Yuk, Tampil Menawan dengan 10 Rekomendasi Kebaya Modern 2020 yang Cocok untuk Wanita Indonesia (2020)

Yuk, Tampil Menawan dengan 10 Rekomendasi Kebaya Modern 2020 yang Cocok untuk Wanita Indonesia (2020)

Keanggunan wanita Indonesia akan semakin terpancar saat mengenakan kebaya. Kebaya masa kini sudah dirancang semakin elegan mengikuti perkembangan zaman. Sedang mencari kebaya modern? Yuk, langsung cek aja berbagai rekomendasi kebaya keren untuk para wanita!

Kebaya Memberi Kesan Anggun pada Pemakainya

Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan berpakaian, kebaya juga punya filosofi sendiri. Ia mengandung nilai-nilai kehidupan yang lebih dalam daripada sekadar kebutuhan berbusana. Model dan keindahan yang ditonjolkan dalam desain kebaya dibuat untuk menonjolkan karakter seorang perempuan.

Keindahan tersebut biasanya ditampilkan dari kualitas kain, motif, desain leher, lipatan kerah, bahkan sampai ke bentuk kancing atau penitinya. Pada umumnya, desain kebaya cukup sederhana dengan bukaan di bagian depan dan kedua sisi yang dikait menggunakan kancing bulat atau peniti.

Model yang sederhana tersebut disebut-sebut sebagai wujud kesederhanaan masyarakat Indonesia, sekaligus mengandung nilai kepatuhan, kehalusan, dan sikap wanita yang lemah lembut.

Model Kebaya Modern yang Disukai Wanita

Kebaya Kutu Baru

Kebaya kutu baru merupakan salah satu jenis kebaya dengan desain simpel-modern yang banyak ditemui di acara-acara kasual sampai formal. Konon, kebaya jenis inilah yang menginspirasi seorang desainer kebaya terkenal, Anne Avantie, untuk segera terjun ke dunia desain kebaya modern.

Menurut beliau, kebaya kutu baru memiliki karakter klasik yang menyiratkan keanggunan hakiki seorang perempuan. Kebaya yang berasal dari Jawa Tengah ini sering disamakan dengan kebaya encim, padahal keduanya memiliki model yang berbeda.

Kebaya kutu baru memiliki ciri khas yakni bahan yang menghubungkan kedua sisinya di bagian dada dan perut. Sedangkan kebaya encim tidak memiliki desain tersebut. Untuk mendapatkan lekuk tubuh yang lebih baik, Anda bisa menambahkan pemakaian stagen di bawah kebaya kutu baru ini.

Kebaya Off Shoulder

Sumber gambar https://www.hipwee.com

Jika kebaya kutu baru merupakan kebaya yang sangat menonjolkan sisi klasiknya, tidak dengan kebaya yang satu ini. Model kebaya ini sudah dipengaruhi oleh budaya modern.

Sedikit berbeda dengan kebaya klasik yang biasanya jauh lebih tertutup, kebaya off shoulder justru sengaja menampilkan sisi anggun dan seksi dengan membuka bagian bahu dan leher.

Biasanya untuk mempercantik penampilan, kebaya ini dipadukan dengan aksesori kalung dengan liontin mini yang memberikan kesan manis. Selain model off shoulder, Anda juga bisa mencoba model one shoulder.

Siluet kebaya off shoulder memberikan penampilan yang cantik dan elegan. Model ini sangat cocok dijadikan pilihan busana ketika wisuda atau lamaran. Belum lagi jika tampilannya dibuat lebih mewah dengan hiasan berbagai payet dan manik-manik.

Warna kain yang cocok untuk dijadikan model kebaya ini adalah warna-warna kalem, misalnya dusty pink, classic white, dan peach.

Kebaya Bordir

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Sesuai dengan namanya, kebaya bordir sangat menonjolkan kecantikan dengan detail bordir yang dimilikinya. Untuk bentuk leher sendiri sangat bervariatif, namun biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang. Model kebaya ini sangat cocok dipakai di acara resmi dengan paduan kain batik yang sesuai dengan warna kebaya. Tak jarang orang memakainya di acara pernikahan ataupun di acara adat lainnya.

Bordir akan memberikan kesan hidup dan mewah di pakaian Anda. Jika mempertimbangkan masalah biaya, Anda tidak perlu menggunakan bordir di seluruh permukaan kebaya. Cukup di bagian tertentu, seperti di kerah atau lengan, bordir sudah bisa mempercantik penampilan Anda.

