Tampil Cantik dan Anggun Khas Wanita Indonesia dengan 10 Rekomendasi Kebaya Modern Ini (2020)

Tampil Cantik dan Anggun Khas Wanita Indonesia dengan 10 Rekomendasi Kebaya Modern Ini (2020)

Kebaya merupakan identitas wanita Indonesia dan busana resmi untuk acara-acara yang sifatnya formal. Seiring berkembangnya zaman, model kebaya pun mengalami perubahan. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi kebaya modern untuk menunjang gayamu agar semakin anggun dan cantik.

Kebaya Adalah Busana Nasional Resmi Indonesia

Tidak banyak yang tahu kalau kebaya telah ditetapkan sebagai busana nasional bagi kaum hawa sejak puluhan tahun lalu. Tepatnya pada lokakarya yang digelar di Jakarta tahun 1978, sebuah acara yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Ketika itu, kebaya pendek dan kain batik panjang secara resmi menjadi busana nasional bagi kaum hawa. Lengkap dengan aksesori pendukung seperti selendang, sanggul, tata rias wajah lengkap, dan alas kaki tradisional senada.

Hal ini juga tercantum dalam Keputusan Presiden No. 18 Tahun 1972 tentang Djenis-Djenis Pakaian Sipil serta UU No. 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan. Tidak heran kebaya menjadi busana resmi di setiap acara resmi pemerintahan maupun pribadi. Kebaya secara unik mampu memancarkan kecantikan wanita Indonesia, membuat siapa saja yang mengenakannya terlihat lebih anggun dan menawan.

Kenali 5 Jenis Kebaya Indonesia Ini

Kebaya Kutubaru

Sumber gambar pinterest.com

Kebaya kutubaru adalah kebaya model lawas yang kembali ngetren beberapa tahun terakhir. Keunikan dari kebaya kutubaru adalah modelnya yang tradisional dan klasik, mengingatkan kita pada wanita Indonesia di masa lalu.

Setelah sempat tenggelam, kebaya kutubaru kembali muncul ke permukaan. Tren mengenakan kebaya kutubaru dimulai oleh ibu negara Iriana Jokowi yang mengenakan kebaya kutubaru warna oranye di acara pelantikan presiden tahun 2014 silam.

Model dasar kebaya kutubaru sebenarnya sama dengan kebaya umumnya. Hanya saja di bagian dada terdapat tambahan kain yang menghubungkan ujung kanan dan kiri kebaya.

Sebagai pelengkap saat mengenakan kebaya ini, kain stagen tradisional dengan motif etnik dipilih untuk melilit bagian perut supaya terlihat lebih langsing.

Kebaya Jawa

Sumber gambar thegorbalsla.com

Ketika mendengar kata kebaya, pasti langsung teringat dengan keanggunan wanita Jawa saat mengenakan pakaian ini. Kebaya Jawa memiliki ciri khas tersendiri, yaitu terbuat dari bahan brokat atau lace yang cantik. Inilah yang membedakan kebaya Jawa dengan kebaya Kartini.

Kebaya Jawa cenderung lebih glamor dengan tambahan payet dan manik-manik untuk memberikan sentuhan modern. Karena bagian leher pada kebaya Jawa cenderung terbuka, maka si pemakai biasanya menambahkan kalung sebagai aksesori.

Kebaya Kartini

Sumber gambar review.bukalapak.com

Pada zaman dahulu, kebaya adalah pakaian yang hanya bisa dikenakan oleh bangsawan, termasuk pejuang wanita R.A. Kartini. Bahkan sampai sekarang, hari lahir R.A. Kartini diperingati wanita Indonesia dengan memakai kebaya setiap tanggal 21 April.

Kebaya Kartini punya ciri khusus yaitu lipatan kerah berbentuk garis vertikal hingga ke bagian bawah kebaya. Ini membuat pemakainya terlihat lebih ramping dan tinggi. Selain itu, kebaya ini panjangnya hingga di bawah panggul.

