6 Kerajinan Tangan dari Kertas yang Bisa Kamu Buat Sendiri untuk Hiasan Rumah (2021)

6 Kerajinan Tangan dari Kertas yang Bisa Kamu Buat Sendiri untuk Hiasan Rumah (2021)

Kerajinan kertas merupakan salah satu kerajinan tangan yang menarik untuk dibuat. Ada banyak bentuk yang bisa kita hasilkan dari sebuah kertas, bahkan kertas bekas sekalipun. Kreasi kerajinan tangan dari kertas bisa menjadi hasil karya satu dimensi, dua dimensi, hingga tiga dimensi. Cek apa saja yang kamu butuhkan untuk membuat kerajinan tangan dari kertas. Cek juga inspirasi kerajinan kertas yang bisa kamu buat di rumah.

Kertas Punya Banyak Manfaat yang Jarang Kita Sadari

Kertas merupakan benda yang lekat dengan kehidupan kita. Kertas adalah benda yang memiliki banyak sekali manfaat. Awalnya kertas merupakan benda yang dijadikan media untuk menulis. Namun semakin berkembang peradaban maka makin banyak kegunaan kertas dalam kehidupan kita.

Adanya kertas bisa menjadi bahan untuk media cetak. Selanjutnya, dengan kertas, manusia bisa mencetak majalah, komik, novel, koran, dan lain sebagainya. Kertas juga bisa menjadi media edukasi. Ini bisa kita lihat dari aneka buku pelajaran sekolah dan juga aneka media bacaan berbahan kertas lainnya.

Kertas juga bisa jadi bahan mainan. Dari kertas kita bisa berkreasi membuat aneka mainan mulai dari perahu kertas, pesawat, bunga, dan lainnya. Kertas juga bisa jadi media pajangan yang indah. Jika dikreasikan sedemikian rupa, kerajinan dari kertas bisa jadi hiasan rumah yang apik.

Kertas pun bisa dimanfaatkan sebagai alat pembungkus. Mulai dari pembungkus makanan, kado, buku, dan lain sebagainya. Kertas juga bisa berfungsi sebagai pelindung. Jika kertasnya berbahan tebal, tidak mnutup kemungkinan kertas bisa menjadi pelindung contohnya kertas kardus.

Inovasi juga membuat kertas bisa menjadi sedotan yang lebih ramah lingkungan. Sedotan kertas tentu lebih bagus untuk menggantikan sedotan plastik. Dan banyak lagi manfaat kertas di sekitar kita.

Nah, karena punya banyak sekali manfaat, tak ada salahnya jika kita juga berkreasi untuk membuat kerajinan tangan dari kertas. Hasilnya bisa kamu pajang atau bisa juga untuk kamu jual jika memungkinkan.

Tips Sebelum Membuat Kerajinan Tangan

Kenali Aneka Jenis Kertas yang Populer untuk Kerajinan

Sebelum membuat kerajinan tangan, kamu harus tahu dulu aneka jenis kertas yang populer untuk kerajinan tangan. Ini supaya kamu lebih mudah menentukan kertas apa yang tepat untuk kerajinan yang akan kamu buat.

Salah satu jenis kertas populer untuk kerajinan tangan adalah kertas origami. Kertas dengan tekstur ringan ini mudah dibuat lipatan-lipatan sehingga kertas mampu menghasilkan aneka bentuk menarik. Kertas lipat origami hadir dalam aneka warna yang membuat kita jadi semangat berkreasi membuat aneka bentuk, mulai dari boneka, hewan, bunga, dan lain sebagainya.

Kertas lainnya yang juga banyak dikreasikan adalah kertas tisu. Jenis kertas yang satu ini kebanyakan digunakan sebagai kerajinan bentuk bunga. Fungsi lainnya adalah untuk pembungkus buket bunga agar tampak lebih rapi dan indah.

Kamu bisa juga membuat kerajinan kertas dari koran bekas. Kertas koran yang menumpuk di rumah bisa kamu manfaatkan sebagai aneka kerajinan tangan mulai dari kotak tisu, tempat sampah, bunga kertas, dan lain sebagainya. Ini bisa juga jadi cara kamu untuk turut menyelamatkan lingkungan dari limbah koran bekas.