Biasanya kebaya bordir ini dipilih oleh mereka yang kurang suka dengan kebaya brokat karena sama-sama memberikan kesan mewah dan cantik. Selain itu, kebaya bordir juga tampak lebih simpel dan lebih mudah dijahit.

Kebaya Encim

Sumber gambar https://merahputih.com

Kebaya encim yang disebut-sebut berasal dari Betawi ini merupakan hasil kombinasi antara pakaian shanghai khas Cina dengan kebaya khas Melayu. Biasanya, ia memiliki ukuran yang pendek dengan kerah membentuk huruf V.

Perpaduan keindahan motif, warna, dan bordir membuat kebaya ini lebih menarik. Apabila akan menjahit sendiri, pilihlah bahan sifon karena terasa halus ketika dipegang dan nyaman dipakai. Biasanya, kebaya encim ini dikenakan untuk acara-acara semiformal.

Mengapa demikian? Sebab modelnya memang tergolong simpel dan mudah dipadupadankan dengan fashion item lain, mulai dari kain batik sampai celana kulot. Kebaya ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin tampil manis dan anggun tanpa memberikan kesan glamor berlebihan.

Kebaya Kartini

Sumber gambar https://shopee.co.id/

Alasan mengapa kebaya ini diberi nama kebaya Kartini adalah karena pada zaman dahulu, kebaya model ini kerap dipakai oleh kaum perempuan ningrat. Salah satunya adalah RA Kartini. Kebaya ini memiliki dua ciri khas, yakni lipatan kerah yang berbentuk garis vertikal dan potongan panjang hingga ke panggul. Lipatan kerah yang unik ini membuat pemakainya tampak tinggi dan ramping.

Umumnya, ia tampil dengan dekorasi minimal, bahkan cenderung polos. Hiasannya hanya berupa aksen renda di bagian kerah ataupun di garis vertikal. Pemilihan warna pun biasanya hanya menggunakan warna-warna netral, seperti hitam, putih, dan cokelat.

Kebaya Kartini ini cukup populer hingga sekarang, sampai-sampai modelnya banyak diadaptasi dengan memberikan sentuhan modern agar tetap cocok dipakai di era sekarang. Jenis kebaya ini dapat memberikan kesan mewah dan anggun kepada para pemakainya, bahkan jika hanya dipadukan dengan bawahan celana bahan.

Alasan Mengapa Kita Perlu Memakai Kebaya

Kebaya sebagai Identitas Bangsa Indonesia

Sumber gambar https://www.grid.id/

Mirip dengan pakaian sari di India, kebaya merupakan pakaian yang sangat lekat dengan identitas bangsa Indonesia. Bukan sekadar pakaian, kebaya memberikan nilai seni tersendiri hingga kini.

Modelnya sangat beragam berdasarkan daerah asalnya dan setiap model memiliki keunikan masing-masing. Kebiasaan mengenakan kebaya merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap identitas busana asli Indonesia.

Kebaya sebagai Bagian dari Sejarah

Menilik kilas balik kebaya di Indonesia sama halnya dengan membuka kembali kisah sejarah bangsa yang kaya akan keanekaragaman. Bahkan, nilai sejarah yang panjang dari sebuah kebaya sedikit-banyak berperan dalam proses menuju kemerdekaan.

Hingga kini, sejarah perkembangan kebaya justru semakin bervariasi. Model kebaya banyak dikreasi dengan aksen dan model yang mengikuti perkembangan zaman. Seolah-olah menjadi salah satu media anak muda untuk berkreativitas.

Mencerminkan Sikap Lemah Lembut

Sumber gambar http://aksi.id/

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kebaya memiliki makna khusus dan banyak mengandung nilai-nilai kehidupan. Desainnya yang membebat membuat para wanita sukar bergerak cepat.

Sebab, memang pada masanya perempuan diharapkan memiliki tingkah laku dan sikap yang halus, lemah lembut, dan gemulai.

Rekomendasi Kebaya Modern 2020

Kebaya Kutu Baru Lyne Halim 02812 Atasan Wanita

Kutu baru merupakan salah satu model kebaya yang semakin populer belakangan ini. Memakai kebaya kutu baru memberikan kesan tradisional, namun justru itulah yang membuatnya semakin menarik untuk dikenakan.

Biasanya kebaya ini dipakai bersama dengan kain yang dililit di bagian perut (stagen) untuk membentuk siluet tubuh yang lebih baik. Meski terkesan santai, kebaya kutu baru punya nilai yang berbeda dengan kebaya lain karena keunikan yang ditawarkan.

