Ingin Tampil Elegan dan Fashionable? Gunakan 10 Rekomendasi Kebaya Brokat dengan Model Modern Kekinian (2020)

Ingin Tampil Elegan dan Fashionable? Gunakan 10 Rekomendasi Kebaya Brokat dengan Model Modern Kekinian (2020)

Sumber gambar aura.tabloidbintang.com

Dunia fashion memang tidak pernah mati, kali ini ada baju tradisional khas Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Yap, baju kebaya brokat yang memiliki model kekinian ini snagat cocok dikenakan oleh anak-anak muda. Nggak percaya? Yuk, cek dulu deh berbagai rekomendasinya dari BP-Guide!

Kebaya Merupakan Busana Tradisional yang Membuat Wanita Tampil Lebih Feminin

Inovasi desain busana kian diperbarui seiring dengan berkembangnya zaman, termasuk busana kebaya. Jika di zaman dahulu kebaya cenderung dilihat sebagai pakaian tradisional dan bernuansa “jadul”, sekarang sudah banyak desain-desain terkini untuk kebaya. Perancang busana mencoba mengkreasikan kebaya sehingga lebih menawan, cantik, dan bisa digunakan oleh lebih banyak orang.

Bagi perempuan, pakaian kebaya identik dengan penampilan yang feminin. Dengan aksen manik-manik atau lengkungan pada desain kebaya serta aneka pilihan motif nan indah, kebaya membuat perempuan manapun menjadi nampak anggun. Bahkan sudah hadir model kebaya yang didesain untuk hijaber, lho.

Umumnya, baju kebaya digunakan untuk acara formal seperti pernikahan atau wisuda. Kebaya tersebut dipadu dengan kain jarik sebagai bawahan. Ragam kebaya pun cukup bervariasi, lho. Yuk, cari tahu apa saja jenis kebaya Indonesia yang bisa jadi inspirasi gaya busanamu!

Kenali Jenis Kebaya Indonesia untuk Inspirasi Busana Kamu, Ladies!

Kebaya Bali

Meski dikenal sebagai busana tradisional Jawa, kebaya juga dapat kamu temui di Bali, lho. Kebaya Bali memiliki elemen khas yang membedakannya dengan kebaya dari Pulau Jawa. Pada dasarnya, kebaya Bali ini tidak hanya digunakan untuk momen formal seperti pernikahan. Di Bali, masyarakat lokalnya juga menggunakan kebaya khas Bali untuk melakukan aktivitas sakral. Misalnya, ketika bersembahyang di pura.

Kebaya Bali yang memiliki aksen memikat, dengan perpaduan bahan-bahan seperti brokat, bordir, kain sari, prancis semi dan full, kerawang semi dan full, serta bahan sofia yang lentur.

Agak berbeda dengan kebaya khas Jawa, kebaya Bali mengusung motif sederhana dengan warna-warna terang. Kebaya ini biasanya digunakan dengan selendang yang diikatkan di perut seperti sabuk. Dengan begitu, keanggunan pemakainya bakal semakin terpancar.

Kebaya Encim

Busana ini lahir berkat adanya akulturasi budaya Betawi dengan peranakan Tionghoa. Kebaya encim merupakan pakaian tradisional khas Betawi yang dulunya dikenakan oleh golongan nyai. Karena dulu harganya mahal, orang Betawi tidak dapat membeli baju itu.

Orang Tionghoa pun memanfaatkan busana tradisional kebaya untuk bisa berbaur dengan orang Betawi. Dengan memodifikasi kebaya, lahirlah kebaya encim yang membuat orang Tionghoa lebih bisa diterima di tengah orang Betawi.

Istilah “encim” merupakan bahasa Hokkien yang tergolong dalam bahasa orang Tionghoa yang memiliki arti “bibi.” Dinamakan “encim” karena dulunya yang memakai kebaya ini adalah wanita Tionghoa sehingga disebut “encim” atau bibi.

Nah, kebaya encim ini khas sekali karena memiliki detail bordir, lipatan-lipatan baju di bagian tengah, bahannya merupakan bahan tenun, serta memiliki panjang hingga bagian bawah pinggul. Apakah kamu pernah melihat atau memakai baju ini?

Kebaya Jumputan

Baru kali ini mendengar istilah kebaya jumputan? Wajar sih, soalnya kebaya ini tergolong kebaya dengan desain modern. Disebut dengan istilah “jumputan” karena kebaya ini dibuat menggunakan cara celup-ikat.

