10 Rekomendasi Shampo Non Silikon Ini Akan Membuat Rambut Anda Sehat Alami (2022)

10 Rekomendasi Shampo Non Silikon Ini Akan Membuat Rambut Anda Sehat Alami (2022)

Ingin punya rambut sehat alami dengan cara yang aman? Anda bisa mempertimbangkan penggunaan shampo non silikon untuk merawatnya. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasinya buat Anda.

Shampo Non Silikon Lebih Aman Buat Rambut Anda

Tidak seperti shampo biasa, sampo non silikon dipercaya lebih efektif mengatasi masalah rambut tanpa efek samping yang buruk. Shampo non silikon ini dipercaya efektif untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala yang gatal. Lebih aman juga untuk digunakan, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Shampo non silikon juga terbilang lebih mudah dibilas ketimbang shampo yang mengandung silikon.

Cara Merawat Kesehatan Rambut

Pilih Shampo yang Cocok Untuk Rambut

Salah satu cara yang penting dilakukan untuk merawat kesehatan rambut adalah dengan menjaga kebersihannya. Mencuci rambut dengan menggunakan shampo yang tepat adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan rambut.

Seperti kulit, rambut pun dikelompokkan menjadi beberapa jenis, seperti rambut berminyak, normal, atau kering. Oleh karena itu, Anda pun perlu mencari produk perawatan rambut seperti shampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Carilah produk shampo yang tidak menggunakan zat berbahaya untuk rambut dan kulit kepala Anda.

Batasi Penggunaan Catok dan Pengering Rambut

Memang, catokan dan pengering rambut memiliki fungsi yang sangat berguna bagi keseharian, terutama bagi Anda yang butuh tampil rapi dalam waktu yang cepat di tengah padatnya kesibukan. Namun, penggunaan catokan dan pengering rambut ini secara terus menerus dapat melemahkan rambut, terutama bagi rambut yang bersifat halus, kering, dan rapuh.

Oleh karena panas yang dihasilkan alat-alat ini tidak begitu baik bagi rambut, maka penting untuk membatasi penggunaannya. Jika Anda menggunakan pengering rambut, maka Anda disarankan untuk memberikan jarak sekitar 15 cm antara pengering dan rambut. Tips lain menggunakan pengering rambut adalah selalu gerakkan pengering rambut pada area rambut lainnya, dan jangan terkonsentrasi pada satu titik saja.

Potong Ujung Rambut Secara Rutin

Kegiatan gunting rambut mungkin dianggap sebagai hal yang sepele dan tidak berarti apa-apa. Padahal, aktivitas ini bisa menjadi salah satu upaya agar rambut tetap terawat, sehat, dan tampak indah. Memotong rambut secara berkala bermanfaat untuk mencegah rambut bercabang, sehingga rambut pun jadi tampak lebih cantik dan sehat.

Anda dianjurkan untuk memotong rambut secara rutin. Waktu yang disarankan untuk memotong rambut, yakni setiap 10-12 minggu. Anda tidak harus memotong sekian senti rambut panjang Anda nan cantik. Potong ujung-ujungnya saja sudah cukup untuk merapikan rambut.

Rawat Dengan Masker Rambut

Rutin menggunakan masker rambut dapat memperkaya nutrisi dan menjaga kelembapan kulit kepala. Masker rambut dapat Anda beli di toko-toko yang ada di pasaran, karena sudah banyak produsen yang memproduksinya.

Jika Anda mau membuat masker rambut sendiri sebagai perawatan rambut alami, Anda juga bisa melakukannya. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, madu, alpukat, hingga pisang untuk dijadikan sebagai masker rambut.

Rambut berminyak dan rambut kering memiliki jenis masker yang berbeda, yang sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu.

Sisir Rambut Dengan Cara yang Benar

Cara menyisir rambut juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan demi menjaga kesehatan rambut Anda. Sisirlah rambut secara lembut. Menyisir rambut terlalu kencang dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut.

Sebaiknya Anda tidak langsung menyisir rambut setelah keramas, karena rambut yang basah cenderung mudah rapuh dan bisa patah ketika disisir. Biarkan rambut mengering 5-10 menit. Anda pun disarankan untuk menggunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai rambut yang kusut saat setelah keramas.

Pada rambut yang kering, atau kusut, gunakan sisir bergigi jarang dan mulai dari tengah lalu naik ke atas hingga ujung rambut.

