Makin Menawan Sesuai Ikalnya, Inilah 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Keriting Terbaik (2022)

Makin Menawan Sesuai Ikalnya, Inilah 10 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Keriting Terbaik (2022)

Permasalahan rambut keriting umumnya seputar terlalu mengembang, sulit diatur, dan terlalu kering. Namun tidak perlu khawatir, karena BP-Guide sudah menyediakan rekomendasi varian shampo yang sesuai untuk masalah rambut keriting kamu. Ini dia 10 shampo untuk rambut keriting terbaik agar rambut makin menawan sesuai ikalnya!

Asal Muasal Rambut Keriting

Manusia diciptakan dengan segala perbedaan yang menciptakan keunikannya sendiri. Salah satunya yang terlihat adalah rambut keriting. Ciri dari rambut keriting sendiri sering berbentuk huruf S atau Z dan tipe rambut ini kebanyakan bervolume.

Rambut keriting ada dua jenis, jenis keriting biasa atau ikal dan keriting coil atau yang sering disebut dengan kribo. Rambut keriting disebabkan oleh folikel rambut yang berbeda. Folikel sendiri adalah kantong kelenjar yang kecil dan sempit.

Jumlah sel yang terdapat pada folikel lebih banyak pada sisi cembung daripada cekung itulah yang menyebabkan rambut berbentuk keriting. Selain itu adanya faktor genetik atau keturunan baik dari orang tua atau kakek nenek. Batang rambut juga salah satu faktor yang bisa membentuk keritingnya rambut atau tidak.

Kenali Berbagai Jenis Rambut dan Perawatannya

Rambut Lurus

Rambut lurus merupakan jenis rambut yang banyak diminati karena merupakan jenis rambut yang mudah diatur, tahan banting dan jarang rusak. Jenis rambut ini tidak mempunyai bentuk ikal pada batang rambutnya dan mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda pada tiap orang.

Kebanyakan orang yang mempunyai rambut jenis ini akan dihadapkan dengan rambut berminyak, akibat kelenjar minyak menyebar secara merata dari akar rambut hingga pangkal rambut, karena tidak ada rambut gelombang atau ikal yang menghalangi. Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam menjaga rambut lurus karena rentan nampak tidak terawat akibat tekstur rambut yang cenderung kurang bervolume sehingga nampak kusut.

Cara merawatnya pun mudah, rutin menggunakan kondisioner setelah keramas untuk mendapatkan hasil rambut lurus yang lembut dan mengkilap. Gunakan minyak kelapa setelah keramas untuk mengembalikan keseimbangan kadar minyak pada rambut jika rambutmu terlalu kering.

Untuk mencegah rambut dari kerontokan dan ketombe, kamu bisa juga menggunakan yogurt yang juga membantu rambutmu lebih lembut.

Rambut Bergelombang

Rambut bergelombang adalah perpaduan antara rambut keriting dan rambut lurus, di mana struktur rambut tidak terlalu lurus namun sedikit bergelombang tetapi tidak terlalu keriting. Ada jenis rambut bergelombang yang mudah diatur dan yang lainnya sedikit susah untuk ditata.

Rambut bergelombang sendiri terdapat banyak jenisnya, rambut gelombang tipe A mempunyai bentuk rambut dari akar sampai mata lurus, lalu dari mata hingga ujung rambut bergelombang namun tidak terlalu tegas, biasanya tekstur rambut lebih lembut namun agak kusut. Tipe B dari rambut bergelombang ini tekstur rambut berbentuk huruf S lebih nampak jenis rambut ini lebih mudah mengarah ke rambut keriting dan susah diatur.

Terakhir adalah tipe C, tipe rambut ini jika terkena cuaca lembap rambut akan berubah menjadi keriting, tekstur rambut sendiri berbentuk gelombang dari pangkal hingga ujung rambut. Untuk merawat rambut bergelombang ini pastikan membeli shampo khusus untuk rambut bergelombang. Selain itu jangan terlalu sering keramas karena dapat menghilangkan kadar minyak pada rambut yang membuat rambut menjadi kering dan mengembang.

