10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik dengan Harga Terjangkau (2022)

10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik dengan Harga Terjangkau (2022)

Menumbuhkan rambut memang usaha yang gampang-gampang susah karena banyak faktor yang mempengaruhi. Namun ada baiknya diusahakan dengan simpel menggunakan produk utama yang digunakan, yaitu shampo. Ada banyak sekali shampo yang bagus di luar sana, tapi shampo penumbuh rambut terbaik yang dapat menjadi pilihan yang mana? Kebingunganmu sudah terjawab dengan 10 rekomendasi shampo yang ditawarkan BP-Guide. Tak hanya terbaik, shampo penumbuh rambut berikut ini juga memiliki harga yang ramah di kantong.

Tentang Rambut dan Pertumbuhannya

Secara umum, rambut mengalami pertumbuhan sekitar 0,3 hingga 0,4 mm per harinya atau 15 cm setiap tahun. Faktanya, rambut dianggap sebagai jaringan nomor dua di tubuh yang memiliki pertumbuhan tercepat. Namun hal ini akan dipengaruhi oleh banyak faktor yang membuat pertumbuhan menjadi lebih lambat atau bahkan lebih cepat.

Faktor tersebut di antaranya adalah genetis atau keturunan, asupan makanan bernutrisi, perubahan hormon, hingga adanya penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Faktor genetik itu juga yang mempengaruhi pertumbuhan rambut wanita yang dinilai lebih cepat bila dibanding pria.

Memiliki rambut yang panjang, lebat dan sehat adalah impian setiap orang. Tentu untuk mengatasi faktor lambatnya rambut diperlukan perawatan dari dalam maupun dari luar tubuh.

Tips Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Asupan Makanan Bergizi

Salah satu cara untuk menumbuhkan rambut dari dalam tubuh dengan mudah adalah menjaga asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi. Makanan yang kaya akan protein akan mampu mendukung tumbuhnya sel tubuh agar tetap sehat, termasuk sel rambut pada khususnya.

Makanan kaya protein dapat ditemui di ikan, telur, daging tanpa lemak, bayam, alpukat, berbagai jenis kacang-kacangan, dan buah dari jenis beri. Asam amino yang dapat ditemukan di salmon, ayam, biji-bijian, dan alpukat yang memiliki fungsi membuat protein tubuh dapat membantu pertumbuhan rambut dengan baik.

Selain protein, vitamin, mineral dan asam lemak juga berpengaruh besar untuk pertumbuhan rambut. Menurut riset dermatologi, konsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 yang dilakukan selama 6 bulan berturut-turut dapat mengurangi kerontokan rambut.

Manajemen Stress yang Baik

Selain makanan yang tidak bergizi, stres juga termasuk salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan stres berlebih dapat memicu lepasnya hormon kortisol yang dapat menghambat tumbuhnya rambut.

Permasalahan emosional atau mental dapat mengakibatkan salah satu dari telogen effluvium atau alopecia areata menjadi aktif. Telogen effluvium dapat menyebabkan rambut berhenti tumbuh dan tertidur hingga 2 atau 3 bulan kemudian akan jatuh atau rontok. Hanya saja rambut akan kembali tumbuh setelah 6 hingga 9 bulan kemudian.

Sedangkan alopecia areata dapat mengakibatkan kematian rambut yang akan rontok hingga untuk kasus tertentu membutuhkan perawatan medis. Pijat kulit kepala dapat membuat kamu lebih rileks dan sedikit melepas stres. Tak hanya itu, metode ini juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut kamu.

Pertahankan Kelembapan Rambut

Kelembapan rambut diperlukan agar batang rambut tetap elastis dan tidak mudah mengalami patah. Hilangnya minyak alami rambut dapat membuat rambut tampak kering dan tidak tumbuh dengan baik. Menjaga kelembapan rambut dapat ditempuh dengan penggunaan masker alami seperti minyak atau essential alami.

Beberapa jenis minyak alami seperti minyak kelapa, minyak rosemary, minyak zaitun dapat juga memiliki manfaat untuk merangsang tumbuhnya rambut. Menurut penelitian, minyak peppermint menunjukkan hasil positif dalam menebalkan rambut, memperbanyak jumlah folikel tempat tumbuhnya rambut, serta menambah kedalaman lubang folikel tersebut.

Imbangi dengan Shampo Penumbuh Rambut

Shampo sebagai pembersih rambut memang memiliki fungsi utama untuk menjaga kebersihan rambut dari kotoran. Namun ada beberapa shampo yang memiliki kandungan nutrisi tambahan maupun zat aktif untuk merangsang rambut agar tumbuh lebih cepat dan memperbaiki kondisi kulit kepala.

