10 Rekomendasi Lem Kuning Serbaguna untuk Kebutuhan Rumah Tangga dan Industri (2021)

10 Rekomendasi Lem Kuning Serbaguna untuk Kebutuhan Rumah Tangga dan Industri (2021)

Lem adalah barang yang sangat dibutuhkan di kehidupan sehari-hari. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah lem kuning. Lem kuning dikenal memiliki daya rekat yang kuat dan dijual dengan harga murah. Simak rekomendasi produk lem kuning dari BP-Guide berikut ini!

Lem Kuning Sangat Berguna untuk Semua Kalangan

Dari banyaknya lem yang dijual di pasaran, lem kuning termasuk yang paling laris dan digunakan secara luas oleh semua kalangan. Kegunaan lem ini biasanya adalah untuk laminasi HPL, veneer, Tacosit, dan untuk permukaan lain seperti kulit dan karet.

Kegunaan lem kuning untuk industri juga sangat besar, terutama industri interior. Ini karena lem kuning dikenal memiliki daya rekat yang sangat kuat. Permukaan lain yang bisa direkatkan dengan lem kuning adalah logam, papan fiber, beton, karpet, kayu, dan kulit.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Lem Kuning

Tujuan Penggunaan

Masing-masing produk lem memiliki spesialisasi tersendiri. Jadi ketika Anda akan membeli lem, pastikan Anda tahu tujuan penggunaan lem tersebut. Kemudian perhatikan pada deskripsi produk, apakah objek yang akan Anda rekatkan dengan lem tertera atau tidak. Lem tidak akan bisa bekerja maksimal jika Anda menggunakannya pada permukaan yang salah.

Fungsi Lem

Jika Anda ragu ingin membeli lem kuning seperti apa, ada baiknya Anda membeli lem serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai permukaan. Selain itu, lem serbaguna juga bisa Anda manfaat untuk kebutuhan lain di kemudian hari. Lem yang memiliki fungsi serbaguna seperti ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

Daya Rekat

Aspek utama yang harus diperhatikan saat membeli lem tentu saja adalah daya rekatnya. Daya rekat yang dimaksud bukan hanya seberapa cepat lem bisa meresap, namun juga ketahanannya. Cari tahu apakah lem mampu bertahan terhadap air, minyak, hingga panas. Pilih lem yang punya ketahanan tinggi, apalagi jika digunakan untuk kebutuhan industri.

Tekstur

Biasanya lem tersedia dalam dua macam tekstur, yaitu cair dan gel yang lebih padat. Lem cair bisa meresap dengan lebih cepat hingga ke celah permukaan benda. Lem seperti ini lebih cocok untuk bahan-bahan plastik. Sementara untuk bahan kayu, tripleks, dan sejenisnya, lem gel lebih cocok karena memiliki daya tahan yang lebih tinggi.

Ukuran

Jangan lupa pilih ukuran lem yang tepat buat Anda. Lem kuning biasanya dijual dalam berbagai macam varian kemasan dengan harga yang berbeda pula. Untuk penggunaan pribadi, sebaiknya pilih lem yang ukurannya kecil sehingga Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Jenis Lem yang Dijual di Pasaran

Super Glue

Dari namanya saja Anda pasti sudah tahu bahwa ini adalah lem super yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Biasanya lem ini diformulasikan untuk merekatkan permukaan benda yang digunakan sehari-hari. Misalnya seperti barang elektronik, karet, kaca, dan kulit. Karena daya rekatnya kuat, Anda juga harus hati-hati, jangan sampai lem ini terkena kulit.

Lem Putih

Lem putih sangat cocok untuk permukaan yang terbuat dari kayu dan kertas. Namun daya rekatnya tidak sekuat lem super atau lem kuning. Bahkan lem putih juga tidak tahan air dan sangat mudah dibersihkan. Lem ini juga memiliki kadar racun yang rendah sehingga sangat aman untuk anak-anak.

Lem Kuning

Lem ini memiliki warna kuning seperti namanya. Dari ketiga jenis lem yang ada, lem kuning bisa dibilang memiliki daya rekat dan ketahanan yang paling kuat. Tidak heran lem ini juga banyak digunakan untuk keperluan industri.

Rekomendasi Produk Lem Kuning Serbaguna untuk Segala Kebutuhan Anda

Lem Fox Kuning 168

Lem Fox Kuning 168 adalah produk lem kuning pertama yang direkomendasikan untuk Anda. Ini adalah lem yang dibuat khusus untuk media kayu atau permukaan apa saja yang terbuat dari kayu. Lem ini dapat membantu merekatkan media kayu pada objek lainnya. Lem ini memiliki daya rekat yang sangat kuat karena mampu meresap hingga ke pori-pori kayu, sehingga objek pun dapat menempel lebih lama.