Kebaya kutu baru yang satu ini berbahan polyester. Desain etniknya sangat cantik dengan motif bordir batik yang menambah keanggunan busana ini. Sangat ideal untuk mempercantik penampilan Anda atau untuk membuat Anda tampil beda.

Kebaya ini tersedia dengan ukuran 38 hingga 48. Bisa Anda pakai untuk menghadiri acara pernikahan, wisuda, ataupun acara formal lainnya.

Harga Rp. 879.920-3.500.000

Kebaya Kutu Baru Benangsari Anaya

Selain berlengan panjang, ada pula kreasi kebaya kutu baru berlengan pendek. Model ini memiliki beberapa seri dengan bahan, desain, dan warna yang berbeda. Bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kepribadian Anda. Masih dengan desan etnik, kebaya ini menggunakan bentuk square neck di bagian leher dan back zipper opening yang membuatnya jauh lebih mudah dipakai.

Pengrajin memilih menggunakan material lace yang berkualitas, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Bahan lace dipilih karena bisa memberikan kesan feminin dengan sifatnya yang elastis dan bisa membentuk lekuk tubuh dengan baik. Tersedia dalam ukuran XS hingga XL, kebaya ini siap membuat Anda tampil lebih cantik dan menarik.

Harga Rp. 279.200-390.900

Kebaya Grizel Long Combination

Selain lengan panjang, lengan pendek, ada juga kebaya dengan lengan ¾ berdesain chic. Pada dada bagian atas dibuat dari bahan transparan, sehingga memberikan kesan anggun dan seksi yang tidak berlebihan.

Untuk pembelian kebaya ini akan dilengkapi dengan long skirt span berbahan katun silky. Sayangnya,hanya tersedia satu ukuran all size, fit to L dengan panjang 131 cm.

Sedangkan untuk pilihan warnanya, Anda memiliki dua pilihan warna yakni hitam dan navy. Bahan yang digunakan untuk membuat kebaya ini adalah katun silk sutera, yaitu campuran antara kain sutera dan kain katun.

Ciri-ciri kain ini adalah ringan, bertekstur licin, dan nyaman dipakai karena bahannya sangat halus dan kuat. Namun, harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan kain sutra asli.

Harga Rp. 91.000-170.000

Kebaya Wanita Parang Combination

Satu paket kebaya ini sudah termasuk dengan rok span bermotif parang yang tampak di foto. Parang adalah salah satu motif batik tertua di Indonesia yang sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo).

Motif ini menggambarkan garis menurun dari tinggi ke rendah secara diagonal. Motif S yang saling menyambung tanpa terputus menggambarkan kesinambungan.

Kebaya ini tersedia dalam satu ukuran, all size fit to L dengan lingkar dada 100-106 cm dan panjang 104 cm. Ada tiga pilihan warna yang dapat Anda pilih yakni hitam, navy, dan krem. Karena terbuat dari bahan katun stretch, kebaya ini sangat nyaman dipakai.

Katun stretch sendiri adalah kain yang terbuat dari dua bahan serat, yakni kapas dan licra. Salah satu karakternya adalah bahan kain yang melar.

Harga Rp. 148.500-186.000

Kebaya Blouse Bordir Lyne Halim 02803

Anda yang mencari kebaya berbahan poliester akan sangat menyukai model kebaya yang satu ini. Hampir sama dengan kebanyakan model kebaya lainnya, kebaya yang tersedia dalam ukuran 38-48 ini juga memiliki desain etnik dengan motif bordir batik yang menawan.

Warna kuning terangnya siap membuat Anda menjadi pusat perhatian. Sangat cocok untuk dipakai di acara formal, seperti pernikahan dan wisuda. Namun, bisa juga dijadikan tampilan kasual dengan menjadikannya luaran dan beri dalaman berwarna gelap.

Harga Rp. 775.920-775.920

Kebaya Wanita Bina Bordir Tulip

Dari modelnya, kebaya ini memang memiliki desain yang sangat cantik dan anggun. Namun, perlu menjadi catatan bahwa bahan yang digunakan cukup menerawang, sehingga untuk mengenakannya Anda perlu menggunakan dalaman berwarna senada.

Varian warna dari kebaya ini sendiri antara lain navy, merah, dan mocca. Bagian lehernya sendiri berbentuk V dengan detail bordir cantik, membuat Anda tampak anggun dan elegan. Tersedia dalam tiga pilihan ukuran yakni S, M, dan L.

