Yuk, Cek 10 Rekomendasi Sofa Kayu Minimalis untuk Dekorasi Rumah Anda (2023)

Yuk, Cek 10 Rekomendasi Sofa Kayu Minimalis untuk Dekorasi Rumah Anda (2023)

Mempercantik ruangan dengan sofa tentu saja bisa menjadi pilihan yang menarik dan saat ini sofa kayu bisa menjadi salah satu alternatif untuk memberikan kesan eksotis pada rumah/ruangan Anda. Apa saja rekomendasi sofa kayu dari BP-Guide? Yuk, simak artikel berikut ini!

Sofa Tak Hanya Berfungsi Sebagai Tempat Duduk

Hunian yang nyaman tentu menjadi dambaan semua orang. Dalam mewujudkan hunian yang nyaman, selain pemilihan desain rumah, pengaturan interior menjadi penting. Apalagi bagi para pasangan milenial yang menyukai konsep rumah minimalis. Pemilihan perabot rumah tak bisa sembarangan, termasuk memilih sofa.

Sofa telah menjadi salah satu furnitur utama yang seolah wajib ada dalam rumah. Berdasarkan bahannya, ada berbagai jenis sofa yang beredar di pasaran. Sofa kayu adalah jenis sofa yang sangat cocok dengan konsep rumah minimalis.

Tak hanya nyaman sebagai tempat duduk, secara visual sofa kayu memberikan kesan klasik yang cocok untuk konsep rumah minimalis. Sentuhan klasik dari sofa kayu juga sangat mudah dipadukan dengan aneka perabotan lain sehingga rumah tampak estetik.

Berbagai Pilihan Merek Sofa Tersedia untuk Mempercantik Ruangan

Berbicara tentang sofa kayu, sebenarnya kini sangat mudah dalam mencari sofa di pasaran. Ada banyak merek furnitur yang menyediakan produk sofa terbaik dengan penawaran harga menarik. Bahkan, kini hampir semua brand memiliki website yang menampilkan catalog furniture dengan menampilkan gambar produk serta harga jual, sehingga pembeli bisa menganggarkan biaya sebelum melakukan pemesanan.

Beberapa produsen furnitur yang direkomendasikan untuk mendapatkan sofa kayu terbaik, antara lain Red Sun, iFurnholic, IKEA, Livien, dan Chitose. Setiap merk tentu memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing.

Misalnya saja, Red Sun yang menghadirkan produk bergaya modern dan retro dengan kualitas kayu solid khas Jepara. Selain itu, ada IFurnholic yang memiliki produk-produk bergaya Scandinavian dengan detail yang eye-catching. Selanjutnya, ada IKEA yang memiliki desain clean dan simple.

Jenis Kayu yang Paling Bagus untuk Membuat Sofa

Kayu Jati

Sumber gambar https://pixabay.com

Sebelum memilih sofa kayu, Anda perlu mengenal berbagai jenis kayu yang lazim digunakan sebagai bahan baku furnitur. Dalan dunia mebel, kayu jati menjadi material premium yang banyak dicari. Karakter kayu jati yang awet, tahan air, memiliki serat kayu tebal, membuatnya menjadi primadona di antara material lainnya.

Tingginya peminat kayu jati, serta ketersediaannya yang terbatas membuat kayu jati menjadi langka di pasaran. Tak heran jika produk mebel berbahan kayu jati memiliki harga yang cukup mahal. Namun, soal keawetan dan perawatan, furnitur dengan bahan kayu jati sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan konsep klasik, sofa kayu berbahan jati cocok dipilih. Hal ini dikarenakan warnanya yang cokelat kemerahan dan menjadi coklat muda ketika terkena sinar matahari. Warna ini memberikan kesan klasik yang kuat pada hunian.

Kayu Akasia

Bahan berikutnya yang patut dipilih kala mencari furnitur adalah kayu akasia. Kayu akasia memiliki tekstur yang kuat sehingga masuk ke dalam jajaran material paling direkomendasikan. Bagi Anda yang hendak mencari furnitur atau soga kayu untuk digunakan dalam ruangan atau indoor, maka produk berbahan kayu akasia bisa menjadi pilihan.