Kebaya Bali

Sumber gambar www.kintamani.id

Kebaya tidak hanya identik dengan wanita Jawa saja. Pulau Dewata juga punya kebaya khas mereka sendiri yang tidak kalah cantiknya. Kamu pasti sering melihat para wanita Bali mengenakan kebaya saat pergi ke pura, bukan?

Yang menjadi keunikan dari kebaya Bali adalah penggunaan selendang bernama obi yang warnanya kontras dengan warna kebaya. Kebaya Bali juga cenderung lebih simpel dan mengutamakan kenyamanan. Bahan yang digunakan untuk membuat kebaya Bali antara lain adalah kain katun atau kain brokat yang ringan.

Kebaya Encim

Sumber gambar www.femina.co.id

Kebaya yang satu ini berasal dari budaya Betawi, kental dengan sentuhan nuansa Cina dan Melayu yang melebur jadi satu. Ciri khas kebaya Encim adalah model kerah berbentuk V, lengkap dengan bordir yang menghiasi mulai dari kerah hingga bagian bawah kebaya. Selain itu, kebaya Encim juga identik dengan warna-warna yang cerah seperti kuning, merah, atau biru langit.

Inspirasi Kebaya Modern dari para Selebriti

Dian Sastro

Sumber gambar www.popmama.com

Inspirasi pertama datang dari aktris film Dian Sastrowardoyo. Pilihan Dian jatuh pada kebaya salem yang warna pastelnya sangat kalem. Kebaya brokat ini dihias dengan payet agar terlihat lebih mewah. Untuk bawahan, Dian memilih kain jarik yang warnanya senada.

Bagian leher dibuat terbuka lebar, memberikan kesan modern. Tambahan aksesori anting dan kalung mutiara tidak terlihat berlebihan dan terlihat pas dalam membentuk gaya elegan pada pemakainya.

Raisa Andriana

Sumber gambar www.popmama.com

Jika dulu kebaya beludru warna hitam identik dengan acara pernikahan adat Jawa, maka kini tidak lagi. Modifikasi kebaya modern membuat kebaya warna hitam cocok digunakan pada acara-acara resmi lainnya. Contohnya seperti penyanyi cantik Raisa Andriana.

Ia terlihat sangat anggun dalam balutan kebaya hitam beludru dengan aksen gold dan batik di bagian bawah. Batik bergaya kutubaru ini dipadukan dengan bawahan jarik warna cokelat yang khas Jawa banget deh pokoknya!

Pevita Pearce

Sumber gambar www.popmama.com

Salah satu ciri kebaya modern adalah pemilihan warna cerah dan mencolok, tidak seperti kebaya tradisional yang didominasi warna-warna tua. Kamu bisa bereksperimen dengan kebaya warna kuning cerah seperti yang dikenakan oleh Pevita Pearce ini.

Kebaya brokat ini semakin manis dengan aksesori bros di bagian tengah. Untuk menambah kesan tradisional, stagen merah dengan motif jumputan berhasil membuat Pevita bak bangsawan di masa lampau. Bawahan yang paling pas untuk kebaya ini, apalagi jika bukan kain jarik.

Rekomendasi Kebaya Modern untuk Menemani Kamu di Berbagai Acara Resmi

Lyne Halim Blouse kebaya Maroon 7755

Salah satu ciri khas dari kebaya modern adalah modifikasi pada bagian lengannya. Kini lengan kebaya tidak harus selalu panjang. Kebaya dengan lengan pendek pun tetap bisa bikin kamu terlihat kece dan stylish, kok.

Seperti rekomendasi produk bernama Lyne Halim Blouse kebaya Maroon 7755 ini. Kebaya model blus ini hadir dalam warna merah marun yang cantik dengan detail bordir batik di bagian leher, dada atas, hingga lengan. Bahan pembuat atasan kebaya ini adalah poliester berkualitas yang nyaman dan adem dipakai. Cocok dikenakan di berbagai acara resmi seperti wisuda, kondangan, dan lainnya.

