10 Rekomendasi Sofa Bed yang Paling Nyaman saat Beraktivitas Selama di Rumah (2020)

10 Rekomendasi Sofa Bed yang Paling Nyaman saat Beraktivitas Selama di Rumah (2020)

Aktivitas selama di rumah saja seringkali membuatmu merasa bosan. Itulah mengapa kamu butuh suasana baru yang bisa kamu lakukan saat di rumah. Kehadiran sofa bed bisa jadi salah satu solusi furnitur rumah yang multifungsi, lho. Jangan beranjak dulu, coba cek aja artikel ini, yuk!

Sofa Bed Cocok sebagai Pelengkap Furnitur untuk Santai dan Bisa juga Digunakan Tempat Tidur

Sumber gambar https://www.pexels.com

Punya rumah yang cenderung tak luas mengharuskan pemiliknya untuk memilih perabot multiguna. Salah satu yang sedang tren adalah sofa bed. Furnitur multiguna ini banyak diburu kosumen karena selain bentuknya yang eye catching, sofa bed juga punya beberapa fungsi sekaligus.

Sofa bed merupakan paduan sofa dan tempat tidur. Model dan tampilannya akan memberikan kesan rumah terlihat lebih lapang. Perabot yang satu ini dianggap sebagai sebagai furnitur ideal untuk rumah-rumah mungil berdesain elegan dan minimalis karena tak memakan tempat. Cukup dihias dengan bantal maka tampilan ruangan bisa jadi keren sekejap mata.

Ketahui Dulu Bahan yang Biasa Digunakan untuk Sofa Bed

Katun

Katun adalah bahan pelapis sofa bed yang sangat umum digunakan. Teksturnya yang cenderung halus, lembut dan kuat membuat sofa berbahan katun populer di kalangan masyarakat. Bukan karena itu saja, sofa bed berbahan katun juga harganya lebih terjangkau.

Sayangnya bahan katun yang digunakan sebagai pelapis furnitur sofa bed punya beberapa kelemahan. Material tersebut ternyata tak tahan terhadap kusut, api, tanah, serta cairan. Segi ketahanannya juga sangat dipengaruhi oleh jalinan benang yang membentuknya, semakin rapat makan semakin baik.

Beberapa produsen juga kerap mengombinasikannya dengan bahan lain, supaya kekurangan tersebut bisa diatasi. Sofa bed berbahan katun ini jadi tak terlalu direkomendasikan untukmu yang punya anak kecil di rumah, ya.

Chenille

Sumber gambar https://www.pexels.com

Apabila kamu sangat menyukai gaya perabot klasik, sofa bed berbahan chenille bisa jadi pilihan. Kain pelapis yan satu ini mungkin kurang familiar namun teksturnya yang khas bak rajutan dengan pilinan benang yang tebal pasti mudah dikenali. Kelebihan dari kain ini ialah keawetannya. Chenille tak mudah robek, tahan lama, dan kuat.

Jenis bahan chenille ternyata dipilih sebagai lapisan sofa bed karena teksturnya yang lembut dan tidak panas. Sayangnya material tersebut sangat sulit dibersihkan dari noda dan kotoran, biaya perawatannya juga cenderung lebih mahal karena perlu metode khusus.

Kulit

Sumber gambar https://www.pexels.com

Tampilan ruangan langsung jadi lebih klasik dan mewah berkat kehadiran sofa bed berbahan kulit. Bukan rahasia lagi bahwa kulit adalah bahan yang bisa menjadikan interior hunian makin cantik dan elegan. Selain karena tampilannya, sofa bed kulit cenderung lebih tahan lama dan mudah dibersihkan. Sayangnya dibanding dengan bahan lain, sofa bed berlapis kulit akan membuatmu mudah merasa gerah saat duduk atau beristirahat di sana.

Kamu wajib tahu hal ini sebelum memutuskan sofa bed kulit sebagai pilihan furnitur rumahmu. Meski kulit sudah dikenal sebagai bahan yang awet, pastikan bahwa rumahmu sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan karena bahan ini tak tahan panas. Letakkan juga sofa bed pada tempat yang jauh dari jendela atau sinar matahari langsung karena material akan retak dan mudah mengelupas.

Linen

Sumber gambar https://www.pexels.com

Linen merupakan bahan pelapis sofa yang diklaim lebih kuat hingga tiga kali lipat dari katun. Material ini juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. Selain kuat, linen juga tak mudah pudar, bertekstur lembut, dan proses pembersihannya dijamin tak akan membuatmu pusing tujuh keliling.

