Jangan Salah, Ini Rekomendasi Kerajinan Tangan Berbahan Keras yang Bisa Jadi Hiasan Rumah Nan Artistik! (2020)

Jangan Salah, Ini Rekomendasi Kerajinan Tangan Berbahan Keras yang Bisa Jadi Hiasan Rumah Nan Artistik! (2020)

Kerajinan tangan adalah salah satu kekuatan sekaligus kekayaan budaya Indonesia. Selain itu, ada juga banyak jenis kerajinan tangan, salah satunya kerajinan tangan berbahan keras. Berikut adalah ulasan sekaligus ada rekomendasi produk untuk Anda.

Berbagai Produk Kerajinan Tidak Bisa Dipisahkan dari Unsur Seni dan Keindahan

Kerajinan tangan merupakan suatu karya seni yang memiliki unsur keindahan. Produk kerajinan tangan dari Indonesia sendiri ada banyak macamnya. Dan sekarang ini kerajinan tangan dari negara kita telah mendunia dengan berbagai macam keunikan serta kekhasan yang menonjolkan kebudayaan asli Indonesia.

Seni adalah bentuk realisasi dari sebuah imajinasi yang tanpa batas. Mereka yang membuat kerajinan tangan tak akan kehabisan ide dan imajinasi karena seni memang tanpa batasan.

Kerajinan tangan memiliki banyak macam tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Untuk bahan keras, ternyata kerajinan dibagi menjadi dua golongan lho. Simak penjelasannya dan juga contoh kerajinan kerasnya bersama kami, ya!

Kerajinan Bahan Keras Dibagi Jadi Dua Golongan

Kerajinan Bahan Keras Alami

Kerajinan bahan keras yang pertama adalah kerajinan keras bahan alami. Ini merupakan kerajinan tangan yang bahan baku pembuatannya masih berasal dari alam. Kerajinan jenis ini mengalami pengolahan tanpa mengakibatkan perubahan wujud benda tersebut.

Umumnya kerajinan bahan keras alami lebih murah harganya jika dijual. Beberapa jenis bahan kerajinan keras alami adalah kayu, tulang, rotan, pasir, bambu hingga biji-bijian.

Kerajinan Bahan Keras Buatan

Selanjutnya ada kerajinan bahan keras buatan. Ini merupakan kerajinan yang membutuhkan kreatifitas serta inovasi. Bahan utamanya adalah aneka bahan alam yang sudah mengalami pengolahan oleh manusia.

Kerajinan ini bahannya telah mengalami pengolahan kembali. Contoh dari kerajinan bahan keras buatan adalah kaca, kaleng, kawat, logam dan lainnya.

Berikut Beberapa Macam Kerajinan Bahan Keras

Kerajinan Logam

Sumber gambar www.blibli.com

Kerajinan logam memang bukan sesuatu yang baru bagi masyarakat kita. Kerajinan ini telah dikenal semasa zaman kerajaan di Indonesia. Beberapa contoh kerajinan logam dari zaman dulu hingga sekarang adalah keris, pedang, tameng, perhiasan, alat kesenian gamelan dan lain sebagainya.

Kerajinan Jogja Sepeda Tandem Miniatur merupakan salah satu produk yang bisa kamu miliki. Kerajinan ini cocok untuk jadi dekorasi rumah yang indah. Produk ini memiliki ukuran 40 x 18 x 11 cm. Miniatur sepeda yang satu ini dibuat oleh pengrajin logam profesional.

Terlihat unik dan seperti asli, sepedanya bisa digerakkan juga. Bagian detail gir dan rantai juga asli sehingga terlihat makin menarik. Dapatkan segera di Blibli dengan harga Rp 130.000.

Kerajinan Kayu

Jika bicara soal kerajinan tangan bahan kayu, tentu kita sudah tak asing juga. Banyak sekali pengrajin kayu di Indonesia untuk menjadikan bahan yang satu ini menjadi furnitur, dekorasi dan lain sebagainya. Kamu yang ingin rumah tampak lebih artistik bisa andalkan aneka furnitur dan dekorasi bahan kayu untuk menghias rumah, ya.