Tips Memilih Produk Shampo Non Silikon

Baca Komposisinya Untuk Memastikan

Umumnya shampo non silikon mencantumkan keterangan “tidak menggunakan bahan silikon” pada label kemasan, namun mungkin saja tidak semuanya mencantumkan keterangan itu. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa daftar komposisinya pada label komposisi untuk memastikannya.

Jika terdapat nama-nama seperti silica, silyl, silane, dimethicone, dimethiconol, atau pemutih, berarti produk tersebut mengandung silikon.

Cek Kandungan Minyak di Dalamnya

Berhubung shampo non silikon tidak mengandung bahan pelembut, beberapa produk mencampurkan kandungan minyak alami untuk menghaluskan rambut. Meskipun alami, apabila terlalu banyak ditambahkan, dapat membuat rambut Anda menjadi lengket dan susah diatur.

Apabila Anda menginginkan hasil akhir rambut menjadi mudah diatur dan lembut, perhatikan komposisi minyak saat memilih produk shampo.

Hindari Produk yang Bisa Menyebabkan Iritasi Kulit Kepala

Meski shampo memiliki tekstur yang ringan, Anda tentunya tidak ingin merusak kulit kepala karena adanya bahan tambahan, terutama jika Anda memiliki tipe kulit kepala yang sensitif. Bahan aditif tambahan seperti pewangi, pewarna, pengawet, alkohol memiliki potensi untuk menyebabkan iritasi. Atau, mungkin Anda tidak cocok dengan bahan atau formula tertentu yang terkandung dalam suatu shampo, maka hal ini perlu Anda perhatikan.

Rekomendasi Shampo Non Silikon Untuk Rambut Sehat Alami

Herbal Essences Bio Renew Smooth Golden Moringa Oil

Shampo dari Herbal Essences Bio Renew ini mengandung antioksidan untuk membuat rambut menjadi sehat dan kuat, serta melindungi rambut dari berbagai masalah. Bio Renew Smooth Golden Moringa Oil juga memberikan aroma jeruk, bunga putih, dan air kelapa segar yang akan memanjakan indra penciuman Anda saat memakainya.

Dengan racikan bahan-bahan herbal seperti moringa oil, aloe, dan sea kelp, sampo ini diformulasikan untuk membuat rambut kering Anda menjadi lembut dan berkilau.

Harga Rp. 70.000-100.000

Sukin Oil Balancing Shampoo

Barangkali dari namanya sudah bisa ditebak, bahwa Sukin Oil Balancing Shampoo ini cocok digunakan untuk tipe rambut Anda yang berminyak.

Diformulasikan dengan ekstrak moringa dan minyak jojoba, Sukin Oil Balancing Shampoo akan membantu menyeimbangkan sebum yang berlebih di kulit kepala Anda, tanpa membuat kulit kepala menjadi kering.

Shampo ini juga diperkaya dengan wheat protein yang menutrisi rambut menjadi lebih sehat. Kulit kepala dan rambut juga akan lebih segar dan wangi dengan aroma citrus dan spearmint yang terkandung di dalam sampo ini.

Harga Rp. 100.000-250.000

L'Occitane Aromachologie Purifying Shampoo

Bagi Anda yang mempunyai rambut normal atau berminyak dan menginginkan kulit kepala yang bebas dari residu dan kotoran, Anda bisa mencoba L'Occitane Aromachologie Purifying Shampoo. Perpaduan lima minyak esensial alami yang terkandung di dalam shampo ini mampu membuat kulit kepala menjadi bersih, bebas residu, dan kotoran.

Selain membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, shampo ini juga diformulasikan agar dapat menyeimbangkan kadar sebum di kulit kepala, sehingga kepala terasa lebih segar dan ringan.

Harga Rp. 120.000-400.000

Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo

Shampo keluaran Aromatica ini dapat dapat mengangkat sel kulit mati di kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala Anda segar dan bersih. Rambut Anda pun menjadi lebih lembut dan bebas ketombe. Bahan-bahan herbal seperti minyak esensial rosemary, bhringraj, coriander yang terkandung di dalamnya dapat menutrisi dan merevitalisasi kulit kepala Anda, sekaligus memperkuat akar rambut.

Produk Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo cocok digunakan bagi Anda yang memiliki tipe rambut normal dan rambut tipis.

Harga Rp. 250.000-350.000

Grace and Glow Secret Bombshell Anti Oil and Repair Solution Shampoo

Bagi Anda yang menyukai wewangian, shampo keluaran Grace and Glow ini patut untuk Anda coba. Shampo ini menawarkan sensasi wangi parfum mewah yang dapat merelaksasi saat Anda mencuci rambut.