Shampo yang mendukung pertumbuhan rambut dibagi menjadi dua, yakni scalp dan medicinal. Scalp shampoo memiliki kemampuan lebih efektif untuk memperbaiki kondisi kulit kepala agar bebas radang dan ketombe. Sedangkan medicinal shampo ditujukan untuk pengobatan karena memiliki formula yang berasal dari obat herbal.

Meskipun begitu, disarankan untuk tidak mencuci rambut setiap hari dengan shampo agar rambut tidak menjadi kering dan iritasi. Mencuci rambut sebaiknya dilakukan beberapa hari sekali saja.

Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik dari BP-Guide

Mane 'n Tail Herbal Gro Shampoo

Rekomendasi shampo penumbuh rambut terbaik pertama adalah Mane 'n Tail Herbal Gro. Produk ini akan sangat cocok digunakan untuk kamu yang mengalami rambut rontok ataupun gejala kebotakan.

Shampo yang cocok untuk kulit kepala normal, berminyak, maupun kering ini memang lebih aman untuk kulit kepala bila dibandingkan dengan versi original. Kombinasi kandungan natural herbs dan minyak zaitun mampu memberi nutrisi, menguatkan, memanjangkan, serta membuat rambut lebih tebal maksimal.

Perlindungannya dari akar hingga ujung rambut membuat shampo ini mampu menghasilkan rambut sehat yang lebih halus dan berkilau. Sedangkan kandungan formula micro-enriched protein mampu mencegah pecah-pecah, cabang, dan kusut pada ujung rambut.

Harga Rp. 119.000-319.000

Metal Fortis Hair Living Shampoo

Menjadi shampo penumbuh rambut lintas generasi, Metal Fortis memang sudah lama populer dan menjadi salah satu shampo penumbuh rambut terbaik di Indonesia. Menggunakan huruf Cina dan keterangan berbahasa Inggris, ternyat shampo ini adalah produk lokal asli.

Klaim dari Metal Fortis adalah pertumbuhan rambut yang signifikan hanya dalam beberapa minggu pemakaian. Hal ini dikarenakan adanya kandungan minyak alami di dalamnya dan cocok untuk berbagai macam jenis kulit kepala.

Adanya berbagai macam faktor yang berbeda membuat beberapa orang mengeluhkan rambut mereka yang menjadi kering dan rontok. Jika kamu juga menghadapinya, maka solusi yang dapat ditempuh adalah pemakaian kondisioner setelah keramas serta penggunaan masker atau pemberian vitamin sesekali.

Harga Rp. 12.000-32.000

OGX Argan Oil Of Morocco Shampoo

Kemampuan OGX Argan Oil Of Morocco Shampoo untuk memperkuat rambut dari pangkal sampai ujung karena adanya bahan minyak argan yang dipadu dengan vitamin E yang mengandung antioksidan. Minyak argan tersebut dapat mengirimkan nutrisi untuk memperkuat kualitas kulit kepala dan menjaga kelembapan sehingga rambut tak lagi mudah kusut dan semakin lembut setelah keramas.

Tak hanya itu, shampo ini juga dapat memperbarui sel rambut yang telah rusak. Jika kamu disiplin dan rutin memakainya, maka rambutmu akan menjadi semakin kuat, tidak mudah rapuh, dan terhindar dari rontok.

Harga Rp. 140.000-440.000

The Caviar

Memiliki nama lain shampo kuda, The Caviar -brand shampo dari Amerika Serikat ini- diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan rambut hingga 40% lebih cepat dalam dua minggu pemakaian. Selain itu kelebihan shampo ini adalah mampu memperkuat akar rambut, tidak membuat rambut cepat berminyak, serta mampu mencegah kebotakan karena kerontokan rambut.

Nutrisi alami yang terkandung di dalamnya juga akan membuat rambutmu terlihat lebih tebal, sehat, dan mudah diatur. Dengan segala kelebihannya, The Cavier tetap menjaga kesehatan kulit kepala dan sangat efektif untuk membersihkannya. Sehingga untuk kamu yang memiliki masalah dengan ketombe, tak perlu khawatir lagi.

Harga Rp. 35.000-119.000

Natur Aloe Vera Extract Shampoo

Tak hanya untuk kamu yang ingin menumbuhkan rambut, shampo Natur Aloe Vera Extract juga dapat mengatasi masalah ketombe yang sedang melanda. Bahan penyusunnya terdiri dari ekstrak lidah buaya serta paduan vitamin E dan C.

Ekstrak lidah buaya tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesuburan rambut, merangsang pertumbuhan, menutrisi, serta menghitamkannya. Sehingga rambut kamu akan tampak semakin tebal dan indah. Kandungan alami yang terdapat di dalam shampo Natur Aloe Vera Extract membuatnya cocok untuk digunakan oleh orang dengan segala jenis rambut.