Harga Rp. 500.000-3.590.000

Kebaya Encim Carte Blanche

Salah satu keunikan yang ditawarkan kebaya ini adalah terbuat dari bahan katun Bangkok. Disebut demikian karena kain tersebut memang diproduksi di Bangkok, Thailand. Keunggulan bahan tersebut adalah menyerap keringat dengan baik dan terasa lembut ketika disentuh.

Jenis kain ini memang tidak begitu populer, namun di kalangan pecinta fashion, kain ini menjadi alternatif yang tepat untuk baju-baju kasual dan formal. Sebab, kain katun Bangkok memberikan tampilan yang sederhana, mudah dimanfaatkan, sekaligus mudah dirawat.

Dengan segala keunggulan kain katun Bangkok tersebut, kebaya ini pun sangat cocok untuk melengkapi lemari koleksi Anda. Serat kainnya lebih tebal dibandingkan dengan kain katun jenis lain. Semakin tebal serat, maka semakin kuat pula ikatan antarbenang.

Kain pun menjadi lebih kuat dan tidak membuat baju mudah kusut. Karena karakternya yang tebal, kebaya ini juga sama sekali tidak tembus pandang meski menggunakan warna-warna terang sebagai bahan utamanya. Untuk Anda yang tertarik dengan model kebaya ini, tersedia dalam empat ukuran yakni S, M, L, dan XL.

Harga Rp. 165.000-170.000

Daliyu Kebaya Encim Lengan 7/8

Rekomendasi berikutnya merupakan kebaya dengan bahan utama katun stretch yang dipercaya memiliki daya tahan yang sangat kuat dan lebih tahan lama dibandingkan jenis kain lainnya. Selain itu, kebaya dengan lengan 7/8 ini juga dapat menyerap keringat dengan baik dan memberikan rasa adem ketika dipakai.

Karena bahannya memiliki campuran lycra, maka mudah melar dan menyesuaikan dengan bentuk atau ukuran tubuh Anda. Ngomong-ngomong soal ukuran, kebaya ini menawarkan empat varian ukuran dari S sampai XL.

Harga Rp. 89.100-154.000

Kebaya Kartini Floy Brukat Tulang Glitte Timbul

Apakah Anda sedang mencari kebaya dengan bahan brokat yang tebal dan mewah? Maka kebaya ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Bahan brokat memang memiliki motif yang sangat cantik, sehingga tak heran jika ia banyak dijadikan bahan untuk membuat kebaya. Perlu diingat bahwa bahan brokat ini berbeda dengan renda. Brokat adalah jenis kain tersendiri yang kaya akan dekorasi.

Kebaya yang menggunakan brokat sebagai bahan utamanya ini tersedia dalam satu ukuran fit to XL. Detail ukurannya yakni panjang atasan 65 cm, lingkar bahu 45 cm, dan lingkar dada maksimal 105 cm.

Untuk membuat Anda lebih nyaman mengenakannya, bagian dalamnya dilapisi dengan furing. Kemudian untuk membukanya, diberikanlah resleting yang memudahkan Anda ketika memakainya.

Harga Rp. 70.500-72.500

Kebaya Kartini Moscref

Terakhir, ada rekomendasi kebaya berbahan moscrepe seruti yang nyaman dipakai. Bahan ini merupakan jenis kain dari keluarga crepe yang bertekstur mirip pasir atau gambar-gambar kecil seperti bentuk geometri.

Meski harganya relatif murah, kain ini nampak mewah dan modern. Begitu pula jika diaplikasikan ke dalam jenis kebaya. Kebaya ini dibuat dengan penuh perhatian. Dapat dilihat dari jenis jahitannya yang rapi dan motif cantik yang sangat diperhitungkan dalam produksinya.

Tersedia dari ukuran S hingga XXL, produk ini berusaha mengakomodir berbagai bentuk dan ukuran tubuh. Untuk kancingnya sendiri sengaja diberikan kancing kait yang tampak cantik dan lebih mudah dikaitkan.

Harga Rp. 45.000-90.000
From our editorial team

Padukan Kebaya dengan Heels yang Senada

Kebaya modern punya model yang cantik dan kekinian sehingga sangat cocok dikenakan anak-anak muda. Kebaya semakin elegan saat dipadukan dengan heels yang warnanya senada dengan kebaya yang kamu kenakan. Tampilanmu akan semakin cantik dan menawan dengan kebaya modern. Yuk, pilih kebaya modern favoritmu!