Lebih Aman Selama di Perjalanan dengan 10 Rekomendasi Kamera Dashboard Mobil Berkualitas (2021)

Lebih Aman Selama di Perjalanan dengan 10 Rekomendasi Kamera Dashboard Mobil Berkualitas (2021)

Keamanan selama di perjalanan harus menjadi prioritas utama. Minimalkan risiko menjadi korban kejahatan dengan memasang kamera di dashboard mobil. Pelajari fungsinya lebih lanjut dan rekomendasi produknya melalui rekomendasi BP-Guide berikut ini.

Dashcam Mobil, Fitur Keamanan Tambahan yang Sangat Anda Perlukan

Segala sesuatu bisa terjadi saat Anda di dalam perjalanan. Oleh karena itu, aspek keamanan harus menjadi prioritas. Dashcam atau kamera depan mobil bisa menjadi alat untuk memperketat keamanan selama berkendara. Pemasangan dashcam tentu saja bukan untuk sekadar bergaya.

Dashcam berfungsi sebagai pengawas seperti CCTV dalam bangunan yang bekerja tanpa henti selama 24 jam penuh. Fitur ini bukan lagi hal yang asing di luar negeri sana. Banyak pabrikan yang memasang dashcam sebagai fitur bawaan, terutama mobil produksi yang baru. Sementara itu, pemilik mobil lawas biasanya menambahkan dashcam sendiri untuk keselamatan mereka.

Fungsi Memasang Dashcam di Dalam Mobil

Bukti Saat Terjadi Kecelakaan

Ini dia fungsi utama memasang dashcam di dalam mobil, yaitu sebagai bukti nyata ketika Anda terlibat dalam kecelakaan atau terjadi kecelakaan di hadapan Anda. Bukti yang sangat akurat ini bisa dijadikan alat analisis yang lebih tajam dibandingkan hanya mengandalkan saksi mata saja. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kerugian yang tidak diinginkan.

Memudahkan Klaim Asuransi

Masih ada kaitan dengan poin sebelumnya, dashcam juga bisa menjadi bukti saat Anda ingin melakukan klain asuransi atas kerusakan yang Anda alami. Dengan adanya bukti rekaman dari dashcam, pihak asuransi pun akan kesulitan untuk membantah Anda. Anda bisa mengajukannya ke pihak asuransi sebagai salah satu bahan untuk analisis kejadian.

Merekam Fenomena Unik Selama di Perjalanan

Ada saja hal-hal tidak terduga yang bisa terjadi ketika kita sedang mengendarai mobil. Bisa saja di hadapan Anda ada angin puting beliung, gunung meletus, hingga berbagai kejadian yang melibatkan para pengguna jalan.

Jika Anda punya dashcam, tidak perlu repot-repot mengeluarkan handphone untuk merekam semua kejadian itu. Dashcam secara otomatis akan menyimpannya tanpa melewatkan sedikit pun detailnya.

Mengabadikan Momen Liburan

Liburan bersama dengan orang-orang tersayang adalah momen yang sangat berkesan bagi siapa saja. Dengan adanya dashcam, Anda bisa merekam setiap detik perjalanan dan obrolan yang berlangsung hingga ke tempat tujuan. Ini adalah bentuk kenangan berharga yang bisa dilihat kembali di masa depan.

Mencegah Terjadinya Tindak Kriminal

Risiko menjadi korban kejahatan saat di perjalanan sangat tinggi. Yang paling banyak terjadi adalah pemerasan dan perampokan yang sering dialami para supir ojek mobil online. Salah satu cara untuk meminimalkan risiko ini adalah dengan memasang dashcam.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencegah pemerasan dari oknum tidak bertanggung jawab ketika terjadi kecelakaan kecil. Banyak orang berpura-pura terserempet atau tertabrak hanya untuk mendapatkan sejumlah uang.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kamera Dashboard Mobil

Pemasangan

Semua dashcam yang dijual di pasaran hadir dalam bentuk dan desain yang berbeda. Ada yang diletakkan di atas dashboard, dipasang di langit-langit, hingga pada spion kaca tengah di dalam mobil. Untuk itu, Anda harus memilih jenis dashcam yang paling sesuai dengan interior mobil Anda akan bisa bekerja dengan baik.