Dalam proses pembuatannya, kain kebaya terlebih dahulu diikat-ikat dengan aturan tertentu. Kemudian, kain yang telah terikat dicelupkan dengan aturan tertentu pula agar menghasilkan motif yang indah. Umumnya, kebaya jumputan dikenakan untuk acara wisuda, pernikahan, maupun acara resmi lainnya.

Kebaya jumputan juga memiliki aneka warna dan motif yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Nah, karena cenderung punya desain yang kekinian, kebaya ini pun kerap disebut sebagai kebaya kartini modern. Modelnya pun beragam sehingga kamu dapat memilih sesuai keinginan!

Kebaya Kartini

Biarpun telah lahir inovasi-inovasi desain baju kebaya, namun ada aturan inti yang tak boleh diubah. Misalnya adalah kerah berlipat yang menjadi ciri khas kebaya Kartini. Elemen lain seperti ukuran lengan biasanya bisa dimodifikasi.

Nah, kebaya kartini ini dikenal memiliki modifikasi pada ukuran lengan. Bagian lengan tersebut bisa diubah menjadi lengan pendek, lengan panjang, maupun tanpa lengan. Eits, kebaya kartini ini punya sejarah khusus, lho.

Dulunya, kebaya model Kartini hanya dipakai oleh wanita keturunan bangsawan pada acara-acara khusus kerajaan. Namun kini, siapa saja bisa memakainya dengan aneka model, hanya saja harus diperhatikan bahwa kebaya Kartini memiliki kekhasan pada lipatan di kerahnya. Konon, hal itu merupakan buah dari budaya Belanda dan Cina.

Selain itu, yang khas dari kebaya Kartini adalah potongan yang panjang hingga menutupi area panggul. Model potongan ini membuat pemakainya terkesan tinggi dan langsing. Wah, jadi tertarik untuk memakainya, kan?

Tips Memilih Kebaya agar Terlihat Indah ketika Dipakai

Hindari Kebaya Model Off-Shoulder

Sumber gambar https://id.pinterest.com

Jika tubuhmu cenderung kurus, maka hindarilah kebaya yang modelnya menunjukkan leher atau bahu dengan lebih leluasa atau istilahnya adalah kebaya model off shoulder. Karena jika kamu memakai kebaya ini, orang akan lebih memperhatikan wilayah lekukan di area leher hingga pundak.

Untuk menutupi bagian tubuhmu yang kurus itu, pilih model kebaya dengan kerah sanghai atau nama lainnya adalah stand corral. Kebaya berkerah akan membantumu menutupi area leher dan lekukan tulang di sekitarnya. Tertarik untuk mencoba trik ini?

Pilihlah Kebaya Berpayet Rapat

Sumber gambar bridestory.com/

Penampilanmu sangat dipengaruhi oleh motif busana. Motif kebaya tertentu bakal bikin kamu nampak lebih gemuk atau lebih kurus dari biasanya. Karena pengaruh corak kebaya terhadap penampilan sangat erat, maka pilih corak atau motif yang sesuai dengan bentuk tubuhmu.

Misalnya nih, kalau kamu bertubuh kurus, maka pakailah kebaya brokat dengan payet-payet yang dijahit dengan rapat. Dengan memakai kebaya berpayet rapat, maka motif brokatnya dapat lebih tampak. Payet-payet itu pula yang membuatmu tubuhmu bakal kelihatan lebih besar.

Untuk kamu yang ingin nampak lebih ramping, disarankan agar memilih kebaya dengan hiasan payet-payet berukuran kecil dan dijahit secara vertikal. Soalnya nih, desain vertikal bakal bikin garis tubuhmu lebih nampak langsing. Tertarik mencoba?

Padukan dengan Obi

Sumber gambar https://id.pinterest.com

Sebelum memilih baju apa pun, termasuk kebaya, usahakan memikirkan ukuran pinggul atau pinggangmu. Nah, biasanya ada orang yang memiliki badan boyish alias ukuran pinggang dan pinggulnya sejajar. Jika kamu memiliki kondisi tubuh begitu, sebaiknya gunakan model kebaya yang memiliki detail pada bagian pinggul dan pinggang.

Detail tersebut akan membentuk siluet tubuh sehingga membuat tubuhmu lebih kelihatan proporsional. Atau, kamu juga bisa menggunakan obi atau sabuk sebagai opsi. Dengan menggunakan obi yang tepat, tubuhmu bakal tampak langsing dan menawan. Tips ini juga dapat dipraktikkan oleh kamu yang memiliki tubuh cenderung besar.

Umumnya, kebaya yang menggunakan ikat pinggang atau obi digunakan oleh orang Bali. Tapi kini nggak hanya di Bali saja kok, kamu bisa memakainya di mana pun berada. Jangan lupa untuk memadukannya dengan warna dan aksesori yang selaras sehingga penampilanmu makin memesona.