Namun, kayu akasia kurang cocok jika digunakan sebagai furniture outdoor. Kayu akasia memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa kontak langsung dengan tanah atau air, serta pada udara yang lembap, lantaran rentan berjamur.

Meski demikian, kini telah hadir berbagai teknologi pengolahan yang mampu membuat kayu akasia lebih awet. Tentu saja, agar furnitur tetap tahan lama dan estetik, pemilihan bahan harus disesuaikan dengan tujuan dan lokasi penggunaan.

Kayu Pinus

Kayu pinus menjadi material selanjutnya yang masuk ke dalam jajaran kayu paling direkomendasikan untuk furnitur. Kayu ini memiliki tekstur yang lunak, dengan serat halus dan warna yang cerah. Motifnya yang indah juga membuat kayu pinus kerap disebut sebagai kayu jati Belanda. Kemiripan karakternya dengan kayu jati membuat kayu pinus banyak dicari di pasaran.

Kekurangan dari kayu pinus terletak pada ketahanannya pada udara lembap yang tergolong rendah, sehingga rentan terserang jamur. Sebaiknya, furnitur dengan bahan kayu pinus digunakan di dalam ruangan untuk menghambat pelapukan. Meski demikian, material ini memiliki keunggulan dari segi harga, karena lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jati. Selain itu, kayu pinus juga mudah dibentuk, lantaran teksturnya yang halus.

Kayu Mahoni

Bahan baku berikutnya yang direkomendasikan dalam pembuatan furnitur adalah kayu mahoni. Kayu mahoni memiliki karakter serat dan pori-pori yang halus, sehingga produk furnitur yang dihasilkan juga lebih mulus. Warnanya yang merah kecokelatan juga menjadi daya tarik tersendiri dalam produksi furnitur, terutama produk relief.

Bagi Anda yang menginginkan furnitur dengan finishing warna solid, kayu mahoni adalah bahan yang tepat. Karakternya yang ringan juga menjadi salah satu keunggulan dari kayu mahoni. Meski tidak seawet kayu jati, kayu mahoni tergolong tahan lama jika diolah dengan tepat dari awal pembuatan produk. Harganya pun juga terjangkau, sehingga menjadi salah satu material yang tepat untuk dipilih.

Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling adalah salah satu material furnitur yang memiliki keunikan tersendiri. Karakter warnanya merah keunguan dengan guratan hitam yang alami. Teksturnya juga halus serta keras, sehingga banyak disukai pengrajin mebel. Produk yang dihasilkan pun memiliki visual yang indah dan berkelas.

Bagi Anda yang menginginkan furnitur terbaik dengan harga bersahabat, produk dari bahan kayu sonokeling patut dijadikan pilihan. Furnitur dengan material kayu sonokeling dapat digunakan indoor atau outdoor. Kayu yang juga kerap disebut kayu palisander ini memiliki ketahanan terhadap air dan kelembapan yang baik, sehingga tidak mudah berjamur atau dimakan rayap.

Rekomendasi Sofa Kayu Terbaik dan Paling Oke

Sofa Taylor adalah sofa kayu pertama yang direkomendasikan sebagai furnitur rumah Anda. Produk keluaran Fabelio ini terbuat dari kerangka kayu eucalyptus yang solid berkualitas tinggi. Kokoh dan kuat, sofa dengan dimensi 129 cm x 66 cm x 68,4 cm ini juga memiliki tampilan yang simple dan elegan.

Sofa dengan dua dudukan ini bergaya Scandinavian yang dinamis dengan aneka konsep interior rumah. Tak hanya indah, Sofa Taylor juga nyaman digunakan, karena menggunakan bantalan dudukan foam dan lapisan dudukan polyester.

Sudut-sudut tumpul pada desainnya memastikan bahwa sofa ini aman bagi anak-anak. Perawatan sofa ini juga terbilang mudah, yaitu cukup dilap dengan kain lembap sesuai alur kayu atau dibersihkan dengan kain microfiber dan cuci kering.