Resolusi Kamera

Resolusi adalah fitur yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Percuma saja membeli dashcam dengan resolusi rendah yang tidak bisa menghasilkan gambar jernih. Namun dashcam modern biasanya sudah dilengkapi resolusi HD sehingga mampu menangkap gambar dengan jelas dalam jarak yang cukup jauh.

Aksesori Pendukung

Aksesoris pendukung yang dimaksud di sini berkaitan dengan pengolahan data yang disimpan di dalam dashcam. Bagaimana Anda bisa mengakses hasil rekaman pada dashcam sangat penting. Fitur lain yang harus diperhatikan adalah ada atau tidaknya mikrofon yang menyertai kamera tersebut.

Rekomendasi Kamera Mobil untuk Dipasang di Dashboard

Blackvue DR490-2CH

Blackvue DR490-2CH menjadi rekomendasi produk dashcam pertama untuk Anda. Dari segi desain, dashcam ini terlihat sangat modern dan elegan, mudah dioperasikan karena tidak ada tombol sama sekali. Ini akan membantu Anda lebih fokus dalam berkendara. Fitur yang ditawarkan oleh dashcam ini juga sangat berguna buat Anda.

Dashcam ini bisa merekam video dengan resolusi Full HD 30 frame per detik dengan sensor 2MP CMOS. Rekaman yang dihasilkan sangat jernih dan jelas. Ada 3 mode pilihan yang bisa diaktifkan sesuai kebutuhan yaitu normal, parking, dan event.

Harga Rp. 2.000.000-4.000.000

Philips CVR108

Philips CVR108 hadir dalam desain yang ringkas dan tidak akan memakan tempat di dalam mobil. Ukurannya yang kecil dijamin tidak akan mengganggu konsentrasi Anda selama berkendara. Dashcam ini tidak hanya bisa digunakan di roda empat saja, tetapi juga untuk roda dua atau motor.

Kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi HD 1080p dan lensa bersudut 130 derajat. Dashcam ini bisa merekam semua kejadian selama perjalanan, sehingga membuat Anda merasa lebih aman saat sedang bepergian. Fitur G-sensor Lock menjamin hasil rekaman tetap aman karena produk ini akan secara otomatis menyimpan dan mengunci semua gambar yang sudah direkam.

Harga Rp. 2.000.000-3.000.000

Xiaomi 70MAI 130 Degree 1080p

Dashcam selanjutnya adalah keluaran Xiaomi, brand asal China yang sudah sangat terkenal reputasinya. Xiaomi 70MAI 130 Degree 1080p merupakan produk yang layak diperhitungkan jika Anda ingin memasang dashcam di dalam mobil. Dengan berbagai fitur unggulan yang ditawarkan, kamera ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Dengan sensor gambar ony IMX323, kamera ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik dengan resolusi yang tajam dan luar biasa. Kamera ini juga memiliki tiga fungsi sekaligus yaitu G-Sensor, Loop recording, dan WiFi.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

Sena 10 Action Camera

Sena 10 Action Camera adalah produk yang unik karena menggabungkan kamera dan intercom Bluetooth dalam satu perangkat yang sama. Kamera ini sangat cocok untuk Anda yang suka merekam perjalanan ketika liburan.

Fitur perekaman videonya bisa berjalan selama 17 jam tanpa henti. Keunggulan lain yang dimiliki kamera ini tidak hanya bisa digunakan untuk mobil saja, tetapi juga bisa digunakan di sepeda motor juga. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 6.000.000-7.000.000

Hella DR 530

Berikutnya ada rekomendasi dari Hella DR 530, salah satu dashcam terbaik yang bisa Anda miliki. Dashcam ini dibekali dengan berbagai macam fitur canggih yang dijamin tidak akan membuat Anda kecewa. Salah satunya adalah Smart Gesture Sensing.

Fitur ini memungkinkan kamera untuk merekam secara otomatis ketika Anda melambaikan tangan ke sensor yang ada di kamera. Namun karena adanya fitur canggih tersebut, harga yang harus dibayarkan untuk memiliki kamera ini juga cukup mahal.

