10 Rekomendasi Sleeping Bag Berkualitas Untuk Anda yang Suka Kegiatan Outdoor (2021)

10 Rekomendasi Sleeping Bag Berkualitas Untuk Anda yang Suka Kegiatan Outdoor (2021)

Sleeping bag wajib dimiliki oleh siapa saja yang suka berkegiatan di alam terbuka. Memilih sleeping bag yang berkualitas akan memastikan tidur Anda tetap nyaman dan tubuh terasa segar saat bangun keesokan harinya. Simak rekomendasi sleeping bag terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Suka Dengan Aktivitas Outdoor? Anda Wajib Punya Sleeping Bag

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk relaksasi sejenak dan menyegarkan pikiran. Salah satunya adalah dengan berpetualang di alam bebas, camping, hingga traveling. Jika Anda adalah penyuka kegiatan outdoor, Anda wajib punya sleeping bag.

Sleeping bag membantu Anda tidur nyenyak saat di tengah udara alam terbuka. Jika Anda bisa tidur nyenyak, maka Anda akan terbangun dengan segar di pagi hari. Apalagi sleeping bag dirancang khusus dengan bahan dalam yang dapat menghangatkan tubuh, serta bahan luar yang tahan terhadap cuaca.

Tips Memilih Sleeping Bag yang Paling Tepat

Perhatikan Ukuran Penyimpanannya

Anda pasti tidak ingin kerepotan saat membawa sleeping bag bukan? Oleh karena itu, perhatikan ukuran penyimpanannya. Idealnya, sleeping bag dapat dilipat hingga ukuran 15 cm x 30 cm. Dengan demikian, saat Anda mendaki gunung, sleeping bag tidak akan menambah berat bawaan Anda.

Utamakan yang Mudah Dibersihkan

Karena digunakan di alam terbuka, sleeping bag harus segera dibersihkan setelah dipakai. Agar memudahkan Anda, pilih sleeping bag yang bisa dicuci dengan mesin. Sehingga Anda bisa memilih untuk mencucinya sendiri atau menggunakan jasa laundry.

Cek Batas Suhu Operasi

Mengecek batas suhu operasi sleeping bag sangat penting, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan destinasi Anda. Misalnya jika suhu minimum sleeping bag adalah 5 derajat celcius, maka Anda bisa membawanya ke daerah pegunungan dengan suhu tersebut. Jika Anda menggunakan sleeping bag di daerah yang suhunya kurang dari 5 derajat celcius, maka Anda akan merasa kedinginan.

Pertimbangkan Bahan Pembuat

Umumnya ada 2 bahan yang digunakan untuk membuat sleeping bag, yaitu down dan chemical fiber. Kedua bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk bahan down misalnya, harganya relatif lebih mahal dan sulit perawatannya. Namun bahan ini sangat ringan dan nyaman digunakan di alam terbuka. Sementara chemical fiber dijual dengan harga terjangkau dna mudah dirawat. Hanya saja, bahan ini membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Kenali Karakteristik Tiap Produsen

Setiap produsen sleeping bag memiliki ciri masing-masing. Baik itu dari segi bahan pembuat maupun desainnya. Pastikan Anda memeriksa dengan teliti spesifikasi produknya sebelum membeli. Jangan terpaku pada merek tertentu, namun pilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe Sleeping Bag yang Dijual di Pasaran

Envelope

Ini adalah sebutan untuk sleeping bag dengan bentuk persegi panjang. Sekilas, bentuk sleeping bag mirip dengan selimut tebal yang dilipat. Buat Anda yang banyak bergerak saat tidur, sleeping bag jenis ini adalah pilihan tepat.

Namun karena banyak ruang yang longgar di dalamnya, sleeping bag ini tidak sehangat sleeping bag mummy.

Mummy

Sleeping bag mummy dapat menjaga kehangatan tubuh dengan baik karena bentuknya yang mengikuti lekuk tubuh. Sleeping bag ini dapat menutupi bagian bahu hingga kepala dengan erat. Keunggulan sleeping bag mummy adalah ringkas, ringan, dan mudah disimpan.

Hanya saja jika belum terbiasa, Anda akan sulit bergerak saat menggunakan sleeping ini.

Humanoid

Seperti namanya, ini adalah sleeping bag yang didesain menyerupai tubuh manusia dengan tampilan yang unik. Ketika menggunakan sleeping bag ini, Anda masih bisa menggerakkan kaki dan tangan dengan bebas. Sayangnya, sleeping bag tipe ini cukup sulit ditemukan di pasaran.

Rekomendasi Sleeping Bag yang Menghangatkan Anda di Luar Ruangan

Consina Sleep Warmer

Rekomendasi pertama datang dari brand asal Indonesia, Consina. Sleeping bag ini terbuat dari bahan polar yang nyaman dengan bobot hanya 710 gram saja. Polar adalah bahan yang dihasilkan dari campuran berbagai serat hingga menghasilkan fabric yang menghangatkan.

Produk ini memiliki permukaan yang halus, lembut, dan tebal. Meskipun demikian, bahan ini tidak membuat gerah karena dapat memberikan sirkulasi udara yang lancar. Bagian luar dilapisi dengan parasut yang tahan cuaca, sehingga sangat pas untuk dibawa saat Anda traveling.

Harga Rp. 200.000-250.000

Naturehike Double Sleeping Bag

Ingin mengajak pasangan camping bersama di alam terbuka? Jangan lupa bawa Naturehike Double Sleeping Bag. Tidak seperti sleeping bag pada umumnya, produk ini dirancang untuk dua orang, lengkap dengan 2 buah bantal juga.