Bahan linen terbuat dari serat alami yang lebih sulit menyerap tinta, sehingga kain tersebut kerap tampil polos tanpa motif. Meski harganya cenderung lebih mahal dari katun, sofa bed linen punya pasar sendiri, biasanya diminati oleh pemilik rumah berdesain minimalis dan modern. Sayangnya bahan linen juga memiliki kekurangan. Kecenderungan mudah kotor dan mengkerut selalu menjadi permasalahan produk berbahan tersebut.

Keuntungan atau Manfaat Memiliki Sofa Bed

Hemat Tempat

Sumber gambar https://www.pexels.com

Tinggal di rumah dan apartemen mungil pasti membuatmu tak punya area yang cukup untuk membuat kamar tamu. Tenang saja, sofa bed akan memberikan kehangatan pada tamu yag ingin bermalam di rumahmu. Sofa bed yang multifungsi akan menjadi solusi yang tepat bukan?

Sofa bed merupakan furnitur yang pas untuk hunian berdesain minimalis. Permasalahan ruangan yang terbatas di dalam rumah dapat kamu atasi dengannya. Kamu dapat membeli furnitur ini sebagai ganti kamar tamu dan memanfaatkan ruangan kosong di dalam rumah sebagai kebutuhan ruang lainnya.

Hemat Bujet

Sumber gambar https://www.pexels.com

Selain memperhatikan desain dan nilai estetikanya, sebelum memilih furnitur untuk hunian sebaiknya pertimbangkan kegunannya. Saat ini sofa bed adalah furnitur alternatif untukmu yang memerlukan sofa berapasitas besar untuk menyambut tamu dan alas tidur atau sekadar rebahan saja.

Dengan berbagai fungsi yang ditawarkan, pembelian sofa bed bisa menjadi pilihan yang tepat dan efektif. Harganya yang tak jauh berbeda dengan sofa biasa akan menjadikan investasi yang menguntungkan buatmu. Tak perlu ragu, mengingat dual fungsi yang dimilikinya. Yuk, segera dapatkan sofa bed untuk melengkapi perabotan rumah.

Banyak Varian

Kini desain sofa bed memiliki desain dan ukuran yang sangat variatif. Pada masa lalu, sofa bed memang punya bentuk yang membosankan dan ukuran yang besar, sehingga bobotnya sangat berat. Sekarang sofa bed cenderung lebih ramping, bahkan menyerupai sofa pada umumnya. Tidak hanya itu saja, furiture multifungsi ini juga desainnya sangat bervariasi, sehingga cocok dipadukan dengan berbagai konsep interior hunian.

Sofa bed juga bisa menjadi solusi untuk mengubah desain ruangan. Kamu dijamin tak akan bosan dengan desain interior hunianmu, setelah punya sofa bed. Sedikit tips, jika rumahmu berdesain ala Skandinavia maka sofa bed dengan variasi kain pelapis suede dan woven sangat direkomendasikan, sedangkan bahan kulit lebih cocok dipadukan dengan gaya modern atau vintage karena tampilannya yang licin dan klasik.

Fleksibel

Sofa bed menjadi furnitur yang pas ditempatkan di segala area dalam rumahmu. Aapalagi sofa bed memang tidak didesain untuk ruangan tertentu. Tak hanya itu saja, bobotnya yang cenderung ringan dan modelnya yang ramping membuat sofa bed jadi mudah dipindahkan.

Dilengkapi dengan mekanisme transformasi yang makin canggih, kini funitur yang satu ini dapat diubah bentuknya menjadi sofa maupun matras dalam waktu yang singkat dan proses yang tak rumit.

Beberapa sofa bed bahkan hanya ditarik bagian sandaran dan kakinya atau diregangkan bagian sandaran dan dilepas bagian tempat duduknya, sehingga bisa digunakan sebagai matras.

Jangan khawatir dengan keterbatasan ruang di dalam rumahmu, karena sofa bed ini fleksibel ditempatan di ruang keluarga, ruang belajar, atau ruang tidur anak.

Rekomendasi Sofa Bed

Dekoruma Oda Sofa Bed

Dekoruma Oda Sofa Bed merupakan sofa bed buatan Heim Studio yang menggunakan desain Japandi atau Japanese Scandinavian. Dengan dimensi sofa 180 x 80 x 70 cm dan bed 180 x 100 x 70 cm, Dekoruma Oda Sofa Bed cenderung ringkas, sehingga cocok untuk hunian mungil.

Menggunakan material kain pelapis woven, sofa bed ini sudah pasti kuat, tahan lama, dan nyaman. Bahan yang digunakan sebagai kerangkanya adalah kayu dan kakinya berbahan plastik. Supaya lebih nyaman, Dekoruma Oda Sofa Bed menggunakan foam atau busa empuk sebagai isian dudukan dan sandarannya. Dijamin nikmat banget buat rebahan deh!

