10 Rekomendasi Busur Derajat Terbaik untuk Memudahkan Pengukuran Sudut (2020)

10 Rekomendasi Busur Derajat Terbaik untuk Memudahkan Pengukuran Sudut (2020)

Tidak hanya pada pelajaran sekolah, penggunaan busur derajat untuk pengukuran sudut nyatanya benar-benar di aplikasikan pada banyak bidang pekerjaan. Mulai dari manufaktur, otomotif, hingga kontruksi membutuhkan alat ini untuk mengukur produk secara akurat. Berpengaruh pada hasil pekerjaan, ini dia rekomendasi busur derajat terbaik dan terbaru untuk berbagai bidang pekerjaan.

Busur Derajat Merupakan Alat Ukur untuk Mengetahui Besar Sudut dan Menggambar Suatu Sudut

Sumber gambar www.shutterstock.com

Saat duduk di bangku sekolah, kamu pasti mempelajari berbagai macam sudut. Bahkan, sejak sekolah dasar sudah dipelajari cara menggambar dan mengukur besar sudut tertentu. Untuk menggambar dan mengukur sudut, ada satu alat yang biasa digunakan, yaitu busur derajat.

Busur derajat atau dikenal juga dengan nama protractor ini hadir dengan dua variasi bentuk, yaitu setengah lingkaran (180 derajat) dan lingkaran penuh (360 derajat). Pada busur derajat setengah lingkaran, biasanya akan dilengkapi dengan potongan logam lurus untuk mengukur sudut benda. Dengan demikian, mengukur sudut menjadi lebih mudah.

Kenalilah Jenis Sudut yang dapat Dibuat Menggunakan Busur Derajat

Sudut Lancip

Sumber gambar www.zonareferensi.com

Dengan menggunakan busur derajat, ada beberapa sudut yang bisa dibuat. Salah satunya adalah sudut lancip atau acute angle. Sesuai namanya, sudut lancip memiliki titik sudut yang runcing atau lancip. Sementara itu, ukuran sudutnya adalah antara 0° hingga kurang dari 90°. Dalam rumus matematika, sudut ini memiliki notasi 0° < x < 90º.

Sudut Siku-Siku

Sumber gambar www.zonareferensi.com

Sudut berikutnya yang bisa diukur dan dibuat menggunakan busur derajat adalah sudut siku-siku. Sudut ini biasa pula disebut right angle. Sudut siku-siku memiliki besar sudut 90° tepat. Menariknya, kamu bisa menemukan sudut siku-siku dalam aneka perabotan rumah, mulai dari pintu, meja, lemari, buku, dan masih banyak lagi.

Sudut Tumpul

Sumber gambar www.zonareferensi.com

Ketika masih duduk di bangku sekolah, kamu pasti mengenal tiga jenis sudut yang biasa diukur. Mulai dari sudut lancip, sudut siku-siku, sampai sudut tumpul. Sudut tumpul sendiri dikenal pula dengan nama obtuse angle. Besar sudutnya ada di antara 90° hingga kurang dari 180°. Dalam rumus matematika, sudut tumpul memiliki notasi 90° < x < 180º.

Sudut Lurus

Sumber gambar www.zonareferensi.com

Tahukah kamu, ternyata selain sudut lancip, siku-siku, dan tumpul, ada pula sudut lurus. Sudut lurus atau straight angle adalah sudut yang mempunyai besar sudut 180º tepat. Berbeda dengan garis lurus yang hanya terbuat dari satu sinar garis, sudut lurus terbuat dari dua sinar garis lurus yang memiliki titik pangkal yang sama. Sudut ini dibentuk oleh dua garis berpotongan lurus dengan besar sudut 180º, misalnya saja sudut yang dibentuk oleh jarum jam analog ketika menunjukkan pukul 06.00 tepat.

Selain Busur Derajat, Kenali Alat Ukur Lainnya Berikut Ini!