Kertas krep menjadi jenis kertas berikutnya yang banyak digunakan sebagai kerajinan tangan. Teksturnya sedikit elastis dan berkerut-kerut. Kertas krep banyak jadi hiasan pada acara hajatan. Ada banyak warna dari kertas krep sehingga membuatnya cocok juga untuk dipakai menghias sepeda dan lainnya saat ada acara karnaval.

Corrugated paper merupakan jenis kertas yang unik. Kertas ini kerap disebut sebagai kertas kokoru. Kertas kokoku memiliki permukaan bergelombang yang unik. Dengan kertas ini kita bisa membentuk aneka obyek 2 atau 3 dimensi.

Selain kertas yang disebutkan di atas, masih ada banyak lagi jenis kertas lainnya seperti kertas HVS, kertas art paper, kertas jasmin, buffalo, dan lain sebagainya.

Persiapkan Berbagai Alat yang Dibutuhkan

Kamu juga perlu menyiapkan aneka peralatan yang sekiranya akan kamu butuhkan untuk membuat kerajinan tangan dari kertas. Karena bahan kertas mudah dibentuk, biasanya peralatannya juga tidak terlalu banyak dan tidak terlalu rumit didapat.

Kemungkinan besar, kamu akan membutuhkan gunting, cutter, cutting mat, lem, spidol, dan juga pensil. Mungkin kamu juga akan membutuhkan penggaris, penghapus, dan beberapa alat tulis simpel lainnya.

Pastikan Lemnya Bagus

Perekat jelasnya akan sangat dibutuhkan saat membuat kerajinan tangan. Untuk kerajinan tangan dari kertas, kamu akan membutuhkan lem yang bagus. Pilih lem khusus kertas atau bisa juga memilih lem super serbaguna jika memang dibutuhkan.

Pastikan kualitas lemnya bagus agar kerajinan tangan kamu bisa lebih sempurna. Pilih lem yang tidak terlalu encer dan cepat keringnya. Dengan begini, kamu bisa menyelesaikan karyamu dengan lebih cepat dan lebih rapi.

Cari Referensi Kerajinan Kertas yang Ingin Dibuat

Sebelum memulai membuat kerajinan tangan, kamu mungkin butuh beberapa referensi. Ini perlu supaya kamu punya gambaran mau membuat kerajinan seperti apa bentuknya. Kamu bisa mencari referensi di internet, majalah, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencontoh bentuk asli dari yang dicontohkan. Nah, jika sudah mahir, kamu baru bisa berkreasi sendiri dan membuat kerajinan tanganmu sendiri sesuai keinginan dan kreativitasmu.

Ini Dia Beberapa Kerajinan Tangan dari Kertas yang Unik

Bunga dari Kertas Tisu

Kertas tisu memang menarik karena teksturnya beragam. Ada tekstur tisu yang kasar dan ada pula yang halus. Kita bisa berkreasi dengan tisu baik yang kasar maupun halus. Salah satu kerajinan kertas yang paling mudah adalah membuat bunga dari kertas tisu. Nantinya ini bisa kamu pajang di meja ruang tamu atau meja belajar kamu. Bahan-bahannya mudah didapatkan dan proses membuatnya juga mudah.

    Bahan :

  • 3 batang kawat
  • 1 floral tape warna hijau atau bisa juga memakai kertas krep warna hijau untuk menutup kawat
  • 3 lembar kertas tisu bisa berwarna apa saja
  • Penggaris
  • Gunting
  • Lem

    Cara membuat :