Harga Rp. 2.000.000-3.000.000

Xiaomi Yi Compact Dash Cam

Buat Anda yang hanya punya budget terbatas untuk membeli dashcam, jangan khawatir. Ada Xiaomi Yi Compact Dash Cam yang sangat populer karena berharga terjangkau. Meski harganya relatif murah, kualitas dan fitur yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi.

Kamera ini mampu menghasilkan rekaman dengan resolusi 1080p, menjamin hasil gambar yang jernih dan tajam. Bahkan di malam hari sekalipun, hasil rekamannya sama sekali tidak buram. Fitur lainnya adalah emergency reocrding yang bisa menyimpan rekaman secara otomatis jika mobil berpotensi mengalami kecelakaan.

Harga Rp. 500.000-1.500.000

Blackvue DR650S-2CH

Blackvue DR650S-2CH adalah salah satu produk dashcam terbaik yang bisa Anda miliki. Dashcam dengan desain ramping ini sangat praktis dan mudah dipasang di dalam mobil Anda. Alat ini memiliki dual channel yang bisa merekam video secara dua arah dengan resolusi berbeda.

Untuk kamera yang mengarah ke depan, resolusinya adalah 1080p, sementara kamera yang mengarah ke belakang memiliki resolusi 720p. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan built-in WiFi dan GPS, memudahkan Anda untuk menambahkan geo lokasi tertentu.

Harga Rp. 4.000.000-6.000.000

Otodash Dashcam Full HD 1080p

Satu lagi rekomendasi dashcam dengan bujet rendah di bawah Rp 1 juta. Otodash Dashcam Full HD 1080p adalah produk yang dilengkapi dengan garansi selama 1 tahun juga garansi pada aksesori dashcam lainnya. Lensa kamera ini cukup lebar, mencapai 170 derajat dan bisa menghasilkan resolusi gambar yang tajam.

Tidka hanya itu, gambar yang dihasilkan pun juga lebih terang. Meskipun Anda merekam di malam hari, rekaman kamera ini tidak buram sama sekali. Support SD Card hingga 32 GB memberikan ruang penyimpanan tambahan yang bisa merekam tanpa henti selama 45 menit.

Harga Rp. 400.000-1.000.000

Xiaomi Yi Mini Dashboard Camera

Ukuran dashcam yang terlalu besar bisa membuat pengendara merasa terganggu dan kehilangan fokus saat menyetir. Jika Anda ingin kamera dengan fitur lengkap namun ukurannya kecil, Xiaomi Yi Mini Dashboard Camera bisa dipertimbangkan.

Berbeda dengan dashcam kebanyakan yang biasanya harus ditempel di dashboard, langit-langit mobil, atau di spion tengah, produk ini berbeda. Karena bodinya yang kecil dan ringan, kamera ini bisa ditempelkan di kaca. Resolusi yang dihasilkan kamera ini tidak main-main lho. Gambar yang dihasilkan memiliki resolusi 1080p dengan sudut pandang perekaman 140 derajat.

Harga Rp. 800.000-1.000.000

Transcend DrivePro 220

Terakhir ada Transcend DrivePro 220, dashcam yang bisa dihubungkan dengan mudah ke smartphone Android Anda. Keunggulan yang ditawarkan oleh kamera ini adalah kualitas gambar yang sama baik dan sama jernihnya, baik di siang maupun malam hari.

Fitur lainnya adalah konektivitas built-in WiFi dan aplikasi Drive Pro yang bisa dihubungkan ke smartphone Android. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mengakses rekaman dashcam secara langsung dari gadget Anda.

Harga Rp. 1.600.000-2.600.000
From our editorial team

Memilih Dash Cam yang Sesuai Kebutuhan Lebih Penting Dibandingkan Harganya

Produk dash cam atau kamera depan mobil yang direkomendasikan BP-Guide di atas hadir dalam ragam variasi harga. Semakin mahal harganya, maka semakin banyak pula fitur yang ditawarkan oleh kamera tersebut. Namun, yang paling penting adalah memilih dash cam yang sesuai kebutuhan. Tidak perlu membeli yang paling mahal, asalkan sudah bisa membantu Anda saat berkendara tentu sudah cukup, bukan?