Roll Meter

Sumber gambar www.shutterstock.com

Busur derajat merupakan satu dari berbagai jenis alat ukur yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain busur derajat, salah satu alat ukur yang kerap dipakai adalah roll meter. Roll meter merupakan alat ukur panjang yang biasa pula dikenal dengan nama meteran atau pita ukur.

Roll meter umumnya terbuat dari bahan plastik atau plat besi tipis yang mudah digulung. Panjangnya pun bervariasi, mulai dari 5-20 meter. Digunakan untuk mengukur jarak atau panjang, roll meter biasanya hadir dengan satuan mm, cm, kaki, atau inci.

Jangka Sorong

Sumber gambar www.shutterstock.com

Alat ukur berikutnya adalah jangka sorong yang merupakan alat ukur serbaguna. Jangka sorong bisa digunakan untuk mengukur jarak, kedalaman, hingga diameter dalam suatu benda dengan akurat. Alat ini ditemukan oleh seorang ahli teknik berkebangsaan Prancis bernama Pierre Vernier.

Karena tingkat akurasi ukurannya yang sangat baik, alat ini banyak digunakan dalam dunia industri. Para insinyur lebih memilih untuk membawa jangka sorong dibandingka penggaris. Selain akurat, alat ini juga mudah digunakan dan praktis dibawa.

Barometer

Sumber gambar www.shutterstock.com

Mau tahu kondisi cuaca hari ini? Kamu bisa meramalkannya dengan menggunakan barometer. Kondisi cuaca bisa diperkirakan menggunakan alat ini dengan mengukur tekanan udara dan berat atmosfer suatu wilayah. Alat ukur ini ditemukan tahun 1643 oleh Evangelista Toricelli, namun mulai digunakan dalam prakiraan cuaca pada akhir abad ke-19.

Dalam perkembangannya, barometer dibagi menjadi dua jenis, yaitu barometer raksa dan barometer logam. Namun, saat ini barometer telah dihadirkan dalam beberapa perangkat teknologi canggih, seperti smartphone hingga jam digital. Aplikasi barometer dalam berbagai perangkat ini dimaksudkan untuk memudahkan manusia dalam memperkirakan tekanan atmosfer dalam kehidupan sehari-hari.

pH Meter

Sumber gambar www.shutterstock.com

Setiap industri pasti memiliki alat ukur yang dibutuhkan sesuai dengan bidang masing-masing. Salah satu alat ukur yang banyak diperlukan adalah pH meter. Alat ini digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan suatu cairan. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi cairan.

Prinsip alat ini adalah menggunakan elektroda yang terhubung dengan alat elektronik untuk mengukur dan menampilkan nilai pH. Alat ini biasa digunakan dalam laboratorium, industri pakaian, industri air minum, farmasi, dan masih banyak lagi. Selain mengukur pH air, pH meter juga bisa digunakan untuk mengukur pH tanah, kadar nitrogen, fosfor, hingga kalium.

Speedometer

Sumber gambar www.shutterstock.com

Para pemilik kendaraan pasti sudah tidak asing dengan speedometer, bukan? Alat ukur ini berfungsi untuk mengukur kecepatan. Ada dua jenis speedometer yang perlu diketahui, yaitu analog dan digital. Keduanya memiliki mekanisme kerja yang berbeda dengan keunggulan masing-masing.

Terlepas dari jenisnya, semua kendaraan bermotor yang beroperasi pasti memiliki speedometer. Alat ukur ini telah menjadi perlengkapan standar untuk mengetahui kecepatan kendaraan, sehingga dapat mengontrol laju dalam berkendara. Speedometer juga berguna untuk menyesuaikan kecepatan dengan aturan ruas jalan serta memperkirakan waktu tempuh perjalanan.

Rekomendasi Busur Derajat Terbaik

Busur Derajat Digital Mini

Bekerja di bidang konstruksi, sudah semestinya kamu memiliki busur derajat pribadi untuk memudahkan pekerjaan. Bagi yang tertarik membeli, produk Busur Derajat Digital Mini bisa menjadi pilihan. Busur derajat ini memiliki fungsi pengukuran yang relatif dan absolut.