Harga Rp. 700.000-900.000

Kebaya Kutubaru Embos Warna Hitam



Kamu juga bisa tampil anggun bak wanita zaman dulu dengan Kebaya Kutubaru Embos Warna Hitam ini. Kebaya ini desainnya sangat simpel, tanpa motif dan berwarna hitam polos. Terbuat dari bahan embos printing berkualitas yang nyaman dikenakan. Tersedia dalam berbagai ragam pilihan ukuran yaitu M, L, XL, dan XXL. Kamu tinggal memadukannya dengan bawahan jarik yang sesuai saja, kok.

Harga Rp. 50.000-110.000

Kebaya Lurik Ayu 63093

Lurik termasuk pakaian khas dari tanah Jawa yang cukup terkenal, tepatnya dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kain dengan motif khas garis-garis ini biasanya berwarna cokelat tua dengan garis hitam yang klasik. Warna kain lurik kini semakin cantik karena telah mengalami banyak modikasi.

Kebaya Lurik Ayu 63093 dengan warna cerah akan membuatmu terlihat lebih anggun. Ada 5 pilihan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu yaitu merah, hijau, hitam, biru, dan oranye. Kebaya cantik ini sudah lengkap dengan bawahan kain jarik plisket yang bisa kamu kenakan saat pergi kondangan.

Harga Rp. 75.000-150.000

Pakaian Set Kebaya Wendah

Kebaya wanita Indonesia memang sudah mengalami banyak perubahan. Model dan bahannya pun semakin beragam karena disesuaikan dengan selera wanita masa kini. Tidak mengherankan kini peminat pakaian kebaya kembali tinggi karena modelnya sudah tidak lagi ketinggalan zaman.

Pakaian Set Kebaya Wendah adalah contohnya. Atasan pakaian ini adalah kebaya dengan model blus dengan lengan kelelawar yang mengembang. Potongannya terlihat sangat modern, terbuat dari bahan brokat yang membuat penampilanmu terlihat sangat anggun. Terdapat 7 pilihan warna antara lain Abu, Coklat Susu, Gold, Maroon, Pink, White, dan Navy.

Harga Rp. 70.000-120.000

Purnama Batik Kebaya Etnik Wanita Motif Mentari Panjang

Saat membeli kebaya, bahan harus menjadi pertimbangan utama. Pastikan kebaya yang kamu pilih terbuat dari bahan yang nyaman dan tidak akan mengganggiu gerakmu ketika mengenakannya. Jika kamu mencari kebaya berkualitas, Purnama Batik Kebaya Etnik Wanita Motif Mentari Panjang bisa jadi pertimbangan kamu, nih.

Atasan berwarna Deep Purple ini terbuat dari bahan katun yang adem, nyaman, dan menyerap keringat. Cocok kamu pakai untuk menghadiri acara formal atau semi formal. Ringan, tidak stretch, dan tidak transparan. Pilihan ukuran yang tersedia untuk kebaya ini adalah S, M, L, dan XL.

Harga Rp. 90.000-280.000

Setelan Kebaya Wanita Terbaru Kebaya Jawis

Selain lebih cantik dan elegan, kebaya juga bisa membuat wanita terlihat glamor, lho. Tidak percaya? Lihat deh model dari Setelan Kebaya Wanita Terbaru Kebaya Jawis ini. Atasan kebayanya punya ekor panjang hingga semata kaki. Pas banget nih buat kamu yang bertubuh tinggi dan berkaki jenjang.

Kebaya ini terbuat dari bahan brukat dengan lapisan furing di dalamnya. Ringan, nyaman, dan dijamin tidak akan bikin kamu gerah. Ada 4 pilihan warna untuk produk ini yaitu Navy, Mustard, Grey, dan Fanta. Agar semakin manis, kamu bisa menambahkan aksesori pada bagian dada.