Harga Rp. 1.289.000-1.369.000

Sofa Bed Inoac Yukata

Diproduksi oleh PT Inoac Politechno Indonesia, Sofa Bed Inoac Yukata menawarkan sofa bed dengan aneka pilihan warna cantik. Di dalam paket pembelian furnitur ini, kamu juga akan mendapatkan bantal dan guling, cover dan sarung sofa bed, serta kartu garansi hingga 15 tahun.

Density 23 digunakan sebagai bahan isian sofa bed dari Inoac ini. Kelebihan jenis busa tersebut adalah nyaman, empuk, dan tidak mudah kempes. Bagi kamu yang tinggal bersama anak-anak, sofa bed ini cukup direkomendasikan karena beberapa penjual online menyediakan pemesaan cover anti air yang dijual terpisah.

Harga Rp. 1.575.000-1.773.000

Inthebox Sofabed

Inthebox Sofabed merupakan sofa bed berdesain minimal dengan warna monokrom yang cantik dan elegan. Memiliki dimensi 110 x 200 cm, sofa bed yang satu ini punya dudukan yang sangat nyaman karena dibuat dari busa empuk.

Dikirim dari area Bandung, produk ini merupakan buatan produsen lokal berkualitas terjamin. Mau betah berlama-lama tiduran atau duduk di dalam rumah? Cus pilih Inthebox Sofabed aja, ya!

Harga Rp. 1.169.100-1.299.000

Bedtogo - Sofa Bed

Bedtogo, sofa bed busa dari merk Ameera merupakan rekomendasi sofa bed selanjutnya. Dengan dimensi ukuan 12 x 200 cm, sofa bed tersebut menggunakan busa jenis density 25 yang terkenal awet dan tak mudah kempes.

Kain polytec digunakan sebagai bahan pelapis sofa, sehingga bebas panas dan terasa nyaman saat diduduki atau tidur semalaman. Sofa bed Bedtogo tersedia dalam ukuran 120 x 200 x 15 cm, cukup ringkas bukan? Tersedia juga garansi selama 10 tahun untuk produk ini.

Sofa adalah furnitur wajib yang harus dimiliki setiap rumah. Keterbatasan ruang pada hunian masa kini mengharuskanmu untuk memilih furnitur dengan fungsi ganda yang dapat menghemat ruang, salah satunya adalah sofa bed. Furnitur ini sepertinya wajib dimiliki, apabila kamu tinggal di rumah mungil atau apartemen dengan minim ruangan.

Harga Rp. 919.000

Sofa Bed Ivaro Katana

Dibuat dengan paduan dua warna atau two-tone, Sofa Bed Katana Ivaro menjadi rekomendasi sofa bed selanjutnya. Dengan dimensi sofa bed duduk 180 x 75 x 45 cm da sofa bed tidur 180 x 120 x 45 cm, furnitur ini tak memakan banyak tempat dan pas untuk hunian minimalis moderen yang mewah dan elegan.

Sofa Bed Katana Ivaro dibuat dari bahan berkualitas tinggi. Sebagai pelapis, digunakan kain dan oscar, sedangkan pada bagian kakinya menggunakan material stainless. Di dalam paket pembeliannya, kamu akan mendapat dua bantal motif gratis.

Dibandingkan denga sofa berbahan kulit asli, sofa kulit oscar kini jauh lebih diminati karena harganya cenderung terjangkau. Merupakan bahan kulit sintetis, oscar kerap dijadikan material kain pelapis sofa bed yang terkenal kuat dan tampilanya yang elegan.

Harga Rp. 1.799.000-2.299.000

iCreate Eros Sofa Bed Pink & Red

Tampilan ruangan cenderung lebih cantik dan feminim berkat iCreate Eros Sofa Bed Pink & Red. Balutan warna pink dan merah dari sofa bed berbahan plywood ini dijamin sangat cantik.

Ukuran sofa bed ini adalah 186 x 83 x 83 cm sehingga sangat cocok ditempatkan di ruang keluarga atau kamar remaja.

Plywood merupakan material buatan berbasis kayu, dibuat dari lembaran kayu tipis yang dan ditekan menjadi satu lembaran besar dengan ketebalan tertentu. Di pasaran, plywood yang tersedia dibuat dari bahan kayu pinus, kayu sengon dan kayu sungkai.

Ketebalannya juga variatif, mulai dari 6 mm hingga 24 mm. Salah satu contoh kayu yang termasuk dalam plywood adalah tripleks.

Harga Rp. 1.999.000

Sofa Bed Autumn

Autumn Lux merupakan salah satu sofa bed buatan Informa yang memiliki tampilan unik berkat paduan warna covernya yang sangat lucu. Dimensi sofa bed ini adalah 190 x 55 x 45 cm saat duduk dan 190 x 120 x 44 cm saat tidur. Cover pelapisnya dapat dibuka, sehingga bisa dicuci dan dibersihkan busanya. Pas banget buat kamu yang saat ini tinggal dengan anak-anak kan?

Hidup pada masa ini pasti sudah sangat familiar dengan situasi hunian yang tak terlalu luas, sehingga sofa bed menjadi pilihan yang tepat untuk ruang tamu rumahmu. Dapat digunakan sebagai sofa maupun tempat tidur, furnitur ini sekarang dibuat dengan berbagai desain dengan material, model, dan ukuran yang beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Harga Rp. 2.999.000-3.299.000

Sofabed Nokia Broken White

Sedang cari sofa bed nuansa monokrom? Jatuhkan pilihanmu pada Sofabed Nokia Broken White sekarang juga! Dengan warna broken white yang sangat cantik, sofa bed ini memiliki desain yang sangat simpel namun bisa memberikan kesa yang mewah pada ruanganmu.

Dimensi sofa bed ini adalah 185 x 90 x 87 cm saat duduk dan saat tidur 185 x 110 x 46 cm. Kelebihan sofa bed ada pada fungsi gandanya. Furnitur ini dapat digunakan sebagai tempat duduk sekaligus matras untuk tidur. Ragam model sudah tersedia di pasaran, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu, ya!

Harga Rp. 2.000.000-2.162.400

Scarlett Sofa Bed 3S+Chaise Blue

Scarlett Sofa Bed 3S+Chaise Blue menjadi pilihan sofa bed yang sangat pas untuk ruang tamu. Berkat bentuknya yang pajang, sofa bed ini sangat nyaman digunakan sebagai tempat bersantai untuk keluarga. Dimensinya 256 x 163 x 75 cm.

Bahan yang digunakan adalah kayu eukaliptus dan plywood yang dibentuk sedemikia rupa sehingga hasilnya sangat baik. Sebagai kain pelapis, dipilih warna navy blue yang netral dan sangat minimalis.

Sofa bed sepertinya cocok untukmu yang sering menerima tamu menginap. Tak memiliki ruangan yang cukup untuk kamar tamu, ruang keluarga bisa disulap menjadi ruang tidur tamu berkat adanya sofa bed.

Saat tak sedang ada tamu, bisa dipakai sebagai sofa konvensional untuk tempat duduk dan bersantai biasa. Saat dipakai untuk meninap, cukup ubah jadi matras maka bisa digunakan untuk rebahan atau tidur semalaman.

Harga Rp. 2.899.000-5.624.000

Vassa Sofa Bed

Vassa Sofa Bed hadir dengan berbagai pilihan sofa bed cantik dan menarik. Dimulai dari varian Vassa 014. Sofa bed ini memiliki ukuran ringkas, yaitu 180 x 55 cm saat duduk dan tiduran 180 x 120 cm. Material yang digunakan adalah kayu yang dioven, kain pelapis dari kulit sintetis oscar yang mudah dibersihkan, dan busa high density yang dikenal awet.

Selanjutnya adalah Sofa Bed Vassa Virginia 2 Seater. Ukurannya 145 x 87 x 90 cm. Desain sofa bed ini sangat modern dan mewah berkat penggunaan bahan kulit sintetis oscar dan tambahan bantal dalam paket pembeliannya.

Varian lain yang direkomendasika adalah Sofa Bed Vassa-VSB002. Dengan ukuran 180 x 100 cm, sofa ini cocok ditempatkan pada ruangan yang tak terlalu luas. Kayu oven digunakan sebagai bahan pembuat rangkanya, sedangkan busanya merupakan royal foam dengan density tinggi, karet webbing yang kuat dan aman, serta dacron holo sebagai bahan isian sandaran dan bantal sofa ini.

Sebelum menentukan pilihan sofa bed apa yang hendak dibeli, lakukanlah pengukuran terhadap ruangan dalam rumahmu. Pastikan bahwa sofa bed yang akan kamu pilih sudah sesuai ukurannya baik saat duduk dan tidur dengan ukuran ruang yang akan ditempatinya. Jangan lupa cek kenyamanan ruangan saat sofa dibuka menjadi tempat tidur, ya!

Harga Rp. 1.690.000-2.750.000
From our editorial team

Desain Ruanganmu Senyaman Mungkin dengan Sofa Bed

Sofa bed sangat coock untuk disimpan di berbagai ruangan. Mulai dari ruang tamu, ruang santai, bahkan kamar tidur. Namun, penempatan yang terbaik memang di ruang santai atau ruang menonton televisi karena di ruangan tersebut biasanya kamu menikmati waktu sambil tiduran bersama keluarga. Jadi, kehadiran sofa bed akan membuat aktivitasmu semakin nyaman.

Tag