Pakailah Kebaya Berwarna Cerah

Sumber gambar https://id.pinterest.com

Disarankan pula agar kamu memilih warna kebaya yang sesuai dengan bentuk tubuhmu. Jika kebetulan kamu bertubuh kurus, maka pakailah kebaya dengan warna cerah agar kamu lebih nampak berisi. Misalnya, warna kuning, biru muda, merah muda, atau warna-warna pastel.

Sebaliknya, jika kamu ingin terlihat lebih kurus, pilihlah kebaya berwarna gelap. Dengan begitu, tubuhmu akan membentuk siluet yang lebih ramping dan menawan. Hindari warna terang karena itu akan membuatmu terlihat lebih besar lagi.

Jangan Memilih Lengan Kebaya yang Longgar

Selain itu, perhatikan juga model lengan pada kebaya yang akan kamu beli. Pastikanlah ukuran lengan kebaya tepat dengan ukuran lenganmu. Jika badanmu cenderung kurus, hindari memakai kebaya yang lengannya terlalu longgar. Soalnya, itu hanya akan membuat lenganmu nampak semakin kurus.

Kalau kebaya yang kamu beli memiliki lengan yang pendek, sebaiknya legan kebaya berukuran agak longgar agak lenganmu tidak terlalu ngepas. Namun jika yang kamu pilih adalah kebaya lengan panjang, pilihlah yang lengan kebayanya agak menjulur ke depan. Dengan begitu, akan terlihat efek yang membuat lengan kebaya tidak nampak terlalu ketat.

Selain itu, jika kamu cenderung berpostur tinggi dan langsing, pilih kebaya model shanghai yang memiliki kerah agar leher lebih terlihat indah. Dan, hindari menggunakan kebaya yang berukuran ngepas agar kamu nampak lebih seimbang dan simetris.

Untuk bagian lengan, kamu yang bertubuh tinggi dan langsing dapat mempertimbangkan untuk memakai kebaya yang memiliki detail pada lengan, misalnya pita atau lengan model balon.

Rekomendasi Model Kebaya Brokat Modern yang Paling Banyak Disukai Wanita

Kebaya Brokat Kurung

Kebaya brokat kurung ini dibuat dari bahan brokat dengan full puring di dalamnya. Furing berbahan adem ini tidak bikin gatal pada tubuh. Model bajunya merupakan kurung tunik dengan panjang kebaya hingga di bawah lutut.

Dengan membeli kebaya brokat satu ini, kamu sudah mendapatkan rok plisket berbahan batik silky dengan panjang 100 cm dan berukuran all size dari M hingga XXL.

Terdapat karet pada bagian pinggang rok ini sehingga bakal nyaman dipakai. Apalagi, roknya memiliki tekstur yang dapat mengikuti bentuk kaki, lho!

Kebaya brokat ini punya beragam ukuran, lho. Tapi sebelum membeli, perlu diperhatikan terlebih dulu ukuran lingkar dada (LD) yang tersedia. Ukuran M memiliki LD 90-92 cm dan ukuran L memiliki LD 94-96 cm. Selain itu, tersedia juga lingkar dada sepanjang 98-100 cm untuk ukuran XL, dan 105-110 cm untuk ukuran XXL.

Harga Rp. 148.500-168.000

Kebaya Brokat Tulle Bordir Keysha

Dulunya, kebaya dikenakan oleh wanita Jawa, terutama di wilayah Surakarta dan Yogyakarta yang memiliki keraton di areanya. Umumnya, kebaya dikenakan bersama kemben, kain, dan stagen. Baik kaum kerajaan maupun masyarakat biasa dapat menggunakannya, terutama ketika akan mengikuti upacara resmi.

Kini kebaya menjadi busana yang digunakan pada acara-acara formal. Salah satunya kebaya Brokat Tulle Bordir Keysha ini yang terdiri dari satu set kebaya model tunik RNF. Bahannya dibuat dari tille bordir 3D premium yang nyaman digunakan. Selain itu, baju kebaya brokat bermodel kurung ini memiliki lengan panjang pada bagian tangannya.

Tentu saja, satu set kebaya brokat tulle border Keysha sudah dengan rok prisket yang cantik. Rok ini muat hingga berat badan 100 kilogram, lho. Sedangkan ukuran kebaya brokat terdiri dari M (LD 96 cm), L (LD 102 cm), XL (LD 108), dan XXL (LD 116).