Dengan resolusi 0,05° menjadikan busur derajat ini lebih presisi dan akurat. Dilengkapi dengan magnet built-in pada permukaannya membuat alat ini nyaman dipasang ke benda kerja. Ukurannya pun mini, sehingga praktis dibawa bekerja. Busur Derajat Digital Mini dioperasikan dengan Baterai AAA 2 1.5V yang ekonomis.

Harga Rp. 127.183-228.300

Busur Derajat Elektronik

Busur Derajat Elektronik adalah produk busur derajat berikutnya yang direkomendasikan. Terbuat dari plastik ABS yang berkualitas menjadikan alat ini lebih ringan dan tahan lama. Hasil pengukurannya pun lebih presisi dan akurat dengan resolusi 0,1°. Produk ini cocok untuk para pekerja konstruksi, otomotif, perkayuan, hingga industri mekanik.

Didesain genggam, tak heran jika busur derajat ini lebih ringkas dan praktis. Dilengkapi dengan layar LCD membuat hasil pengukuran lebih mudah dibaca. Produk ini beroperasi dengan tenaga Baterai 3 V CR2032 x 2. Busur Derajat Elektronik tersedia dalam warna hitam dan merah yang bisa dipilih sesuai selera.

Harga Rp. 205.428-276.200

Inclinometer Busur Derajat

Industri manufaktur merupakan salah satu bidang yang membutuhkan busur derajat dengan akurasi tinggi. Maka dari itu, dalam pemilihan busur derajat tentu harus selektif. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Inclinometer Busur Derajat. Busur derajat ini hadir dengan resolusi 0,05° dan akurasi ± 0,2°.

Inclinometer Busur Derajat terbuat dari bahan perbatasan plastik yang ringan. Selain magnet bawaan yang akan melekat pada permukaan benda yang hendak diukur, alat ini juga dilengkapi layar LCD digital untuk membaca hasil pengukuran. Dalam pengoperasiannya, alat ini menggunakan daya baterai AAA x 2 yang lebih ekonomis. Menariknya busur derajat ini memiliki fitur daya mati otomatis setelah 5 menit tanpa operasi yang membuatnya lebih hemat energi.

Harga Rp. 136.051-170.000

Busur Derajat Waterproof

Bekerja dalam bidang konstruksi memang tak kenal cuaca. Saat cuaca hujan pun terkadang harus tetap beroperasi untuk memenuhi target penyelesaian proyek yang telah ditentukan. Untuk mengatasinya, diperlukan perlengkapan yang awet dan tahan banting. Busur Derajat Waterproof adalah alat yang diperlukan untuk menunjang kinerja di segala cuaca.

Busur Derajat Waterproof terbuat dari alumunium alloy yang ringan dan anti karat. Didesain ringkas, busur derajat portabel ini dilengkapi dengan layar LED disertai penguncian nilai. Tersedia dalam ukuran 150 mm dan 200 mm, produk ini juga hadir dalam warna putih yang elegan. Pengoperasiannya menggunakan 2 buah baterai AAA yang ekonomis.

Harga Rp. 581.000-3.050.000

Double Thunders 0°-180° Penggaris Sudut

Rekomendasi busur derajat berikutnya adalah Double Thunders 0°-180° Penggaris Sudut. Produk ini cocok digunakan dalm berbagai bidang usaha, seperti manufaktur, konstruksi, hingga otomotif. Didesain praktis sehingga produk ini juga mudah dibawa dan disimpan.

Double Thunders 0°-180° Penggaris Sudut terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan ringan. Berfungsi mengukur sudut kemiringan, penggaris ini dilengkapi dengan sekrup pengunci untuk memudahkan pekerjaan. Produk ini memiliki panjang penggaris 10 cm yang bisa digunakan untuk menggaris pendek untuk kebutuhan tertentu.