Risleting sleeping bag ini juga bisa dilepaskan secara penuh, sehingga bisa dijadikan selimut. Permukaan sleeping bag terbuat dari poliester dan katun yang berkualitas. Sleeping bag mampu memberikan kehangatan pada suhu minimal 8 derajat celcius.

Harga Rp. 500.000-750.000

Decathlon Quechua Sleeping Bag Arpenaz 20

Mencari sleeping bag murah dengan kualitas terbaik? Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Decathlon Quechua Sleeping Bag Arpenaz 20. Sleeping bag dengan ukuran 190x72 cm ini menjaga tubuh tetap hangat di suhu yang rendah.

Produk ini sangat cocok untuk para petualang, karena bobotnya hanya 755 gram saja. Sementara itu, pilihan warna yang tersedia adalah biru dan abu-abu.

Harga Rp. 200.000-250.000

Consina Extreme Comfort Lite Sleeping Bag

Berikutnya ada Consina Extreme Comfort Lite Sleeping Bag, sleeping bag dengan warna yang terang menyala. Produk ini hadir dalam 2 varian warna yaitu merah dan oranye. Bagian dalam sleeping bag terbuat dari bahan duck down alias bulu bebek 90% yang terasa empuk, ringan, dan nyaman.

Batas suhu operasi produk adalah 5 derajat celcius, cocok untuk Anda yang suka naik gunung. Dengan berat yang hanya 800 gram, Anda tidak akan kesulitan saat harus membawanya bepergian.

Harga Rp. 900.000-1.500.000

Arei Hammock Sleeping Bag Combo

Arei Hammock Sleeping Bag Combo adalah produk yang sangat disukai pecinta camping. Sleeping bag berbentuk hammock ini sangat nyaman digunakan untuk beristirahat, baik saat berkegiatan outdoor atau traveling.

Bagian dalam sleeping bag dilapisi dengan 2 layer dacron quilting yang dapat menjaga tubuh agar tetap hangat pada suhu 10 derajat celcius. Sedangkan bagian luar sleeping bag terbuat dari poliester yang tahan air. Sleeping bag tipe mummy ini memberikan kehangatan dan melindungi tubuh dari udara ekstrim alam bebas.

Harga Rp. 300.000-450.000

Eiger Sleeping Bag Kid Zoo 250 US

Buat si kecil yang suka dengan aktivitas outdoor, pastikan tubuhnya tetap hangat dengan Eiger Sleeping Bag Kid Zoo 250 US. Sleeping bag ini hadir dalam warna kuning yang cerah ceria.

Sleeping bag envelope ini membuat tubuh anak tetap hangat dan bisa bergerak dalam tidurnya. Dual puller penutup dengan risleting memastikan anak tidak akan kedinginan saat beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, hoodie atau penutup kepala bisa diatur sesuai ukuran anak, membuatnya semakin nyaman.

Harga Rp. 350.000-500.000

AVTECH Sleeping Bag 1011

AVTECH Sleeping Bag 1011 adalah sleeping bag dari Adventure Tech dengan harga terjangkau, namun kualitas tidak perlu diragukan lagi. Bobot sleeping bag ini hanya 800 gram, ringan untuk dibawa bepergian. Bagian luar sleeping bag terbuat dari bahan 70D 210 T Nylon Taffeta super kuat dan tahan cuaca. Sedangkan bagian dalam terbuat dari bahan polar fleece yang lembut dan hangat.

Harga Rp. 175.000-300.000

Eiger Lakeside Sleeping Bag

Bicara soal apparel kegiatan outdoor, tentu tidak boleh meninggalkan Eiger. Salah satu produk sleeping bag mereka adalah Eiger Lakeside Sleeping Bag dengan bobot ringan dan mudah dilipat, praktis saat dibawa bepergian. Bahan yang berkualitas memastikan Anda tetap nyaman saat beristirahat di tengah udara dingin alam terbuka.

Harga Rp. 500.000-700.000

Consina Sweet Dream

Consina Sweet Dream adalah sleeping bag yang hadir dalam ragam pilihan warna menarik. Ada hitam, merah, hijau, dan biru dongker. Ini adalah sleeping bag anti air yang cocok menemani Anda saat camping atau naik gunung.

Bobotnya hanya 850 gram saja, sehingga tidak merepotkan jika harus dibawa kemana-mana. Bahan pembuat sleeping bag ini adalah parasut dan dacron yang anti air, tahan cuaca, namun tetap ringan.

Harga Rp. 175.000-200.000

Naturehike Envelope Cotton Standard

Naturehike Envelope Cotton Standard menjadi produk terakhir yang direkomendasikan untuk Anda. Bagian dalam sleeping bag terbuat dari bahan poliester pongee yang lembut dan nyaman. Sedangkan bagian luar terbuat dari poliester taffeta anti air. Sleeping bag ini hadir dalam pilihan warna menarik, ringan, dan mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 250.000-400.000
From our editorial team

Perhatikan Penyimpanan Sleeping Bag Saat Sedang Tidak Dipakai

Merawat sleeping bag dengan baik, terutama saat tidak dipakai sangat penting. Sehingga sleeping bag tetap terjaga bentuk dan kualitasnya agar bisa berfungsi dengan baik. Setelah selesai menggunakan sleeping bag dan dicuci bersih, lipat kembali dan simpan di tempat yang kering, jauh dari jangkauan sinar matahari. Pilih sleeping bag terbaik Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!