Harga Rp. 255.900-397.500

Kebaya Floy Brokat Tebal Glitter

Tahu nggak sih, kebaya dipakai tidak hanya oleh perempuan Indonesia, tapi juga Malaysia. Kata ‘kebaya’ berasal dari bahasa Arab ‘abaya’ yang artinya pakaian. Kabarnya sih, kebaya sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan berasal dari Tiongkok dan menyebar hingga Jawa, Malaka, Sumatera, Bali, serta Sulawesi.

Inovasi kebaya juga kian diperbarui. Kini telah muncul kebaya yang dapat digunakan untuk ibu menyusui, salah satunya Kebaya Floy Brokat Tebal Glitter. Dengan kebaya ini, tentu kamu nggak akan repot ketika harus datang ke acara formal dan memakai kebaya ditengah aktivitas menyusui.

Kebaya busui friendly ini didesain menggunakan bahan brokat glitter. Artinya, kebaya brokat ini nampak super glamor. Bahannya pun tebal dan full furing sehingga nyaman dikenakan.


Untuk ukurannya, kebaya brokat dengan glitter ini berukuran lingkar dada mencapai 90 cm, dengan panjang bagian depan 67 cm, bagian belakangnya sepanjang 56 cm, dan panjang tangan kebaya adalah 40 cm.

Harga Rp. 76.500-107.100

Kebaya Brukat Bludru Kutubaru

Kebaya kutubaru merupakan jenis kebaya yang serupa dengan kebaya kartini. Kebaya model ini identik dengan lipatan pada sisi dada sebelah kanan dan kiri. Orang menyebut kebaya kutubaru sebagai kebaya asli dari Indonesia, lebih tepatnya kebaya ini digunakan awalnya di Jawa Tengah.

Kebaya Brokat Bludru Kutubaru ini misalnya, merupakan kebaya kartini dengan furing berbahan katun paris di dalamnya. Dijamin, kebaya ini nyaman dan enak dipakai. Panjang lengan kebaya brokat ini adalah 7/8.

Tersedia beberapa ukuran, diantaranya ukuran S dengan panjang bagian depan 70 cm, bagian belakang 82 cm, dan lingkar dadanya 88 cm. Sementara ukuran M memiliki panjang bagian depan 70 cm, bagian belakang 83 cm, serta lingkar dadanya 92 cm.

Kebaya brokat ukuran L memiliki panjang bagian depan 70 cm, bagian belakang 84 cm, dan lingkar dada 96 cm. Sementara itu, kebaya berukuran XL memiliki panjang bagian depan mencapai 70 cm, bagian belakangnya 85 cm, seerta lingkar dada hingga 100 cm.

Harga Rp. 168.000-183.000

Kebaya Brukat Design Kartini Modern

Tak hanya digunakan untuk acara pernikahan, kebaya sebagai busana tradisional juga dikenakan untuk acara kebudayaan, acara wisuda kelulusan, serta peringatan hari besar seperti hari Kemerdekaan. Sebagai padanan, biasanya orang memakai kebaya dengan kain sarung, batik, atau tenun untuk bawahannya.

Termasuk Kebaya Brukat Design Kartini Modern satu ini, yang desainnya sudah termasuk dengan furing hyget pada bagian dalam. Material utamanya adalah bahan brokat yang cantik dan tampak elegan ketika dikenakan. Kebaya brokat ini terdiri dari beberapa ukuran, yaitu M dengan lingkar dada 96 cm, L dengan lingkar dada 102 cm, XL dengan lingkar dada 104 cm, dan XXL dengan lingkar dada 110 cm.

Harga Rp. 218.500-321.000

Kebaya Couple Amalia Brokat

Bukan tak mungkin kita butuh memakai baju couple yang serasi dengan pasangan kita. Apalagi kalau kamu ingin mendatangi sebuah acara berdua. Misalnya untuk datang di acara pernikahan maupun acara resmi lainnya. Untuk itu, kamu bisa memakai Kebaya Couple Amalia Brokat yang penuh gaya ini.

Kebaya Couple Amalia Brokat dibuat dari material batik katun nan lembut dan dipadukan dengan kain velvet premium. Brokat tille-nya sudah dilengkapi pula dengan furing Roberto Cavali berkualitas terbaik serta aksen payet yang cantik. Selain itu, bagian pinggang pada roknya juga memiliki karet.

Dengan begitu, secara otomatis ukuran pinggangmu bakal tersesuaikan. Busana yang dijahit secara rapi ini juga dilengkapi dengan selendang ceruti payet sehingga penampilamu tak mengecewakan. Satu set kebaya brokat couple ini terdiri dari kebaya wanita dan kemeja pria yang tersedia dalam ukuran M hingga XL dengan ukuran lingkar dada 102 hingga 106 cm.

