besar. Namun jika Anda masih mencoba mengenalkan keju pada si kecil, sebaiknya pilih keju dengan berat bersih yang kecil saja.

Kemasan Produk

Berbeda merek keju, berbeda juga keamsannya. Biasanya keju dijual dengan kemasan ganda, yaitu boks untuk bagian luar dan lapisan kedua yang langsung membungkus keju. Kemasan dobel berlaku untuk jenis keju cheddar dan keju krim, sementara keju parmesan hanya dikemas menggunakan 1 lapis plastik atau jar saja.

Tekstur

Tergantung dari jenisnya, keju memiliki tekstur yang bermacam-macam. Pastikan Anda tidak salah membeli ya!

Misalnya seperti keju cheddar dengan tekstur padat yang harus dikunya terlebih dahulu, berbeda dengan keju krim yang lembut seperti mentega. Saat anak sedang tumbuh gigi, hindari memberikan keju padat yang membuatnya tidak berselera makan.

Jenis Keju Bayi yang Dijual di Pasaran

Parmesan

Sebenarnya keju parmesan adalah keju dengan tekstur yang keras dan berukuran besar. Namun keju parmesan yang dijual di pasaran sudah dikemas ulang dalam ukuran lebih kecil dan sudah diparut agar lebih mudah digunakan.

Keju ini cocok untuk topping snack seperti cake, roti kukus, dan pudding. Keju parmesan membuat makanan terlihat lebih lezat dan menggoda.

Cheddar

Keju cheddar menjadi keju yang paling banyak ditemukan di pasaran. Keju ini dijual dalan bentuk balok dengan tekstur cukup keras. Keju cheddar sangat mudah diolah, lezat untuk dicampur ke dalam makanan atau langsung dimakan sebagai camilan.

Krim

Seperti namanya, keju krim memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah meleleh. Cocok untuk bayi yang belum bisa makan makanan kasar atau sedang tumbuh gigi.

Keju krim bisa dicampurkan ke dalam makanan atau puree untuk dinikmati dingin. Keju ini mudah ditelan tanpa harus dikunyah terlebih dahulu.

Rekomendasi Produk Keju Bayi yang Kaya Kandungan Gizi

Greenfields Keju Ricotta

Karbohidrat adalah asupan penting untuk si kecil. Namun adakalanya ia bosan dengan nasi atau roti. Saat itulah orang tua dituntut untuk berpikir kreatif agar si kecil nafsu makan. Greenfields Keju Ricotta adalah rekomendasi yang bisa dipilih untuk bayi berusia 8 bulan ke atas.

Pasta keju lezat ini bisa menjadi sumber karbohidrat yang mendukung gerak aktif bayi. Produk ini kaya akan kandungan protein tambahan dan sumber lemak. Keju dari Greenfields ini memiliki tektur bulir yang pas untuk saus pasta lezat!

Harga Rp. 30.000-50.000

The Laughing Cow Belcube Baby Cheese

Saat akan memberikan keju untuk bayi atau memasukkannya sebagai bahan MPASI, mungkin Anda pernah bingung karena belum menemukan takaran yang pas. Dengan The Laughing Cow Belcube Baby Cheese, Anda tidak perlu bingung lagi.

Keju plain ini terbagi dalam 24 bagian kecil yang lebih praktis dan higienis. Per sajian keju juga mengandung kadar garam yang rendah. Sehingga mau dijadikan camilan atau MPASI, tinggal ambil saja 1 potongan kecilnya.

Harga Rp. 35.000-50.000

KRAFT Milky Soft

Siapa sih yang tidak tahu KRAFT? Brand keju terkemuka ini dikenal dengan varian produknya yang cukup banyak. Salah satunya KRAFT Milky Soft, keju jenis cheddar dengan tekstur yang sangat lembut.

Cocok digunakan sebagai bahan snack bayi atau isian roti kukus yang gurih. Keju ini aman dikonsumsi oleh bayi mulai usia 9 bulan. Tekstur yang lembut membuat keju mudah meleleh di mulut. Kandungan susunya juga melimpah, sangat bergizi dan bernutrisi untuk bayi.

Harga Rp. 10.000-15.000

Almarai Triangle Cheese

Almarai Triangle Cheese hadir dalam kemasan imut dengan 8 potongan keju berbentuk segitiga di dalamnya. Selain bisa digunakan sebagai campuran MPASI, keju ini juga bisa dilahap sebagai camilan. Ukurannya yang mungil membuat keju ini mudah digenggam oleh si kecil.

