Butuh Lem Akrilik? Anda Bisa Cek 10 Rekomendasi dari Kami (2020)

Butuh Lem Akrilik? Anda Bisa Cek 10 Rekomendasi dari Kami (2020)

Sumber gambar solo.tribunnews.com

Lem akrilik dibutuhkan bagi Anda yang ingin menyambung aneka peralatan berbahan akrilik. Lemnya kuat merekat dan penggunaanya juga mudah. Yuk, intip aneka rekomendasi lem akrilik dari kami!

Apa Itu Akrilik?

Sumber gambar http://www.shutterstock.com/

Akrilik adalah bahan menyerupai kaca yang terbuat dari plastik. Bahan akrilik awalnya muncul tahun 1928. Akrilik diperkenalkan oleh perusahaan bernama Rohm dan Haas Company.

Akrilik mampu berubah menjadi cair jika dipanaskan pada titik suhu panas 160 derajat Celsius. Akrilik memiliki kelenturan yang luar biasa. Bahan ini mudah dipotong dan dibentuk kembali menjadi aneka bentuk yang rumit sekali pun. Anda juga bisa mengecat akrilik untuk memperindah tampilannya.

Produk berbahan dari akrilik bisa digunakan di dalam maupun di luar ruangan sebab akrilik tahan terhadap paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

Keunggulan Bahan Akrilik Dibanding Bahan Lainnya

Dibanding memakai kaca, banyak orang lebih suka memakai bahan akrilik. Hal ini karena akrilik memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dari kaca. Akrilik juga tahan reaksi kimia jika dibandingkan dengan bahan plastik lainnya. Selain kuat dan lentur, bahan akrilik juga lebih tahan lama.

Kelebihan lainnya dari bahan akrilik adalah lebih ramah lingkungan karena tidak memiliki kandungan racun. Akrilik juga aman digunakan untuk wadah makanan karena mikroorganisme tidak mungkin berkembang. Peralatan berbahan akrilik mudah untuk dibersihkan sehingga banyak orang menyukainya.

Akrilik Bisa Diolah Menjadi Aneka Produk

Akrilik banyak diolah menjadi aneka produk. Mulai dari produk berukuran besar hingga kecil. Sifatnya yang tembus pandang membuat produk akrilik terkesan sangat elegan. Contoh barang yang bisa dibuat memakai akrilik adalah plakat nama, gantungan kunci, vas bunga, hingga hiasan rumah. Akrilik bisa juga dijadikan kanopi rumah.

Anda Butuh Lem Khusus untuk Menyatukan Akrilik

Jika Anda ingin menyatukan akrilik, tentu tak bisa asal memakai perekat saja. Anda butuh lem khusus untuk akrilik. Secara umum ada beberapa lem khusus akrilik, seperti lem khusus akrilik, lem dual purpose, dan juga lem multi purpose.

Lem khusus akrilik hanya digunakan untuk akrilik saja. Di dalamnya terkandung zat dichloromethane yang bisa menyatukan dua bahan akrilik dengan lebih kuat. Sementara itu, lem dual purpose bisa digunakan untuk merekatkan bahan akrilik dengan plastik lainnya. Lem multi purpose bisa digunakan untuk merekatkan akrilik dengan bahan lain yang lebih beragam.

Cara Mengelem Akrilik yang Benar

Sumber gambar https://my-best.id

Untuk melakukan perekatan pada akrilik butuh cara yang benar mulai dari alatnya hingga proses pengelemannya. Awali dengan menyiapkan bahan yang akan direkatkan. Kalau Anda perlu memotong lembaran akrilik guna menyesuaikan ukurannya, maka gunakan cutter khusus untuk akrilik. Jangan lupa untuk menghaluskan permukaan hasil pemotongannya memakai ampelas grid 500 supaya hasil perekatan nantinya bisa lebih baik.

Selanjutnya, siapkan bahan pelarut solvent welding. Anda juga akan membutuhkan alat aplikator khusus yang biasanya dijual bersama lem akrilik. Kemudian, Anda bisa mulai mengelem dan menuangkan bahan lem memakai aplikator. Jika ada cairan lem yang tumpah, hindari untuk menyekanya supaya tidak merusak permukaan akrilik tersebut. Tunggu hingga bahan lem mengering dengan sendirinya lalu gunakan rubbing compound untuk menghilangkan nodanya.

10 Rekomendasi Lem Akrilik untuk Merekatkan Aneka Bahan Akrilik

Lem Akrilik Crystal Glue Kualitas Super

Lem Akrilik Crystal Glue Kualitas Super ini merupakan pilihan untuk Anda yang butuh lem akrilik. Produk yang satu ini bisa merekatkan akrilik dalam waktu 10 hingga 20 detik saja. Sebelum direkatkan, akrilik bekas potongan harus diamplas halus supaya bisa menempel kuat.

Ada beberapa tipe dari lem ini. Tipe biru hadir dengan formula cepat kering, tipe merah dengan formula yang lebih baik sehingga lem tidak akan memutih, dan tipe hijau dengan formula merekatkan akrilik dengan ketebalan sampai 20 milimeter.

Harga Rp. 33.000-64.000

Lem Akrilik Polyacrylic 250 ml

Lem Akrilik Polyacrylic ini juga bisa jadi andalan Anda. Lem ini bening dan transparan. Larutan ini sudah terbukti kuat dan aman digunakan untuk menyambung akrilik. Dikemas dalam ukuran 250 ml, produk ini dibuat dengan formula yang dibuat dari hasil riset di Jerman.

Harga Rp. 110.000-154.000

Acrylic Glue Hammer

Anda bisa juga mengandalkan Acrylic Glue Hammer. Lem yang satu ini sangat berkualitas. Dengan daya rekat kuat, lemnya juga lebih cepat kering saat diaplikasikan. Warna lemnya transparan sehingga lemnya tidak terlihat setelah kering. Lem ini mudah diaplikasikan dan cepat meresap.

Harga Rp. 33.000-99.000

Lem Dextone Instant Glue 15 gram

Lem Dextone Instant Glue 15 gram ini merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini berkualitas super.

Lem ini cocok untuk aneka produk mulai dari plastik, akrilik, kayu, porselen, dan lain sebagainya. Dikemas dalam ukuran kecil, produk ini mudah dibawa ke mana saja dan mudah diaplikasikan.

Harga Rp. 5.800-10.000

Lem Sealant Acrylic Glazing A Paintable Sealent

Lem Sealant Acrylic Glazing A Paintable Sealent ini tidak bisa dilewatkan. Produk yang satu ini bisa diaplikasikan pada berbagai bahan mulai dari kayu, beton, marmer, keramik, dan lainnya. Lem ini juga bisa dipakai sebagai pengganti semen putih untuk menutup celah atau lubang di plafon interior.

Harga Rp. 23.000-53.000

USA Loctite Lem 60 Detik Sec Super Gel Glue 18 ml

USA Loctite Lem 60 Detik Sec Super Gel Glue 18ml ini juga tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Lem yang satu ini sangat kuat. Dengan bahan cyanoacrylate, lem ini bisa merekat dalam 60 detik sehingga cocok untuk permukaan yang besar.

Dikemas dalam botol dengan tutup yang anti kering, lemnya tahan lama. Produk ini bisa digunakan untuk bahan akrilik, plastik, baja, seng ABS, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 189.000-265.300

Lem T6000

Berikutnya ada Lem T6000. Produk yang satu ini memiliki daya tahan yang luar biasa. Selain bisa merekatkan benda-benda berbahan akrilik, lem ini juga bisa digunakan untuk benda-benda berbahan kayu, kaca, logam, keramik, dan lain sebagainya. Lem ini bersifat anti air.

Harga Rp. 9.500-30.000

Lem Akrilik E8000

Lem Akrilik E8000 adalah produk yang bisa diandalkan. Lem transparan ini memiliki formula yang merekat kuat dan tahan air.

Hanya butuh waktu 3 menit saja untuk mengering. Lem ini bekerja dengan baik pada benda-benda berbahan akrilik, plastik, kayu, keramik, bambu, dan lainnya.

Harga Rp. 35.000-253.000

Inst Industry T7000 Lem Multi Purpose Hitam Perekat Akrilik

Inst Industry T7000 Lem Multi Purpose Hitam Perekat Akrilik ini adalah produk selanjutnya untuk Anda. Lem yang satu ini memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat.

Mudah diaplikasikan, lem ini cocok untuk bahan akrilik, logam, kayu, kaca, dan lainnya. Produk ini bisa juga merekatkan karet, fiber glass, plastik, dan rhinestone.

Harga Rp. 170.300

Lem Korea G

Lem Korea G juga tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Lem yang satu ini cocok untuk menempelkan aneka produk berbahan logam, plastik, kaca, akrilik dan lainnya. Mudah diaplikasikan, lem ini juga cepat merekatnya.

Harga Rp. 3.200-5.000
From our editorial team

Pilih Perekat Akrilik dengan Tepat Sebelum Membelinya

Anda butuh perekat yang kuat untuk bahan akrilik? Jangan asal pilih lem jika ingin produk Anda merekat kuat. Gunakan lem khusus untuk akrilik. Jangan lupa juga untuk merekatkan dengan cara yang benar supaya hasilnya bagus. Cek rekomendasi lem perekatnya di atas, ya!

Tag