Harga Rp. 210.000-285.000

Kebaya Brukat Rinjani

Semakin hari semakin bermunculan kebaya bermodel baru yang kian penuh gaya, salah satu model kebaya terbaru yang layak kamu coba adalah Kebaya Brukat Rinjani. Kebaya model ini banyak dipilih oleh wanita yang ingin nampak berbeda dan menarik. Kebaya Brokat Rinjani terbuat dari material brokat gliter gerigi dengan furing penuh dengan atasan sepanjang 48 cm.

Kebaya ini dijual satu setel dengan rok motif batik berukuran panjang 90 cm yang dibuat dari bahan semi sutera. Terdapat karet pada pinggangnya sehingga dapat dgunakan dengan nyaman. Ukuran Kebaya Brokat Rinjani tersedia dalam ukuran M dengan LD 90 cm, L dengan LD 94 cm, XL dengan LD 100 cm, XXL dengan LD 105 cm, serta ukuran XXXL dengan LD mencapai 110 cm.

Harga Rp. 78.000-150.000

Kebaya Brokat Bordir Encim Modern

Bisa dibilang, kebaya encim punya pesona tersendiri yang dijamin membuat pemakainya memiliki daya tarik lebih. Kebaya yang ada sejak abad ke-19 ini aslinya disebut dengan ‘kebaya nyonya’ karena pemakainya adalah para perempuan kelas atas. Bentuk kebaya encim juga khas karena memiliki kerah V dan renda pada beberapa bagian kebaya sehingga pemakainya bakal nampak lebih elegan.

Nah, kebaya encim satu ini dijamin enggak mengecewakan. Kebaya Brokat Bordir Encim Modern dirancang dari bahan brokat dengan bordiran berlapis pada bagian dalamnya. Furing pada kebaya ini dibuat dari katun sehingga nyaman digunakan. Kebaya brokat encim yang berukuran S hingga XXL ini tersedia dalam beragam pilihan warna, yaitu peach, tosca, navy, dan cream.

Harga Rp. 128.000-162.000

Kebaya Brokat Peplum Organdi


Kebaya Brokat Peplum Organdi terdiri dari atasan berlengan panjang dan bawahan rok. Pada bagian atasan, terdapat aplikasi mutiara dan bunga tembak nan indah.

Atasan kebaya brokat ini ada yang berukuran lingkar dada 96 cm, ada juga yang mencapai 120 cm. Artinya, ukuran baju ini mencapai M, L, hingga XL. Tenang, bagian pinggangnya dilengkapi dengan karet sehingga fleksibel.

Nggak hanya itu, rok setelan ini juga memiliki karet dengan belahan pada bagian belakang. Setelan kebaya brokat peplum organdi ini sudah dijahit dengan bagian dalam atau manset yang nyaman. Tersedia dalam pilihan warna marun, emas, biru elektrik, merah, dusty peach, mint, tosca, baby blue, mocca, navy, BW, dan silver.

Harga Rp. 124.000-135.000

Kebaya Brokat Kartini Tunik

Memakai Kebaya Brokat Kartini Tunik akan memancarkan kecantikan dalam dirimu. Bahannya terbuat dari brokat katun premium yang cukup tebal sehingga adem di badan. Meski tanpa glitter, namun kebaya brokat ini tetap menawan karena memiliki dalam kesederhanaannya.

Kebaya brokat kartini ini sudah dijahit dengan furing berbahan kaos hyget di dalamnya. Sebagai bawahan, Kebaya Brokat Kartini Tunik ini dipasangan dengan rok prisket berbahan bestway dengan karet pada bagian pinggangnya. Rok ini fit untuk all size hingga ukuran jumbo, lho.

Selain itu, kebaya brokat ini punya 4 pilihan ukuran. Ada ukuran M dengan LD 96-98 cm, ukuran L dengan LD 100-102 cm, ukuran XL dengan LD 104-106 cm, serta ukuran XXL dengan LD 110 cm. Pilih kebaya brokat favoritmu, dan kamupun siap tampil istimewa!

Harga Rp. 240.000-269.900
From our editorial team

Kebaya Jadi Pilihan Paling Elegan untuk Acara Pentingmu

Dewasa ini para wanita yang memakai kebaya terlihat lebih elegan dan feminin, apalagi dengan berbagai inovasi para desainer yang tidak kalah kreatif sehingga baju tradisional ini semakin tampak modern dan disukai anak muda. Kebaya sangat pas untuk kamu pilih dalam momen-momen spesial seperti wisuda, lamaran, menghadiri pesta, bahkan untuk pernikahan. Kebaya selalu punya variasi menarik yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja.