Jadikan Hari Istimewa Lebih Berkesan dengan 10 Rekomendasi Kebaya Lamaran Ini (2020)

Jadikan Hari Istimewa Lebih Berkesan dengan 10 Rekomendasi Kebaya Lamaran Ini (2020)

Lamaran adalah acara yang sakral untuk mereka yang menjalaninya. Kamu tentu ingin menjadikan setiap momen lamaran jadi berharga. Untuk itu, kamu wajib mempersiapkan segalanya dengan lebih terencana, dari hal paling kecil sekalipun. Salah satunya adalah kebaya lamarannya. Jangan sampai salah pilih kebaya agar momen indah bisa terkenang selamanya. Intip rekomendasinya dari kami!

Kebaya, Busana Adat dengan Filosofi Mendalam

Lamaran adalah sebuah prosesi penting menjelang pernikahan. Lamaran menjadi pembuka hubungan untuk lebih serius ke depannya. Dalam acara tersebut kedua pihak calon mempelai akan saling mengikat janji untuk bersiap menuju pelaminan dan mengarungi biduk rumah tangga. Karena acara lamaran sangat sakral, maka penting untuk dipersiapkan dengan maksimal.

Salah satu persiapan paling penting adalah memilih kebaya untuk lamaran. Memang tidak harus kebaya sih, namun pemakaian kebaya terkesan lebih sesuai untuk acara sakral seperti lamaran, utamanya untuk kita yang tinggal di pulau Jawa. Kebaya akan makin memaksimalkan penampilan kamu di hari pentingmu.

Kebaya adalah salah satu jenis pakaian adat di Indonesia. Bagi para wanita Jawa, kebaya bukan sekadar busana tradisional dan warisan budaya leluhur saja. Kebaya memiliki sebuah filosofi mendalam yang mengandung nilai-nilai kehidupan. Dari modelnya yang simpel dan sederhana, kebaya menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia yang sederhana. Di samping itu, kebaya juga mengandung filosofi sebagai lambang kehalusan, kepatuhan, dan tingkah laku wanita yang lembut.

Saat memakai kebaya, umumnya dipadukan dengan jarik atau kain pembebat tubuh. Kain yang membebat tubuh dengan rapat membuat wanita kesulitan berjalan dan bergerak cepat. Hal ini menjadi pengingat bahwa wanita harus lemah gemulai dan tidak boleh terburu-buru dalam melakukan berbagai hal.

Kebaya digunakan dengan stagen sebagai ikat pinggang. Stagen adalah kain panjang yang dilipatkan pada bagian perut. Bentuk yang panjang tersebut menyiratkan para wanita untuk selalu sabar menghadapi apa saja.

Potongan kebaya juga terbilang mengikuti bentuk tubuh. Hal ini menyiratkan bahwa wanita harus selalu bisa menyesuaikan diri dimana saja ia berada dan dengan siapa ia bergaul. Wanita harus bisa menjaga dirinya sendiri. Secara umum, pemakaian kebaya melambangkan sifat yang harus dimiliki wanita, yakni luwes, sabar, mampu beradaptasi, dan bisa menjaga diri sendiri.

Dengan dalamnya filosofi yang terkandung dalam kebaya, maka tidak heran jika kebaya jadi pilihan saat acara sakral seperti lamaran. Nah, kamu tentu tidak ingin asal tampil dengan kebaya yang kamu gunakan. Maka dari itu, simak tips memilih kebaya lamaran dari kami!

Tips Memilih Kebaya Lamaran

Pilih yang Minim Detail dan Simpel

Seringkali, kebaya didesain dengan banyak detail mulai dari payet, mutiara, bordir, dan lain sebagainya. Tak ada yang salah sebenarnya jika memakai kebaya dengan banyak detail. Hanya saja, untuk acara lamaran, sebaiknya memakai yang minim detail. Ini ditujukan supaya tidak terlalu mencolok.

Kebaya minim detail juga bisa menjadi pembeda dengan kebaya yang akan kamu pakai selama pernikahan nanti. Dengan begini, gaun kebaya pernikahan akan terlihat lebih istimewa dari kebaya lamaran. Detail kebaya yang minim juga akan menyesuaikan bentuk potongannya yang sederhana.

Model kebaya juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Hindari memilih model kebaya yang terlalu rumit. Model yang terlalu rumit bikin kamu jadi ribet bergerak. Pilih model yang simpel dengan bentuk lingkar leher yang sederhana. Ini akan bikin tampilan kamu jauh lebih stunning.

Pilih dari Warnanya

Jangan asal memilih warna untuk kebaya lamaran. Setiap warna memberikan kesan tersendiri. Maka dari itu, kenali makna setiap warna kebaya agar kamu tidak salah pilih.

Pertama, ada pilihan warna biru muda. Warna yang satu ini cocok untuk jadi warna kebaya lamaran. Warna biru muda bikin tampilan jadi lebih segar dan berkesan tenang. Warna biru muda akan cocok untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang.

Kamu bisa juga memilih kebaya warna cokelat muda. Kebaya warna cokelat muda bisa memberi kesan glamor saat digunakan. Kamu bisa gunakan kebaya model cape yang sedang kekinian untuk bikin tampilan lebih memukau.

Untuk yang gemar memakai warna cerah, kamu bisa lirik warna merah. Ini akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit putih. Kebaya warna merah akan bikin tampilan kamu jadi sorotan utama. Merah melambangkan keberanian dan tekad yang kuat.

Pilihan warna lainnya untuk kebaya lamaran adalah warna pink. Kamu bisa lirik warna baby pink yang bisa bikin kamu terkesan super feminin. Kebaya ini akan memberi kesan lembut dan manis saat digunakan.

Jangan lewatkan juga untuk memakai kebaya warna hijau mint. Kebaya dengan warna ini akan bikin kamu tampil simpel namun tetap anggun. Warna hijau mint memberikan kesan adem dan elegan.

Pilih Potongan Sesuai Bentuk Tubuh

Saat memilih kebaya, tentu saja harus yang memilih sesuai dengan bentuk tubuh. Apalagi untuk acara lamaran. Kebaya dengan bentuk tubuh akan bikin tampilan kamu lebih menawan.

Jika kamu memiliki tubuh yang terlalu kurus, maka sebaiknya hindari potongan pada bagian lengan yang terlalu kecil. Nah, jika kamu terlalu gemuk, maka hindari potongan bagian lengan kebaya terlalu besar.

Kamu juga bisa menyesuaikan potongan kebaya dengan tinggi badan. Kamu yang memiliki tuhu tinggi akan lebih cocok memakai kebaya panjang yang menyapu lantai. Ini supaya kaki kamu tak terlihat terlalu jenjang karena sudah tertutup kain. Sementara itu, jika kamu memiliki tubuh pendek, gunakan kebaya yang potongannya tidak menyentuh lutut. Cukup pilih yang panjangnya hingga di bawah pinggul.

Jangan lupa juga menyesuaikan potongan kebaya dengan konsep acaranya. Kalau acaranya outdoor, sebaiknya kamu memakai potongan kebaya yang tidak terlalu panjang. Ini supaya kebaya tidak terinjak-injak.

Membeli atau Menjahitkan

Kamu punya pilihan untuk membeli kebaya langsung atau menjahitkan. Jika ingin membeli langsung, pilih dari toko yang terpercaya. Jangan lupa mencoba kebaya agar kamu menemukan kebaya yang benar-benar pas untuk tubuh kamu. Perhatikan juga kualitas jahitannya agar kebaya benar-benar nyaman digunakan.

Jika kamu memilih untuk menjahitkan, maka ada banyak persiapan yang kamu lakukan. Pertama, pilih kain yang tepat. Kedua, cari penjahit yang terpercaya dan bisa menjahit dengan baik. Kamu juga bisa mencari info tetang harga ongkos jahit sebelum menjahitkannya. Konsultasikan dulu warna kulit dan postur tubuh pada penjahit, dengan begini, kamu bisa mendapatkan model yang tepat dan bisa menonjolkan kelebihan pada tubuh kamu.