  • Tumpuk tiga lembar kertas tisu lalu potong menjadi lembaran berukuran 12 x 6 inci.
  • Tumpukan kertas yang sudah dipotong tadi bisa mulai dilipat menjadi bentuk lipatan akordion.
  • Selanjutnya, gunting ujung tumpukan tisu yang kanan dan kiri agar tidak berbentuk kotak. Jadikan bentuknya membulat untuk bagian tepinya.
  • Lipat kertas tisu tadi menjadi dua lalu letakkan batang kawat di bagian tengah.
  • Lingkarkan batang kawat di tengah kertas dan pastikan kawat diputar berkali-kali untuk menahan kertas tisu di tempatnya.
  • Mulailah membuka lapisan kertas tisu secara perlahan. Mulai dari satu sisi ke sisi lain.
  • Pastikan kamu memisahkan lipatan secara merata dari kedua ujungnya.
  • Jika kamu menyediakan kertas hijau, gunting kertas hijau menyerupai daun. Buatlah 2 atau 3 helai daun.
  • Lilitkan floral tape pada kawat, jangan lupa selipkan daun jika kamu membuatnya.
  • Kamu bisa juga mengelem daun pada kawat yang sudah dililit jika kamu kesulitan menyelipkan langsung daun pada lilitan kertas yang melilit kawat.

Lampion dari Origami

Sumber gambar www.diadona.id

Lampion bisa jadi hiasan rumah yang unik dan menarik. Kamu tidak harus membeli lampion mahal-mahal untuk hiasan di rumah. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Manfaatkan waktu liburmu untuk membuat lampion dari kertas origami. Caranya cukup mudah dan hasilnya juga menarik. Kamu bisa membuat lebih dari satu agar kesannya lebih meriah.

    Bahan :

  • Lem
  • 1 pak kertas origami bisa aneka warna bisa satu warna
  • Kertas HVS persegi panjang dengan ukuran 26 x 15 cm

    Cara membuat :

  • Ambil kertas origami lalu dipotong bentuk lingkaran dengan diameter 15 cm lalu dilipat jadi dua bagian.
  • Siapkan kertas persegi panjang lalu beri lem secara horizontal dan tempeli dengan kertas origami lingkaran yang dilipat jadi dua.
  • Beri lem lagi di sebelahnya secara horizontal lalu tempeli lagi origami lingkaran.
  • Lakukan hingga kertas persegi panjang tersebut penuh.
  • Terakhir, pertemukan ujung kedua kertas persegi panjang dan rekatkan dengan lem hingga menjadi sebuah tabung.
  • Lampion kamu sudah siap. Kamu bisa masukkan lampu ke dalam tabung kertas yang kamu buat.

Bintang Kecil dalam Jar

Bintang kecil bisa jadi hiasan menarik di rumah. Kamu bisa membuatnya sebanyak mungkin. Selanjutnya, kamu bisa memasukkannya dalam jar kecil dan menatanya pada meja kerja atau meja belajar. Buatlah dalam aneka warna sehingga kesannya cantik dan menarik. Cara membuatnya mudah dan pastinya kamu tidak akan bosan membuat kerajinan yang satu ini.

    Bahan :

  • Kertas HVS aneka warna (cukup sehelai kertas HVS untuk setiap warna)
  • Gunting

    Cara membuat :

  • Awali dengan menggunting kertas HVS jadi helaian yang panjang dengan lebar 1 cm.
  • Bentuklah lubang dengan melingkarkan bagian ujung helaian HVS yang sudah dipotong.
  • Masukkan ujung yang pendek dan tarik hingga membentuk bangun datar segilima.
  • Selanjutnya, kamu bisa melipat ujung yang panjang mengikuti bentuk segilima hingga habis lalu selipkan sisanya pada bagian yang bisa disisipi.
  • Terakhir, tekan sisi-sisi bintang agar bintangnya tampak menggembung dan cantik.
  • Lakukan hingga semua kertasnya habis.

Paper Bag

Butuh membungkus kado tapi tidak ingin ribet? Kamu bisa membungkus kadomu dengan paper bag. Untuk paper bag-nya kamu tidak perlu beli. Kamu bisa membuat sendiri paper bag dari kertas manila. Cara membuatnya mudah dan pastinya hasilnya memuaskan. Tasnya bisa kamu gunakan untuk aneka wadah barang yang bobotnya tidak terlalu berat. Cocok juga untuk diberikan sebagai hadiah atau wadah hadiah.