Tidak hanya soal wanginya yang mewah, shampo ini juga mengandung keratin yang menjadikan rambut Anda lembut bersinar, lebih tebal, dan mudah diatur. Kandungan karbon di dalamnya juga berfungsi menyerap minyak dan mengangkat kotoran di kulit kepala.

Shampo ini pas untuk digunakan bagi Anda yang memiliki tipe rambut berminyak, berketombe, atau bahkan rambut kering dan rusak.

Harga Rp. 50.000-70.000

Moist Diane Extra Smooth & Straight Shampoo

Bagi Anda yang menginginkan rambut yang lurus mudah diatur, Anda bisa mencoba Moist Diane Extra Smooth & Straight Shampoo yang kaya nutrisi ini. Shampo ini diformulasikan dari bahan alami pilihan, seperti minyak argan dan minyak biji quinoa, yang akan memberikan kelembaban dari akar hingga ujung rambut.

Anda yang memiliki rambut dengan tipe bergelombang dan mudah kusut dapat mencoba shampo ini agar rambut Anda menjadi lembut dan mudah diatur.

Harga Rp. 100.000-125.000

Mama’s Choice Treatment Shampoo

Tak jarang ibu hamil atau ibu yang menyusui mengalami masalah rambut rontok. Rambut rontok pada saat hamil atau menyusui itu disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh.

Sampo dari Mama’s Choice ini sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang memiliki tipe rambut rontok dan tipis, dan sudah teruji secara dermatologis, aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Produk ini mengandung bahan-bahan alami, seperti kiwi, candlenut, dan green pea yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut sehat, dan menguatkan akar rambut. Rambut pun jadi lebih sehat, kuat, dan rontok pun berkurang.

Harga Rp. 100.000-150.000

L’Oréal Nutrifier Shampoo

Bila Anda mencari produk yang menawarkan memberi nutrisi pada rambut kering dan rusak, tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan produk L’Oréal Nutrifier Shampoo ini.

Shampo ini mengandung gliserin yang dapat membantu melembabkan dan memberikan nutrisi pada rambut. Selain itu juga mengandung minyak kelapa yang dapat membuat rambut Anda bersih berkilau.

Dengan menggunakan L’Oréal Nutrifier Shampoo, rambut Anda pun dapat mengatasi rambut yang rusak dan kusam menjadi rambut yang bersih, sehat, dan berkilau.

Harga Rp. 100.000-150.000

Kerastase Specifique Bain Prevention

Kerastase Specifique Bain Prevention ini merupakan shampo yang dirancang khusus untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok, dengan bahan aktifnya yaitu salicylic acid, tartaric acid, dan citric acid. Dengan menggunakan teknologi Système Pro-Actif technology yang unik, sampo ini mampu membantu mengurangi kerontokan rambut dan memberi efek volume sekaligus memicu pertumbuhan rambut.

Oleh karena manfaatnya untuk mengatasi kerontokan dan mempertebal rambut, shampo ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok ataupun Anda yang memiliki rambut tipis.

Harga Rp. 300.000-500.000

Angel En Provence Green Tea Anti Dandruff Shampoo

Anda tentu tidak ingin terganggu dengan penampilan rambut yang lepek, bau, dan berketombe. Untuk mengatasi semuanya, cobalah shampo yang termasuk dalam medicated shampoo satu ini.

Shampo ini mengandung ekstrak teh hijau yang efektif mengontrol produksi minyak di kulit kepala sehingga mencegah terjadinya rambut lepek dan ketombe. Kandungan tersebut juga membantu memberantas bakteri penyebab bau pada rambut. Aroma mint segar pada sampo ini akan memberikan efek menenangkan pada kulit kepala.

Bagi Anda yang menginginkan rambut bersih, harum, dan bebas ketombe, Anda dapat mencoba Angel En Provence Green Tea Anti Dandruff Shampoo ini.

Harga Rp. 130.000-250.000
From our editorial team

Untuk Memastikan Tidak Adanya Kandungan Silikon, Cek Label di Belakang Kemasan

Silikon yang ada di dalam produk shampo punya nama berbeda-beda. Oleh karena itu, ketika memilih produk shampo, cek label berisi daftar komposisi yang ada di belakang kemasan. Dari deretan rekomendasi BP-Guide di atas, pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda ya!

Tag