Ini Dia Rekomendasi Kebaya Lamaran yang Anggun dan Elegan

ANGGUN KEBAYA - Kebaya Brokat Syahrini Lamaran

ANGGUN KEBAYA - Kebaya Brokat Syahrini Lamaran bisa menjadi pilihan kamu. Kebaya yang satu ini unik dan menarik. Dengan hiasan payet, kebayanya terkesan sangat elegan. Produk yang satu ini bahan kebayanya dari brokat semi Perancis yang eksklusif. Sementara itu, bahan roknya adalah batik silk yang tidak hanya nyaman digunakan namun juga terkesan mewah. Bahan kebaya yang berkualitas ini bikin kamu lebih percaya diri saat memakainya. Ada ukuran S hingga XXL yang bisa kamu miliki dari kebaya ini.

Harga Rp. 750.000-1.388.000

Kebaya Wisuda / Kebaya Lamaran Premium

Kebaya Wisuda / Kebaya Lamaran Premium juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini dibuat sesuai orderan yang masuk. Sehingga baru akan dibuat saat ada pesanan saja. Estimasi waktu penjahitan adalah 10 hingga 14 hari. Kebaya yang satu ini elegan dan cocok untuk lamaran.

Produk yang satu ini terbuat dari brokat tile akar kombinasi organza. Kebaya ini sudah termasuk dengan payet rangkai. Dilapisi furing, produk ini aman untuk berhijab. Kebaya berkualitas premium ini motifnya tidak selalu sama karena akan dibuat tergantung dari stok yang ada. Kamu tidak bisa request motif namun kamu bisa request warnanya. Ukuran kebaya ini beragam, dari S hingga XL.

Harga Rp. 500.000-943.000

BRUKAT KOMBINASI ORGANZA FULL PURING ROK DUYUNG

Selanjutnya, kamu bisa lirik BRUKAT KOMBINASI ORGANZA FULL PURING ROK DUYUNG. Ini adalah kebaya yang cocok untuk prosesi lamaran. Produk yang satu ini dijual satu set. Dalam satu setnya terdiri dari atasan bahan brukat kombinasi oraganza sehingga terkesan mewah dan elegan. Modelnya simpel namun tetap bikin kamu stunning. Untuk ukurannya, ada ukuran M dengan lingkar dada 98 cm hingga ukuran XL dengan lingkar dada 110 cm.

Untuk bawahan kebayanya memakai rok duyung. Ukurannya all size fit XL. Kamu bisa pilih warna dan ukurannya di kolom pesan saat membelinya.

Harga Rp. 68.000-280.000

BAJU GAMIS BRUKAT MELLISA

BAJU GAMIS BRUKAT MELLISAGAMIS MELLISA juga menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini memakai bahan serat yang halus. Ini membuat kamu nyaman memakainya dalam waktu lama karena tidak mudah gerah. Kebaya dress ini aman digunakan karena tidak akan menerawang.

Bagian bawah kebaya ini berupa rok payung yang lebar. Bagian tangannya dilengkapi resleting sehingga mudah untuk digunakan berwudhu. Ada 2 pilihan warna dan 2 pilihan ukuran, yakni warna biru dan silver dengan ukuran S dan L. Untuk ukuran S lingkar dadanya 92 cm. Sementara itu, untuk ukuran L lingkar dadanya 96 cm.

Harga Rp. 223.000-304.000

SET KEBAYA VITRI KEBAYA BRUKAT

SET KEBAYA VITRI KEBAYA BRUKAT adalah produk berikutnya yang bisa kamu andalkan. Set kebaya ini akan cocok untuk lamaran, wisuda, dan acara resmi lainnya. Kebaya ini tidak dilengkapi pashmina. Bagian atas kebaya terbuat dari bahan brukat kombinasi furing sehingga tidak menerawang saat digunakan. Ada detail pita yang simpel namun bikin tampilan makin stunning. Lingkar dada dari kebaya ini adalah 102 cm. Panjang kebayanya adalah 125 cm dan panjang roknya 105 cm. Bagian pinggang rok dilengkapi karet sehingga bisa disesuaikan.