Anugrah Sofa L Idaho

Sofa kayu berikutnya yang direkomendasikan adalah Anugrah Sofa L Idaho. Produk dengan desain letter L ini memiliki motif bola-bola yang unik. Sofa ini terbuat dari perpaduan material kayu, full busa, dan fabric yang memastikannya aman serta nyaman digunakan di rumah.

Tak hanya material, desain Anugrah Sofa L Idaho juga ideal sebagai furnitur di hunian dengan konsep interior minimalis. Produk sofa kayu tanpa meja ini cukup mudah dicari di pasaran. Meski terbuat dari kayu yang berkualitas serta kain beludru yang tidak panas, sofa kayu ini dibanderol dengan harga yang ekonomis, sehingga cocok bagi para pasangan baru yang ingin menghemat bujet furnitur.

Harga Rp. 2.550.000-2.850.000

CBJ NL Minimalis 01 Set Sofa L

Rumah bergaya minimalis memang menjadi pilihan banyak pasangan milenial saat ini. Agar lebih dinamis, tentu memilih furnitur tak bisa sembarangan, termasuk memilih sofa.

CBJ NL Minimalis 01 Set Sofa L adalah furnitur yang tepat untuk rumah dengan desain minimalis. Sofa kayu keluaran Cipta Bangun Jaya Furniture ini sangat cocok diletakkan di ruang tamu, karena desainnya yang elegan.

Tak perlu bingung mencari meja yang cocok dengan sofa ini, karena set sofa ini hadir dengan 2 buah sofa yang dilengkapi meja. Terbuat dari material kayu yang berkualitas, produk ini semakin indah dengan finishing fabric bermotif floral yang ideal untuk interior ruangan.

Harga Rp. 2.000.000-2.370.000

Oscar Furniture Sofa Set Monza

Oscar Furniture Sofa Set Monza adalah set sofa lengkap yang terdiri dari 1 buah sofa 3 dudukan, 2 buah sofa 1 dudukan, dan 1 buah stool. Set sofa keluaran Oscar Furniture ini terbuat dari material kayu mernau solid yang berkualitas. Dudukan dan sandarannya terbuat dari busa tebal lapis faux leather yang nyaman digunakan.

Furnitur ini memiliki sistem knockdown yang mudah diinstalasikan. Set sofa ini juga mudah dibersihkan, lantaran memiliki dudukan dan sandaran yang dapat dilepas dan dipasang kembali. Sofa kayu dengan desain minimalis ini memiliki varian warna cocoa dan grey yang dinamis dengan berbagai interior rumah. Dari segi tampilan dan kenyamanan, set sofa ini cocok digunakan di ruang tamu.

Harga Rp. 4.236.000-5.092.000

Ikea Sofa Stocksund

Jika berbicara tentang furnitur, IKEA adalah salah satu brand yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu produk sofa kayu keluaran IKEA yang paling direkomendasikan adalah Ikea Sofa Stocksund.

Produk ini terbuat dari perpaduan kayu beech solid, baja berlapis polyester, dan particleboard. Sarungnya terbuat dari katun berwarna dengan campuran poliester beraksen lipatan dengan efek dua warna.

Memiliki desain elegan, sofa ini cocok bagi Anda yang hendak mencari furnitur untuk rumah berkonsep minimalis. Tak hanya indah, sofa ini juga nyaman digunakan karena memiliki bantalan penyangga ekstra yang tebal dan dilengkapi kantong pegas dari serat poliester dan potongan busa. Memiliki sudut dudukan yang lebar membuat sofa ini terasa lebih luas dan nyaman diduduki.

Harga Rp. 6.995.000-10.553.900

Vassa 2 Seater Wood Sofa

Vassa 2 Seater Wood Sofa menjadi sofa kayu berikutnya yang direkomendasikan. Sofa minimalis ini terbuat dari rangka kayu yang telah melalui pemrosesan sehingga lebih kuat.

Untuk memastikan kenyamanan penggunanya, sofa ini juga dilengkapi busa dari Royal Foam yang memiliki kerapatan tinggi, serta sistem karet webbing yang nyaman dan tahan lama. Sandaran dan bantalan berbahan dacron holo premium membuat sofa ini lebih menarik.