Kamu bisa coba miliki Plate Ears dari Kayukama. Produk yang satu ini tampak sangat elegan dan menawan. Diproduksi oleh Kayukama yang merupakan pengrajin peralatan makan kayu. Selain piring, ada juga tatakan gelas, sushi tray dan lain sebagainya. Produk yang satu ini berkualitas tinggi karena terbuat dari kayu mahoni dan sungkai.

Harga Rp. 91.000-134.000

Kerajinan Bambu

Kerajinan tangan dari bambu dikenal begitu kuat dan juga fleksibel. Negara kita kaya akan bambu sehingga masyarakat banyak memanfaatkannya sebagai barang kerajinan hingga suvenir dan lain sebagainya. Setiap daerah di Indonesia memiliki jenis anyaman bambu sendiri. Motif bambu setiap daerah pun berbeda-beda, tergantung dari adat dan budayanya.

Inilah yang membuat kerajinan bambu dari Indonesia banyak diminati. Tas bambu adalah salah satu produk dari kerajinan bambu. Tas ini hadir dalam ukuran 33 x 23 cm. Warna tasnya bisa dipilih dari yang putih, hitam atau warna natural.

Harga Rp. 500.000-635.000

Kerajinan Rotan

Negara kita merupakan penghasil rotan terbesar di dunia. Bahkan 80% bahan baku rotan di seluruh dunia dihasilkan oleh Indonesia. Maka tidak heran jika negara kita menjadi penghasil kerajinan rotan yang ternama.

Produk kerajinan rotan tak sebatas dari keranjang, tas, kursi dan meja saja, lho. Salah satu produk yang bisa kamu lirik adalah Vas Rotan. Terbuat dari kayu rotan yang berkualitas, vas ini kuat, awet, dan tahan lama. Produk warna cokelat ini memiliki tinggi 40 cm dengan diameter atas 25 cm.

Harga Rp. 190.000

Kerajinan Batu

Sumber gambar www.blibli.com

Indonesia kaya akan batuan yang beragam. Berbagai batuan di negara kita banyak dijadikan kreasi kerajinan indah. Produk dari batu bisa jadi dekorasi ruang, furnitur, aneka peralatan memasak bahkan jadi perhiasan, tentu saja disesuaikan dengan jenis batuannya, ya.

Mandiri Stone Batu Lava Merapi Cobek Tutup Mukun Tempat Sambal ini bisa menjadi pilihan. Produk kerajinan yang satu ini terbuat dari batu lava yang ditambang dan diproses oleh pengrajin asal kota Muntilan Magelang. Lengkap dengan tutup, produk ini hadir dalam ukuran 12 cm. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 44.500.

Kerajinan Kaca Serat (Fiberglass)

Kerajinan keras berikutnya adalah kerajinan kaca serat. Dalam pembuatannya kerajinan kaca serat ini membutuhkan beberapa campuran dalam proses pembuatannya. Biasanya campuran terdiri dari resin, katalis, serat fiber, silikon dan lain sebagainya.

Asbak Rokok Bentuk Burung Elang adalah salah satu contoh kerajinan kaca serat. Produk ini hadir dalam ukuran 15 x 8 x 15 cm. Produk ini bisa jadi hiasan dan pajangan ruang tamu. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai suvenir saat bepergian ke Jogja.

Harga Rp. 82.500
From our editorial team

Kerajinan Tangan Khas Indonesia, Berikan Sentuhan Artistik di Rumah Anda

Kerajinan keras yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mendapatkan hiasan rumah yang artistik. Jadi, bila Anda mencoba untuk mendapatkan sentuhan artistik yang tepat, maka rekomendasi dari BP-Guide adalah pilihan yang tepat untuk Anda.