Tekstur keju yang creamy mudah meleleh di mulut tanpa perlu dikunyah. Keju ini juga memiliki kandungan protein tinggi, sekitar 3 gram per sajiannya.

Harga Rp. 35.000-50.000

Anchor Keju Parmesan

Anchor adalah salah satu merek keju yang terkenal karena kualitasnya. Bukan hanya bayi, orang dewasa juga sangat menggemari keju yang satu ini lho. Anchor Keju Parmesan adalah produk yang cocok untuk segala usia.

Berbentuk keju yang praktis digunakan, langsung dituangkan sebagai topping MPASI atau diolah menjadi makanan lain yang lebih lezat.

Harga Rp. 35.000-60.000

D'NATURAL Varmesan Vegan Parmesan Cheese

D'NATURAL Varmesan Vegan Parmesan Cheese adalah keju vegan yang aman untuk bayi alergi laktosa. Anda bisa memilih keju ini sebagai pelengkap menu MPASI. Keju ini terbuat dari kacang mete organik dengan bumbu kaldu jamur dan seasalt.

Meski tidak mengandung susu, keju ini tetap punya citarasa yang gurih dan nikmat seperti keju biasa. Kandungan nutrisinya juga terbilang lengkap, antara lain ada antioksidan, serat, dan protein. Dalam proses pembuatan, keju ini juga tidak diberi tambahan perisa dna pewarna buatan.

Harga Rp. 50.000-100.000

Prochiz Cheddar Processed Cheddar Cheese

Prochiz Cheddar Processed Cheddar Cheese adalah produk keju untuk bayi selanjutnya yang direkomendasikan pada Anda. Dengan harga yang bisa dibilang terjangkau, Prochiz memberikan produk berkualitas premium.

Keju ini menggunakan cheddar alami sebagai bahan utama, diolah hingga menghasilkan tekstur lembut yang mudah dicerna oleh bayi. Selain itu, kandungan garamnya juga rendah, sehingga sangat aman untuk si kecil.

Harga Rp. 15.000-25.000

Babybel Original Mini Cheeses

Alergi laktosa, yaitu susu dan segala produk turunannya, sangat sering dialami oleh bayi. Namun bukan berarti bayi Anda tidak bisa menikmati kelezatan keju. Babybel Original Mini Cheeses adalah keju bebas laktosa yang aman dikonsumsi.

Keju ini mengandung 98% susu pasteurisasi, tinggi kalsium dan tinggi protein. Ini merupkana keju tua atau keju edam dengan kemasan unik berlapis lilin untuk mempertahankan teksturnya yang padat.

Harga Rp. 39.000-50.000

Kiri Cream Cheese

Selanjutnya ada Kiri Cream Cheese, keju lembut yang mudah meleleh di mulut. Bukan hanya rasanya saja yang lezat, keju ini juga kaya akan kandungan kalsium dan vitamin untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya.

Keju ini juga dapat melembutkan tekstur bubur yang Anda buat, sehingga cocok untuk diberikan kepada bayi yang GTM karena tumbuh gigi. Keju ini aman diberikan pada bayi mulai usia 6 bulan.

Harga Rp. 25.000-50.000

Happy Valley Grated Parmesan Cheese

Happy Valley Grated Parmesan Cheese jadi produk terakhir yang direkomendasikan untuk bayi Anda. Keju parmesan sangat cocok digunakan untuk dressing dan topping segala jenis makanan, mulai dari sup sampai roti.

MPASI si kecil akan semakin lezat dengan tambahan keju ini. Kadar air yang rendah hingga tidak mudah menggumpal adalah keunggulan dari produk yang satu ini. Selain mudah disimpan, keju ini juga tidak mudah meleleh meskipun tidak disimpan di dalam kulkas dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 35.000-80.000
From our editorial team

Variasikan Sajian Keju Agar Si Kecil Tidak Bosan

Kini Anda tidak perlu bingung lagi memiliki keju terbaik untuk bayi. Pilih saja dari rekomendasi BP-Guide di atas. Tapi jangan lupa, orang tua harus kreatif juga dalam memvariasikan rasa supaya si kecil tidak mudah bosan dan tetap semangat melahap makanannya.