    Bahan :

  • Kertas manila dengan ukuran sesuai selera dan kebutuhan
  • Kertas origami warna-warni
  • Lem
  • Tali
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pensil
  • Pelubang kertas

    Cara membuat :

  • Lipat kertas manila menjadi dua lalu lebihkan bagian pinggir untuk merekatkan.
  • Selanjutnya, oles bagian pinggir yang dilebihkan dengan lem dan rekatkan.
  • Lipat kembali kertas hingga membentu kotak dengan bagian atas dan bawah tetap terbuka.
  • Lipat sisi kiri dan kanan kotaknya.
  • Lipat bagian bawah sebagai alas tasnya. Untuk bentuk lipatannya, kamu bisa melipatnya seolah kamu sedang melipat ujung kado yang berbentuk kotak. Rekatkan dengan lem agar lebih kuat.
  • Untuk bagian atas paper bag, kamu bisa melubanginya untuk tempat tali.
  • Pasang tali pada lubang dan paper bag siap digunakan.
  • Kamu bisa memakai kertas origami warna warni untuk menghias tasnya. Bisa jadi kamu mengguntingnya bentuk pita atau kipas lalu menempelnya pada paper bag.

Kalung Kertas

Sumber gambar www.bintangtop.com

Kertas juga bisa jadi pernik aksesori yang menarik, loh. Sebagai contohnya, kamu bisa membuatnya sebagai kalung. Kerajinan kalung kertas bisa dibuat dengan memanfaatkan majalah bekas. Cara membuatnya mudah dan pastinya kamu bisa mendapatkan kalung aksesori yang unik dan menarik.

    Bahan :

  • Majalah bekas
  • Tusuk gigi
  • Lem
  • Tali senar
  • Manik-manik
  • Pengait kalung

    Cara membuat :

  • Ambil kertas majalah bekas lalu gunting menjadi segitiga sama kaki dengan lebar 2 cm dan panajng 20 cm hingga 30 cm.
  • Buat potongan segitiga sebanyak mungkin sesuai panjang kalung yang kamu inginkan.
  • Gulung setiap potongan kertas dengan bantuan tusuk gigi di bagian tengah dan rapatkan. Lalu beri lem di bagian ujungnya sehingga gulungan kertas tidak akan terbuka. Tarik keluar tusuk giginya.
  • Pasang salah satu ujung tali senar pada pengait kalung.
  • Masukkan gulungan kertas ke dalam senar lalu selang seling dengan manik-manik hingga ujung senar lainnya.
  • Pasang pengait pada ujung satunya dan kalung siap digunakan.

Hiasan Kokoru Lollipop

Sumber gambar www.youtube.com

Kertas kokoru memang bisa dikreasikan jadi beragam benda menarik. Namun, untuk kamu yang masih pemula, tidak perlu bingung. Kamu bisa membuat hiasan yang simpel sebagai awalan yang tidak ribet. Contohnya membuat hiasan bentuk lollipop. Kamu bisa membuat 2 atau 3 buah lalu kamu tata pada jar kecil yang diisi bebatuan kecil atau busa kecil. Ini tentu bisa jadi pajangan menarik yang menggemaskan.

    Bahan :

  • Kokoku warna warni
  • Gunting
  • Sedotan
  • Lem
  • Pita

    Cara membuat :

  • Ambil kokoru lalu gunting menjadi dua bagian di setiap warnanya
  • Beri lem di ujung kertas kokoru lalu tempel dengan ujung kertas kokoru warna lainnya
  • Gulung hingga ujung dan rekatkan bagian ujung dengan lem agar tidak terbuka kembali
  • Rekatkan sedotan pada lollipop untuk digunakan sebagai gagang permen.
  • Kamu bisa menghias gagang permen dengan pita jika mau.
From our editorial team

Kertas adalah Media dengan Sederet Keunggulan

Saat ditantang untuk membuat sebuah kerajinan tangan, banyak orang memilih kertas sebagai media kerajinan tangannya. Tidak salah sih, memang media kertas memiliki sederet keunggulan. Media kertas relatif murah dan mudah untuk didapatkan. Media kertas juga hadir dengan banyak pilihan tekstur dan warna menarik. Selain itu, media kertas juga bisa mudah dikreasikan dengan alat sederhana seperti gunting, krayon, lem, hingga cutter. Media yang satu ini juga bisa dikreasikan jadi aneka benda yang menarik. Jadi, tidak heran jika banyak yang memilih kertas sebagai media kerajinan, ya.