Harga Rp. 100.000-200.000

Set Kebaya Bali Senorita

Rekomendasi produk yang satu ini akan membuat kamu tampil anggun bak wanita Bali, lho. Set Kebaya Bali Senorita adalah setelan kebaya yang cantik karena punya pilihan warna pastel lembut yang pasti kamu sukai. Misalnya seperti Mint, Cream, Pink Rose, dan Pink Peach. Kalau suka yang mencolok ada Navy dan Elektrik.

Dalam satu set kamu sudah bisa mendapatkan kebaya, rok, dan obi sekaligus. Kebaya ini terbuat dari bahan moscrepe dengan modifikasi kain organza dengan detail kancing kait di depan. Sementara itu, rok terbuat dari bahan katun dengan ukuran allsize fit to L. Obi pada kebaya sepanjang 1 meter bisa kamu lilitkan di bagian pinggang.

Tampilan kebaya ini tidak seperti kebaya tradisional Bali, lho. Cocok untuk kamu pakai ke acara kondangan atau acara resmi lainnya.

Harga Rp. 85.000-150.000

ZG Kebaya Bali

Masih rekomendasi kebaya Bali, namun kali ini tampilannya lebih klasik. ZG Kebaya Bali punya warna baby pink yang sangat cantik dengan setelah rok warna navy. Terbuat dari bahan brokat berkualitas yang nyaman dan lembut, dijamin tidak gatal saat bersentuhan dengan kulit.

Jangan lupa menambahkan aksesori ciri khas kebaya Bali yaitu obi yang diikat pada pinggang. Pakaian tradisional seperti juga cocok lho kamu kenakan di acara resmi. Dijamin kamu akan tampil beda dengan setelan pakaian kece ini.

Harga Rp. 75.000-100.000

Purnama Batik Kebaya Etnik Wanita Motif Cempaka

Satu ciri kebaya Encim khas Betawi adalah bordir bunga di sepanjang kerah hingga bagian bawah atasan. Kebaya Encim termasuk kategori kebaya modern yang banyak disukai wanita Indonesia. Ini karena kebaya Encim mirip dengan atasan blus sehingga mudah dipadu padankan dengan bawahan apa saja.

Purnama Batik Kebaya Etnik Wanita Motif Cempaka ini misalnya. Hadir dalam 4 pilihan warna menarik yaitu merah, putih, light pink, dan light orchid yang dijamin bikin kamu bingung, deh. Kebaya ini terbuat dari bahan katun yang ringan dan nyaman. Bisa dipakai untuk acara formal maupun informal. Motif cempaka pada kebaya menunjukkan identitas budaya Indonesia.

Harga Rp. 100.000

Kebaya Encim Modern Laser Cut

Terakhir ada rekomendasi kebaya Encim dengan modifikasi yang modern banget. Jika motif bunga pada kebaya Encim biasanya dibordir, maka kini bisa dibentuk dengan laser cut juga, lho. Lihat deh Kebaya Encim Modern Laser Cut ini.

Modelnya sederhana namun motif laser cut membuatnya terlihat menonjol. Atasan ini terbuat dari bahan balotelli impor berkualitas yang nyaman dipakai. Tersedia dalam 4 warna berbeda yaitu putih, maroon, gold, dan milo dengan 4 macam ukuran yaitu M, L, XL, dan XXL. Tinggal pasangkan dengan bawahan serasi untuk menciptakan gaya kecemu!

Harga Rp. 90.000-100.000
From our editorial team

Kebaya juga Bisa Dipadukan dengan Bawahan Celana, Lho!

Kebaya identik dengan bawahan kain jarik tradisional. Namun dalam kebaya modern yang banyak mengalami modifikasi, kamu bisa lho memadukan kebaya dengan bawahan celana. Namun tentu saja ini berlaku untuk acara-acara yang tidak terlalu formal sifatnya, ya. Jadi, dari deretan rekomendasi BP-Guide di atas, mana nih yang paling kamu sukai?