Harga Rp. 28.000-91.000

ERHA ERHAIR HairGrow Shampoo

Salah satu shampo keluaran Erha yang merupakan shampo penumbuh rambut terbaik adalah ERHA ERHAIR HairGrow. Shampo ini mengandung kombinasi bahan panax ginseng root extract, panthenol, dan pumpkin seed extract.

Akar gingseng tersebut berfungsi untuk menstimulasi tumbuhnya rambut dengan memperlancar mikrosirkulasi darah yang terdapat di kulit kepala. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu menyerap nutrisi vitamin dan mineral dengan lebih optimal. Pendek kata, selain efektif merangsang pertumbuhan rambut baru, shampo ERHA ERHAIR HairGrow juga membantu meningkatkan kualitas rambut kamu.

Harga Rp. 65.000-220.000

Biotique Bio Kelp Protein Shampoo

Memiliki bentuk tekstur berupa foam, shampo Biotique Bio Kelp mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin dan mineral, termasuk protein alami yang memiliki kekuatan untuk membuat akar rambut lebih kuat sehingga tidak mudah rontok.

Di samping itu kandungan peppermint dan mint di dalamnya juga mendorong rambut tumbuh dengan lebih cepat. Hasilnya rambut kamu akan terlihat lebih tebal, indah, serta tetap bersih. Shampo yang cocok digunakan oleh pria maupun wanita ini merupakan produk yang berasal dari India.

Harga Rp. 484.000-765.000

Neril Shampoo Anti-Loss Guard

Neril Shampoo Anti-Loss Guard merupakan shampo keluaran salah satu merk perawatan terkenal, Garnier. Shampo ini berasal dari bahan chamomile dan birch yang menutrisi rambut, mengembalikan keratin rambut, dan membuat rambut lembut. Selain itu kandungan konsentrat tumbuhan seperti horsetail dan nettle memiliki kemampuan untuk melindungi dan merawat kulit kepala secara optimal serta mengurangi hingga menghilangkan ketombe.

Secara khusus nettle akan merangsang pertumbuhan rambut kamu agar lebih cepat dan menyegarkan kulit kepala. Kombinasi bahan-bahan tersebut dapat membuat rambut lebih kuat dan terhindar dari rontok. Selain mencegah rambut menjadi kering, Neril Shampoo Anti-Loss Guard membuat rambutmu terlihat semakin indah, sehat, dan berkilau.

Harga Rp. 60.900-145.000

Revita Hair Growth Stimulating Shampoo

Rekomendasi selanjutnya adalah Revita Hair Growth Stimulating Shampoo yang memiliki klaim memberikan hasil optimal untuk pria maupun wanita yang memiliki permasalahan rambut rontok, rambut tipis, ataupun androgenic alopecia yang berarti pola kebotakan wanita pria. Hal tersebut dikarenakan shampo ini ditujukan untuk melawan disfungsi folikel dan menjaga vitalitas kulit kepala sehingga hasil yang dicapai relatif lebih singkat.

Revita Hair Growth Stimulating Shampoo menggunakan komposisi formula yang aman untuk semua jenis rambut dan kulit kepala. Di antaranya asam amino yang tidak menimbulkan paradangan, serta tambahan procyanidin B2 yang mampu menangkal radikal bebas agar kulit kepala terawat sehat.

Selain itu kandungan kafein, copper peptides, dan niacinamide mampu menstimulasi folikel rambut guna membuat rambut makin tebal dan kuat. Shampo yang juga lolos uji hypoallergenic ini akan cocok digunakan untuk segala jenis rambut.

Harga Rp. 375.000-850.000

L’Oreal Serioxyl Natural Thinning Hair Shampoo

L’Oreal sebagai merk kecantikan asal Prancis yang laris dengan produk makeup dan skincare ini ternyata juga mengeluarkan produk perawatan rambut berupa shampo penumbuh rambut. Memiliki formula hypoallergenic, L’Oreal Serioxyl Natural Thinning Hair Shampoo aman dan nyaman digunakan untuk pemilik kulit kepala sensitif.

Shampo ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat menjaga rambut dari akarnya supaya tumbuh dengan lebih tebal dan terhindar dari rontok. Selain itu kandungan polysorbate dan magnesium sulfare di dalamnya tak hanya mampu membersihkan kulit kepala, namun juga menutrisi dan memadatkan batang rambut agar pertumbuhannya lebih subur.

Harga Rp. 134.000-363.000
From our editorial team

Tambahkan Produk Pendukung Alami

Agar pertumbuhan rambut lebih optimal, gunakan produk pendukung seperti kondisioner dan minyak rambut. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk mengimbangi rambut yang terlalu sering terkena paparan produk sintetis. Beberapa bahan alami yang dapat menjadi pilihan antara lain seperti minyak kelapa, minyak rosemary, minyak zaitun, minyak peppermint, dan minyak jojoba dapat juga memiliki manfaat untuk merangsang tumbuhnya rambut.

Tag