Gunakan kondisioner setelah keramas dengan shampo biasa untuk menjaga kelembutan rambut. Lalu usahakan untuk membilas shampo dan kondisioner dengan air dingin, karena akan membantu kutikula tertutup sehingga zat yang terkandung pada shampo dan kondisioner dapat terserap sempurna.

Rambut Keriting

Rambut keriting atau ikal merupakan jenis rambut yang mempunyai bentuk helaian rambut berbentuk huruf S atau Z dengan jenis rambut yang biasanya bervolume. Ada dua jenis pola rambut keriting yang membedakan satu dengan lainnya, yang pertama adalah jenis rambut ikal berpola lebar di mana pola ikal rambut lebih lebar dan jarak helai rambut dengan lainnya lebih longgar yang mengakibatkan rambut lebih susah disisir karena kusut.

Kedua adalah jenis rambut ikal yang memiliki tekstur padat dan bergelombang diakibatkan pola ikal rambut yang muncul dari akar lebih tebal. Banyak yang mengira mempunyai rambut keriting akan kewalahan dalam merawat rambut, sebenarnya tidak jika kita merawatnya dengan tekun dan benar.

Keramaslah dengan rutin untuk menjaga kebersihan rambut, lalu lanjutkan dengan menggunakan kondisioner yang mengandung vitamin dan protein untuk mencegah kerontokan pada rambut. Disinyalir rambut keriting ini rentan dengan kerontokan.

Gunakan pula vitamin rambut dua minggu sekali untuk menambah nutrisi pada rambut sekaligus menjaga kesehatan dan kelembutan rambut. Lalu pastikan untuk menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah sehabis keramas, karena pada saat kondisi kering rambut keriting cenderung susah diatur dan kusut saat disisir.

Rambut Afro

Jenis rambut yang pernah trend di era 70-an ini nampak membutuhkan kesabaran khusus dalam merawatnya. Tekstur dari coily hair atau yang biasa disebut dengan rambut kribo ini lebih padat dibanding dengan rambut keriting.

Rambut kribo bertekstur kasar dan cenderung kering karena tingkat kelembapannya yang sangat rendah. Jenis rambut ini juga dibagi menjadi tiga macam yaitu tipe 4A yang cirinya jenis rambut lebih pendek, helai rambut berbentuk huruf S tapi padat.

Kedua tipe 4B dengan tekstur zig-zag dan lebih padat daripada tipe 4A. Terakhir adalah tipe 4C yang lebih rapuh, kusut dan sangat kering. Untuk perawatannya sendiri mungkin cukup banyak usaha dibandingkan dengan rambut keriting.

Karena rambut kribo cenderung kering maka disarankan untuk menggunakan minyak rambut untuk melembapkan seperti jojoba oil, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Gunakan sisir dengan gigi lebar untuk menyisir rambut, sisir secara perlahan dari tengah hingga ujung rambut.

Bila rambut terlalu kusut bisa menggunakan jari tangan untuk mengurai kekusutannya. Jangan terlalu sering keramas agar minyak alami rambut keluar dan dapat menjaga kelembapan rambut. Usahakan pula tidak memilih produk shampo dan kondisioner yang mengandung sulfat agar kadar minyak pada rambut tetap terjaga.

Cara Memilih Shampo untuk Rambut Keriting

Bahan yang Perlu Ada

Karena rambut keriting yang rentan kering dan kasar ada baiknya kamu memilih shampo yang mengandung susunan komposisi argan oil dan vitamin E, di mana komposisi tersebut berfungsi untuk membuat rambut lebih halus dan lembut. Gunakan pula shampo yang mengandung green tea dan natural ginger extra karena zat antioksidannya mampu membersihkan rambut lebih bersih yang biasanya terhalang kerlingan helaian rambut.

Jika rambut kamu keriting kering, pastikan shampoo mengandung ekstra oil untuk membantu melembapkan rambut sehingga rambut tidak nampak kusam. Lalu aplikasikan kondisioner yang mengandung protein dan vitamin yang berfungsi untuk menguatkan helaian rambut agar tidak mudah patah. Zat silikon pada kondisioner ini dapat membantu melapisi kutikula rambut kamu agar batang rambut tidak membengkak dan mengakibatkan rambut mengembang.