Harga Rp. 105.000-196.000

SET KEBAYA JAWI KEBAYA PINGUIN

SET KEBAYA JAWI KEBAYA PINGUIN adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini keren untuk kamu gunakan saat acara lamaran, wisuda, dan lain sebagainya. Bahan kebayanya adalah brukat halus dengan lapisan furing. Ini bikin kebayanya tidak menerawang saat digunakan. Bagian bawahnya adalah rok span dengan panjang 94 cm. Roknya terbuat dari bahan batik prada. Atasannya memiliki lingkar dada 102 cm dengan panjang bagian depan 60 cm dan panjang bagian belakang 102 cm.

Harga Rp. 97.000-152.000

Kebaya Babydoll Busui Brukat Corneli

Kebaya Babydoll Busui Brukat Corneli adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini terbuat dari bahan brukat corneli dengan aksen timbul. Atasannya sudah dilapis denagn furing sehingga nyaman dan aman digunakan karena tidak terawang. Kebaya ini juga dilengkapi dengan resleting depan sehingga mudah dipakai.

Ukuran kebaya ini adalah all size fit to L dengan lingkar dada 100 cm. Panjang bagian depannya 70 cm dan panjang belakanganya adalah 82 cm. Kebaya yang satu ini atasan saja tidak termasuk roknya.

Harga Rp. 82.000-204.000

SET KEBAYA SRIKANDI ROK DUYUNG

Kamu jangan ragu untuk mencoba SET KEBAYA SRIKANDI ROK DUYUNG. Ini adalah kebaya yang keren untuk kamu gunakan saat lamaran. Produk yang satu ini terbuat dari bahan brokat kualitas tinggi. Dalam kebayanya sudah dilengkapi furing sehingga bikin nyaman saat digunakan. Produk ini tebal dan tidak gatal saat digunakan. Model bajunya panjang di bagian belakang.

Ada ukuran M hingga XXL untuk kebayanya. Ukuran M memiliki lingkar dada 90 cm dan ukuran XXL memiliki lingkar dada 110 cm. Bawahannya adalah rok model mermaid. Bahan roknya dari semi sutera dengan kualitas tinggi. Bagian pinggangnya berkaret. Ukurannya fit to XXL untuk bawahannya.

Harga Rp. 57.000-306.000

SET KEBAYA AISYAH BRUKAT ROK PLISKET

SET KEBAYA AISYAH BRUKAT ROK PLISKET menjadi rekomendasi yang sayang untuk kamu lewatkan. Produk yang satu ini terbuat dari bahan brokat berkualitas tinggi. Kebaya sudah dilengkapi dengan full furing sehingga nyaman digunakan. Rok kebaya ini terbuat dari bahan sutera halus sehingga terkesan elegan saat dipakai. Roknya sudah dilengkapi karet di bagian pinggang sehingga tidak mudah melorot. Ada ukuran M hingga XXL yang bisa kamu coba.

Harga Rp. 54.000-159.000

KEBAYA JAZIA RAMIZHA TUNIK KEBAYA LAMARAN

KEBAYA JAZIA RAMIZHA TUNIK KEBAYA LAMARAN adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini hadir dengan model simpel namun menarik. Ada ukuran M hingga L yang tersedia dengan lingkar dada 96 cm. Panjang bajunya adalah 95 cm. Untuk roknya fit to XL dengan model sarung berlipat samping dan bermotif bunga.

Bahan roknya adalah bahan yang dingin dan tidak kaku. Kebaya brokat dengan glitter ini tentunya bikin kamu lebih anggun. Ada aksen layer lembut berkualitas disertai handmade bunga pada bagian pinggang. Produk juga memiliki resleting jepang pada bagian belakang dan kupnat sehingga kamu tampilanmu tampak indah.

Harga Rp. 425.000-595.000
From our editorial team

Cari Rekomendasi Kebaya Kekinian Sebelum Membeli atau Menjahitkan

Untuk momen lamaran, memang semuanya harus istimewa. Mulai dari pemilihan kebaya harus sangat teliti. Sebelum kamu membeli atau menjahitkan kebaya lamaran, ada baiknya kamu mencari referensi model. Pilih model kekinian agar tidak terlihat terlalu kuno saat digunakan. Kamu bisa pilih model kekinian yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu. Pilih yang bisa menutupi kekurangan tubuh dan menonjolkan kelebihan tubuhmu. Dengan begini, kamu bisa tampil maksimal saat hari pentingmu tiba.