Hadir dengan berbagai pilihan warna, Vassa 2 Seater Wood Sofa bisa disesuaikan dengan konsep interior rumah Anda, sehingga ruangan tampak lebih estetik. Selain dapat digunakan di ruang tamu, produk ini juga cocok digunakan di ruang keluarga.

Harga Rp. 2.080.000-2.560.000

Anugrah Sofa Azola 321 Tanpa Meja

Anugrah Sofa Azola 321 Tanpa Meja adalah salah satu produk sofa kayu yang cocok dengan konsep rumah modern dan minimalis. Furnitur yang terbuat dari material kayu berkualitas, busa per, dan fabric ini memiliki detail bentuk 321 dengan warna yang menarik.

Didesain elegan, sofa ini hadir dengan berbagai pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan suasana ruang agar tampak estetik. Tak hanya mudah dipadukan dengan konsep ruangan, sofa yang cocok digunakan pada ruang tamu ini juga didesain untuk memastikan kenyamanan penggunanya.

Harga Rp. 3.650.000-3.999.000

Sofa Eton

Bila mencari furnitur untuk mengisi hunian minimalis, Fabelio memang menjadi salah satu brand yang patut diperhitungkan. Sofa Eton adalah salah satu produk keluarannya yang didesain dinamis bergaya Scandinavian, sehingga cocok untuk menghidupkan suasana hunian bergaya minimalis.

Produk dengan dua dudukan ini memiliki dimensi 127 cm x 77 cm x 80 cm yang luas dan nyaman digunakan. Terbuat dari material kayu jati dengan finishing salak natural membuat sofa ini tak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Sofa keluaran Fabelio ini tak hanya cocok digunakan di ruang keluarga, tapi juga cocok digunakan sebagai furnitur ruang tamu.

Harga Rp. 2.500.000-2.999.000

Cubix Series - Kursi Tamu Sofa Modern Minimalis

Bingung mencari sofa kayu untuk ruang tamu hunian bergaya minimalis? Cubix Series - Kursi Tamu Sofa Modern Minimalis adalah salah satu produk yang paling direkomendasikan. Produk berdimensi 186 cm x 62 cm x 62 cm ini terbuat dari kayu jati berkualitas dengan finishing melamin.

Produk ini dilengkapi dengan cushion busa padat yang tahan lama dan nyaman. Bagian upholstery produk ini terbuat dari perpaduan Vienna linen, polyester, dan katun yang menarik. Sofa kayu bergaya minimalist modern ini didesain simple, sehingga memberikan kesan elegan pada ruang tamu. Sofa seri Cubic keluaran Vionco ini kokoh namun mudah dipindahkan, sehingga dapat diatur sesuai dengan orientasi ruangan.

Harga Rp. 2.320.000-3.847.500

Sofa - Nestudio Frankie Three Seater Sofa

Rekomendasi sofa kayu berikutya adalah Sofa - Nestudio Frankie Three Seater Sofa. Produk ini terbuat dari kayu mindi solid dan busa pada bantalan punggung. Bagian bantalan dudukannya dilengkapi dengan busa dan pegas yang dibalut kain woven, sehingga nyaman untuk duduk dalam waktu lama.

Produk keluaran Netstudio ini didesain ergonomis dan telah melalui proses pengujian untuk memastikan kualitasnya. Memiliki garis ramping dan bentukan organis geometris membuat sofa ini memberikan kesan elegan pada ruangan.

Finishing sofa menggunakan veneer juga membuat keindahan tekstur serat alami produk ini lebih terjaga. Meski memiliki desain elegan, produk ini tetap kental dengan kesan santai karena dilengkapi bantal sebagai sentuhan akhir.

Harga Rp. 5.850.000-9.950.000
From our editorial team

Pemilihan Sofa yang Tepat dapar Semakin Memperkuat Kesan Ruangan

Sebagai pemilik rumah tentu Anda menginginkan agar ruangan-ruangan di dalam rumah dapat terlihat tertata apik dan menarik. Oleh karenanya, Anda dapat memilih sofa kayu yang bisa memperindah ruangan Anda sesuai rekomendasi BP-Guide di atas. Selamat mencoba mix and match furnitur Anda, ya!

Tag