Bahan yang Perlu Dihindari

Salah satu keuntungan dari rambut keriting adalah kamu tidak perlu terlalu sering untuk keramas. Terlalu sering keramas akan mengurangi kelembapan dan minyak alami yang terkandung dalam rambut, ini yang membuat rambut menjadi kering, kusam dan susah diatur.

Pastikan shampo dan kondisioner yang kamu gunakan tidak mengandung sulfur atau sulfat dan paraben. Sulfat yang terkandung pada shampo dapat menghilangkan kelembapan dan minyak pada rambut sehingga membuat kulit kepala menjadi kering dan batang rambut menjadi mudah rapuh.

Selain itu keringkan rambut secara lembut dan perlahan dengan cara ditekan, bukan menggosokan handuk pada kulit kepala yang menyebabkan rambut menjadi kusut dan mudah rontok.

Pilih yang Mengandung pH Rendah

Keluhan yang sering dihadapi oleh pemilik rambut keriting adalah rambut kering. Hal ini dikarenakan minyak rambut dari akar tidak terdistribusi secara sempurna akibat bentuk rambut yang melengkung serta kelembapan yang kurang dari kulit kepala.

Selain itu juga bisa disebabkan karena cuaca dan terlalu seringnya mencuci rambut. Untuk itu pilihlah shampo yang tepat untuk mengatasi rambut kering. Salah satunya adalah dengan memilih shampo dengan kandungan pH rendah.

Shampo dengan pH tinggi disinyalir dapat meningkatkan muatan listrik negatif pada rambut sehingga membuat rambut menjadi kusut karena menempel satu dengan lainnya. Selain itu pH tinggi juga menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut.

Shampo dengan pH rendah dapat membantu menjaga kelembapan rambut. Maka pastikan shampo yang kamu pilih mengandung pH tidak lebih dari 5,5 yang cocok untuk tipe rambut kering.

Shampo untuk Rambut Keriting Terbaik Pilihan BP-Guide

TRESemme Keratin Smooth Shampoo 340ml

Untuk permasalah rambut keriting yang mengembang dan sulit diatur, TRESemme Keratin Smooth Shampoo adalah jawabannya. Hal ini dikarenakan kandungan keratin di dalamnya yang dapat mengembalikan protein rambut, membuat rambut lebih lembut, anti kusut, dan tidak mengembang. Tambahkan rangkaian kondisioner dan heat protection spray dari TRESemme Keratin bila perlu.

Harga Rp. 64.000-85.600

OGX Coconut Curls Shampo 385 ml

Memiliki tekstur yang creamy, shampo untuk rambut keriting ini juga bebas sulfat sehingga tidak membuat rambut terlalu kering. Selain itu OGX Coconut Curls Shampo memiliki kandungan propylene glycol dan madu yang cocok digunakan untuk kamu yang hidup di daerah dengan suhu dan kelembaban ekstrim seperti beberapa kota di Indonesia. Rambut nampak indah, sehat, dan tidak kusut adalah hasil akhir jika kamu rutin menggunakan shampo ini.

Harga Rp. 195.000-295.000

Herbal Essences Totally Twisted Curly Hair Shampoo

Salah satu shampo untuk rambut keriting berikutnya yang menggunakan bahan-bahan alami adalah Herbal Essences Totally Twisted Curly Hair Shampoo. Terbuat dari sari buah berry liar, shampo dengan bahan kaya kelembaban ini mampu melindungi dan menjaga kelembaban rambut kamu selama 20 jam. Selain itu produk ini juga bebas gluten, paraben, serta minyak mineral. Shampo yang memiliki formula pH balance ini tidak akan melunturkan warna alami rambut kamu.

Harga Rp. 90.000-160.000

Sunsilk Soft and Smooth Shampoo 650 ml

Mengandung banyak minyak alami dan nutrisi seperti soy milk protein, argan oil, dan vitamin E, Sunsilk Soft and Smooth Shampoo direkomendasikan untuk mempertahankan kelembaban rambut. DIlengkapi dengan teknologi Moisture-Lock tersebut, shampo ini akan membuat rambut tampak halus, sehat, dan mudah diatur. Shampo ini juga memiliki keharuman yang awet hingga 48 jam lamanya.