Harga Rp. 29.200-75.000

Busur Derajat Digital Dual Axis

Busur Derajat Digital Dual Axis adalah produk selanjutnya yang direkomendasikan. Alat ini memiliki akurasi tinggi dengan resolusi mencapai 0,02 °. Dengan demikian, produk ini sangat ideal untuk bidang konstruksi, furnitur, hingga pekerjaan interior.

Hadir dengan sumbu ganda dan tunggal, Busur Derajat Digital Dual Axis memiliki tampilan LCD yang ramah pengguna. Dilengkapi dengan basis magnet membuatnya bisa melekat pada bidang pengerjaan, sehingga lebih mudah digunakan. Tak hanya itu, alat ini juga dibekali dengan V shape metal case, sehingga mudah dipasang di sudut atau pipa. Menariknya, alat ini bisa dikoneksikan ke komputer untuk memudahkan olah data.

Harga Rp. 709.536-921.000

Penggaris Busur Derajat Sudut Digital Protactor Stainless

Penggaris Busur Derajat Sudut Digital Protactor Stainless adalah produk busur derajat berikutnya yang direkomendasikan. Berguna untuk mengatur dan mengukur sudut secara tepat, produk ini sangat membantu pekerjaan bidang konstruksi, manufaktur, serta otomotif.

Alat ini terbuat dari stainless steel sehingga lebih kuat dan ringan. Dilengkapi dengan layar LCD besar membuatnya lebih mudah dalam membaca hasil pengukuran. Memiliki akurasi hingga 0,2°, alat ini juga didesain ergonomis dengan pegangan yang nyaman. Produk ini bisa dioperasikan dengan tenaga baterai lithium 3V CR2032.

Harga Rp. 335.000-341.700

Tajima Busur Derajat Slant SLT

Berikutnya ada Tajima Busur Derajat Slant SLT yang merupakan produk buatan Jepang. Terbuat dari plastik ABS, produk ini dilengkapi dengan dial dan botol gelembung. Busur derajat ini berfungsi untuk mengukur, memverifikasi, dan meniru sudut dengan cepat.

Dapat dioperasikan secara sederhana, produk ini dilengkapi sekrup besar pada pegangan. Skala busur ini hadir dengan ukuran besar dan mudah dibaca. Didesain ergonomis, produk ini cocok untuk pengerjaan konstruksi, interior, dan manufaktur.

Harga Rp. 462.000-759.000

Busur Derajat Digital Level and Protactor Insize 2179-360

Rekomendasi busur derajat yang terakhir adalah Busur Derajat Digital Level and Protactor Insize 2179-360. Terbuat dari bahan aluminium, produk ini dilengkapi dengan bagian abwah magnetik dan V-groove. Keunggulan produk ini adalah tahan air sehingga bisa digunakan dalam berbagai cuaca.

Alat pengukuran absolut ini dilengkapi dengan tombol on/off untuk pengoperasiannya. Resolusinya mencapai 0,05 ° sehingga lebih akurat digunakan. Busur Derajat Digital Level and Protactor Insize 2179-360 menggunakan tenaga 2 buah baterai AAA yang ekonomis.

Harga Rp. 1.443.000-1.848.000
From our editorial team

Pentingnya Nilai Akurasi pada Produk Busur Derajat

Berhubungan dengan ketepatan hasil pekerjaan, dalam memilih busur derajat proyek tentu tak boleh sembarangan. Sudut meleset sedikit saja bisa menyebabkan dampak yang besar bagi kelangsungan produk, misalnya saja kekuatan bangunan, furnitur, hingga mesin. Maka dari itu, pilih busur derajat dengan tingkat akurasi tinggi. Sehingga perhitungan sudut bisa lebih akurat dan hasil proyek jauh lebih terpercaya. Dari rekomendasi di atas, kira-kira produk mana yang tertarik kamu miliki?