Harga Rp. 50.000-150.000

Aica-Aibon 601

Jika Anda mencari lem serbaguna dengan harga terjangkau, Aica-Aibon 601 solusinya. Produk dalam negeri ini sudah dikenal luas oleh masyarakat dan digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari rumah tangga hingga industri besar.

Lem ini dapat digunakan di berbagai jenis permukaan, baik itu kayu, kain, HPL, dan masih banyak lagi. Hebatnya, di permukaan apapun Aica-Aibon 601 memiliki daya rekat yang sama kuatnya.

Harga Rp. 10.000-80.000

Castol Contact Adhesive

Siapa yang tidak kenal dengan lem satu ini? Castol Contact Adhesive adalah lem berwarna kuning yang bisa merekatkan bahan apa saja. Mulai dari bahan karet hingga kertas dengan daya rekat yang sangat kuat. Selain dijual dengan harga ekonomis, lem ini tersedia dalam ukuran tube mini hingga kaleng besar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Harga Rp. 3.000-30.000

Lem Kuning 359 Serba Guna

Satu lagi lem produksi lokal Indonesia yang punya daya rekat kuat dan dapat diandalkan. Lem Kuning 359 Serba Guna menawarkan beberapa keunggulan, terutama proses penyerapan dan perekatan yang cepat. Hanya dalam beberapa detik saya, lem ini mampu merekatkan dua objek.

Selain itu, Lem Kuning 359 Serba Guna juga tahan air panas, sehingga sangat cocok untuk penggunaan di negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia. Lem ini dapat dipakai untuk bahan kulit, karet, karet busa, kayu, hard board, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 50.000-100.000

Lem Kuning EHA-BOND

Lem Kuning EHA-BOND adalah lem yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Menggunakan bahan baku langsung dari Jerman, Anda tidak perlu meragukan kekuatan lem yang satu ini. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai jenis permukaan. Misalnya seperti kulit sepatu, kulit sofa, jok, dan kursi, serta lapisan vinyl.

Harga Rp. 8.000-150.000

Dextone Bond Lem Perekat Serba Guna

Selanjutnya ada Dextone Bond Lem Perekat Serba Guna, lem kuning dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Lem ini diformulasikan secara khusus untuk merekatkan permukaan seperti kulit, karet, busa, vinyl, formika, karpet, porselen, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang murah, namun hasilnya sama sekali tidak mengecewakan.

Harga Rp. 5.000-10.000

Lem Kuning Isamu

Berbeda dengan lem lain yang serbaguna dan dapat digunakan di berbagai permukaan, maka Lem Kuning Isamu adalah lem khusus. Lem ini diformulasikan untuk menempelkan HPL karena daya rekatnya yang sangat tinggi dengan hasil akhir rapi.

Lem Kuning Isamu juga dapat digunakan untuk permukaan tripleks, PVC sheet, melamin, foam mika, kulit asli, dan kulit imitasi.

Harga Rp. 50.000-500.000

Lem Superbond Ungu

Lem Superbond Ungu adalah lem yang hadir dalam varian ukuran mulai dari 2,5 kg hingga 10 kg. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Keunggulan lem ini adalah harganya yang relatif terjangkau, namun sangat serbaguna dan memiliki daya rekat yang sangat kuat. Anda bisa menggunakan Lem Superbond Ungu di permukaan HPL, tripleks, PVC sheet, formica, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 45.000-450.000

Lem Kuning Rajawali

Lem Kuning Rajawali atau Lem Rajawali Chloroprene Rubber adalah lem serbaguna yang bisa digunakan di berbagai macam permukaan, Sebut saja seperti bahan karet, kulit, busa, PVC, plastik, HPL, formika, tripleks, dan logam. Keunggulan dari produk ini antara lain adalah daya rekatnya yang kuat, tahan minyak dan air, serta tahan panas hingga suhu 80 derajat Celcius.

Harga Rp. 7.500-150.000

Lem Q Bond Adhesive Serbaguna

Terakhir ada Lem Q Bond Adhesive Serbaguna yang sangat cocok untuk kebutuhan industri. Lem yang satu ini bisa merekat dengan kuat di banyak jenis permukaan dan dapat digunakan oleh siapa saja. Misalnya untuk penggunaan industri pembuatan tas, sepatu, furnitur, dan otomotif. Bisa juga digunakan untuk merekatkan bahan kulit asli, kulit sintetis, HPL, formika, dan tripleks.

Harga Rp. 30.000-120.000
From our editorial team

Hati-Hati dengan Bau Lem yang Menyengat

Rekomendasi lem kuning dari BP-Guide di atas memang dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri. Namun yang harus Anda perhatikan adalah lem kuning biasanya memiliki bau yang menyengat. Jika Anda termasuk orang yang tidak kuat dengan bau lem, sebaiknya berhati-hati atau mengenakan masker saat menggunakannya.

Tag