Harga Rp. 55.000-85.000

Zinc Soft Care 340 ml

Tak hanya untuk rambut keriting, shampo Zinc Soft Care juga bermanfaat untuk mengatasi rambut berketombe kamu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan HydroVita-Lock dan ZPT-O kompleks yang dapat mencegah ketombe. Dilengkapi dengan ekstrak mutiara dan kandungan lemon, shampo ini juga akan membuat rambutmu menjadi lebih lembut dan berkilau.

Harga Rp. 29.000-45.000

Dove Perawatan Rambut Rusak Serum Shampoo 680 ml

Untuk rambutmu yang sudah terlanjur rusak, Dove Perawatan Rambut Rusak Serum Shampoo memiliki kandungan keratin repair actives dan nutri serum yang ditujukan untuk memperbaiki tanda kerusakan di permukaan rambut. Tak hanya itu, shampo ini akan membuat rambutmu lebih halus, berkilau, makin kuat, dan tidak mudah patah. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan kondisioner dengan merk yang sama.

Harga Rp. 84.500-125.000

Matrix Biolage Ultra Hydrasource Shampoo 200 ml

Shampo untuk rambut keriting ini memiliki kandungan lidah buaya dan soybean oil yang dapat merawat rambut kering dan rusak menjadikannya lebih lembab dan bernutrisi. Selain itu shampo ini juga dapat menebalkan rambut. Kelembutan rambut yang dihasilkan mencapai 15 kali setelah menggunakan satu kali saja. Selain itu shampo ini juga bebas paraben dan aman digunakan.

Harga Rp. 76.000-95.000

Love Beauty & Planet Argan Oil & Lavender Shampoo

Memiliki kandungan bahan alami seperti argan oil, vitamin E, dan French lavender di dalamnya membuat Love Beauty & Planet Argan Oil & Lavender Shampoo ini kaya akan manfaat. Di antaranya mampu menjaga kelembapan dan kehalusan rambut, mengatasi masalah rambut berkembang, menutrisi rambut, serta memberi keharuman dan kesegaran sepanjang hari.

Harga Rp. 41.900-62.000

Shiseido The Hair Care Sleekliner Shampoo 250 ml

Memiliki teknologi Shiseido’s Smoothness Retention, shampo untuk rambut keriting kering, kasar, dan susah diatur ini bermanfaat untuk membersihkan rambut, menjadikannya lebih lembut, dan memberi efek anti-frizz. Shampo ini akan membuat rambut kamu semakin halus, tidak mengembang karena tampak berkurang volumenya, dan gampang diatur.

Harga Rp. 350.000-565.000

Kerastase Discipline Bain Fluidealiste 250 ml

Salah satu shampo untuk rambut keriting dengan bahan yang sehat adalah Kerastase Discipline Bain Fluidealiste. Tanpa kandungan sulfat ataupun silikon, shampo 2in1 yang dilengkapi kondisioner ini dapat menjinakkan rambut keriting kamu hanya dengan satu kali aplikasi saja.

Formula krimnya dapat melapisi serat rambut dan mencegah rambut kusut saat ataupun setelah dicuci. Hasilnya rambutmu akan menjadi lembap, lembut, dan lebih mudah diatur.

Harga Rp. 325.000-430.000
From our editorial team

Perhatikan Frekuensi Keramas dan Perawatan Rambut

Terlalu sering keramas akan menyebabkan sebum atau minyak yang dihasilkan di kulit kepala tidak akan menyebar secara sempurna ke akar rambut. Untuk pemilik rambut keriting disarankan untuk mencuci rambut dua kali dalam seminggu. Hindari pula untuk mengeringkan rambut dengan hair dryer karena panas yang dikeluarkan akan merusak rambut. Gunakan handuk dan keringkan rambut dengan menepuk secara perlahan untuk menjaga kelembapan rambut. Jika perlu tambahkan produk kesehatan rambut lainya seperti vitamin atau kondisioner post wash yang penggunaannya tanpa perlu dibilas.

Tag